Canting Batik Kupu-kupu berpadu Point Blank Indonesia

canting dan proses membatik
Canting merupakan alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan yang khas digunakan untuk membuat batik tulis, kerajinan khas Indonesia. Canting atau canthing dengan phonetic tʃanʈiŋ terbuat dari tembaga dan bambu/kayu sebagai pegangannya. Canting digunakan seperti pena ketika kita menulis biasanya, ukurannya macam-macam tergantung jenis batik yang hendak dibuat. Ketika digunakan, pembatik Indonesia akan mengambil "lilin" yang disebut "malam" yang ada di dalam wajan masuk ke dalam "nyamplung". Lalu canting diangkat dan "cucuk" ditiup sedikit untuk menurunkan suhu. Lilin yang masih dalam keadaan cair tersebut kemudian ditorehkan melalui bagian "cucuk" ke kain batik untuk membentuk lukisan terbalik. Hasil torehan lilin dari canting itu akan bebas dari warna batik sebenarnya sehingga bagian yang tidak dikenai lilin akan menjadi berwarna jika telah melalui proses pewarnaan.

Bagian Canting terdiri atas 3 bagian yaitu :
  1. Nyamplung ; tempat tampungan cairan malam, terbuat dari tembaga.
  2. Cucuk ; tergabung dengan nyamplung, adalah tempat keluarnya cairan malam panas saat menulis batik.
  3. Gagang ; pegangan canting, umumnya terbuat dari bambu atau kayu.

canting dan proses membatik

"Malam" atau wax atau lilin atau kandil merupakan zat padat yang diproduksi secara alami dari proses dehidrogenasi endotermal rangkaian hidrokarbon. Malam/lili digunakan untuk berbagai tujuan, bisa untuk bahan bakar, digunakan dalam proses membatik, industri pakaian dan lain-lain. Lilin secara kimiawi termasuk golongan "lipid" (golongan senyawa hidrokarbon alifatik nonpolar dan hidrofobik). Lilin larut dalam pelarut nonpolar, seperti alkohol, eter atau kloroform. Fungsi biologis terpenting lipid di antaranya untuk menyimpan energi, sebagai komponen struktural membran sel, dan sebagai pensinyalan molekul. Kebanyakan malam diperoleh dari ekskresi tumbuh-tumbuhan, berupa damar atau resin. Pada tumbuhan, malam adalah hasil metabolisme sekunder yang dikeluarkan oleh pembuluh resin. Sumber hewani untuk malam berasal dari sarang tawon dan lebah.

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Legenda dalam literatur Melayu abad ke-17, Sulalatus Salatin menceritakan Laksamana Hang Nadim yang diperintahkan oleh Sultan Mahmud untuk berlayar ke India agar mendapatkan 140 lembar kain serasah dengan pola 40 jenis bunga pada setiap lembarnya. Karena tidak mampu memenuhi perintah itu, dia membuat sendiri kain-kain itu. Namun sayangnya kapalnya karam dalam perjalanan pulang dan hanya mampu membawa empat lembar sehingga membuat sang Sultan kecewa. Oleh beberapa penafsir, serasah itu ditafsirkan sebagai batik.

*****

Tulisan yang bersumber dari Wikipedia di atas adalah merupakan pengantar atas sebuah bingkisan istimewa dari Mas Jodie yang akhirnya tiba dengan jasa kurir ............. Bingkisan yang telah ditunggu-tunggu kelahirannya eeh... kedatangannya.

Bingkisan istimewa ini datang ketika aku iseng-iseng membuka gem point blank Indonesia.

So...
beginilah jadinya paduan antara membatik, canting, kupu-kupu dan pointblank Indonesia



Kepada Attayaya
Teriring ribuan terima kasih dari Attayaya kepada Mas Jodie
Masih terbungkus rapi dengan kertas padi yang indah

canting dan proses membatik


Dari :
Jodie P. Palgunadi
www.ceritainspirasi.net

canting dan proses membatik


Bingkisan Istimewa
Kupu-kupu dari canting membatik
Kepak sayap terbentang luas
dari bahan gedebok pisang (kalo ga salah lihat dan rasa)

canting dan proses membatik


Kupu-kupu hinggap
Di layar kompiku
mau turut serta bermain pointblank
wuuuss... wuuuss.....wuuuuuuuusssssss......

canting dan proses membatik

canting kupu-kupu
tidak takut ditembak
melawan semua kezaliman
dan pencurian budaya Indonesia
(perhatikan gambar tentaranya yang mau menembak kupu-kupu)
canting dan proses membatik


Dengan Pesan
Semoga sahabat
bisa menjadi canting abadi
bagi batik ibu pertiwi
canting dan proses membatik


Mari budayakan batik
Batik Budaya Asli Indonesia
canting dan proses membatik



Sumber tulisan :
Wikipedia

Sumber gambar canting paling atas :
Wikipedia
http://tjokrosuharto.com/catalog/batik_canting.php