05 Januari 2010

Kelompok Belajar Bersama

Kelompok Belajar Bersama sebagai suatu wadah atas proses belajar yang disokong oleh anggota-anggotanya sehingga ada ketergantungan antar sesama anggota untuk mencapai suatu tujuan yang disepakati bersama. Tujuan itu umumnya adalah untuk sama-sama mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan semoga mendapat berkah dari-Nya.

Di Indonesia umumnya, dan di daerah kita khususnya, telah banyak tumbuh tempat-tempat ngumpul bagi Kelompok Belajar Bersama. Contoh yang paling mudah adalah : ketika waktu di sekolah dulu, kita dibagi oleh guru ke dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas tertentu semisal prakarya, menerjemahkan buku, merangkum, menyelesaikan soal fisika, biologi, kimia, maupun tugas-tugas lainnya. Bahkan ada juga kelompok yang dibentuk oleh guru sekolah untuk menjadi kelompok belajar ilmu nyanyi tralala..trilili.. alias paduan suara.

Banyak manfaat Belajar Bersama yang bisa didapat jika kita membentuk Kelompok Belajar Bersama. Semisal adanya kebersamaan atau rasa persaudaraan, saling berbagi ilmu, dapat menyuarakan sesuatu hal secara bersama-sama, menambah pengalaman, lebih menjadi aktif dan proaktif, dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, dan lain sebagainya. Selain itu juga dengan adanya komunikasi timbal balik dalam kelompok akan meningkatkan motivasi diri untuk menjadi lebih baik.

Untuk 3 paragraf di atas, sebenarnya yang lebih bisa menjelaskan adalah bang Seti@wan, mba Ajeng, bang Munir, mas Ibnukus, dll, dst, dsb yang mempunyai tugas mulia mendidik anak-anak Indonesia sebagai tunas bangsa dalam belajar menimba ilmu. Aku cuma mengagak-agak alias mengira-kira.

*****
UPDATE :
Tambahan Manfaat Belajar Bersama dari Bang Iwan :
* Belajar dengan membentuk kelompok belajar sendiri dapat memotivasi semangat belajar antara teman satu dengan lainnya.
* Saling berbagi informasi dan pengetahuan antara teman. Teman yang pandai dapat mengajari dan menularkan kepandaiannya kepada teman lainnya.
* Membangun komunikasi timbal balik dengan adanya diskusi.
* Bekerjasama menyelesaikan PR sekaligus bersosialisasi di luar sekolah.

*****

Di dunia maya pun terdapat berbagai kelompok yang biasa disebut komunitas. Semisal Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru, Komunitas Blogger Bekasi, Komunitas Blogger Depok, serta komunitas lainnya. Di dalam komunitas dunia maya (walaupun sebagian sudah pernah bertemu alias kopdar alias kopi darat yang ga pake teh darat), semua anggota dan bukan anggota bisa memetik manfaat yang lebih daripada sekedar berjalan sendiri di dunia maya.

Bener ga???

Dengan keadaan seperti itu, maka Belajar Bersama ingin memberikan sesuatu yang berharga bagi sesama bogger, salah satunya aku... jiahahahahaha.....

(upppfff... nyambung ga nyambung, semua paragraf tulisan dipaksa nyambung pake selotip, solder timah, klem besi agar bisa tersambung dengan bagus jiahahahaha...)



Belajar juga menjadi ciri khas bagi seorang blogger yang nyantri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Muhammad Qori namanya
Pesantren tempat belajarnya
Banjarmasin tempat tinggalnya
Baik hati selalu sifatnya
Semoga selalu diberkahi-Nya




Inuel Jombloku juga dulunya belajar di MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri).
Berdasarkan pengakuannya, Inuel adalah seorang :
Yang kepribadiannya terbentuk di Sumatera Utara
Yang temennya banyak cowok
Yang ga kenal ma boneka
Yang ga feminin
Yang pindah ke Jawa ketika kelas 3 SD
Yang sering berpindah-pindah
Yang belajar komputer di warnet

Tetap semangat ya Inuel
Tetap belajar
Raihlah mimpi Inuel
Selalulah berdo'a
Semoga selalu berada dalam lindungan dan selalu diberkahi Allah SWT

SELAMAT ULANG TAHUN INUEL
Terima kasih atas semua award ini...



Sehubungan dengan hal yang dimaksud di atas (halaah gaya bahasa aneh bin ajaib tulisannya pun ngaco jiahahaha...), award ini pun kubagi ke :

yopy rinaldi
boedak bertuah

Agar selalu semangat ngeblog..........

KEEP SPIRIT
KEEP BLOGGING....................................


Mari belajar bersama
attayaya belajar pun ingin tetap belajar sampai ke liang lahat




Copyright © 2013 attayaya: Kelompok Belajar Bersama | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah