06 Maret 2010

Blogger Bertuah Dalam Berita Tribun Pekanbaru

postingan ini muncul karena terjadwal, secara bahwa yang punya blog lagi jalan-jalan ke bekasi, nginepnya di asrama haji bekasi



Koran Tribun Pekanbaru hari Senin 1 Maret 2010, tepatnya di bagian Pekan Life menyampaikan satu ulasan tentang Blogger Bertuah. Secara bahwa pada acara sederhana ulang tahun Bertuah kemaren juga dihadiri oleh 4 wartawan Tribun Pekanbaru.

Satu Tahun Komunitas Blogger Bertuah

Pernah Jamu Blogger Asal Australia

PEKANBARU, TRIBUN – Sebanyak 25 orang lebih anggota Blogger Bertuah berkumpul merayakan satu tahun berdirinya komunitas dunia maya ini di Jalan Taman Sari, Pekanbaru, Minggu (28/2). Para blogger ini melakukan kopi darat sembari melakukan posting bersama seharian.

Kata blogger tentunya tidak asing lagi bagi yang sudah pernah bersentuhan dengan dunia maya. Komunitas blogger merupakan komunitas dunia maya yang berbeda dan memiliki keasyikan tersendiri. Namun bukan berarti mereka tidak pernah bertemu, sesekali para blogger melakukan pertemuan secara fisik, atau akrab disebut kopi darat.

Para blogger mengatakan, melalui blog kita bisa tertawa, browsing segala hal yang ingin diketahui, berkomunikasi antar negara, hingga menjelajahi antar benua. Hal ini pulalah yang menyebabkan blog semakin booming di berbagai daerah hingga jumlah pengguna blog di setiap tahun mengalami peningkatan secara signifikan. Setidaknya, hal ini bisa dilihat dari jumlah anggota Komunitas Blogger Bertuah yang terus bertambah.

Rata-rata, dalam sehari blogger akan masuk ke dalam jaringan blog sekitar 1 sampai 3 jam. Aktivitasnya beragam, mulai sekadar posting (mengisi blog), mengomentari blog rekan-rekan lain hingga blog walking atau mengunjungi blog-blog sesama blogger. Terkait hal ini, adanya anggapan para blogger tidak memiliki kreativitas atau hal yang positif, ternyata juga tidaklah benar.

Hal ini ditegaskan Ketua Blogger Bertuah, Taufik Asmara kepada Tribun, disela syukuran satu tahun berdirinya komunitas blogger yang dikomandaninya. Menurutnya, posting maupun blog walking dilakukan Blogger Bertuah sangat positif.

”Selain itu, kita juga bisa saling bersilaturrahmi dengan mengunjungi blogger-blogger lainnya, kita bisa memberi masukan, saran, usul atau kritikkan yang membangun. Di samping itu, jaringan kita juga semakin luas, karena teman-teman kita semakin bertambah. Melalui blogger Bertuah ini, kita juga sudah melakukan beragam kegiatan positif, meskipun lebih banyak internal,’ ungkap Taufik.

Tidak itu saja, bang fiko.web.id, nama blog Taufik Asmara menyebutkan, Blogger Bertuah Pekanbaru pernah menjamu blogger dari Australia secara fisik.

”Namanya Antoni Bianco, Blogger Australia. Dia datang ke Pekanbaru, dan kita jamu sebaik-baiknya. Kita bawa ke Candi Muara Takus, kita perkenalkan situs cagar budaya kita,” kata Taufik.

Ini artinya, Blogger Bertuah dikenal diberbagai penjuru dunia, meskipun secara maya. Tetapi hal itu (pertemuan fisik) bisa dilakukan setelah terjalin hubungan yang baik. Selain blogger Australia, blogger Malaysia juga pernah kopi darat dengan Blogger Bertuah.

Komunitas blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat atau ketentuan di dunia nyata.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut. Sebaiknya bagi yang ingin bergabung, masuk saja ke web masing-masing komunitas tersebut untuk mendapatkan informasi cara bergabung disana, kita akan temukan syarat maupun hanya untuk ketentuan formal saja.

Khusus untuk Blogger Pekanbaru dengan nama komunitas bloggerbertuah.blogspot.com dan bertuah.org dirintis oleh beberapa mahasiswa. Mereka di antaranya Taufik Asmara, IjoPunkJutee, Maryo, Regie, Putra, Penyamun, Tengku Khairil, Fauzi, Hendrawan, Nanlimo, Rizmi. Jumlahnya sebelas orang, dan sebagian besar dari mereka pada awalnya tidak saling kenal.

Maryo, salah seorang pendiri komunitas blogger bertuah kepada Tribun mengatakan, terbentuknya komunitas blogger ini terjadi pada saat adanya kopi darat. Pertemuan dengan sesama blogger ini terjadi pada malam hari sebuah taman di Jalan HR. Soebrantas. Menurutnya, pada pertemuan tersebut ada rasa malu. Mengapa? Karena banyak yang sudah ngeblog tetapi baru sekarang punya komunitas.

”Sebelumnya tak ada sedikitpun yang aku kenali, tapi setelah ngobrol dan sambil bercanda semua itu terasa seperti sudah kenal lama. Nggak ada yang namanya senior dan junior, semuanya saling kompromi memberikan ide masing-masing untuk kemajuan komunitas Blogger Kota Pekanbaru. Yang terpenting adalah keinginan untuk terus maju dan berkembang,” sebut Maryo yang juga mahasiswa UIN Suska Riau.




Mari saling jaga silaturahmi
blogger Indonesia








Copyright © 2013 attayaya: Blogger Bertuah Dalam Berita Tribun Pekanbaru | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah