15 Januari 2010

Kerakusan
Tamak
Dosa-dosa Besar

Ketika masuk ke salah satu video buatan Patrick Boivin di youtube (akan diposting selanjutnya tentang Patrick Boivin), aku terpana gambar pada header profile-nya.

Penggambaran tentang evolusi manusia oleh Patrick Boivin merujuk kepada teori evolusi Darwin. Dari gambar tersebut, terlihat adanya kebenaran atas kerakusan manusia, bahwa manusia mempunyai sifat rakus/serakah/tamak yang menyerupai kerakusan babi. kerakusan manusia (gluttony) sebagai salah satu dari 7 dosa terbesar menurut agama Katholik. Gluttony diartikan sebagai over-indulgence atau over-consumption terutama terhadap makanan.



Pada gambar diatas terlihat ketika primata yang memakai tongkat/tulang untuk berburu sumber daya makanan (terutama hewan) diikuti dengan manusia yang telah menggunakan tombak. Versi modernnya adalah dengan menggunakan senapan (tergambar senjata AK-47) untuk berburu segala sumber daya untuk dapat diubah menjadi sumber daya makanan, terutama dengan menjajah daerah lain, dan mengambil sumber daya apapun. Semua itu memerlukan pimpinan yang rakus dan serakah (jika boleh digabungkan) yang tergambar dengan manusia berperut buncit lambang ketamakan/kerakusan/keserakahan yang menyerupai sifat babi.

The modern concept of the Seven Deadly Sins is linked to the works of the 4th century monk Evagrius Ponticus, who listed eight evil thoughts in Greek as follows:

* Γαστριμαργία (gastrimargia)
* Πορνεία (porneia)
* Φιλαργυρία (philargyria)
* Λύπη (lype)
* Ὁργῆ (orge)
* Ἀκηδία (akedia)
* Κενοδοξία (kenodoxia)
* Ὺπερηφανία (hyperephania)

They were translated into Latin, as follows:

* Gula (gluttony)
* Fornicatio (fornication, lust)
* Avaritia (avarice/greed/greedy)
* Tristitia (sorrow/despair)
* Ira (wrath)
* Acedia (acedia)
* Vanagloria (vainglory)
* Superbia (Pride)

These 'evil thoughts' can be broken down into three groups:

* lustful appetite (Gluttony, Fornication, and Avarice)
* irascibility (Anger)
* intellect (Vainglory, Sorrow, Pride, and Discouragement)


7 Dosa Besar itu dapat diimbangi dengan 7 Kebaikan :

7 Dosa

Lust / Nafsu
Gluttony / Kerakusan
Greed / Keserakahan
Sloth / Kemalasan
Wrath / Kemarahan Kemurkaan
Envy / Iri Dengki
Pride / Kebanggan

7 Kebaikan

Chastity / Kesucian
Temperance / Kesederhanaan
Charity / Amal
Diligence / Kerajinan Ketekunan
Patience / Kesabaran
Kindness / Kebaikan
Humility / Kerendahan

(maaf.... tabelnya berantakan)

SEMOGA KITA SEMUA TERHINDAR DARI DOSA-DOSA


7 Sins bersumber dari :
http://en.wikipedia.org/wiki/Seven_deadly_sins

Patrick Boivin bersumber dari :
http://www.openfilm.com/users/PatrickBoivin/
http://video.yahoo.com/people/4660729
http://www.youtube.com/user/PatrickBoivin
http://www.dailymotion.com/PatrickBoivin


46 komentar:

  1. wah jadi inget film seven yg dibintangi brad Pitt & Morgan Freeman!!

    tapi penggambaran evolusi dari manusia jadi babi ntu ada yg kurang kayaknya.......hehehehehe!!!

    BalasHapus
  2. Kita tidak bisa terhindar dari dosa kan mas? Tapi kita bisa menghindari dosa..InsyaAllah..

    BalasHapus
  3. kerakusan memang salah satu sifat manusia karena manusia tidak akan pernah merasa puas :p

    BalasHapus
  4. Dulu, saya pernah dikasih artikel kayak gini. Sekarang, masih saya simpen di draft blog. Gak sama persis sih mbak tapi, ada beberapa yang mirip. Bahkan, lebih lengkap. Coz, itu dari forum diskusi. Insya Allah, kalau mau anaz share deh *lho*

    Tapi, manusia punya pilihan khan Bang, untuk memilih sama ada kebaikan, atau kerusakan. Wallahu'alam.

    BalasHapus
  5. Sebuah illustrasi yang sangat mengena rasanya.
    emang benner Bang....
    Semoga kita semua bisa terhindar.

    BalasHapus
  6. amiiiiiiiiin semoga kita terhindar dari kerakusan...
    sehingga gak mirip babi. amiiiiiiiiin

    BalasHapus
  7. wah kalo gendut gitu kurang olah raga kali, ya tulisan ini untuk intropeksi diri kita masing-masing. yuuk berubah yuuk untuk kebaikan

    BalasHapus
  8. Sudah agak lama ngga mampir, saya kira salah masuk... Pangling banget deh.
    Jangan sampai deh saya niru kelakukan babi yang rakus, tamak, dll.

    BalasHapus
  9. pencerahan yg sangat bagus bang..dan benar sekali bang..moga kita semua dijauhkan dari dosa-dosa...amin..

    BalasHapus
  10. Ane karena bukan bule, jadi kayaknya gak termasuk apa yang diteorikan Mas Ptrick Boivin itu deh.
    Kayaknya untuk urusan moral, kembalikan kediri masing-masing aja.

    BalasHapus
  11. wah, kita harus mawas diri...

    BalasHapus
  12. berbau bau filsafat nih.. pindah haluan nih?? greennya mana?

    BalasHapus
  13. kalau saja semua orang berpikir "uang bukan tujuan tetapi akibat" sehingga melakukan kebaikan demi kebaikan bagi diri sendiri maupun orang lain, sepertinya "langit Indonesia" benar-benar biru ya. (tidak ada longsor, tidak ada banjir, tidak kekurangan air bersih... dst.)

    salam,

    BalasHapus
  14. wooow... mantaap.. gw suka nih postingnya.. apalagi gambarnya.. keyen euy, artistik 'n dalem banget.. ^^ dari nol.. menuju nol.. hiks..

    BalasHapus
  15. Babi memang rakus, Semoga kita jauh dari sifatnya Babi....

    BalasHapus
  16. jauh2 deh kerakusan.. ga mau jadi sodaraan ma babi..
    hi.. atut...

    BalasHapus
  17. begitulah adanya orang yang selalu tamak, rakus dan serakah. salam dari s3m4r4k, link sudah kami pasang link balik kami tunggu

    BalasHapus
  18. hah.....
    aku kesasar tidak ya....

    oh tidak rupanya ada bendera kesukaanku jika lagi bingung.

    aku selalu bernanung dibawahnya jika negara ini gonjang ganjing

    aku selalu ingin menurunkan setengah tiang jika melihat matinya nurani para pejabat

    aku selalu memandang bangga jika membaca tulisan kreatifitas anak bangsa

    aku selalu hormat jika ada kaum ku yang masih merasa bangga dengan merah putih

    ------------------------------
    jiakkkkkkkkakakakak
    ------------------------------
    jaka sembung nodong tukang ojek pake golok.
    gludak-gludak
    ------------------------------

    mantaf bang. saking ga tau arti artikel setelah pertengahan, mkannya komentnya kaga nyambung
    ...
    sippp

    BalasHapus
  19. Selamat sore mas atta...

    BalasHapus
  20. wah.. dari monyet, sampai jadi seekor babi...
    ck...ck..ck..

    BalasHapus
  21. Setelah saya membaca tulisan Mas kali ini,saya teringat akan kasus Bank Century yang tak kunjung-kunjung selesai dan berbelit-belt permasalahannya

    Emank kuroptor di negri kita tercinta ini selalu berkembang biak ditiap masa...

    BalasHapus
  22. semoga kita terjaga dari sifat tamak rakus dan tak pernah puas...
    semoga kita sellau bisa mensyukuri nikmat

    BalasHapus
  23. kalo kelakuan makin parah,analoginya juga jadi macam2 ya,,,serem :)

    BalasHapus
  24. Ternyata krakusan menduduki peringkat kedua dalam 7 dosa besar versi katholik, bisa difahami sebab rakus bisa membuat orang lupa diri, gila kekuasaan, ujung-ujungnya penghancuran peradaban dan moral manusia

    BalasHapus
  25. Amien....
    tp sdikit mnambahkan skrg itu teori Darwin dah trbantahkan karna ia mnggmbarkan manusia jaman dLu dari tuLang beLuLang hewan dan manusia.

    BalasHapus
  26. Yup sebagai manusia biasa, kita tak akan pernah bisa terhindar dari dosa namun setidaknya kita masih bisa untuk menghindari dosa.

    BalasHapus
  27. Semoga kita tidak memiliki sifat itu walaupun saya tahu setiap manusia pasti mempunyai sifat itu..

    Kapan om buat SMS/Puisi Romantis nya,, Perlu Laksamana Embun yang buatin? Kalau postingan ini ga ada Cewek2 yang mampir Om, hehe

    BalasHapus
  28. pasti gede yang nilainya bang...sama nih aku juga baru dapet dari BV, kemarin2 sepi bnget, btw uih wah gambarnya keren...postingannya juga selalu keren... bang!

    BalasHapus
  29. wow...evolisi yg menyeramkan,, semoga kita terhindar dari kerakusan ...amiiiin

    BalasHapus
  30. ah 7 sins, jadi inget dulu mau cosplay ttg 7 sins tapi ga jadi...

    eh sungguhkah nanti manusia bisa jadi babi kalo rakus? kok jadi mirip patkai ya?

    BalasHapus
  31. Rakus dan tamak berarti bumerang buat kita. Mari jaga diri kita agar selalu terhindar dari sifat itu...

    BalasHapus
  32. wah tertegun aku membaca tentang dosa iya bener sekali ulasan nya

    BalasHapus
  33. Mudah2an kita dijauhkan dari sifat tamak... karena berakibat buruk dunia akhirat.. hiyyy..

    BalasHapus
  34. Naudzubillahi min dzalik....

    BalasHapus
  35. jangan sampai deh kita kaya gt

    BalasHapus
  36. mirip filmnya brad pitt dan morgan freeman "7"

    BalasHapus
  37. kemarin nggak sengaja nyasar ke blog bang Ais lihat infotainment Anda hah jadi tahu deh nama aslinya wah fotonya lagi serius amat dengan BB btw ternyata memang manusia rakus yah bang

    BalasHapus
  38. setuju memang sekarang banyak orang yang rakus udah punya banyak masih ,mau lagi apalagi dengan jalan tidak halal

    BalasHapus
  39. hilangkan sifat rakus
    agar selamat dunia akhirat

    BalasHapus
  40. semoga bisa memperbaiki diri.amin..Alloiuma amin

    BalasHapus
  41. bener pak Arifin
    makasih atas kunjungannya

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: KerakusanTamakDosa-dosa Besar | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah