30 Desember 2009

40 Langkah Menghemat Air

40 Cara/Langkah Menghemat Air

Air sebagai sumber kehidupan


Ada banyak cara untuk menghemat penggunaan air dan kesemuamya dimulai dari diri kita masing-masing.

Jika mencintai keluarga
Cintailah juga lingkungan
Dan janganlah pernah melupakan cinta kepada-Nya
Janganlah mubazir

  1. Ketika mencuci piring-piring dengan tangan, jangan biarkan air terkucur bila membilas. Isilah satu bak cuci piring dengan air untuk membilas di bak yang satunya.
  2. Cek system penyiram air secara teratur dan aturlah penyiram supaya hanya halaman rumput anda yang tersiram bukan rumah, tempat pejalan kaki, atau jalan.
  3. Jalankan mesin cuci dan mesin pencuci piring anda hanya ketika keduanya penuh dan anda dapat menghemat 1.000 gallon air sebulan.
  4. Simpanlah satu pitcher air di lemari es daripada anda mengambil air dingin lewat keran supaya anda tidak mensia-siakan setiap tetesan air.
  5. Selalu menyirami ketika pagi hari, ketika suhu sejuk, untuk mengurangi penguapan.
  6. Cucilah barang anda di bak cuci piring atau ember yang sudah terisi air daripada anda mencuci di keran yang mengalir.
  7. Gunakan lapisan jerami / mulsa (bahan organik) sekitar tanaman untuk mengurangi penguapan dan menghemat ratusan gallon air per tahun.
  8. Gunakan sapu daripada menggunakan penyemprot air guna membersihkan jalan mobil atau tempat pejalan kaki dan menghemat lebih dari 80 galon air setiap waktu.
  9. Kumpulkan air yang anda gunakan untuk membilas produk anda dan gunakan lagi untuk menyiram tanaman di rumah.
  10. Siramlah halaman rumput anda dalam beberapa waktu yang berdekatan dari pada dalam jangka waktu yang lama. Hal ini lebih memudahkan air untuk terserap.
  11. Kita harus lebih sering memperhatikan kebocoran keran di dalam rumah, tapi jangan lupa juga untuk mengecek keran di luar rumah, pipa dan selang-selang karet dari kebocoran.
  12. Beri batasan waktu bila anda mandi di pancuran kurang dari 5 menit. Anda akan menghemat air lebih dari 1.000 galon per bulan.
  13. Aturlah mesin pemotong rumput anda dalam setting yang tinggi. Rumput yang panjang akan mengurangi kehilangan air akibat penguapan.
  14. Kumpulkan dan gunakan air hujan untuk menyirami kebun anda.
  15. Pilihlah satu gelas untuk tempat minum anda setiap hari. Hal ini akan mengurangi jumlah penggunaan mesin pencuci piring anda.
  16. Daripada menggunakan selang plastik untuk menghilangkan cat, oli motor, dan pestisida, buanglah hal-hal tersebut secara tepat dengan mendaur ulang atau membuangnya di tempat pembuangan barang-barang berbahaya.
  17. Jangan menggunakan air keran untuk mencairkan makanan beku.
  18. Sebelum anda mandi pasanglah kepala pancuran dengan pancaran rendah. Barang itu tidak mahal, mudah di pasang dan dapat menghemat pengeluaran air keluarga lebih dari 500 galon per minggu.
  19. Rendamlah periuk dan pan anda daripada anda mengucurkan air untuk membersihkannya dari kerak.
  20. Hindari pemasangan ornamen yang menggunakan air (air mancur, kolam dll) kecuali air itu didaur ulang.
  21. Manfaatkan tempat pencucian mobil komersial yang mendaur ulang air.
  22. Jangan membeli mainan yang menggunakan air mengalir.
  23. Matikan air ketika gosok gigi dan anda menghemat air 4 galon per menit. Itu sama dengan 200 galon seminggu untuk keluarga berjumlah 4 orang.
  24. Doronglah sistem sekolah anda dan pemerintah daerah untuk membantu mengembangkan dan mempromosikan etika konservasi air bagi anak-anak dan orang dewasa.
  25. Pastikan tutup kloset anda dalam keadan tertutup setelah menyiram.
  26. Potonglah halaman rumput Anda kadang-kadang bila mungkin. Pemotongan rumput akan menambah stress halaman rumput anda dan hal itu menyebabkan halaman rumput membutuhkan lebih banyak air.
  27. Jangan menggunakan semprotan air untuk pendinginan atau untuk bermain. Menggunakan air dengan selang atau semprotan membuang bergalon galon air.
  28. Mandikan anak-anak Anda bersama-sama.
  29. Letakkan pancuran air atau saluran pembuangan air ke arah semak-semak atau pohon-pohon.
  30. Pakailah pipa semprot pada selang dan matikan air ketika anda mencuci mobil Anda dan Anda akan menghemat air lebih dari 1.000 galon.
  31. Biarkan cabang-cabang rendah pada pepohonan dan semak-semak dan biarkan sampah dedaunan menumpuk di tanah. Hal ini menjaga tanah supaya tetap sejuk dan mengurangi penguapan.
  32. Mulailah membuat kompos dari gundukan sampah. Gunakan kompos ketika Anda menanam dan tambahkan air untuk mengikat bahan organic di tanah.
  33. Dengarkan tetesan air di keran dan kamar mandi yang mengalir sendiri. Memperbaiki kebocoran dapat menghemat 500 galom per bulan.
  34. Mandikan binatang peliharaan Anda di luar rumah di area yang membutuhkan air.
  35. Pilihlah alat-alat pegumpul air yang baru seperti mesin cuci yang dapat menghemat lebih dari 20 galon setiap kali pemakaian.
  36. Angin-anginkan halaman rumput Anda. Lubangi halaman rumput anda kira-kira sedalam 6 inchi sehingga air dapat meresap ke akar daripada mengalir di permukaan.
  37. Matikan air bila Anda sedang bercukur dan keramas dan Anda akan menghemat air lebih dari 150 galon perminggu.
  38. Pasanglah sebuah toilet dam atau botol yang berisi air di tanki toilet Anda untuk mengurangi jumlah penggunaan air setiap penyiraman atau pasanglah tangki toilet volume terbatas.
  39. Berilah saran-saran kepada pegawai Anda untuk menghemat air (menghemat uang) di tempat kerja.
  40. Menanamlah pada musim hujan dimana air sedikit dibutuhkan.


repost date : 28 Desember 2008 15:28

Source : http://www.tunashijau.org/



37 komentar:

  1. bener bgt tuh...saatnya kita menghemat air....jangan boros-boros..
    bisa-bisa kekeringan tau rasa deh....

    BalasHapus
  2. solusi jitu tuch bang .... :)

    BalasHapus
  3. anak bosku sering buanget ganti2 gelas, selain pemborosan air, aku yho capek nyucinya, jhahha intinya sedikit dongkol gtu dech abang :D

    BalasHapus
  4. Makasih tipsnya bang..memang menghemat air sangat penting, agar tidak mubazir dlm penggunaannya

    BalasHapus
  5. Tips yang mantap Bang.....
    mari kita mulai dari sekarang untuk senantiasa menghemat pemakaian air...

    BalasHapus
  6. BETUL MEMANG KITA MEMANG HARUS MENGHEMAT AIR, DEMI ANAK CUCU KITA KELAK...BUKANKAH KITA SEDANG MEMINJAM BUMI INI DARI GENERASI BERIKUTNYA!

    MET MENYONGONG TAHUN BARU JUGA!

    BalasHapus
  7. wawww.. betul juga tuh.. ternyata seringkali kita gak sadar sdh melakukan pemborosan... padahal air mahalll.. thanks tips-nya.

    BalasHapus
  8. wewww bagus nih mas , , , , :thumbsup:

    BalasHapus
  9. sip! Siap melakukannya, tagihan air berkurang!

    BalasHapus
  10. Iya..ya! kalau dipikir, ga' susah-susah amat mo neyelametin dunia. Good sugest!

    hei! Dah beli terompet?
    tet...treeet...teeeeet! Succes4U!

    BalasHapus
  11. salam sobat
    wah artikel bermanfaat banget,,
    saya bisa tahu cara menghemat air dengan 40 langkah tersebut.

    BalasHapus
  12. mandikan anak bersama - sama.... hiiihihihhihihihihi saya mau mandi sama sapa ya...??

    BalasHapus
  13. Mungkin ini juga salah satu langkah ke depan yang baik.. Karena akan di ramalkan pada tahun 2050 kita akn sulit mendapat kan air besih..

    OIa Om jadi kita bakar Ayam dan Bakar2 Rumah?
    Kalau iya hub Embun ya Om di nomor : +6281378637515

    BalasHapus
  14. bener nih...semua yang ada di tulisan ini berguna sekali buat saya...selamat tahun baru,,,,sukses terus yah...and go green!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  15. Klo tidak kita mulai dari diri kita kapan lagi??Info yang bermanfaat banget bang....

    BalasHapus
  16. Lengkap....top banget dech....mungkin ada baiknya kiat2 diatas kita mulai dari diri kita masing2.....

    BalasHapus
  17. hemat air = ga mandi dunk heheheh

    BalasHapus
  18. pesannya bermanfaat sekali MAs. Trims sekali sudah mengingatkan.
    Salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  19. Point 1 sampai 40 semuanya favorit saya hehehe... trik2 menghemat air yang sangat bagus, bang. Karena banyak dari kita tuh nggak sadar kalo air lagi ngalir.. wuih... puas2in deh :D *termasuk yang ngoment* hehehehe...

    Btw,

    Happy early New Year 2010!
    Wish all the best for us ya, bang :D
    Yuukkk mareeeeeee...

    BalasHapus
  20. Jarang mandi = hemat air

    hahaha...

    BalasHapus
  21. ok deh, bang. ini juga lagi hemat air. sampai suka nampung air hujan buat nyiram bunga dan halama

    BalasHapus
  22. Emang kalau kita bisa menghemat air, tapi kebanyakan masyarakat memang tak terlalu perduli dengan penghematan air, mereka kan nganggap udah bayar, jadi buat apa dihemat-hematin.
    Itu fakta lapangan yang saya temukan.

    BalasHapus
  23. saya siap supaya bumi kita tetep hijau

    BalasHapus
  24. hemat air yaa biar gk kepanasan

    BalasHapus
  25. 40 langkah... semua nya harus dilakukan ya, siap laksanakan, makasih

    BalasHapus
  26. tips'y mantab bro., mank kLo saYa nyupir aLias nyuci piring tu sering boros....
    cakep2 ko' nyupir makLum ga' pnya sodara cwe'....

    BalasHapus
  27. air....air......
    mari ayo silahkan beli....
    mari..mariiii.. :)

    BalasHapus
  28. air untuk kehidupan kita,dan generasi kita selanjutnya.....

    BalasHapus
  29. hihi.. bakal ane praktekkan bos!

    BalasHapus
  30. Betul banget,biasanya air di rumah saya sering terbuang-buang karna ulah adik saya yang bandel

    BalasHapus
  31. met tahun baru, bang. bawain kue stroberi dhe.

    BalasHapus
  32. Gak kebayang kalau di semua darah dah merasa kekurangan air ya..

    Selamat tahun baru 2010.
    Semoga keadaannya akan lebih baik dari tahun2 sebelumnya dan tetap semangat...Amin

    BalasHapus
  33. Saya harus mencanangkannya di dalam hati bang.. :) bagus banget...

    BalasHapus
  34. bisa dicoba nih, biar pengeluaran tidak banyak2

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: 40 Langkah Menghemat Air | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah