12 Maret 2010

KOTA JABABEKA - Cikarang - Kabupaten Bekasi

oleh-oleh "Kegiatan Anjangsana Amprokan Blogger” dan "Bekasi Bersih Partisipasi Blogger"

*****

KOTA JABABEKA berlokasi di Cikarang Kabupaten Bekasi didirikan untuk menjadi motor penggerak ekonomi wilayah Jawa Barat sekaligus untuk menampung sebagian pabrik-pabrik dari sekitar areal Jakarta, Bandung, Bekasi, Karawang (JABABEKA). Konsep kota masa depan dicanangkan atas Kota Jababeka yang termasuk dalam wilayah administratif Pemerintahan Kabupaten Bekasi.

Kota Jababeka dikembangkan oleh PT. Jababeka di tahun 1989 dengan luas lahan sekitar 6.000 hektar. Konsep kota di dalam kota yang mandiri dikembangkan dengan membangun semua fasilitas yang dibutuhkan oleh sebuah kota, mulai dari pembangkit listrik sendiri, penyediaan air bersih, sarana dan prasarana, keamanan (Makodim dan Polres serta Internal Security), kesiapan lahan, sekolah, dan lain-lain serta tak lupa sebuah Jababeka Botanical Garden yang dikepalai oleh Eka Budianta.

Kota Industri Jababeka menaungi 1500 perusahaan yang berasal dari 30 negara dengan tujuan membangun motor penggerak ekonomi. Beberapa perusahaan besar seperti Unilever, United Tractor, Mattel telah mendirikan pabrik dan kantor di Jababeka. Jababeka juga memiliki lapangan golf terbaik dengan populasi penduduk sekitar 1 juta orang yang 600 ribu diantaranya adalah karyawan.

Dengan keragaman populasi yang sebagian besar juga berasal dari luar negeri, mendorong PT. Jababeka mendirikan fasilitas sekolah yang dapat menampung anak-anak karyawan warga negara asing dan umum. Mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas serta Universitas (The President Universiy). Universitas ini dirancang agar mahasiswanya dapat cepat tamat dengan berbagai program yang dilaksanakan. Direncanakan kuliah selama 2,5 tahun yang diikuti dengan program magang selama 1 tahun pada perusahaan-perusahaan yang berada di Jababeka. Fasilitas kepada mahasiswanya adalah tempat tinggal yang nyaman dengan lingkungan yang dijaga keamanannya selama 24 jam.

The Indonesia MovieLand

Untuk mendorong kemajuan dan profesionalitas Indonesia dibidang perfilman dan penyiaran televisi maka PT. Jababeka mendirikan suatu fasilitas yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Indonesia Movieland direncanakan untuk menjadi "The 1st One Stop Film and TV Industry Centre in Indonesia". Ini adalah kawasan industri film terintegrasi sepenuhnya dengan menggunakan semua fasilitas yang tersedia di Kota Jababeka, dengan luas sekitar 40 Ha yang didedikasikan khusus untuk kegiatan industri film dan pertelevisian. Dengan demikian, Indonesia MovieLand Jababeka Bekasi menyediakan fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membawa siaran TV di Indonesia dan industri film untuk lebih maju lagi.

Fasilitas Komplek Indonesia MovieLand yang tergabung dengan fasilitas Kota Jababeka :

  • Stasiun TV dan berbagai fasilitas studio yang berbeda ukuran, cocok untuk pembuatan iklan TV, film dan program-program siaran langsung.
  • Ruang kerja yang fleksibel untuk mengakomodasi pra-produksi dan pasca produksi pada semua tingkat industri, dari awal sampai perusahaan-perusahaan untuk mendirikan studio.
  • Pusat Kebudayaan yang dirancang unik, yang akan menjadi salah satu ciri kota industri film dan TV kreatif Indonesia.
  • Dalam kerjasama dengan The President University maka The President Film Academy America akan melatih generasi berikutnya di Indonesia memiliki siaran TV dan film yang profesional.
  • Berbagai akomodasi untuk mengurus kebutuhan semua orang dari kru film sampaai tingkat produsen dan artis.
  • Kafe dan tempat makan serta tempat hiburan yang nyaman kafe.
  • Fasilitas komersial yang lengkap untuk memastikan bahwa penghuni dan pengunjung akan dapat menemukan kebutuhan dan keinginan mereka di dalam kawasan.
  • Residences (tempat tinggal) mulai dari blok apartemen dan rumah-rumah bergaya vila yang menawarkan kenyamanan, keamanan dan keterjangkauan.
  • Koneksi internet yang terintegrasi dengan konektivitas kecepatan tinggi di seluruh daerah.


Sumber :
Amprokan Blogger Bekasi di The President Research Center
http://www.jababeka.com



Copyright © 2013 attayaya: KOTA JABABEKA - Cikarang - Kabupaten Bekasi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah