19 Desember 2009

Fakta tentang Perubahan Iklim Dunia

Fakta tentang Iklim Dunia yang telah berubah bukan karena film 2012, bahkan bukan karena film Air Terjun Pengantin, film Avatar, atau film-film lain. Ya iyalah... ga hubungan langsung itu kok.

Iklim dunia berubah terjadi karena kerakusan manusia.

  1. Pada Juli 2007, hawa panas memberikan dampak lebih dahsyat di Syria tepatnya 350 kilometer utara Damaskus. Sebuah gudang senjata api militer meledak setelah terbakar. Peristiwa ini menyebabkan 15 serdadu tewas dan melukai 50 lainnya.
  2. Pada Juli 2007, di Yunani dilaporkan suhu udara menembus angka 45 derajat Celcius. Panas yang berlebihan ini menyebabkan kebakaran di beberapa tempat. Tidak hanya melahap hutan, api juga menghabiskan desa. Begitu hebatnya kebakaran itu, sampai-sampai Perdana Menteri Yunani Costas Karamanlis meminta bantuan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membantu memadamkan api.
  3. Panas yang tinggi 41,9 derajat Celcius juga terjadi di Hungaria, Juli 2007. Panas ini menyebabkan 500 orang meninggal dunia di Hungaria.
  4. Di Rumania, Juli 2007, suhu udara mencapai 45 derajat Celcius dan menyebabkan 19 ribu warga Rumania masuk rumah sakit karena kepanasan.
  5. Di Bulgaria, suhu udara yang mencapai 45 derajat Celcius, Juli 2007, juga menyebabkan kebakaran hutan.
  6. Hujan es disertai angin ribut melanda kawasan Laramie, Wyoming, Amerika Serikat, Juli 2007. Kejadian ini menyebabkan sebagian kota terendam air.
  7. Banjir terbesar sejak 60 tahun terakhir terjadi di Inggris, Juli 2007. Banjir ini disebabkan naiknya permukaan air sungai Severn dan Thames Inggris.
  8. Di Morowali, Sulawesi Tengah, Indonesia, terjadi banjir bandang, Juli 2007. Kejadian ini disebabkan hujan deras selama seminggu sebelumnya. Padahal di Indonesia, Juli merupakan musim kemarau.
  9. Pada tahun 2030 jumlah mobil di seluruh dunia akan bertambah sebanyak 50%
  10. Dunia mengkomsumsi 2 barel minyak dari setiap barel yang ditemukan
  11. Membutuhkan 125 tahun untuk menghasilkan 1 triliun barel minyak-dunia menghabiskan tiap triliunnya hanya dalam 30 tahun
  12. 20 tahun lagi dunia mengkomsumsi minyak 40% lebih banyak dari hari ini
  13. Selama 100 tahun terakhir suhu global bertambah panas rata-rata 0,6°C
  14. Diprediksikan suhu global pada tahun 2100 bertambah panas sebesar 5,8°C daripada tahun 1990. Keadaan ini membuat bumi semakin panas seperti 50 tahun tahun yang lalu
  15. Permukaan air laut naik tiga kali lipat daripada sebelumnya and akan terus meningkat
  16. Para ilmuwan memperkirakan permukaan air laut akan naik 19 inci di tahun 2100, meskipun hal itu bisa saja menjadi 37 inci.
  17. Sebagian besar suhu di Amerika Serikat telah meningkat sebesar 4°F
  18. Tak satupun dari 48 negara bagian di AS yang tidak mengalami peningkatan temperatur pada tahun 2002
  19. Sejak dimulai revolusi industri, karbondioksida (gas rumah kaca yang berhubungan dengan perubahan iklim) di atmosfer bertambah 31%.
  20. Penyakit seperti malaria diprediksikan tersebar ketika suhu dunia meningkat, dalam kaitan dengan penyebab penyakit malaria yang akan tersebar ke area yang lebih luas.
  21. Perhatian saat ini tertuju pada lembaran es di barat Antartika, karena jika roboh/mencair akan meningkatkan permukaan air laut sebanyak 16-20 kaki, walaupun kecil kemungkinan peristiwa tersebut terjadi sebelum tahun 2100.
  22. Disamping disebabkan oleh gunung meletus yang memancarkan karbondioksida (CO2), namun juga disebabkan oleh aktivitas manusia yang menambahkan 7 milliar ton karbondioksida ke dalam atmosfer tiap tahunnya.
  23. Penemuan energi baru sebagian besar berada di tempat yang sumber energi tersebut sulit untuk digali baik dari segi fisik, teknis, ekonomi, maupun aspek politik.
  24. Produksi minyak mengalami penurunan di 33 negara dari 44 negara penghasil minyak terbanyak. Namun permintaan energi mengalami peningkatan di negara-negara yang perekonomiannya sedang tumbuh dan berkembang.
  25. Gas dan minyak bumi yang tersedia saat ini mencukupi lebih dari setengah kebutuhan energi dunia. Sedangkan menurut badan energi internasional, pemakaian batubara (yang menghasilkan gas CO2) sebagai sumber energi utama di abad 21 akan terus berlanjut kecuali semuanya itu diganti
  26. Badan energi internasional memperkirakan bahwa diperlukan investasi sebesar 16 trilliun dollar dalam 3 dekade untuk memelihara dan memperluas sumber energi.
  27. Separuh dari kebutuhan minyak dunia terdapat hanya di lima Negara.
  28. Pertanian dan keanekaragaman hayati akan terkena dampak dari pemanasan global. 10 % dari seluruh jenis tanaman yang ada akan terancam musnah.
  29. Usaha mencari sumber energi alternative untuk kendaraan tidak hanya dilakukan perusahaan otomotif. Perusahaan pembuat kapal di Jerman berusaha mengembangkan kapal kargo yang digerakkan tenaga layang-layang raksasa berteknologi tinggi. Uji coba ini berhasil dilakukan pada 5 Desember 2006.
  30. Pada tahun 1995, daerah gletser atau salju abadi di Puncak Carstensz Papua telah berkurang sebanyak 70 persen dalam kurun waktu setengah abad. Salju abadi di pegunungan ini adalah satu-satunya yang terdapat di Indonesia yang beriklim tropis.
  31. Sebagian wilayah Amerika Serikat mengalami hari paling panas selama seratus tahun terakhir. Salah satu daerah yang mengalami panas menyengat itu adalah Los Angeles. Pada 7 Nopember 2006 suhu udara di wilayah itu mencapai 35 derajat celcius. Begitu panasnya, langit di Hollywood Barat terlihat membara saat matahari terbenam kemarin.
  32. Cincin merah dilereng Gunung Lawu, 50 Liter minyak solar untuk tiap 1.5 Ha areal pertanian, sistem irigasi yang tidak berfungsi, air semakin meresap jauh ke dalam tanah, biaya bercocok tanam tidak sebanding dengan hasil panen, pertama dalam sejarah desa sumur penduduk kering dan harus digali lebih dalam lagi dan kekeringan terparah dalam 10 tahun terakhir sudah di depan mata.



http://www.tunashijau.org/
repost date : 28 Desember 2008 18:56


31 komentar:

  1. hem..iklim di bumi mulai nyeleneh...
    apa tanda-tanda kiamat sudah dekat ya??

    BalasHapus
  2. Makasih infonya mas atta...

    BalasHapus
  3. artikelnya bermanfaat sob, yapz karena ulah manusia yang g bisa menjaga kelestarian alam bumi jadi marah, kalau bumi dah marah siapa yang nanggung, penghuninya juga kan yang bernama manusia khususnya

    BalasHapus
  4. benar2 mengkhawatirkan ya..

    BalasHapus
  5. Waduh..ngeri juga ya bang dampak pemasan global sekarang ini...wah saya harus2 siap-siap bekal amal nih.... Nice info bang...

    BalasHapus
  6. salam sejahtera
    kebetulan saya menonton berita tentang perubahan iklim
    apa yang ada di tulisan ini bener banget
    lagi-lagi saya mendapatkan ilmu dari blog ini
    thanks and sukses selalu
    salam sejahtera

    BalasHapus
  7. Oh ya bang..makasih ya atas bantuannya...

    BalasHapus
  8. ga mau coment apa2,cuma mempertanyakan sebuah konsistensi sebuah tulisan sebelumnya :)
    katanya mo pamittt,mo hiatussss :P
    mana mana manaaaa
    *halaaaaaaahhh

    BalasHapus
  9. @ranny :
    khan hiatusnya mpe pulang dari batusangkar

    BalasHapus
  10. iklim lagi kacau, akibat ulah manusia juga sih...

    oy, linknya kepasang di tab kiri atas di kolom "tuker link"..ada koq sobat...

    baru ja dipasang...

    BalasHapus
  11. duh salah maksud saya di tab kanan atas di kolom "tuker link" ada kok sobt...ma'af y telat ^_^

    BalasHapus
  12. bang... bang Attayaya dapat award dari aku... liat dan ambil di blog aku yaaa...

    cuma ngasi tau itu aja kok, bang...
    makasih sebelumnya.... ^_^

    (berharap dipajang secepatnya, hehehe...)

    BalasHapus
  13. di tangkit, jambi, kalo kemarau bisa kebakaran sendiri

    BalasHapus
  14. yah klo semua sumber alam diexpoitasi habis2an, pasti ada dampak negatifnya yg berimbas pd manusia. hrs bener2 ada kepedulian & upaya nyata serta kontrol dr pemerintah & masy sendiri. thanks artikelnya.

    BalasHapus
  15. Terus membaca poin demi poin, rasanya ngeri sekali, bang. Jangankan 10 tahun ke depan, 1 tahun ke depan aja udah jelas hancur kalo manusia (ya termasuk sayah) nggak mo bergerak untuk memperbaiki bumi ini... biar terlambat asal ada aksi kan, bang? :D

    BalasHapus
  16. woooowwwww , makasih bang infonya...MARI BERSAMA HIJAUkan BUMI INDONESIA....

    BalasHapus
  17. Masya Alloh......moga esok cerahlah kembali....

    BalasHapus
  18. Sudah ada fakta2nya seperti ini, kenapa belum ada kesatuan pendapat ya...

    BalasHapus
  19. Wah, blog ku juga mengalami perubahan tapi bukan kerakusan loh tapi pengen ganti kulit aja x hehehe... kayak ular aja

    BalasHapus
  20. Masih ada beberapa tambahan, bentuk kurva curah hujan semakin dekat tapi tinggi. Maksudnya hujannya makin bentar tapi curah hujannya semakin tinggi. Rata-rata aliran air semakin menurun. Tapi ga tau apa kedua hal tersebut juga akibat dari perubahan iklim

    BalasHapus
  21. iklim dunia berubah karena dia pengen berubah aja ..
    mampir blik yah bang ...
    ini blog barunya Bayu dan Andie ...
    <a href="http://makanlontong.blogspot.com/>Anak Indonesia Makan Lontong</a>

    BalasHapus
  22. yaaaa. harusnya kita sadar
    demi bumi kita :)

    BalasHapus
  23. Makasih banget udah sharing info yg sangat bermanfaat Bung...

    BalasHapus
  24. Wah postingannya dalem banget nih..a jadi bahan referensi sob...Saya tak dapat bayangin nanti 5-10 tahun lagi ya.. sekarang aja rasanya panaas banget. ..makanya kita harus jaga keseimbangan alam ini ...
    Saung Web
    Saung Link
    Saung Bisnisku

    BalasHapus
  25. hmmm pantesan makin hari makin panas. so, keknya hujan diperluin dan jangan ndongkol kalo hujan turun karena manusia perlu air

    BalasHapus
  26. ga dongkol kok
    cuma basah aja

    BalasHapus
  27. Menyeramkan ya ?!
    Rasanya tiap akan membaca point berikutnya menahan nafas sesaat takut akan lebih buruk lagi isinya.

    Cara Membuat Web

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Fakta tentang Perubahan Iklim Dunia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah