Biometrical Finger Print and Dermatoglyphics Diagnostic Tools

ADA APA DENGAN DIRIKU?

Postingan bersambung dalam mengenal diri melalui alat diagnosis diri

-----

Biometrical Finger Print and Dermatoglyphics Diagnostic Tools merupakan ilmu yang mempelajari pola sidik jari dan sidik tangan yang dapat menganalisa karakter seseorang. Mirip dengan ramalan telapak tangan, tetapi Dermatoglyphics lebih mengarah ke pendekatan keilmuan scientific. Dan hal ini telah banyak yang menulis dalam jurnal ilmiah, salah satunya adalah Milton Alter, M.D., Ph.D. dengan judul "Dermatoglyphics Analysis as a Diagnostic Tool" yang diterbitkan dalam jurnal Medicine January 1967 - Volume 46 - Issue 1 - page 35-56.

Tulisan Milton Alter membahas tentang Technics of Recording Dermatoglyphics, Classification of Dermatoglyphics, Clinical Disorder and Associated Dermatoglyphics, Autosomal Aneuploidy, Aberration of x/y Chromosomes, Single Gene Disorders, Disorders with Uncertain Genetic Transmission, Exogenous Infuences, etc.

What is the Dermatoglyphics?
http://www.wisegeek.com menerangkan bahwa :
Dermatoglyphics is the scientific study of the patterns on the fingers and hands. People have been studying each other's palms and hands for centuries and many cultures have a history of believing that the features on the hands can provide insights into someone's character or future, but dermatoglyphics takes a more scientific approach, looking for features which are associated with certain disorders. A number of claims are made about dermatoglyphics, some of which are true, some of which are less so.

Apa Dermatoglyphics?
http://www.wisegeek.com menerangkan Bahwa:
Dermatoglyphics adalah studi ilmiah tentang pola-pola pada jari dan tangan. Orang-orang telah mempelajari tangan dan telapak tangan selama berabad-abad dan banyak kebudayaan memiliki sejarah yang percaya bahwa bentuk tangan dapat memberikan pengetahuan mengenai karakter seseorang atau masa depannya, tetapi dermatoglyphics mengambil pendekatan yang lebih ilmiah, mencari bentukan yang terkait dengan beberapa gangguan. Sejumlah klaim telah dibuat tentang dermatoglyphics, beberapa di antaranya benar, beberapa di antaranya kurang begitu benar.

Aku tidak tahu pasti hubungan Fingerprint, Biometrik dan Dermatoglyphics. Kalo dilihat dari keluasan ilmu sepertinya Biometrik merupakan induk ilmu pengetahuan dari Dermatoglyphics yang diturunkan lebih lanjut ke Fingerprint. Hal ini dapat dilihat dari definisi masing istilah tersebut.

Biometrik (bahasa Yunani "bios" yang artinya hidup dan "metron" yang artinya mengukur) adalah studi tentang metode otomatis untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih bagian tubuh manusia atau kelakuan dari manusia itu sendiri yang meiliki keunikan. Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan utnuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia untuk autentifikasi/identifikasi. Contohnya dalam pengenalan fisik manusia yaitu dengan pengenalan sidik jari, retina, iris, pola dari wajah, tanda tangan dan cara mengetik serta suara.

Fingerprint recognition atau fingerprint authentication merujuk kepada penentuan identifikasi setiap manusia dengan menggunakan pola-pola (patterns) tertentu yaitu The Arch, The Loop dan The Whorl Pattern. Pola-pola ini digabung dengan bentukan "minutia" berupa garis-garis sidik yang membentuk ridge ending, bifurcation dan short ridge (dot).



BERSAMBUNG ..............



Sumber :
http://journals.lww.com
http://www.wisegeek.com
Wikipedia Biometrical
Wikipedia Fingerprint