14 Maret 2010

Jababeka Botanical Garden

oleh-oleh "Kegiatan Anjangsana Amprokan Blogger” dan "Bekasi Bersih Partisipasi Blogger"

*****

Jababeka Botanical Garden atau Kebun Raya Jababeka yang berlokasi di Kota Jababeka Cikarang Bekasi merupakan suatu wujud kepedulian Jababeka akan kebutuhan lingkungan yang sehat dan bersih dari pencemaran udara pabrik sekitarnya dan dalam usaha mengurangi dampak pemanasan global.

Dalam rangka untuk mengendalikan potensi dampak negatif yang timbul dari kegiatan manufaktur, Jababeka telah membentuk suatu departemen khusus untuk pengelolaan lingkungan, yang bertugas memantau pembuangan limbah industri air, bahan-bahan berbahaya dan limbah beracun (limbah B3). Selain itu, departemen ini juga memantau kualitas udara ambien, pengelolaan limbah, dan mengawasi pelaksanaan AMDAL (analisis dampak lingkungan) di pabrik dan tingkat manajemen maupun dalam industri dan daerah pemukiman.

Selain itu, Jababeka telah membangun pusat pengolahan air limbah dengan menggunakan teknologi Jerman, yang menjamin bahwa air limbah yang dibuang memenuhi standar lingkungan. Jababeka juga telah mendirikan laboratorium, yang sepenuhnya mendukung kegiatan pengelolaan lingkungan hidup, tidak hanya pengolahan air limbah, tetapi juga dengan tujuan pemantauan polusi udara dan suara serta pencemaran air tanah dan sungai. Pada tahun 2005, Komite Akreditasi Nasional (KAN) terakreditasi di Jababeka Laboratorium Lingkungan, yang berarti bahwa hasil analisis diakui di kawasan Asia-Pasifik.

Program Corporate Social Responsibility (CSR Programs) oleh Jababeka khususnya terhadap lingkungan telah dilakukan pengembangan Jababeka Botanical Garden, kawasan Kebun Raya ataupun Hutan Raya dengan luas sekitar 100 hektar yang berfungsi sebagai paru-paru Kota Jababeka. Jababeka Botanical Garden berisi banyak spesies pohon. Berbagai kegiatan dan kampanye penanaman pohon secara aktif dilakukan untuk mendukung keberadaan Jababeka Botanical Garden.

Misi Jababeka Botanical Garden
Untuk mengembangkan dan melestarikan taman ekologis melalui kegiatan budaya lingkungan untuk kepentingan penelitian dan pendidikan.

Visi Jababeka Botanical Garden
Untuk menjadi Kebun Raya kelas dunia yang penuh kasih dengan memelihara keanekaragaman hayati dan memajukan masyarakat yang sadar lingkungan.

Lokasi Utama Jababeka Botanical Garden
Rotunda Area, Pendidikan Park, Jababeka's Main Road

Jenis Pohon dan Lokasi Dua belas Taman di Jababeka Botanical Garden
  1. Terminalia Catappa (Pohon Ketapang) - Plaza Jababeka
  2. Alstonia Scholaris - Tol Taman Golf
  3. Delonix Regia (Pohon Semarak Api) - Tegal Gede Park
  4. Baringtonia Asiatica - Jababeka 1
  5. Samanea Saman (Ki hujan, pohon hujan, atau trembesi) - Pendidikan Taman
  6. Bombax Cieba (Randu Alas) - President Universitas Petranda
  7. Rotunda - Jababeka Botanic Garden
  8. Meialeuca Leucadendra (Kayu Putih) - Jababeka Golf
  9. Bombax Malabarica (Randu/Kapuk)- Sektor Taman Golf
  10. Taman Buah Jababeka
  11. Sansivera (Lidah Mertua) - Niaga Raya Street Park
  12. Tabebuia Chrisanta (trumpet trees) - Areal Penjualan Makanan


Sumber :
www.jababeka.com
www.president.ac.id



Copyright © 2013 attayaya: Jababeka Botanical Garden | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah