12 Maret 2010

KOTA JABABEKA - Cikarang - Kabupaten Bekasi

oleh-oleh "Kegiatan Anjangsana Amprokan Blogger” dan "Bekasi Bersih Partisipasi Blogger"

*****

KOTA JABABEKA berlokasi di Cikarang Kabupaten Bekasi didirikan untuk menjadi motor penggerak ekonomi wilayah Jawa Barat sekaligus untuk menampung sebagian pabrik-pabrik dari sekitar areal Jakarta, Bandung, Bekasi, Karawang (JABABEKA). Konsep kota masa depan dicanangkan atas Kota Jababeka yang termasuk dalam wilayah administratif Pemerintahan Kabupaten Bekasi.

Kota Jababeka dikembangkan oleh PT. Jababeka di tahun 1989 dengan luas lahan sekitar 6.000 hektar. Konsep kota di dalam kota yang mandiri dikembangkan dengan membangun semua fasilitas yang dibutuhkan oleh sebuah kota, mulai dari pembangkit listrik sendiri, penyediaan air bersih, sarana dan prasarana, keamanan (Makodim dan Polres serta Internal Security), kesiapan lahan, sekolah, dan lain-lain serta tak lupa sebuah Jababeka Botanical Garden yang dikepalai oleh Eka Budianta.

Kota Industri Jababeka menaungi 1500 perusahaan yang berasal dari 30 negara dengan tujuan membangun motor penggerak ekonomi. Beberapa perusahaan besar seperti Unilever, United Tractor, Mattel telah mendirikan pabrik dan kantor di Jababeka. Jababeka juga memiliki lapangan golf terbaik dengan populasi penduduk sekitar 1 juta orang yang 600 ribu diantaranya adalah karyawan.

Dengan keragaman populasi yang sebagian besar juga berasal dari luar negeri, mendorong PT. Jababeka mendirikan fasilitas sekolah yang dapat menampung anak-anak karyawan warga negara asing dan umum. Mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas serta Universitas (The President Universiy). Universitas ini dirancang agar mahasiswanya dapat cepat tamat dengan berbagai program yang dilaksanakan. Direncanakan kuliah selama 2,5 tahun yang diikuti dengan program magang selama 1 tahun pada perusahaan-perusahaan yang berada di Jababeka. Fasilitas kepada mahasiswanya adalah tempat tinggal yang nyaman dengan lingkungan yang dijaga keamanannya selama 24 jam.

The Indonesia MovieLand

Untuk mendorong kemajuan dan profesionalitas Indonesia dibidang perfilman dan penyiaran televisi maka PT. Jababeka mendirikan suatu fasilitas yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Indonesia Movieland direncanakan untuk menjadi "The 1st One Stop Film and TV Industry Centre in Indonesia". Ini adalah kawasan industri film terintegrasi sepenuhnya dengan menggunakan semua fasilitas yang tersedia di Kota Jababeka, dengan luas sekitar 40 Ha yang didedikasikan khusus untuk kegiatan industri film dan pertelevisian. Dengan demikian, Indonesia MovieLand Jababeka Bekasi menyediakan fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membawa siaran TV di Indonesia dan industri film untuk lebih maju lagi.

Fasilitas Komplek Indonesia MovieLand yang tergabung dengan fasilitas Kota Jababeka :

  • Stasiun TV dan berbagai fasilitas studio yang berbeda ukuran, cocok untuk pembuatan iklan TV, film dan program-program siaran langsung.
  • Ruang kerja yang fleksibel untuk mengakomodasi pra-produksi dan pasca produksi pada semua tingkat industri, dari awal sampai perusahaan-perusahaan untuk mendirikan studio.
  • Pusat Kebudayaan yang dirancang unik, yang akan menjadi salah satu ciri kota industri film dan TV kreatif Indonesia.
  • Dalam kerjasama dengan The President University maka The President Film Academy America akan melatih generasi berikutnya di Indonesia memiliki siaran TV dan film yang profesional.
  • Berbagai akomodasi untuk mengurus kebutuhan semua orang dari kru film sampaai tingkat produsen dan artis.
  • Kafe dan tempat makan serta tempat hiburan yang nyaman kafe.
  • Fasilitas komersial yang lengkap untuk memastikan bahwa penghuni dan pengunjung akan dapat menemukan kebutuhan dan keinginan mereka di dalam kawasan.
  • Residences (tempat tinggal) mulai dari blok apartemen dan rumah-rumah bergaya vila yang menawarkan kenyamanan, keamanan dan keterjangkauan.
  • Koneksi internet yang terintegrasi dengan konektivitas kecepatan tinggi di seluruh daerah.


Sumber :
Amprokan Blogger Bekasi di The President Research Center
http://www.jababeka.com



42 komentar:

  1. wew... masih terus berlanjut ya... saya menanti kelanjutannya :)

    BalasHapus
  2. reportasenya mas attaya emang ok banget deh :)
    sipp,pantesan selama perjalanan anjangsana gak lepas tuh catatan dan pulpen ya?

    morning mas ^_*

    BalasHapus
  3. kemacetan makin tersebar...hehehe

    BalasHapus
  4. tapi polemik kemacetan jalan raya di depan mata mas

    BalasHapus
  5. mantap banget laporan mu mas...
    kagum saya dengan jababeka

    BalasHapus
  6. huh... untung a gag di jkt, pasti macet di mna2 tuh... hehehe...

    BalasHapus
  7. wew.. indonesia movieland.. mau jadi kayak holywood ya..

    BalasHapus
  8. wew.. indonesia movieland.. mau jadi kayak holywood ya..

    BalasHapus
  9. wew.. indonesia movieland.. mau jadi kayak holywood ya..

    BalasHapus
  10. wew.. indonesia movieland.. mau jadi kayak holywood ya..

    BalasHapus
  11. komenku juga masih masterplan nih.. penuh rumput.. wakakkaa

    BalasHapus
  12. Keren nich... makasih infonya bang...

    BalasHapus
  13. luar biasa.. pandi baru tahu nich.. bakal ada movieland.. seru2.

    BalasHapus
  14. Ini laporan pandangan mata ya.. apa sekilas info haha.. siip sob..

    BalasHapus
  15. kapan ya menginjakkan kaki di ibu kota, truss ke cikarang. emmm :D

    BalasHapus
  16. Lebih Tau Orang Jauh di Pekanbaru,
    dari Yang Lebih dekat dari Lokasi..hehe

    BalasHapus
  17. info yang mantap bang...moga kota bekasi jaya selalu..salam...

    BalasHapus
  18. Hai...

    apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

    Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

    disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

    sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


    aku mengasihimu....


    Ninneta

    BalasHapus
  19. Ak jga uda pernah ke jababeka..hehe
    btw,hari slasa ak gak bsa ikutan bang..ntar malem ak mw ke jkt...baliknya masih minggu dpan...^_^

    BalasHapus
  20. Wow, saya baru denger ttg JABABEKA..ckckck konsepnya futuristis banget ya. semoga terealisasi! :D

    BalasHapus
  21. hah.. bang atta ke cikarang tho?

    BalasHapus
  22. dah lama ga ke jababeka nih,terakhir 2008 yg lalu

    BalasHapus
  23. sayang ya bang nggak sempet foto ama mbak irma

    BalasHapus
  24. selamat sore bang mantap foto-fotonya

    BalasHapus
  25. aq teuteup semangat baca infonya bang... ;P'

    BalasHapus
  26. keren bgt sob masterplannya.
    smoga terwujud seperti yang kita impikan.

    BalasHapus
  27. mirip teknik arsitek niy masterplannya......
    great......
    ^__^

    BalasHapus
  28. wah kalao begitu saya pindah rumah ke bekasi aja,,

    BalasHapus
  29. sekedar ngabarin bang...saya tadi add fb nya bang attaya...tolong di app yah....btw nyesel saya bang ndak iktu amprokan blogger.....

    BalasHapus
  30. Setia mengikuti perjalanan sobat hebat ini. Bunga mau dong ikut jalan2, sekaliiii ajah..plizz

    BalasHapus
  31. baru denger jababeka sekarang

    BalasHapus
  32. wahhh
    the indonesia movielandnya
    udah dibangun belum sih...
    tapi keren banget nih...mantepp

    BalasHapus
  33. wah masih ada nih laporannya?

    BalasHapus
  34. JABABEKA ama JAKATARUP menang mana kalo berantem...tp makmbedunduk mesti walikotanya dateng yo bung

    BalasHapus
  35. WooooooooooooooooooooW movielandnya gede yah.. ehehhe.. btw tampilan postingannya makin keren aja nih.. udah pake floating right segala heuheuehe :)

    apa kabar om..?

    BalasHapus
  36. Bang, foto2 yang atas dari mana? bang Atta foto sendiri atau dapet nyulik? soale yang kedua keren banget bang :)

    kalau Anaz, ini nyulik inet tetangga hehehe..

    BalasHapus
  37. photo semua dari jababeka
    kecuali yang President Research Center
    itu punyaku pribadi

    BalasHapus
  38. wah... mank betul... hidup biru.....

    BalasHapus
  39. dulu aq sering maen ke bekasi sekarang tambah maju ya pembagunannya

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: KOTA JABABEKA - Cikarang - Kabupaten Bekasi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah