30 Maret 2010

Canting Batik Kupu-kupu berpadu Point Blank Indonesia

canting dan proses membatik
Canting merupakan alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan yang khas digunakan untuk membuat batik tulis, kerajinan khas Indonesia. Canting atau canthing dengan phonetic tʃanʈiŋ terbuat dari tembaga dan bambu/kayu sebagai pegangannya. Canting digunakan seperti pena ketika kita menulis biasanya, ukurannya macam-macam tergantung jenis batik yang hendak dibuat. Ketika digunakan, pembatik Indonesia akan mengambil "lilin" yang disebut "malam" yang ada di dalam wajan masuk ke dalam "nyamplung". Lalu canting diangkat dan "cucuk" ditiup sedikit untuk menurunkan suhu. Lilin yang masih dalam keadaan cair tersebut kemudian ditorehkan melalui bagian "cucuk" ke kain batik untuk membentuk lukisan terbalik. Hasil torehan lilin dari canting itu akan bebas dari warna batik sebenarnya sehingga bagian yang tidak dikenai lilin akan menjadi berwarna jika telah melalui proses pewarnaan.

Bagian Canting terdiri atas 3 bagian yaitu :
  1. Nyamplung ; tempat tampungan cairan malam, terbuat dari tembaga.
  2. Cucuk ; tergabung dengan nyamplung, adalah tempat keluarnya cairan malam panas saat menulis batik.
  3. Gagang ; pegangan canting, umumnya terbuat dari bambu atau kayu.

canting dan proses membatik

"Malam" atau wax atau lilin atau kandil merupakan zat padat yang diproduksi secara alami dari proses dehidrogenasi endotermal rangkaian hidrokarbon. Malam/lili digunakan untuk berbagai tujuan, bisa untuk bahan bakar, digunakan dalam proses membatik, industri pakaian dan lain-lain. Lilin secara kimiawi termasuk golongan "lipid" (golongan senyawa hidrokarbon alifatik nonpolar dan hidrofobik). Lilin larut dalam pelarut nonpolar, seperti alkohol, eter atau kloroform. Fungsi biologis terpenting lipid di antaranya untuk menyimpan energi, sebagai komponen struktural membran sel, dan sebagai pensinyalan molekul. Kebanyakan malam diperoleh dari ekskresi tumbuh-tumbuhan, berupa damar atau resin. Pada tumbuhan, malam adalah hasil metabolisme sekunder yang dikeluarkan oleh pembuluh resin. Sumber hewani untuk malam berasal dari sarang tawon dan lebah.

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Legenda dalam literatur Melayu abad ke-17, Sulalatus Salatin menceritakan Laksamana Hang Nadim yang diperintahkan oleh Sultan Mahmud untuk berlayar ke India agar mendapatkan 140 lembar kain serasah dengan pola 40 jenis bunga pada setiap lembarnya. Karena tidak mampu memenuhi perintah itu, dia membuat sendiri kain-kain itu. Namun sayangnya kapalnya karam dalam perjalanan pulang dan hanya mampu membawa empat lembar sehingga membuat sang Sultan kecewa. Oleh beberapa penafsir, serasah itu ditafsirkan sebagai batik.

*****

Tulisan yang bersumber dari Wikipedia di atas adalah merupakan pengantar atas sebuah bingkisan istimewa dari Mas Jodie yang akhirnya tiba dengan jasa kurir ............. Bingkisan yang telah ditunggu-tunggu kelahirannya eeh... kedatangannya.

Bingkisan istimewa ini datang ketika aku iseng-iseng membuka gem point blank Indonesia.

So...
beginilah jadinya paduan antara membatik, canting, kupu-kupu dan pointblank Indonesia



Kepada Attayaya
Teriring ribuan terima kasih dari Attayaya kepada Mas Jodie
Masih terbungkus rapi dengan kertas padi yang indah

canting dan proses membatik


Dari :
Jodie P. Palgunadi
www.ceritainspirasi.net

canting dan proses membatik


Bingkisan Istimewa
Kupu-kupu dari canting membatik
Kepak sayap terbentang luas
dari bahan gedebok pisang (kalo ga salah lihat dan rasa)

canting dan proses membatik


Kupu-kupu hinggap
Di layar kompiku
mau turut serta bermain pointblank
wuuuss... wuuuss.....wuuuuuuuusssssss......

canting dan proses membatik

canting kupu-kupu
tidak takut ditembak
melawan semua kezaliman
dan pencurian budaya Indonesia
(perhatikan gambar tentaranya yang mau menembak kupu-kupu)
canting dan proses membatik


Dengan Pesan
Semoga sahabat
bisa menjadi canting abadi
bagi batik ibu pertiwi
canting dan proses membatik


Mari budayakan batik
Batik Budaya Asli Indonesia
canting dan proses membatik



Sumber tulisan :
Wikipedia

Sumber gambar canting paling atas :
Wikipedia
http://tjokrosuharto.com/catalog/batik_canting.php




48 komentar:

  1. Mari budayakan batik... hahaha...

    BalasHapus
  2. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Batik sebuah budaya unik ditulis dengan gabungan keyword yang unik....
    hehehehe

    BalasHapus
  3. Bingkisannya indah sekali, sayang aku ga dapat...wong ga masuk kompetisi hehe.

    BalasHapus
  4. Pengantar award yang punya nilai tinggi, batik pesonamu tak akan pudar!

    BalasHapus
  5. bingkisan yang yang menarik sObat,,
    makasih juga tentang info cntingnya sObat,.,.

    BalasHapus
  6. wezzz keren nih kag...
    bagi dunk kag :D hehehehe

    BalasHapus
  7. Selamat ya bang...suovenir saya juga udh nyampai bang..

    BalasHapus
  8. waaahhh...cantiknye !!
    mari lestarikan batik dan budaya Indonesia.. :)

    BalasHapus
  9. aku juga dpt tapi blm sempet posting ttg ini

    BalasHapus
  10. ihhh lucu banget bingkisannya >_<

    BalasHapus
  11. Bingkisan nya Bagus... Om buatlah Clan di PBnya. Om aja jadi ketua..

    BalasHapus
  12. Bingkisannya keren sekali... pengen... hehehe

    BalasHapus
  13. Canting dipadu dg batik jadi kupu2 yang indah... ^_^

    BalasHapus
  14. batik budaya asli bangsa Indonesia, mari kita jaga dan lestarikan...

    BalasHapus
  15. Waa..ngiri, eh nganan saja, dengan kupu-kupunya. Cute..

    BalasHapus
  16. emang kita yang muda muda harus mau melestarikan budaya kita terutama pada batik........

    BalasHapus
  17. ini sebenernya mo pamer canting opo monitor sih bung...bikin iri aja...wkwkwkwkwkwk
    BTW...kenapa oarng mbatik koq selalu meniup cantingnya sebelum digoreskan kekain?

    BalasHapus
  18. duh diriku yang ngaku wong jowo malah taunya dari sini maluuuuuuu

    BalasHapus
  19. canting aku ga dikirim-kirim, hikz.... *curcol* hehehehehe... :p


    selamat yah bang, bingkisannya udah nyampe dengan selamat :D

    BalasHapus
  20. indahnyaaaaaaa. ternyata besar ya ^_*, selamat ya Om, aku juga kemaren baca di blog inspirasi.net hehe,,

    BalasHapus
  21. MMmmmmuantab...........!!!!!!!!!!!
    Btw... Om Atta main PB jg yach,,,,, hihiihi...
    ditunggu di Ninja Saga Om.... Ninja Saga Pekanbaru (Ninja Bertuah) itu nama grubnya di FB, seru lho Om.. propokator modeOn* :D

    BalasHapus
  22. keren banget kupu2nya bang. mas joddie kirimin aku satu donk..ngarep mode ON

    BalasHapus
  23. batik memang luwes ya

    bisa dipake untuk santai dan suasana resmi..

    wow.. thanks mas udah nulis ini... swiiiippp....

    BalasHapus
  24. jadikan batik warisan budaya dunia!

    BalasHapus
  25. hahahahaaaa.....
    kupu2'y mo ikut perang tu....
    mari kita sama2 membudidayakan batik karena ini mmg khas dari Indonesia...

    BalasHapus
  26. Wah keren tuh bingkisannya. Mari kita lestarikan kebudayaan batik indonesia

    BalasHapus
  27. Hua.. hua.. nangis2. Andaikan Anaz ada di Indonesia, pasti sangat bangga ketik menerimanya :(( pengen pulang Bang, ngambil cantingnya. Keknya, yang dapet kaka saya deh ;((

    BalasHapus
  28. kupu kupunya cantiiiiik....
    mau donk Ooooooom.... ^^

    met malam ^^

    BalasHapus
  29. Selamat juragan...anda layak mendapat "Canting Kupu-kupu"

    BalasHapus
  30. bang atta dah dapat cantingnya... dan tahu caranya, so buruan bikin kain batik.. kalo dah jadi kainnya aku minta yaa... hueheuheuheu... uwenaaak.. uwenaaaak.. ;P'

    BalasHapus
  31. cute kupu2nya om.. pengin...

    BalasHapus
  32. wah,ini dari malaysiya ya?hahaha....

    BalasHapus
  33. siipp!!

    Mari Budayakan Batik!!

    BalasHapus
  34. bang apa maksud judul artikel diatas saya ngk ngerti sama - sekali

    BalasHapus
  35. budaya membatik harus kita lestarikan nich bang atta

    BalasHapus
  36. wah postingannya selalu bermutu neh Bang.... keren canting kupu2nya....
    hidup batik! :-)

    BalasHapus
  37. dan selamat tuk hadiahnya Bang, buwel juga dapet tuh katanya, tapi nggak bisa moto gambar cantingnya jadi belum bisa posting... hihihihhi.
    Oopppsss.. sory wel... *halah* :-D

    BalasHapus
  38. hoho.. ternyata udah sampai.. thanks atas foto-fotonya niih.. dan sejarah yang diulas: mantaaap... ^^ semoga bisa menginspirasi pembacanya..

    BalasHapus
  39. enaknya yg dapet paket..... ngiler mode on.

    Oh ya, ada awards buat dikau bung atta

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Wuih info tentang batik, mantap batik budaya indonesia

    BalasHapus
  42. jadi inget waktu kecilsaya di solo. banyak saudara yang membatik dan bau malam yang khas membuat kurindu masa kecil

    BalasHapus
  43. tradisi yang harus dipertahankan kang endar

    BalasHapus
  44. siapa ya pencipta Canting???
    hebat banget tuh

    BalasHapus
  45. maaf mba elsa
    aku pun gatau neh

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Canting Batik Kupu-kupu berpadu Point Blank Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah