07 Desember 2009

Makanan Pengendali Kadar Gula Darah

Untuk membatasi asupan gula dalam makanan, kita perlu memperhatikan jenis pangan/makanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ada beberapa banyak jenis makanan yang baik untuk mengendalikan kadar gula dalam darah yang berguna bagi penderita gula darah ataupun bagi yang ingin melakukan diet gula darah, diantaranya :

Strawberry
Buah yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan jenis phytonutrients yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari dari kerusakan. Strawberry ukuran besar mengandung 1 gr karbohidrat, 5 gr serat, 6 kalori. Untuk nilai IG (indeks glukemik) untuk 200 gr buah strawberry adalah bernilai 40 yang berarti masuk dalam golongan makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita gula darah karena berarti strawberry tidak mudah menaikkan gula darah.

Tomat
Kaya akan vitamin C dan A, serta zat likopen yang berperan penting dalam menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. Tomat juga mempunyai nilai IG (indeks glukemik) yang rendah sehingga boleh dikonsumsi oleh penderita gula darah. Sebaiknya tomat dimakan/dikunyah langsung.

Mentimun
Mengandung vitamin K yang baik untuk kadar gula darah dengan kandungan karbohidrat dalam setiap buahnya sangat sedikit, bahkan bisa dibilang tidak ada. Menyantap mentimun tidak perlu khawatir kadar IG naik.

Kacang-kacangan
Buncis, kacang merah, kacang polong, kacang kedelai adalah sumber serat dan protein nabati yang baik. Kandungan gizi cukup tinggi. Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan IG yang rendah.

Jamur
Merupakan makanan tak mengandung lemak dan kolesterol yang berkadar karbohidrat rendah sehingga IG pun rendah. Jamur juga mengandung insulin alami dan enzim khusus pemecah gula. Jamur juga dapat meningkatkan sistem imunitas. Jenis Portobello dan jamur kancing mudah dimasak dan menjadi makanan favorit.

Oatmeal
Oatmeal atau Havermut merupakan makanan kaya serat yang mengandung beragam manfaat bagi kesehatan. Serat oatmeal mampu memperlambat proses pencernaan makanan berbahan pati atau tepung, sehingga kadar gula dalam darah tidak cepat melonjak serta baik bagi orang yang melakukan diet makanan. Seratnya dapat mengikat LDL (kolesterol buruk) dalam darah tanpa mengurangi kadar HDL (kolesterol baik) sehingga memperkecil resiko penyumbatan pembuluh darah.

Prevention Indonesia
November 2009




32 komentar:

  1. komen ah, biar berkurang kadar gulaku
    hehehhe

    BalasHapus
  2. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?! semoga.
    Saya paling suka tomat

    BalasHapus
  3. oatmeal..? saya belum pernah makan.. hehhe

    BalasHapus
  4. Roti yang udah jamuran bisa dimakan yah Bang??

    BalasHapus
  5. ok, sekarang kamu jadi ahli gizi ya, bang. hehehe...bang, jadi tetanggaku dong di cafe world game. biar pointku naik nih. yaaa...gak main juga gak papa, yg penting kalo aku invite jadi tetangga, kamu add gitu. tks ya, bang.

    btw, stroberi..disebut pertama tuh. wah, my fave dong.

    BalasHapus
  6. aku gg sukaa oatmeal om rasanya kok aneeeh yaa :(

    BalasHapus
  7. oatmeal ak ga tau rasanya,mahall.. stroberi tau,enakkk

    BalasHapus
  8. wah yg ini kbetulan doyan semua, jd lumayan jg buat2 pncegahan ya, thanks bro.

    BalasHapus
  9. Kebetulan saya suka semuanya. Cuma kalo oatmeal, enaknya pake susu kental manis, batal deh ngontrol kadar gula darahnya...

    BalasHapus
  10. Nice post bang..sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  11. Paling suka tomat bang.. Tapi katanya tomat tidak baik buat mata ya mas? kalo ditimpukkan :D

    BalasHapus
  12. Suka semuanyaaaa!
    Kecuali oatmeat dan ketimun..
    (paling susah kalo disuruh makan kedua makanan itu.. entah kenapa.. )
    Infonya asiiikkk, ajiibb.. :)

    Makasi doanya!!!
    Doakan dapet Black Berryyy..
    (AMIEN!)
    hehehe.
    Semangattttt

    BalasHapus
  13. semuanya suka. enak sih...
    kecuali oatmeal itu!

    BalasHapus
  14. Info yang sangat...sangat...sangat bermanfaat... ijin copas untk dibagikan teman sekantor.

    BalasHapus
  15. tomat, mentimun dan kacang2an kayaknya mudah didapat :D
    akan dicoba bang, maksih infonya...

    BalasHapus
  16. wa..kayany diperhatiin dari kemaren..

    story tentang kesehatan ya mas..

    keren euy...

    BalasHapus
  17. Tips yang bermanfaat Om!!! Semoga nga kena penyakit itu !!!

    BalasHapus
  18. boookmark langsung.... syapa tau berguna buat ibu saya yang kena sakit darah... hihihihih

    BalasHapus
  19. masalahnya kalo abis makan oatmeal malah cepet laper trus gimana dunk
    salah oatmealnya apa salah mealnya??
    hayiooo

    BalasHapus
  20. Gimana dengan Alpukat??apa juga bisa mengurangi kadar gula ya.....

    BalasHapus
  21. Sip mantab neh ada cara hidup sehat juga dimari selain belajar yg lainnya lengkap bro.....

    BalasHapus
  22. suka semua kecuali timun dan jamur XD

    BalasHapus
  23. kadang utk sehat aja harus merogoh kocek dalam2...sangking dalam nya lupa kalau koceknya ternyata bolong..hahaha...Strawberry n Oatmel kan mahal tu..hahaha

    BalasHapus
  24. aku paling sering disuruh makan strawberry... soalnya aku hidup dengan kanker... katanya bagus banget ya.... tapi yaaa.... kanker mungkin sembuh... kangker yang lainnya dateng *kantongkering*..... mahaaaal banget buahnya.... hehehehe

    kok aku nggak bisa follow ya?

    BalasHapus
  25. Udah usia mepet kepala 4, harus mulai ati-ati nih.
    Habis susah juga,
    Orang pekalongan, pagi teh manis, siang teh manis, sore sama teh manis lagi.

    Ntar tak beli strawbery 1 kuintal.
    ( Banyak Bener ???? )
    Sekalian dijual.

    BalasHapus
  26. dhe strawberry ama jamur aja deh... ^^

    BalasHapus
  27. waah.. mantap bang, kebetulan bapak saya juga kena diabetes.. layak dicoba tuh.. thanks yah

    BalasHapus
  28. apa kabar bang atay,,,,
    kabar rio masih hijau kah??????????

    BalasHapus
  29. gimana kalo dirujak aja Tta biar komplit? hehe

    BalasHapus
  30. salam sejahtera...terima kasih sudah berkunjung kerumahku..

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Makanan Pengendali Kadar Gula Darah | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah