08 April 2010

Proses Melahirkan (persalinan), Tips mempermudah melahirkan

Proses Melahirkan/persalinan dalam proses melahirkan bayi biasanya membuat gelisah sampai panik bagi orang tua yang baru akan menjalani proses tersebut. Berkonsultasi terus dengan dokter atau bidan adalah langkah tepat untuk mengetahui proses persalinan yang akan dijalani nantinya.

Dokter atau bidan umumnya akan menjelaskan secara dasar bahwa proses persalinan bayi secara normal atau pun proses melahirkan normal itu terdiri dari 4 tahap proses :
  • Tahap pertama, proses persiapan persalinan dengan fase awal, aktif, dan transisi. Dalam tahap ini terjadi pembukaan (dilatasi) mulut rahim sampai penuh.
  • Tahap kedua, tahap kelahiran sampai bayi keluar dengan selamat.
  • Tahap ketiga, pengeluaran plasenta.
  • Tahap keempat, pasca lahir, yakni observasi terhadap ibu selama satu jam usai plasenta keluar.
Beberapa kejadian yang akan dialami oleh ibu hamil saat akan melahirkan secara normal :
  • Kontraksi
  • Leher rahim makin terbuka lebar
  • Mendorong calon bayi sesuai petunjuk dokter/bidan
  • Pengeluaran plasenta
Tips mempermudah melahirkan :
Banyak orang-orang tua memberi berbagai saran diantaranya,
  • Minum minyak kelapa murni VCO
  • Menelan telor ayam kampung mentah
  • Meminum ramuan "rumput fatimah"
  • Meminum Habbatussauda

Agak berbeda jika proses melahirkan dengan cara bedah Caesar (caesarean/cesarean) kadang juga disebut dengan c-section (cs). Bedah Caesar merupakan proses persalinan (melahirkan bayi) dengan melalui pembedahan dengan melakukan irisan di perut ibu (laparatomi) dan rahim (histerotomi) untuk mengeluarkan bayi. Bedah caesar umumnya dilakukan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena berisiko kepada komplikasi medis lainnya. Sebuah prosedur persalinan dengan pembedahan umumnya dilakukan oleh tim dokter yang beranggotakan spesialis kandungan, spesialis anak, spesialis anastesi serta bidan.

Ada juga proses melahirkan dengan sedikit "memaksa" yaitu dengan istilah "vakum" dan "forsep". Persalinan dengan menggunakan vakum atau alat pengisap (negative-pressure vacuum extractor). Alat ini menjadi semacam "alat/energi tambahan" bagi ibu yang akan melahirkan, ketika kekuatan dorong si ibu udah mulai melemah. Persalinan dengan menggunakan forsep adalah proses persalinan dengan menggunakan alat bantu dari logam berbentuk sendok. Hal ini sangat jarang dilakukan karena lebih beresiko.

Metode baru adalah melahirkan dengan cara "persalinan hipnotis/hipnosis" dan proses "persalinan di air". Persalinan dengan hipnosis tidak merubah metode dasar melahirkan, hanya persalinan ini dibantu dengan cara/teknik relaksasi agar si ibu tidak begitu merasakan sakit. Hampir mirip dengan persalinan di air yang akan membuat si ibu lebih relaks dan si bayi keluar tanpa mengalami traumatis dan menghadapi transisi dengan lembut, selembut air.

*****

Postingan ini mengingat temen-temen di kantor akan menjalani proses ini tak lama lagi.
Yuuupp.... temen-temen kantor akan melakukan "pembrojolan anak"
hussssshhhh istilahnya kok ngawur gitu seeeh

Jiaaaaaaahhh...
aku berubah profesi jadi bidan neh

apa beda dokter kandungan dengan dokter mata?

Sumber :
http://bidanku.com
http://duniaanak.rawins.com
http://www.indonesiaindonesia.com
kompas.com
kapanlagi.com
wikipedia



62 komentar:

  1. Pagi mas, wah tips brmanfaat ni ;-), ane simpan dh, tp memang lo awal kelahiran kliatan bnyak calon ibu stres ya?..hehe

    BalasHapus
  2. wah...wah... bang atta ni serba tau..hehehe.. tapi penasaran sama persalinan hipnotis, jadi si ibu dalam keadaaan terhipnotis gtu waktu melahirkan?? dokter nya harus kerjasama sama Romy Rafael dunk bang? hehe

    BalasHapus
  3. uwaaaahhh pagi-pagi udah baca cara ngelahirin..
    bener-bener nih mau pindah profesi...
    jadi dokter kandungan
    apa jadi dukun beranak....
    emang apa bedanya yah....??

    BalasHapus
  4. wah.. pas nih..istriku lagi hamil 6 bulan.. siap siap buat proses kelahiran...

    BalasHapus
  5. Tipsnya hebat.Jarang sekali ada yang posting ini

    BalasHapus
  6. kalo nggak mau ya di ctrl + alt + del

    huahahaha

    BalasHapus
  7. Bang cara hipnotis ada ga di pekanbaru, Istri saya udah mo masuk 8 bulan, katanya sih akhir mei

    BalasHapus
  8. *ambil bolpoin ma kertas buat nyatet*

    eh kirain td Om atta mau melahirkan, ternyata temennya toh... ooow

    met pagi Om, have a nice daaaaay *tereak sambil kabur*

    BalasHapus
  9. Makasih tipsnya..sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  10. Tips yang sangat bagus bang..saya save dulu ya bang..

    BalasHapus
  11. Mantabzz!! buat ibu2 yang ge hamil..

    BalasHapus
  12. Persalinan hipnotis? Wahhh... kayaknya ini bener-bener solusi bagi yang takut sakit waktu melahirkan...

    BalasHapus
  13. berguna banget nih tipsnya buat perempuan bang.. khususnya aku yang pengen seegra punya baby :-)

    BalasHapus
  14. Waduh...baca judulnya aja aku dah heran nih, apa iya bang Attayaya mau melahirkan ?
    eh setelah baca postingan, ternyata buat info buat temen2 kantornya ya...
    Pengalaman aja nih, enakan persalinan normal deh, karena proses pemulihannya cepat dan si ibu pun sehat wal afiat.
    kalo yg CS nanti ada resikonya buat si Ibu
    kalo yang vacum, kebanyakan kepala anaknya pada lonjong kaya telor...hehhee
    Bewe lagi aahh.. :D

    BalasHapus
  15. xixiixi...dah putar haluan nich bang atta...tapi dah riset dulu belum nich...

    BalasHapus
  16. wah jadi bidan sekarang bang hehehe, btw aku dah 3 kali nganterin orang mo nglairin. boncengin pake motor.... rasane ngeri takut lahir di jalan heheh

    BalasHapus
  17. Kirain Mas Attan yg mau nglahirin :D
    Saya copas dan simpan saja, buat nanti kalau saya mau ngelahirin (setelah menikah dulu tentu saja)

    BalasHapus
  18. Kirain Mas Attan yg mau nglahirin :D
    Saya copas dan simpan dulu, buat nanti waktu mau melahirkan (setelah menikah dulu tentu saja)

    BalasHapus
  19. siang2 gini udah baca tentang kaya ginian, kapan biniku nglahirin ya
    manmir balik ya

    BalasHapus
  20. makasih tipzna
    uyntuk melahirkan
    smoga lancarrr

    BalasHapus
  21. Wah Bang AStta jago juga, jadi klo istrinya melahirkan gak perlu khawatir....

    BalasHapus
  22. Saya malah gak tega kalo lihat orang mau melahirkan

    BalasHapus
  23. tips yg bagus..
    saya bookmark dulu y mas biar besok klo punya istri mau ngelahirin tinggal baca ini..hehehe

    BalasHapus
  24. Saya ya..anak saya sudah lahir ....coba kalau belum ... he..3x. Btw tips ini tepat sekali untuk dipraktekkan ibu-ibu yang hamil pertama kali.
    Salam sukses.

    BalasHapus
  25. Tips ibu hamil yang tepat....kalau sudah sering hamil masih pake tips ini ngga mas?

    BalasHapus
  26. Wah.... bakalan jadi ahli kandungan nih Bang...?
    Emang bang Atta nih Allround and SH..(sembarang hantam)....

    Makasih atas infonya bang..

    BalasHapus
  27. masa mbak? mbak, jadi bidan??
    ibu saya jugga bidan nih mbak. :)

    BalasHapus
  28. saya belum punya bayi apalagi bini.. hahahahaah!

    BalasHapus
  29. Aku bingung mau komen apa bang?
    tak copas aja..
    aku simpan sebagai kenangan indah dari bang atta
    nanti pas aku mau punya bayi tak kenang selalu
    From bang atta with love
    wakakaakkaak

    BalasHapus
  30. he...he....sip infonya....oya mas liat video editing "Bukan Sekedar Blogger Bertuah" buatan saya,,,,he he walau jelek karya sendiri he he he

    BalasHapus
  31. Hihi...
    Sampean kapan kang?
    Hahaha...
    *puissss...
    Keren om, mulai kapan
    Jadi dukun bayi om?
    Hihihi...

    BalasHapus
  32. posting bermanfaat bagi ibu hamil dan calon ayah :)

    BalasHapus
  33. wahhh info yg menarik
    buat persiapan aku beberapa tahun mendatanga XD

    BalasHapus
  34. hueheheheh..barusan dikantin saya dan rekan2 bahas tentang melahirkan...eeeee..sekarang baca nih artikel..pas banget kayaknya..
    ikut nge-save ya...
    ^___^

    BalasHapus
  35. kirain pindah profesi bang sambil ngebayangin bang Atta klo hamil kek gimana y wkwkwkwkwkw.
    perlu d kopas nih,buat jaga2 di masa depan

    BalasHapus
  36. bermanfaat bgt sob, thnks
    saya save ya

    BalasHapus
  37. udah pernah ngelahirin ya :)

    BalasHapus
  38. lam kenal bang...

    Salam,
    Putri Singkep

    BalasHapus
  39. hmmm sampai susah berkata-kata dah

    BalasHapus
  40. maKasih iLmu'y om....
    baHasa bugis'y keren om..

    BalasHapus
  41. apa tuh rumput fatimah.... ternyata metodenya banyak sekali ya... baru denger ada metode hipnotis...

    BalasHapus
  42. yang jelas... pas nglahirin.. kudu sabaaaaaarrrrr ... jangan panik... tarik nafasss panjaaaaaaaang... mengejan skuat tenaga jangan putus-putus... hhhhheuuuuu... hueheuheuheu... ;)

    BalasHapus
  43. eh...jd bedanya dokter kandungan ma dokter anak apa dong? yg jelas pasiennya lah. Kalo dokter kandungan pasti wanita, klo dokter anak pasti anak2. hehehe... (eh emang org dewasa ga boleh ya ke dokter anak?! kok ngelantur neh..)

    iya mas, blm update neh. Sekrg jd blogger matre, yg diupdate blog yg datengin duit terus: vixxio.com!

    BalasHapus
  44. perlu praktek nih bang!!

    BalasHapus
  45. Woooowwww... Mangstab Bang...
    ehmmm bedanya apa ya dokter kandungan dan dokter mata... :-)

    BalasHapus
  46. Bedanya dokter mata dan dokter kandungan adalah:
    " cara membuka dengan jarinya, kalau dokter mata membuka 'mata' pasien dengan vertikal, sedangkan dokter kandungan secara horisontal "

    BalasHapus
  47. gw belum pernah ngelahirin bung...mbuk tuh yg pernah...gw cuman ngetrum doang...wkwkwkwkk

    BalasHapus
  48. keren tuh yang metode hipnotis...

    kunjungan dini hari sobat...

    BalasHapus
  49. jadipengen cepet2 punya beiby... hihihihihihi
    sayang belum nikah..
    keepsharing brow..

    BalasHapus
  50. siapa bang yang mau melahirkan sampe ditulis begitu kwkwkwkw.. ntar kalo melahirkan di air bayinya kelelep... kalo di film apocalypto ada tuh yang melahirkan di air..

    btw alexanya ngeri amat om..

    BalasHapus
  51. keywordnya Mantab gan.. hehehhe

    aku dah pernah ngelairin... mau tau???
    enak banget... hihihihi

    BalasHapus
  52. Sebagai calon Bapak yang baik, posting ini harus diamankan.. Ijin tak kopi ms..

    BalasHapus
  53. lho kok enak mba?
    nikmat gitu lho punya bayi

    BalasHapus
  54. duh, sejak kapan jadi dokter kandungan, bang? hi hi hi..tks gambarnya ya. ampir lupa kasih tahu ke peserta utk naruh gambarnya. tks lagi udah mengingatkan

    BalasHapus
  55. kalo sudah berpengalaman melahirkan, kayaknya tipsnya bisa lebih dipercaya.

    aku trauma dengan proses kelahiran

    BalasHapus
  56. hal lumrah bagi yang trauma
    tetapi itu adalah kodrat perempuan

    BalasHapus
  57. jujur saya takut kalau istri saya melahirkan kelak, selain kondisi fisiknya agak lemah dia juga sering mendengar keluh kesah orang yang sudah pernah melahirkan, jd agak surut juga mentalnya, punya tips khusus ga Om spy tidak takut lagi, makasih

    BalasHapus
  58. banyak do'a dan konsultasi dengan dokter
    pendekatan dengan orang tua terutama ibu perlu dilakukan
    doa org tua lebih manjur

    BalasHapus
  59. WAH kayaknya perlu nih saya pelajari, usia kandungannya baru 3 bulan bang istri saya, mengenai PIN belum bang masih berdarah darah nunggunya (minjem istilah ITIK)

    BalasHapus
  60. Terima kasih dengan tipsnya.
    Nanti Boleh saya gunakan bila saat melahirkan.

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Proses Melahirkan (persalinan), Tips mempermudah melahirkan | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah