20 May 2010

Profile Gesang Martohartono : Sang Bengawan Solo

Gesang yang menciptakan Lagu Bengawan Solo memiliki nama lengkap Gesang Martohartono, lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 1 Oktober 1917. Beliau terkenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu Keroncong diantaranya :
* Bengawan Solo
* Jembatan Merah
* Caping Gunung
* Aja Lamis
* Keroncong Roda Dunia
* Keroncong si Piatu
* Sapu Tangan
* Seto Ohashi”tahun 1988
* Tembok Besar 1963
* Borobudur 1965
* Urung 1970
* Pandanwangi 1949
* Swasana Desa 1939
* Sebelum Aku Mati
* Pamitan (versi bahasa Indonesia dipopulerkan oleh Broery Pesulima)

Bertempat tinggal di Jalan Bedoyo Nomor 5 Kelurahan Kemlayan, Serengan, Solo dengan keluarganya. Sempat juga tinggal di Perumnas Palur hadiah dari pimpinan daerah Surakarta pada tahun 1984 sampai 2004. Beliau telah berpisah dari isterinya sejak tahun 1962 dan memilih untuk tetap hidup sendiri dengan keluarganya saja.

Oleh PT Gema Nada Pertiwi (GMP) Jakarta, lagu-lagu Gesang dinyanyikan kembali langsung oleh Gesang sendiri dan kemudian dipublikasikan dalam bentuk kaset dan CD mulai tahun 1982, 1988, 1999, dan tahun 2002.




Sumber :
http://www.tamanismailmarzuki.com
Wikipedia
selebriti.kapanlagi.com

41 comments:

  1. semoga lekas sembuh eyang...sayang beribu sayang...karyanya diklaim ama orang sebrang...asemtenan

    ReplyDelete
  2. waah..lagunya emang mantep mas...mampir di subuh hari..wooow..woow...bengawan solo...menjadi trens...tapi sudah banyak yang lupa...

    ReplyDelete
  3. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Gesang, seorang legenda Indonesia yang belum tergantikan hingga saat sekarang

    ReplyDelete
  4. beliau pahlawan budaya, kalau menurut aku... :)

    ReplyDelete
  5. Artikel ini untuk diikutkan lomba njih mas? Semoga sukses..

    ReplyDelete
  6. Halo bro, minta dukungan suara di ajang kontes blog internasional Borneo Colours Award 2010 nih. Tolong diinformasikan kepada teman-teman yang lain yach... Thanks a lot sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Salut buat Mbah Gesang mudah2an cepat sembuh, jadi gimana soal lagu "Bengawan Solo' yang dklaim negara lain itu?

    ReplyDelete
  8. oot : wah, pagi2 gosipin Elpa dan bunga ya? awas, nanti diaduin ke mereka lho. hahhaa

    ReplyDelete
  9. katanya lagu bengawan solo diklaim belanda sebagai lagu mereka

    ReplyDelete
  10. semoga beliau diberi kesembuhan amin

    ReplyDelete
  11. Semoga Pak Gesang segera sembuh. Amin.

    ReplyDelete
  12. Semoga kasus lagu Bengawan Solo yg diklaim oleh orang Belanda itu dapat diselesaikan.

    ReplyDelete
  13. trims banget mas...awardnya n tagnya sudah saya balas,,,,makin semangat ni....siip banget...award pertama ni he he he langsung dari guru besar blogger bertuah....wuiih

    ReplyDelete
  14. Hidup gesang.semoga selamanya di kenang

    ReplyDelete
  15. Bengawan solo lagu sepanjang masa

    ReplyDelete
  16. oya mas atta, saya bisa gak ikutan ngisi tulisan di komunitas blogger bertuah?? soalnya saya suka ni bagi-bagi info kontes n yang dll deh he he he ,,,,abisnya kalo comment ke semua teman bertuah....waaah kelamaan tapi kalo di portal kan siiip....

    ReplyDelete
  17. Mbah gesang adalah ibaratkan lilin dalam keremangan seni budaya....

    ReplyDelete
  18. Sang maestro Legendaris...
    Moga keadaannya segera membaik, Amin.

    ReplyDelete
  19. sulit mencari tandingannya buat Mbah Gesang...mampir ni

    ReplyDelete
  20. moga si mbah cepet sembuh, salah satu kebanggaan warga solo

    ReplyDelete
  21. Semoga gesang dan karyanya tetap menjadi salah satu kekayaan bangsa indonesia...ndak di klaim orang belanda lagi deh......salut untuk kek gesang!!!

    ReplyDelete
  22. Ini toh orang yang menciptkan lagu begawan solo yang terkenal tersebut...

    THanks oM

    ReplyDelete
  23. Saya suka yang jembatan merahnya bang, nggak tahu kek ada senit2 gituh...

    ReplyDelete
  24. Turut mendoakan saja, semoga Pak Gesang cepet sembuh...
    Amiiien

    ReplyDelete
  25. makasih infonya bang...jadi tahu tentang profil pak gersang ini

    ReplyDelete
  26. Inalillahi wa inna'ilaihi rojiun.

    Semoga amal ibadah Beliau diterima oleh Allah SWT. Dan semoga musik keroncong di Indonesia tidak menjadi mati meskipun Sang Maestronya telah tiada.

    Btw maap Bang baru mampir lagi. Seminggu bo ga ngenet ada mertua dateng dari Ponti. Hehehe.

    Gudnite Uncle Atta. Sleep well yah :-)

    ReplyDelete
  27. Eh Bang, komennya ke-publish ga yah yang barusan????

    ReplyDelete
  28. Saya tidak kenal beliau maupun lagu-lagunya,soalnya lama di LN.Semoga cepat sembuh.

    ReplyDelete
  29. kang enes posting bahwa beliau telah meninggal apa betul bang

    ReplyDelete
  30. Gesang, sang maestro keroncong Indonesia...

    ReplyDelete
  31. aku suka lagunya sob
    yang judulnya Luntur Wenteranie
    salam kenal sob

    ReplyDelete
  32. Beliau telah di panggil oleh yang maha kuasa...

    ReplyDelete
  33. innalillahi wainna ilaihi rajiun

    ReplyDelete
  34. bang, kira2 nanti ke SOlo ada acara khusus gak yah...???

    Btw, Anaz ketemu panitia PB 2010 di MP. Bang, kalo lihat misi dan visi pesta blogger tahun ini, Anaz ada cadangan, yuk kita bikin bukui bareng2. Umumin dulu, nanti ada seleksi.

    ReplyDelete
  35. lagu ciptaan Gesang selain Bangawan Solo, ada gak ya??

    ReplyDelete
  36. lha daftar diatas tuh lagu ciptaan alm. gesang kok mba

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Profile Gesang Martohartono : Sang Bengawan Solo | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah