04 April 2010

Biometrical Finger Print and Dermatoglyphics Diagnostic Tools

ADA APA DENGAN DIRIKU?

Postingan bersambung dalam mengenal diri melalui alat diagnosis diri

-----

Biometrical Finger Print and Dermatoglyphics Diagnostic Tools merupakan ilmu yang mempelajari pola sidik jari dan sidik tangan yang dapat menganalisa karakter seseorang. Mirip dengan ramalan telapak tangan, tetapi Dermatoglyphics lebih mengarah ke pendekatan keilmuan scientific. Dan hal ini telah banyak yang menulis dalam jurnal ilmiah, salah satunya adalah Milton Alter, M.D., Ph.D. dengan judul "Dermatoglyphics Analysis as a Diagnostic Tool" yang diterbitkan dalam jurnal Medicine January 1967 - Volume 46 - Issue 1 - page 35-56.

Tulisan Milton Alter membahas tentang Technics of Recording Dermatoglyphics, Classification of Dermatoglyphics, Clinical Disorder and Associated Dermatoglyphics, Autosomal Aneuploidy, Aberration of Sex Chromosomes, Single Gene Disorders, Disorders with Uncertain Genetic Transmission, Exogenous Infuences, etc.

What is the Dermatoglyphics?
http://www.wisegeek.com menerangkan bahwa :
Dermatoglyphics is the scientific study of the patterns on the fingers and hands. People have been studying each other's palms and hands for centuries and many cultures have a history of believing that the features on the hands can provide insights into someone's character or future, but dermatoglyphics takes a more scientific approach, looking for features which are associated with certain disorders. A number of claims are made about dermatoglyphics, some of which are true, some of which are less so.

Apa Dermatoglyphics?
http://www.wisegeek.com menerangkan Bahwa:
Dermatoglyphics adalah studi ilmiah tentang pola-pola pada jari dan tangan. Orang-orang telah mempelajari tangan dan telapak tangan selama berabad-abad dan banyak kebudayaan memiliki sejarah yang percaya bahwa bentuk tangan dapat memberikan pengetahuan mengenai karakter seseorang atau masa depannya, tetapi dermatoglyphics mengambil pendekatan yang lebih ilmiah, mencari bentukan yang terkait dengan beberapa gangguan. Sejumlah klaim telah dibuat tentang dermatoglyphics, beberapa di antaranya benar, beberapa di antaranya kurang begitu benar.

Aku tidak tahu pasti hubungan Fingerprint, Biometrik dan Dermatoglyphics. Kalo dilihat dari keluasan ilmu sepertinya Biometrik merupakan induk ilmu pengetahuan dari Dermatoglyphics yang diturunkan lebih lanjut ke Fingerprint. Hal ini dapat dilihat dari definisi masing istilah tersebut.

Biometrik (bahasa Yunani "bios" yang artinya hidup dan "metron" yang artinya mengukur) adalah studi tentang metode otomatis untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih bagian tubuh manusia atau kelakuan dari manusia itu sendiri yang meiliki keunikan. Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan utnuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia untuk autentifikasi/identifikasi. Contohnya dalam pengenalan fisik manusia yaitu dengan pengenalan sidik jari, retina, iris, pola dari wajah, tanda tangan dan cara mengetik serta suara.

Fingerprint recognition atau fingerprint authentication merujuk kepada penentuan identifikasi setiap manusia dengan menggunakan pola-pola (patterns) tertentu yaitu The Arch, The Loop dan The Whorl Pattern. Pola-pola ini digabung dengan bentukan "minutia" berupa garis-garis sidik yang membentuk ridge ending, bifurcation dan short ridge (dot).



BERSAMBUNG ..............



Sumber :
http://journals.lww.com
http://www.wisegeek.com
Wikipedia Biometrical
Wikipedia Fingerprint



30 komentar:

  1. Izin mengamankan pertamaX dulu sob...

    BalasHapus
  2. Izin mengamankan pertamaX dulu sob...

    BalasHapus
  3. Ilmu yang mempelajari pola sidik jari dan sidik tangan... Wahhh... baru tau nich...

    Makasih untuk sharingnya bang atta...

    BalasHapus
  4. Sharing yg sangat bermanfaat bang...thanks atas infonya bang..

    BalasHapus
  5. Slamat pagi bang atta..
    wah...wah..keren..keren bang infonya..
    Jadi, Fingerprint, Biometrik dan Dermatoglyphics sm aja ya bang? yang paling akurat yang mana bang?? hehe..

    BalasHapus
  6. Ilmu baru yang menarik.. emang pernah tau dari temen klo tangan berkaitan dng karakter seseorang, tapi kalau pembahasannya secara lebih mendalam baru kali ini, di sini.. di tunggu kelanjutanya bang.. makasih.. :)

    BalasHapus
  7. jD mirip kyak ramaLan gitu ya om...

    BalasHapus
  8. Aku dapat tambahan ilmu lagi Bang.
    makasih.

    BalasHapus
  9. Selamat bang... blognya kembali jadi PR 3

    BalasHapus
  10. bisa diramal dengan sidik jari? mauuu

    BalasHapus
  11. artikel ini pernah juga aku baca di majalah femina..jadi dengan sidik jari bisa taw tuh tar bisa jadi apa *keren kan* tapi gag valid ah mosok gitu gitu dipercaya lewat sidik jari >_<
    tapi inilah yang dinamakan teknologi..semakin maju maju dan majuuu

    BalasHapus
  12. fingerprint itu artinya nge print jari yah
    hihihih

    BalasHapus
  13. Terus fungsinya mengetahui karakter seseorang itu apa? Apakah bisa menghemat biaya psikotes yang harus dilakukan untuk merekrut karyawan untuk perusahaan atau seleksi beasiswa?

    BalasHapus
  14. walaahh... dari sidik jari bisa diketahui karakternya gituh yah?! baru tau neehh, thanks infonya bang :)

    BalasHapus
  15. Haha bakal jadi peramal nih.. siip ditunggu lanjutanya sob

    BalasHapus
  16. Mampir ah.. buat baca2 guratan tangan .. begitu banyak ilmu yang belum kita kertahui ya..

    BalasHapus
  17. hahahaha..

    berarti ni hampir mirip rajah tangan y??
    hehehe

    BalasHapus
  18. walaaah bersambungg....aku jadi penasaraan inii, di sambung yaaa??? plisss???

    BalasHapus
  19. sejak kapan jadi polisi bagian labkrim bang? hehhee...mana oleh2nya? kan ke bandung.

    BalasHapus
  20. kunjungan erdana ke sini dankami mendapatkan banyak hal yang ada di dalam blog anda... semoga kelak blog ini akan mendapat $$$ hehehe tapi adlangkah baiknya jika anda juga menegok dan sekedar memberi support terhadap blog kami yang jelek ini

    BalasHapus
  21. kunjungan erdana ke sini dankami mendapatkan banyak hal yang ada di dalam blog anda... semoga kelak blog ini akan mendapat $$$ hehehe tapi adlangkah baiknya jika anda juga menegok dan sekedar memberi support terhadap blog kami yang jelek ini

    BalasHapus
  22. makin canggih aja ya.. nice info for us..^^

    BalasHapus
  23. sidik bibir ada gak bung...siapa tau nanti kl adis udah gede kan bisa mantau siapa yg barusan nyiup adis...

    BalasHapus
  24. jaaaaaaaah kang bayu ana-ana wae

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Biometrical Finger Print and Dermatoglyphics Diagnostic Tools | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah