10 April 2010

STOP MEROKOK DENGAN TOTOK

Salah satu cara berhenti merokok

Selama sekitar lima menit, telunjuk Fuad Baradja mengetuk-ngetuk ubun-ubun, wajah, dan dada seorang pasien secara bergantian. Setiap kali melakukan ketukan ketiga bagian tubuh itu, Fuad meminta pasien mengisap rokok dan merasakan perbedaan rasa dan sensasinya. “Rasanya lebih hambar dari yang pertama,” kata pasien tersebut.

Ketukan jari telunjuk Fuad itu bagian dari terapi untuk berhenti merokok. ”Gunanya untuk membuka aliran darah yang selama ini diperkirakan korslet,” ujar bekas pemain sinetron yang banting setir menjadi pegiat anti merokok itu. ”kalau dibuka, titik-titik ini akan berfungsi secara positif, ” katanya.

Titik aliran darah itu, ia melanjutkan, adalah titik yang lazim di gunakan dalam metode akupunktur. Bedanya, dalam terapi ini tidak digunakan jarum cukup dengan jari tangan. Metode yang dipakai Fuad lazim di sebut sebagai terapi Spiritual Emotional Freedom Technique, yaitu metode penyembuhan rasa sakit dengan menggabungkan akupunktur dengan aspek kerohanian.

Merokok, kata Fuad, adalah penyakit emosional bukan fisik. Orang yang merokok adalah orang yang mennganggap nikotin itu enak sehingga berefek kecanduan. Orang yang tak merokok tidak suka, bahkan mual, bila menghirup asap rokok. Terapi ini akan membuat seseorang merasakan rokok itu tidak enak, pahit. ”Karena tidak enak, orang akan berhenti merokok,” katanya.

Karena itu, orang yang ingin mengikuti terapi ini harus punya keyakinan kuat untuk berhenti merokok. Kalau hanya coba-coba, kata Fuad, terapi ini tidak akan mujarab. ”Saya yakinkan kepada mereka yang hendak ikut terapi, kalau coba-coba, mending tidak usah,”katanya.

Keinginan kuat dan motivasi agar seseorang berhenti merokok dilakukan terapis sebelum mengawali terapi inti. Pasien akan diminta menyebutkan alasan berhenti merokok. Alasan ini, kata Fuad, harus jujur karena akan didorong menjadi alasan kuat untuk memotivasi berhenti merokok.

Setelah itu, pasien akan diberi pengarahan tentang bahaya merokok. Dalam hal ini, Fuad menggunakan gambar-gambar yang ditunjukkan melalui komputer jinjingnya. Gambar yang diberikan diantarannya perbedaan paru-paru antara mereka yang merokok dan tidak merokok, serta gambar penyakit akibat mengisap nikotin.

Pasien yang semakin yakin untuk berhenti merokok lalu memasuki tahap terapi inti. Pasien akan diminta menekan daerah dada dibagian kiri. Tindakan itu terus dilakukan hingga menemukan titik yang sakit saat di tekan. ”Titik itu tempat berkumpulnya saraf utama di tubuh kita,”kata Fuad.

Kemudian ia meminta sang pasien ikut mengucapkan dua kalimat yang dikatakannya. Kalimat itu semacam doa mengadu kepada Tuhan. Kalimat biasa di sesuaikan dengan alasan si pasien untuk berhenti. ”Ini untuk memasrahkan diri kepada Tuhan, dan menguatkan hati untuk sembuh dari kecanduan,” katanya.

Total ada sembilan titik pada tubuh pasien yang perlu di ketuk-ketuk. Bermula dari ubun-ubun, kemudian ke bagian wajah yang mencakup titik diantara kedua mata, di ujung mata, di bawah mata, bawah hidung, dagu, bawah leher, dada atas, dan dada bawah. Kemudian pasien diminta menarik dan menghembuskan napas sedalam-dalamnya.

Setelah selesai, pasien diminta menghisap rokok. Biasanya pasien akan merasa hambar saat merokok. Kemudian terapi akan diulangi hingga paling banyak tiga kali. Dalam beberapa kasus, ada pasien yang muntah-muntah. ”Itu efek positif bahwa aliran darah positifnya telah di buka,” katanya.

Selama setahun mempraktekkan terapi ini, Fuad mengaku tingkat keberhasilannya tinggi. Wayan Sudharman, salah seorang bekas pasiennnya, berhenti total setelah menjalani terapi. Koki sebuah Hotel di Bali ini sebelumnya mampu menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari. ”kini kena asap rokok saja saya tidak suka,” katanya.

Fuad menyarankan agar terapi di lakukan dua kali. Ia juga menyebutkan tidak ada efek samping dari terapi ini, karena tak memakai obat. Selama ini ia membuka praktek di ”Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok”, kompleks perkantoran ITC Fatmawati, Jakarta Selatan.

Mereka yang berminat dapat membuat perjanjian sebelumnya di nomor 0811866411. Soal tarif ? Fuad tak mematok harga khusus, dan menyerahkannya kepada si pasien. ”Ini bagian dari kampanye saya, kok,” ujarnya.

Sumber :
Koran Tempo
Minggu, 28 Maret 2010
Halaman A16



52 komentar:

  1. mantap nih pengobatannya ya bang..saya jadi kepengen coba..habisnya saya termasuk perokok berat bang..thanks atas infonya ya bang...

    BalasHapus
  2. lapor bang..posisi pertamaxxx udah diamankan..laporan selesai..he..he..

    BalasHapus
  3. Brkunjung lg mas atta. Ane pernah dsuruh ikut terapi ky gni mas. Tp entar aj dh hehe. Cz lg pengen nyetun terus. Trims mas infox jd tw terapi dan manfaatx..;-)

    BalasHapus
  4. whoaa....di jakarta :( coba di makassar.. abang saya psti saya paksa ke sana.. :(

    BalasHapus
  5. saya mau bang... :)

    saya mau berhenti merokok..

    BalasHapus
  6. waaaah patut dicoba! :D

    BalasHapus
  7. Wahhh... di Jakarta ya bang...
    Yang di Solo ada gak?

    BalasHapus
  8. ayo ayo...
    kurangi rokok... ^^

    pagi Oooom...
    happy weekend ^^

    BalasHapus
  9. dah terlalu kronis kecanduan gw ama nikotin bung...buat BW setiap malem aja gw ngabisin 1 bungkus rokok kretek...belum siangnya...total setiap hari gw ngabisin 2-3 bungkus kretek...mungkin ini solosi yg tepat yo bung...tp gw belum niat berhenti menikmati nikotin...

    BalasHapus
  10. sip bang infonya, thanks ea...

    BalasHapus
  11. selalu bermanfaat neh info2nya, pantesan google menganugerahi PR 5... heheheh

    BalasHapus
  12. Wah sebuah alternatif yang patut dicoba oleh para perokok yang pengen berhenti merokok

    BalasHapus
  13. kalu perlu yang gak mau berhenti juga ikutan ditotok sekalian...

    BalasHapus
  14. Stop merokok demi kualitas udara yang lebih baik !
    perlu di sampein nih ke ayah zidan, biar berenti merokok
    have a nice weekend ya bang :D

    BalasHapus
  15. Wah untung saya tidak pernah merokok,,, jadi tidak ditotok2 deh... Mantab Jaya!

    BalasHapus
  16. wahh, bisa dengan totok ternyata.
    hebat,, tapi sayangnya jauh nih tempatnya dari tempat saya tinggal.
    soalnya banyak nih disini temen-temn saya yang pengen berhenti merokok.

    BalasHapus
  17. He..he.. ada ilmu terapi baru ya..? Maw donk, lg pengen berhenti merokok neh... (tp kalo mo berhenti merokok, trus mo isep apa lagi Bang? wkkk)


    Eh, aku dah masang tuh linknya, sory aku baru masang skrg.... Salam Bwt anak2 Blogger Bertuahnya,

    BalasHapus
  18. mantabs nI cara pengobatannya sob..
    inFO yang bagus Ni sOb,,
    uNtung saya bukan peroKok jadi gak harus di totok,,
    wkwkwkwk.,,.

    BalasHapus
  19. mantabb nih..

    bisa bwt temen2 saya yg perokok berat..
    (klo saya c g ngerokok, hehehehe)

    BalasHapus
  20. Suka dg kata : rokok itu penyakit emosional. Karena sepertinya berhenti merokok itu tidak sesulit yg dibayangkan orang,buktinya Bapak saya bisa langsung berhenti total tanpa terapi apa-apa. Hehehe..Mas Attan perokok kan,kapan nih mas attan berhenti ^_^

    BalasHapus
  21. wuah boleh juga neh cara pengobatan dengan cara kaya gini. tapi kira2 ada yang praktreknya dimana ya??

    BalasHapus
  22. keinget pilemnya pendekar rajawali sakti,yang penuh adegan totok mentotok...
    ternyata totok bisa juga untuk ngobatin krcanduan nikoton...

    beda lagi lho dengan mas totok penjual rokok ;D

    BalasHapus
  23. waahh.. bagus neehh.. ayo yang perokok pada berobat gih, hehe... :p

    BalasHapus
  24. ayo yang merokok yang merokok segeralah minta "pak TOTOK" hihihi gtu yah Om :-P

    BalasHapus
  25. kalo totok biar ilang jomblo ada ngga Om jhahaha... pacarin thu totoknya hahahz

    BalasHapus
  26. nyapo berhenti lo mbak,lha merokok dapat mencegah kepikunan lho..hehhee

    BalasHapus
  27. Stop rokok dengan totok, mengapa enggak layak dicoba, apalagi sudah terbukti, hayu-hayu sajah. kepada bang atta terimakasih informasinya. :)

    BalasHapus
  28. aku juga gak suka ngerokok bang...
    hehehhee

    BalasHapus
  29. wah bisa ya om? stop merokok dengan tidak merokok juga bisa.. hehe sama aja yaaaa

    BalasHapus
  30. yuk bang, saya anterin ke bang fuad...
    biar di totok
    dan
    berhenti merokok

    BalasHapus
  31. Oh.... pake SEFT ya Bang..?
    Kebetulan temanku salah satu praktisi di SEFT itu.

    BalasHapus
  32. Tuh Bang.., ada yg mau anter ke Jakarta tuh...
    Ayo buruan berangkat...!
    Hehehehe


    Oya, biar semangat... aku bawakan award nih Bang. Diterima ya..?

    BalasHapus
  33. Maaf baru mampir..., baru sembuh dari sakit nih Bang.

    BalasHapus
  34. Info manfaat dan penting banget bagi yang kecanduan rokok.

    BalasHapus
  35. Ndak merokok ndak asik bang Atta, ( dasar pecandu )

    BalasHapus
  36. Wah... coba ada di kota bertuah... pasti ikut nich bang...soalnya lagi usaha berhenti merokok... lumayan sich udah hampir 1 bulan

    BalasHapus
  37. wah mantap ne cara pengobatannya...
    coba disini langsung ke TKP...

    BalasHapus
  38. sudah banyak artikel ttg tips berhenti merokok sdh sy baca, tp masih susah bgt dipraktekin...

    BalasHapus
  39. bagus ne bwt bapak dhe, susah banget hentikan mrokoknya. tp mahal pasti totoknya :(, lagian ga da di aceh. hikz..

    BalasHapus
  40. met hari minggu. wah, pr nya dah 5 kereen.

    BalasHapus
  41. Mmmh.. gimana ya. Mau sih berhenti merokok. Tapi gak kuat rasanya kalau gak merokok. But sudah buka cabang ndak untuk di Jambi, saya mau ikut terapinya.

    BalasHapus
  42. Menarik banget. Aku juga pengen berhenti merokok bang..

    BalasHapus
  43. mantap mas infonya, saya juga perokok walaupun nggak berat - berat amat, tapi klo harus ke jakarta gimana tuh....

    BalasHapus
  44. alhamdulillah Ayahku sudah berhenti merokok, setelah tau besan nya meninggal karena paru parunya bocor

    BalasHapus
  45. alhamdulillah bagi yang udah bisa berhenti

    BalasHapus
  46. mantab,,bisa dipraktekin buat diri sendiri ga ya,,mohon petunjuk

    BalasHapus
  47. silahkan hubungi nomor handphone di atas

    BalasHapus
  48. ALI
    OM BtW KAMU KALAU TERAPI DI MANA......????? DAN KALAU DI SEMARANG DA TEMPAT PRAKTEK NYA NDAK,,,...????SOAL NYA AKU PINGIN BANGET BERHENTI MEROKOK...,,,, DAH BANYAK CARA TAPI NDAK PERNAH JADI......,,,,???? AKU NAK PEKALONGAN SANTRI UMUR KU 16 TAPI AKU DAH JADI PECANDU ROKOK..... AKU INGIN SEKALI BERHENTI...

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: STOP MEROKOK DENGAN TOTOK | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah