11 December 2009

Fungsi APBD

Fungsi APBD :
  1. Fungsi Alokasi dana dalam arti APBD diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya, dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas perekonomian.
  2. Fungsi Distribusi dalam memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.
  3. Fungsi Stabilisasi ekonomi berarti APBD menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian daerah.
  4. Fungsi Otorisasi berarti APBD menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan
  5. Fungsi Perencanaan yaitu APBD menjadi pedoman bagi manajemen dalam merencanakan kegiatan pada tahun yang bersangkutan.
  6. Fungsi Pengawasan yaitu APBD menjadi pedoman untuk menilai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  7. Fungsi Alokasi sumber daya.
  8. Fungsi Distribusi pendapatan sangat penting, terutama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  9. Fungsi Instrumen pokok penciptaan keadilan ekonomi dan sosial.
  10. Fungsi Penyelenggaraan Pemerintah (Pelayanan, Pembangunan dan Pemberdayaan).
  11. Fungsi Stimulus Pertumbuhan Ekonomi
  12. Fungsi kepentingan masyarakat.
  13. Fungsi Kekuatan politik untuk mensejahterakan masyarakat.
  14. Fungsi Kekuatan politik untuk menghancurkan masyarakat.
  15. Fungsi memperkaya diri sendiri.
  16. Fungsi memperkaya kelompok
  17. Fungsi memperkaya pejabat.
  18. ahhh macam-macam deh.
  19. aaaaarrrrggghhhhh....@#$%^&*&^%&*#@#$&

Kebanyakan yang terjadi adalah fungsi 14, 15, 16, 17, 18, 19

aaarararrrgggggkkkhhh.....

repost from : 14-10-2008

22 comments:

  1. Nice info bang...tapi poin 15 dan 16 itu ada benarnya juga ya bang..

    ReplyDelete
  2. Fungsi memperkaya diri sendiri.
    Hebat nian
    (pura-pura kaget)

    ReplyDelete
  3. kang atta , taukah anda saya blogwalking ingin refresing , TAPI INI KOK PELAJARAN EKONOMI SAYA ADA DI SINI???????

    ReplyDelete
  4. Semula saya nggak ngerti sama APBD,tapi setelah saya pahami betul tulisan Mas,saya baru ngerti kalau banyak sekali kegunaanya,Salam...

    ReplyDelete
  5. fungsi yang kesekian adalah memusingkan para pembaca :D

    ReplyDelete
  6. wah APBD multi fungsi ya jadinya .. he..he.. thanks bro.

    ReplyDelete
  7. nomer 18 dan 19 itu fungsi yang bagai mana ya.. he..he..

    ReplyDelete
  8. nice info... mas...

    wah APBD teringat pelajaran Ekonomi aza....

    ReplyDelete
  9. salam sejahtera..
    saya mendapatkan pengatahuan baru dari blog anda
    terima kasih..
    salam sejahtera dari 7 taman langit

    ReplyDelete
  10. Hehehe, memang bener tuh, sampe sekarang, APBD masih banyak diselewengkan...

    ReplyDelete
  11. MASYA ALLOH.....Moga cerahlah esok pagi...

    ReplyDelete
  12. hehe...beberapa fungsi yang terakhir udah mendapat pengesahan belum bang?...:D

    ReplyDelete
  13. Tepat, contoh nyata tuh, mantan anggota dewan berombongan dipenjara karena selewengkan APBD. Wahhh emang moral trouble....

    Pa kabar Kang??

    ReplyDelete
  14. betul-betul kayaknya fungsi-fungsi yang terakhir ntu yang banyak terjadi

    ReplyDelete
  15. Geerrrhyhztagmd.jgtd.. APBD = ANGGARAN PEMASUKAN DAN BELANJA DIRI

    ReplyDelete
  16. Ini untuk apbd tahun berapa Bang ?

    ReplyDelete
  17. Wah.., sumbernya dari mana nih... hehehe... poin-2 terakhir mengejutkan....

    ReplyDelete
  18. beraaaatttt
    meghap-meghap neh
    aer dunk

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Fungsi APBD | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah