12 April 2010

Update PageRank Google Terbaru Ngawur dan agar tidak N/A

Postingan ini dalam rangka ikut mendukung ANYIN delicious world untuk mendapatkan PageRank yang lebih tinggi.

*****

PageRank merupakan nilai seberapa penting suatu web/blog atau menunjukkan tingkat kepopulerannya di mata hati telingan kuping hidup jidat mbah Google. Ya... karena nilai Pagerank ditentukan oleh mbah gugel yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin lulusan dari Stanford University di amrik sono. (uuuuggghhh aku teringat jaman dulu ketika aku ga dibolehkan kuliah di Singapore Stanford University, padahal udah ada panggilan untuk segera masuk huaaaaaa....).

PageRank Technology : PageRank reflects our view of the importance of web pages by considering more than 500 million variables and 2 billion terms. Pages that we believe are important pages receive a higher PageRank and are more likely to appear at the top of the search results.

PageRank also considers the importance of each page that casts a vote, as votes from some pages are considered to have greater value, thus giving the linked page greater value. We have always taken a pragmatic approach to help improve search quality and create useful products, and our technology uses the collective intelligence of the web to determine a page's importance.
http://www.google.com/corporate/tech.html

Cara kerja PageRank adalah dengan menghitung jumlah link yang mengarah ke web/blog dengan asumsi isi/content web/blog tersebut lebih berguna dari isi/content web/blog lain. Hasil nilai tersebut berpengaruh pada tampilan prioritas halaman yang dimunculkan di mesin pencari Google (Search Engine Rank Position / SERP). Intinya adalah jumlah BACKLINK yang menuju ke web/blog milik kita.
  • Semakin banyak backlink yang didapat, maka semakin tinggi nilai PR web/blog kita nantinya.
  • Semakin tinggi PageRank yang mem-backlink, maka semakin tinggi nilai PR web/blog kita nantinya.

Lihat algoritma untuk menghitung suatu PageRank setiap web/blog dan masing-masing halaman di dalamnya yang diberikan Larry dan Sergei yang telah diperbaharuinya dan dipublikasikan di Wikipedia :
PR(A) = (1-d)/N + d((PR(T1)/C(T1))+ … +(PR(Tn)/C(Tn)))

* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)
* n adalah jumlah seluruh backlink yang terindeks

Damping factor dimaksud adalah Nilai damping factor yang tinggi berarti seorang user akan lebih banyak mengklik sebuah halaman sampai dia berpindah ke halaman lain (pageviews). Damping factor dipakai untuk melihat apa sesungguhnya yang dikerjakan oleh pengunjug pada suatu web/blog. Apakah cuma melihat satu halaman saja, atau berpindah-pindah ke halaman lain dalam satu web/blog.

Dapat diartikan bahwa nilai PageRank didapat dari :

perhitungan jumlah backlink dibagi outbound-link dimana nilai Pagerank masing-masing link ikut mempengaruhi.

Dalam kalimat yang lebih mudahnya jika ingin mendapatkan nilai PageRank tinggi sehingga tidak menjadi N/A :
Nilai PageRank didapat dengan meletakkan link web/blog (link-building) kita di web/blog lain sebisa mungkin yang bernilai PageRank tinggi juga.

Pelaksanaan yang tidak semudah teori :
Tidak mudah meletakkan link web/blog kita di web/blog orang lain. Salah satu caranya adalah dengan bertukaran link. Cara lainnya adalah dengan berkomentar dengan menggunakan name/url web/blog kita. psssssstt.... komentarnya yang baik-baik ya, sehingga pemilik web/blog tersebut tidak menghapus komentar kita. Dapat juga dengan melakukan submit ke website-website directory, dll.

Penilaian yang ngawur :
Blog aku ini dinilai kok ngawur ya???
Masa siiih blog aku ini PR-nya 5....???
WHAAAAAAAAAATTTTT..........???

Di bawah ini adalah salah satu kengawuran (halaaaah istilahnya aneh ya..) PageRank yang diberikan oleh PRChecker.info atas Pagerank www.attayaya.net
Gambar ini direkam pada 10 April 2010 jam 12.15 wib.

KOK BISA PAGERANK 5...???

PAGERANK GOOGLE

Ooohhh... ternyata prchecker.info yang lagi ngawur, bukan mbah gugel yang ngawur kok.
Setelah dicheck beberapa kali pada beberapa website, ternyata blog ini cuma ber-PR 3 aja kok.

*****

Catatan Tambahan :

Setelah memperhatikan kontes SEO dari Blogger Bertuah Pekanbaru dengan keyword "Bukan Sekedar Blogger Bertuah", terjadi gonjang ganjing macam gempa bumi. Juga terlihat kemajuan pesat dari blog punya Laksamana Embun dan Hesti. Tetapi juga ada penurunan seperti blog milik zaiful anwar serta punya Regie yang masih di halaman antah berantah dengan judul sama yaitu "bukan sekedar blogger bertuah". Ayo broooo kejar terusss....

Yang parahnya adalah :
Blogku kok masih bertengger di halaman 1, padahal aku ga boleh ikut serta kontes tersebut... padahal tidak pernah ku optimasi untuk seo itu.

Apa yang terjadi :
Ada user dari lintas berita yang memasukkan link postingan milikku tentang pengumuman kontes.
Jaaaaaahhh aku punya pengumuman kok dimasukin ke lintas berita seeeh.... ada-ada aja... khan aku ga bisa ikutan kontes ini. hehehehe...

BUKAN SEKEDAR BLOGGER BERTUAH

Aku berharap aku punya bisa tercampak ke halaman antah berantah dan blog pengikut konteslah yang berada di halaman 1 dan 2 mbah gugel.
ayooo... optimasi terus bro and sis...
Apalagi bang Emo lagi doyan ngemut kontes NegeriAds.Com Solusi Berpromosi, baaaah kontes kok diemut, emangnya permen. Mending ngemut Cara Mengecek dan Menghilangkan Broken Link.

Sumber :
http://www.google.com/corporate/tech.html
http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank

Copyright © 2013 attayaya: Update PageRank Google Terbaru Ngawur dan agar tidak N/A | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah