05 Desember 2009

HotGame : How Green Are You?

Waktu ke Makassar kemaren, sempet beli majalah HotGame nomor 262 Minggu ke 4 Bulan November 2009. Aku beli karena tertulis
"GO GREEN"
besar-besar pada cover majalah. Rupanya kru (crew) HotGame nggak mau ketinggalan soal menjaga lingkungan. Ber-GoGreen juga!!!

Majalah ini selain menampilkan pendapat dan tindakan yang telah dilakukan kru HotGame untuk lingkungan hidup, majalah ini juga menampilkan beberapa game yang berhubungan dengan lingkungan hidup :

Final Fantasy VII
Final Fantasy VII mengangkat tema lingkungan hidup dan sumber energi baru bagi bumi yang ternyata malah menghancurkan Gaia (roh bumi) beserta siklus hidupnya itu sendiri

SimCity "The Green Energy Edition"
Aku menyukai game SimCity (walaupun mainin yang SimCity 4) karena ilmu tata ruang dan pembangunan daerah serta penempatan dan pengembangan Ruang Terbuka Hijau bisa disimulasikan secara sederhana di game ini. Pada The Green Energy Edition yang menargetkan gamer berusia 6-12 tahun, berusaha mengajarkan (menitikberatkan) pada penggunaan energi serta pengelolaan limbah dan polusi.
Aku mainin SimCity 4 ajaaaah.........

Chibi Robo! "Park Patrol"
Chibi adalah robot pengelola taman. Tugasnya menanam bunga dan tumbuhan serta menjaga kebersihan taman. Sampah yang ada harus dipungut dan dibuang ke tempat sampah ataupun didaur ulang. Chibi harus melawan Smogling yang merusak bunga, tanaman, dan taman. Jika pengunjung senang, maka Chibi pun akan senang.

Mobility
Game lama yang tidak beredar lagi mengajarkan betapa pentingnya menjaga lingkungan, terutama lewat manajemen transpot dan tata ruang kota tanpa menjadikan masalah baru atas transportasi kota. Manajemen transport juga berperan dalam masalah lingkungan, salah satunya adalah membuat jalur kendaraan yang efisien sehingga penggunaan BBM menjadi efisien juga.

Captain Planet and The Planeteers
Dibuat sesuai dengan filmnya, mempunyai cerita yang klise dimana 5 remaja memperoleh kekuatan super untuk menyelamatkan dunia. Musuhnya adalah The Planeteers yang merusak lingkungan, memperkaya diri sendiri tanpa memperhatikan kerusakan lingkungan.

Eco Creatures "Save The Forest"
Game satu ini benar-benar bercerita tentang melindungi alam dari tangan manusia. Tokoh utamanya adalah Dorian sang monster yang melindungi Mana Woods (hutan Mana) melawan mesin-mesin yang digunakan manusia untuk meluluhlantakkan hutan.

Catatan tambahan :

  1. Daya listrik penggunaan Console/Player Game :
    Nintendo Wii memerlukan 16 watt (standar AS)
    Microsoft Xbox360 memerlukan 119 watt
    Sony PS3 memerlukan 190 watt
  2. Greenpeace menyatakan bahwa Wii adalah konsol game yang paling bersahabat dengan lingkungan.
  3. Blu-Ray yang dijalankan pada PS3 juga ternyata mengonsumsi daya listrik semakin besar dibanding daripada menggunakan Blu-Ray player sebenarnya.
  4. Reese Classic Chair adalah kursi yang 100% terbuat dari sampah konsol game (sampah elektronik selain komputer, tv, vcd/dvd player, kulkas, AC, dll) yang didaur ulang.
  5. Buka jendela ketika bermain game untuk mengurangi pemakaian AC dan mensirkulasi udara di dalam kamar.







Copyright © 2013 attayaya: HotGame : How Green Are You? | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah