12 Mei 2010

Cara Membuat Teh Telur Ajo

Teh Telur atau diucap dalam dialek Minang menjadi "Te Talua" merupakan minuman khas Sumatera Barat dan Pekanbaru. Terdiri dari Telur, Gula, dan Teh. Teh Telur dibuat dan dijual di rumah-rumah makan dan juga di warung tenda. Salah satunya adalah Warung Tenda AJO. AJO adalah nama panggilan umum bagi orang PARIAMAN Sumatera Barat, berasal dari kata Raja. Hal ini kadang-kadang membuat orang lain melupakan nama aslinya.

Sama halnya dengan Warung Tenda AJO dimana pejantan-pejantan BLOGGER BERTUAH PEKANBARU sering ngumpul di malam hari. Warung tenda ini milik AJO (kalo tak salah nama aslinya Hermansyah) terletak di : persimpangan lampu merah Jl. Harapan Raya (Imam Munandar) dengan Jl. Kapling I Kelurahan Tangkerang Selatan Kecamatan Bukit Raya. Buka hanya di malam hari mulai dari abis Maghrib sampai selesai sekitar jam 4-5 pagi menjelang subuh. AJO menjual makanan nasi goreng, mie goreng, mie rebus serta minuman kopi, teh dan tentu saja TE TALUA dengan harga bersahabat.

MINUM SATU GELAS, NONGKRONGNYA MPE SUBUH
Begitulah kebiasaan kami, apalagi jika hal yang dibicarakan menarik walao kadang cuma ngalor ngidul wetan ngulon. Jika kurang, kadang nambah 1 gelas lagi jiahahahaha.... Warung Tenda AJO inipun sempat menjadi ajang pengenalan Kota Pekanbaru oleh Blogger Bertuah Pekanbaru ketika menjamu Anthony yang Blogger Australia.

Cara Membuat Te Talua :
Bahan :
Telur dipilih yang baru dan segar agar tidak amis
(Telurnya terserah bisa ayam kampung, ayam kota, bebek, itik, angsa sesuai selera, asal bukan telor ayam kampus, telor kodok, telor kuda, dll)
Gula
Teh
Vanilla (secukupnya jika pandai menggunakan)
Jeruk Nipis 1 iris

Cara :
Pecahkan telur dan ambil kuningnya saja
Masukkan kuning telur ke dalam gelas
Kocok kuing telur itu seperti mengocok telur untuk adonan kue
Setelah kocokan telur agak mengembang, tambahkan gula secukupnya
Kocok telur lagi sampai mengembang betul
Seduh dengan teh panas (bisa ditambah vanilla, tapi hati-hati tidak semua orang tau campurannya, ntar jadi pahit. Jika takut salah, jangan pakai vanilla).
Sajikan dengan irisan Jeruk Nipis
Selesai

Teh Telur juga bisa dipadukan dengan es sehingga menambah kesegaran. Hmmmm... apalagi jika cuaca malam agak panas ataupun gerah.


Cara Membuat Te Talua Ajo

Masukin kuning telur ke dalam gelas
Pada saat photo ini diambil, Ajo akan membuat 2 gelas teh telur

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Kocokan khas gaya Ajo
dengan memegang gagang kocokan telur di satu tangan dan tangan lain
memegang gelas. Bagi yang sudah ahli, bisa menangani 4 - 5 gelas sekaligus.

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Ajo memperhatikan anak buahnya (Staf Khusus Kepresidenan Teh Telur)
untuk menyiapkan irisan Jeruk Nipis
Ketika kocokan agak mengembang, tambahkan gula
(jika berani, tambahkan vanilla)
Ajo aja tak berani menambah vanilla
takut pahit katanya

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Ini hasil kocokan telur yang telah mengembang yang dikocok bersama gula

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Hasil kocokan diseduh dengan teh panas

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Taraaaaa.....
Te Talua telah selesai

Cara Membuat Teh Telur Ajo


AJO menikmati teh telur hasil demonstrasinya kepadaku
1 gelas lagi tentu saja untukku
jiahaahaahahaha....

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Ini teh telur untukku
aku tidak suka teh yang terlalu pekat/coklat
seduhan tehnya sekedarnya saja
lalu ditambah air putih mendidih
Teh tidak pekat ini istilah dalam bahasa Minang adalah
"Teh Jalang"
alias "teh tidak pekat"

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Lalu aku akan memadukan alias mencampur dengan es
agar menjadi segeeeeer

Cara Membuat Teh Telur Ajo


Taraaaa....
ini adalah ES TEH TELUR
Teh Telur yang dimasukkan ke dalam gelas berisi es
Kalo TEH TELUR ES adalah
Es yang dimasukkan ke dalam gelas Teh Telur
(sama seperti penamaan Nasi Soto dengan Soto Nasi)

Cara Membuat Teh Telur Ajo

Dijual dengan harga Rp. 5.000,-
Jika ditambah es menjadi Rp. 6.000,-

SELAMAT MENIKMATI.....


Salam Blogger Bertuah Pekanbaru
Kami tunggu Blogger Indonesia di AJO





61 komentar:

  1. wah.... bisa langsung dicoba ini...
    btw kok tidak pakai telur ayam kampuang yah..., biasanya pake telur ayam kampung kalo minum jamu.

    sepertinya saya pernah liat yang menjual teh Taluoa

    BalasHapus
  2. sebuah rumah makan padang di daerah saya ada juga yang jualan teh telur. saya dan teman2 juga sering nongkrong di sana.

    BalasHapus
  3. (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Pasti nikmat banget....
    Yang bikin gak nahan bisa ngobrol sampai pagi hanya cukup dengan segelas saja.
    hehehe

    BalasHapus
  4. Wah..mantap bang resep te talua ini ...saya pernah merasa enaknya te talua ini, sewaktu kuliah di Pekan dulu...

    BalasHapus
  5. waduh bang bikin aku penasaran pingin coba

    BalasHapus
  6. Ternyata bang atta suko sama teh talua yo,hehee..Oh ya bang, saya sering liburan kepekan baru, boleh juga dong minum teh telur bareng bang atta di warung ajo? saya ingin melihat Staf Khusus Kepresidenan Teh Telur menghidangkanya,heeehee...

    BalasHapus
  7. Ada yang ketinggalan neh bang, saya mau tukar link. Link abg sudah di pasang di medianers, terimakasih atas perhatianya.

    BalasHapus
  8. Ngambekkkkkkkkkkkkkkkkk

    Kok Anaz gak diajak ke sana seh...??? :(( :((

    BalasHapus
  9. Bang, plan selanjutnya, adalah menulis CS, untuk para blogger. Dibukukan *gimana...???*

    BalasHapus
  10. enak banget....
    saya sebelum bertugas biasanya mampir diwarung samping sekolah yang menyuguhkan teh telur, cuman ada tambahan sedikit bisa dicoba...
    ditambahin bubuk merica rasanya lebih maknyoosss...

    BalasHapus
  11. Kalo kata ayah Zidan lebih "nendang" lagi kalo telurnya telur bebek....cuman agak amis gitu sih.
    Oh ya, teh telur ini bagus loh di minum untuk memulihkan stamina, khususnya buat yg baru sembuh dari sakit dan untuk ibu yang baru saja melahirkan...:D

    *Wah di harapan raya ya Jo, deket dong sama rumah atuk nya zidan...kapan2 mampir deh

    BalasHapus
  12. Bang, web.id nya gmana nih kabarnya ?? :D

    BalasHapus
  13. numpang menelan ludah dulu.. huh huh huh huh.. kayaknya enak banget yah.....................

    btw trafficnya om atta luar biasa.. wkkwwkwkwwk..

    BalasHapus
  14. ::: waduh waduh,....

    ::: belum terbayang rasanya....

    ::: satu sendok dulu yah,,, satu gelas kebanyakan ^-^v

    BalasHapus
  15. Kayaknya mangtabs nich bang...

    BalasHapus
  16. saiangnya saiah belom pernah nak cube teh talua, boro-boro teh talua bang...teh susu aja belum suka..intinya perut ini emang ndeso, tapi nanti mau nyoba, ikutan wiwied, 1 sendok aja dulu..hehehe...

    BalasHapus
  17. saiangnya saiah belom pernah nak cube teh talua, boro-boro teh talua bang...teh susu aja belum suka..intinya perut ini emang ndeso, tapi nanti mau nyoba, ikutan wiwied, 1 sendok aja dulu..hehehe...

    BalasHapus
  18. saiangnya saiah belom pernah nak cube teh talua, boro-boro teh talua bang...teh susu aja belum suka..intinya perut ini emang ndeso, tapi nanti mau nyoba, ikutan wiwied, 1 sendok aja dulu..hehehe...

    BalasHapus
  19. saiangnya saiah belom pernah nak cube teh talua, boro-boro teh talua bang...teh susu aja belum suka..intinya perut ini emang ndeso, tapi nanti mau nyoba, ikutan wiwied, 1 sendok aja dulu..hehehe...

    BalasHapus
  20. wah boleh dicoba nih, telurnya ayam kampung atau ayam kota?

    BalasHapus
  21. waah belum pernah nyoba ni mas...karena kalo malem minggu enaknya ni,,,bandrek he he ...susu campur jahe..plus telur ayam kampung waahhh...enaak,..trims banget mas udah mau koreksi tulisan saya kemaren...manteep deh..he he he he..

    BalasHapus
  22. enak tha Om, hmmmmm ngga amis ta haha, liat di gelas d kocok telur mentah, make gula lagi glek *nelen ludah* hmmmmm pengen apa takut minumnya ya hihihihi....

    BalasHapus
  23. bentar bentar, ternyata itu si AJO nama orang ya hahaha.. sorry Om :P

    BalasHapus
  24. Enak sepertinya tuh, tapi blm pernah coba...

    Kpn kita ke Ajo lagi Om? COba Teh Talua? heheh

    BalasHapus
  25. ngeri banget... pekat dan berat ya...
    pasti langsung gak tidur karena kandungan nya yang berat itu

    BalasHapus
  26. si Ajonya jadi ngetop di blognya Bang Atta'
    harusnya bang Atta bayar royalti tuh

    Aku bisanya membuat teh ijo.
    Bahan yang disiapkan :
    1. gelas
    2. Sendok
    3. Ya tehnya masa kopi
    4. Cat ijo, kalo mahal bisa diganti lumut ijo

    Caranya :
    Campurkan Teh dan cat ijo..
    tararara...jadilah Teh Ijo ala Itik
    Mudah dan simple..

    Pesan :
    Hati2 keracunan!

    BalasHapus
  27. Terus rasane koyo ngopo Bang? enak po ora?

    BalasHapus
  28. kayaknya aku gabakal doyan om :S

    btw iklannya udah ngga ada asiik

    BalasHapus
  29. wah sekarang jadi bartender teh telur kamu bang heheheh....... aku dulu di pku malah ga tau ada te talua ( kuper )

    BalasHapus
  30. Sempat curiga Bang Atta pemilik warungnya, soalnya paham banget cara membuatnya hehehe.
    Untung aja ada foto yg menjelaskannya, shg tak jadi sempat fitnah... hahaha

    BalasHapus
  31. Kayaknya aku gak doyan deh Bang, soalnya pake telur segala sih... Tapi, boleh kan nyicip sesendok aja..?

    BalasHapus
  32. Jadi pingin nih,
    Bang Atta buka cabang teh telur ajo di Malang ya .

    BalasHapus
  33. Jadi pingin nih,
    Bang Atta buka cabang teh telur ajo di Malang ya .

    BalasHapus
  34. Link Bang Atta ku pasang silahkan di cek, smoga berkenan link balik

    BalasHapus
  35. Wah, ternyata Bang Atta pinter juga masalah gitu-gituan ya...

    BalasHapus
  36. Mak nyus segr bener kawan

    BalasHapus
  37. Pastinya enak dan segar rasanya

    BalasHapus
  38. waduh bang, jadi pingin nyobain nih hehe...

    BalasHapus
  39. Jadi inget Bang pas di Pangkalan Kerinci, kalo nongkrong ama temen2, yang cowo2 pada hobi pesen teh telur ini. Wadoohhh, kalo gw mah mo nelennya ajah susah, soalnya udah terkenang2 akan telur mentahnya.

    Salam ajah buat Ajo.Kalo mo buka franchise Teh Telur di Miri gw akan membantu sebagai agent hehehe

    BalasHapus
  40. O lala..hampir sama dengan bikin es krim.Btw,thanks resepnya bro.

    BalasHapus
  41. rasanya gimana bang atta ? ngiler jg penasaran pengen tau rasanya,cuma agak ...hemm emang gak bau amis atau eneg gitu? secara itu telur mentahkan?

    ternyata itu ya minuman para pejantan tangguh eh salah para pejantan bloger bertuah cckck....pantesan pada sehat ya ? hihihi....

    kabuuuuuurrrr.....

    BalasHapus
  42. emang enak tuh kena bdn juga luyan seger....

    BalasHapus
  43. Mas kalau yang punya darah tinggi boleh gak ya....

    BalasHapus
  44. wah asyiiikkkk... nyemm.. ah sweggerrr!

    BalasHapus
  45. manteb tuh kayaknya bung...tp apa gak amis yo...minum satu gelas nongkrong ampe subuh...wkwkwkwwk

    BalasHapus
  46. Wah si Ajo page 1 tuh di google.

    BalasHapus
  47. memang mantaf teh telurnya tuh...sedappp...hehee

    BalasHapus
  48. Hehe... emang nikmat bana teh talua ko... Awal kali mncubo pas lgi gawe di Kuala Simpang, Aceh Tamiang ('03). Awalnya ngbayangin teh campur telor jadi apaan yak, orang Jawa pasti eneg atw aneh2 deh pikirannya. Staon di sono, baru pas setelah mau plg ke Malang brani nyoba, weleh.. uenakeee... Walhasil cuman 2x doang nyobain, nyuesel poll pokoe...
    Thn lalu ('09), ane pindah ke Duri, Riau. Bgitu tau di Duri jg ada, lsg hunting teh talua deh.. Dan pilihn jatuh pada teh talua Ajo di Kayangan.. Biasanya ane minta yg pke pinang mudo. Konon, bisa bikin g**ng, wkwkwkk... ^_^ Teh talua pinang mudo, mak nyuss tenan...

    BalasHapus
  49. onde mande lomak nyo teh talua Ajo,Tambuah ciek joo.hehehe

    BalasHapus
  50. Jeruk nipisnya dicampur gitu?

    BalasHapus
  51. Tak kira ini post baru.... Tpi bisa dicoba di rumah nih, di rumah Bang Atta maksudnya

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Cara Membuat Teh Telur Ajo | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah