06 Maret 2010

Blogger Bertuah Dalam Berita Tribun Pekanbaru

postingan ini muncul karena terjadwal, secara bahwa yang punya blog lagi jalan-jalan ke bekasi, nginepnya di asrama haji bekasi



Koran Tribun Pekanbaru hari Senin 1 Maret 2010, tepatnya di bagian Pekan Life menyampaikan satu ulasan tentang Blogger Bertuah. Secara bahwa pada acara sederhana ulang tahun Bertuah kemaren juga dihadiri oleh 4 wartawan Tribun Pekanbaru.

Satu Tahun Komunitas Blogger Bertuah

Pernah Jamu Blogger Asal Australia

PEKANBARU, TRIBUN – Sebanyak 25 orang lebih anggota Blogger Bertuah berkumpul merayakan satu tahun berdirinya komunitas dunia maya ini di Jalan Taman Sari, Pekanbaru, Minggu (28/2). Para blogger ini melakukan kopi darat sembari melakukan posting bersama seharian.

Kata blogger tentunya tidak asing lagi bagi yang sudah pernah bersentuhan dengan dunia maya. Komunitas blogger merupakan komunitas dunia maya yang berbeda dan memiliki keasyikan tersendiri. Namun bukan berarti mereka tidak pernah bertemu, sesekali para blogger melakukan pertemuan secara fisik, atau akrab disebut kopi darat.

Para blogger mengatakan, melalui blog kita bisa tertawa, browsing segala hal yang ingin diketahui, berkomunikasi antar negara, hingga menjelajahi antar benua. Hal ini pulalah yang menyebabkan blog semakin booming di berbagai daerah hingga jumlah pengguna blog di setiap tahun mengalami peningkatan secara signifikan. Setidaknya, hal ini bisa dilihat dari jumlah anggota Komunitas Blogger Bertuah yang terus bertambah.

Rata-rata, dalam sehari blogger akan masuk ke dalam jaringan blog sekitar 1 sampai 3 jam. Aktivitasnya beragam, mulai sekadar posting (mengisi blog), mengomentari blog rekan-rekan lain hingga blog walking atau mengunjungi blog-blog sesama blogger. Terkait hal ini, adanya anggapan para blogger tidak memiliki kreativitas atau hal yang positif, ternyata juga tidaklah benar.

Hal ini ditegaskan Ketua Blogger Bertuah, Taufik Asmara kepada Tribun, disela syukuran satu tahun berdirinya komunitas blogger yang dikomandaninya. Menurutnya, posting maupun blog walking dilakukan Blogger Bertuah sangat positif.

”Selain itu, kita juga bisa saling bersilaturrahmi dengan mengunjungi blogger-blogger lainnya, kita bisa memberi masukan, saran, usul atau kritikkan yang membangun. Di samping itu, jaringan kita juga semakin luas, karena teman-teman kita semakin bertambah. Melalui blogger Bertuah ini, kita juga sudah melakukan beragam kegiatan positif, meskipun lebih banyak internal,’ ungkap Taufik.

Tidak itu saja, bang fiko.web.id, nama blog Taufik Asmara menyebutkan, Blogger Bertuah Pekanbaru pernah menjamu blogger dari Australia secara fisik.

”Namanya Antoni Bianco, Blogger Australia. Dia datang ke Pekanbaru, dan kita jamu sebaik-baiknya. Kita bawa ke Candi Muara Takus, kita perkenalkan situs cagar budaya kita,” kata Taufik.

Ini artinya, Blogger Bertuah dikenal diberbagai penjuru dunia, meskipun secara maya. Tetapi hal itu (pertemuan fisik) bisa dilakukan setelah terjalin hubungan yang baik. Selain blogger Australia, blogger Malaysia juga pernah kopi darat dengan Blogger Bertuah.

Komunitas blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat atau ketentuan di dunia nyata.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut. Sebaiknya bagi yang ingin bergabung, masuk saja ke web masing-masing komunitas tersebut untuk mendapatkan informasi cara bergabung disana, kita akan temukan syarat maupun hanya untuk ketentuan formal saja.

Khusus untuk Blogger Pekanbaru dengan nama komunitas bloggerbertuah.blogspot.com dan bertuah.org dirintis oleh beberapa mahasiswa. Mereka di antaranya Taufik Asmara, IjoPunkJutee, Maryo, Regie, Putra, Penyamun, Tengku Khairil, Fauzi, Hendrawan, Nanlimo, Rizmi. Jumlahnya sebelas orang, dan sebagian besar dari mereka pada awalnya tidak saling kenal.

Maryo, salah seorang pendiri komunitas blogger bertuah kepada Tribun mengatakan, terbentuknya komunitas blogger ini terjadi pada saat adanya kopi darat. Pertemuan dengan sesama blogger ini terjadi pada malam hari sebuah taman di Jalan HR. Soebrantas. Menurutnya, pada pertemuan tersebut ada rasa malu. Mengapa? Karena banyak yang sudah ngeblog tetapi baru sekarang punya komunitas.

”Sebelumnya tak ada sedikitpun yang aku kenali, tapi setelah ngobrol dan sambil bercanda semua itu terasa seperti sudah kenal lama. Nggak ada yang namanya senior dan junior, semuanya saling kompromi memberikan ide masing-masing untuk kemajuan komunitas Blogger Kota Pekanbaru. Yang terpenting adalah keinginan untuk terus maju dan berkembang,” sebut Maryo yang juga mahasiswa UIN Suska Riau.




Mari saling jaga silaturahmi
blogger Indonesia








35 komentar:

  1. mau ikutan gabung dunk....
    boleh gak???
    sekarang aku tinggal di Pekanbaru...
    salam kenal...

    BalasHapus
  2. Keren dan mantap...salut untuk blogger bertuah...moga jaya selalu ya bang..

    BalasHapus
  3. wahhhhhhhh mau dunk masuk koran, emang bisa hahaha, maksdku punya komunitas Blog heheh, semoga makin sukses :D

    BalasHapus
  4. wah seru... seru...
    jadi pengeeen ^^

    BalasHapus
  5. wah, tambah keren aja nih blogger bertuah :)

    BalasHapus
  6. mantep banget bang...
    Suatu saat bisa masuk di Okezone dan selanjutnya di majalah TIME...
    bravo untuk bertuah org.

    BalasHapus
  7. Perjuangan masih panjang ya bang....

    BalasHapus
  8. Mantap.., keberadaan Blogger Bertuah telah diakui secara "nyata" nih. Jadi makin iri aja.. ^_^

    BalasHapus
  9. Jangan lupa bagi oleh-2 dari Bekasi ya Bang... Ditunggu lho.

    BalasHapus
  10. waaaaaaaah keren!!!
    masuk koran!!!

    UHUUUUUYy........

    BalasHapus
  11. wah.. bangga juga jadinya ya gan

    BalasHapus
  12. wow.. bangga ya.. bisa ... terus maju dan berkarya..

    BalasHapus
  13. mantapp blogger bertuah , yang punya lagi dimana nih pasti dibekasi jalan-jalan lagi

    BalasHapus
  14. siiip..... Bertuah Ku, Bertuah Mu, Bertuah Kita Semua .... :D

    BalasHapus
  15. Wahhh... keren nich bang...

    BalasHapus
  16. wah, rame nih
    semoga ntar ada koneksi antar blogger antar daerah

    BalasHapus
  17. akhir pekan yg indah tuk bersantai...nongkrong di pantai sambil ngopi...wuih...enaknya

    selamat ya bt blogger Bertuah

    BalasHapus
  18. mg makin jaya dan sukses tuk Blogger BERTUAH

    met b'akhir pekan bt sobat BLOGGER
    khususnya bt kang Attayaya

    BalasHapus
  19. hohohoho asik neh ada yang masuk koraan ^^

    nama bang atta kok ga ada yo???

    met malminggg

    BalasHapus
  20. wah lebih seger baju barunya....:D

    BalasHapus
  21. wuihihihi.... kereeennn!! sukses daahh buat blogger bertuah!!

    BalasHapus
  22. bloggerbertuah,makin mantap..

    BalasHapus
  23. Kami juga kalau kopdar enak banget kalau udah nyambung masalah blog...

    Semoga blognya makin bertuah aja , bos...

    Tebarkan semangat blogging didaerahnya yah,,,

    BalasHapus
  24. Blogger Bertuah memang Hebat.. baru 1 tahun udah terkenal..

    BalasHapus
  25. penasaranku bertambah....walaupun belum kenal bnyk tp ku akan coba mengenali....btw boleh nggak gabung nati deh klo ketemuan ku minta secara resminya....ngarep mode on

    BalasHapus
  26. kereeeen, selama hayat masih dikandung badan semangat tak akan pernah padam, maju terus pantang mundur.. ooooooooooowooooooooo...

    BalasHapus
  27. secara yang punya blog belom pulang.
    aye mau ngotorin rumahnye ame komen

    cuma mo bilang
    oleh-oleh jangan di tinggal di bekasi
    hehehehhe

    BalasHapus
  28. Versi korannya namaku salah... Hiks.. Tapi gpp... Makachi ya TP... juga untuk Sesri.
    Semoga anak-anak bertuah makin kompak aja.

    BalasHapus
  29. halo bang ata pa kabar??

    BalasHapus
  30. mau gabung
    cara nya bagaimana????

    (adechndr@gmail.com)
    (www.serbabisasite.tk)

    BalasHapus
  31. masuk ke bertuah
    pada bagian atas klik "anggota"
    ikuti langkah2nya

    tengkyu bro

    BalasHapus
  32. blogger hebat n bermutu dengan Pedang Naga Puspa

    Dipindah rawatkan Pedang Naga Puspa buatan tangan Mpu Ranubaya
    Bahan : Batu Meteor ,Bertuah ; anti racun ,anti tembak
    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghub. 081282045177/08813298217

    antique11@ymail.com

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Blogger Bertuah Dalam Berita Tribun Pekanbaru | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah