04 Januari 2010

Kattegat | Cod | Greenpeace Granite Blocks

Dalam paradraf kedua lirik sajak Greenpeace pada postingan The Last Post on 2009 | Terima Kasih dari Greenpeace terdapat kalimat :

Kattegat tempat dijatuhkannya bebatuan,
Hilang sudah cara bahaya menangkap ikan.


Kupikir ada kesalahan pengetikan tulisan, khususnya pada kata "Kattegat". Ternyata tulisan Kattegat itu benar adanya. Tidak ada kesalahan ketik. Cuma terasa aneh. Apa sih kategat. Apakah itu nama/istilah khusus, ato suatu proses, ato suatu daerah dan mengapa Greenpeace menulis "Kattegat tempat dijatuhkannya bebatuan"??? Apakah tempat jatuhnya batu angkasa alias meteor ato ada orang-orang Greenpeace yang nyemplung dengan menggunakan gaya batu alias kelelep.

Hmmmm.... penasaran aku bertanya kepada si mbah Gugel. Beliau banyak memberikan jawaban. Mulai dari nama suatu daerah, proses penjatuhan/penempatan batu oleh Greenpeace, bahkan tentang photo botanikal untuk percetakan dan kartu-kartu.

***

Kattegat digunakan umumnya dalam bahasa Inggris dan khususnya dalam bahasa Danish (bahasa daerah utara Jerman yaitu wilayah Denmark, Faroe Island, Finland, dan Germany). Sedangkan dalam bahasa Swedish (bahasa di wilayah Sweden, Finland, Estonia, Ukraine) ditulis dengan 2 huruf "t" pada akhir tulisan menjadi Kattegatt. Kattegat merupakan selat yang dimiliki oleh 3 negara Denmark, Norway and Sweden berdasarkan the League of Nations Treaty Series di tahun 1932. Selat ini dibagian barat dan selatan terdapat daerah Denmark. Di timur terdapat provinsi Scania, Halland dan Bohuslän dari wilayah Sweden. Sedangkan di utaranya merupakan kelanjutan dari Selat Skagerrak. Jika dilihat dari sudut pandang Laut Baltik (Baltic Sea), Kattegat mirip sebuah teluk. Selat ini menghubungkan Laut Utara (North Sea) dengan Baltic Sea.

Kattegat berarti "lubang kucing" berasal dari 2 kata dari bahasa Dutch "kat" dan "gat", yang dalam bahasa Inggris "cat" dan "hole". Hal ini merujuk kepada istilah yang digunakan oleh pelaut Eropa tentang daerah itu yang mana ketika seorang kapten kapal melewati daerah tersebut harus sangat hati-hati karena harus melewati selat yang sangat sempit agar terhindar dari batu karang tajam yang dapat menghancurkan kapal.

Kattegat memiliki potensi yang besar khususnya potensi kelautan. Dimana di daerah tersebut memiliki potensi Ikan Cod yang sangat melimpah. Ikan Cod (Gadus marhua)merupakan ikan dari genus Gadus berasal dari keluarga / family Gadidae. Ikan Cod mengandung minyak hati yang sangat baik dikonsumsi manusia terutama bagi pertumbuhan anak-anak. Minyak hati ikan Cod (Cod Fish Livers) mengandung Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan omega-3 fatty acids (EPA and DHA). Ikan Cod dari Kattegat umumnya juga disebut Atlantic Cod. Jenis ikan Cod memang sangat banyak, malah ada ikan yang mirip ikan Cod tetapi bukanlah dari jenis ikan Cod. Sedangkan ikan Cod dari selat Kattegat dianggap sebagai ikan Cod yang terbaik. Ditangkap secara besar-besaran umumnya pada saat bertelur di bulan Januari sampai April, selain penangkapan pada bulan-bulan lainnya.

Penangkapan besar-besaran (over-fishing) oleh nelayan telah merusak siklus hidup ikan Cod terutama di daerah Selat Kattegat. Ikan Cod pun semakin jauh berkurang hal yang terjadi pada Ikan Terubuk di Selat Bengkalis - Riau - Indonesia. Ikan terubuk ditangkap pada masa bertelur karena telur ikan Terubuk sangat digemari dan harganya sangat mahal.

Karena jumlah ikan Cod yang sangat jauh menurun drastis akibat penangkapan besar-besaran, maka Greenpeace berusaha melakukan penyelamatan habitat dan siklus hidup ikan Cod tersebut. Penyelamatan ini bekerjasama dengan Agriculture Department of Sweden dengan cara meletakkan blok-blok batu granite (Granite Blocks) yang berat di Selat Kattegat sekitar bulan Agustus-September 2009 untuk mencegah jala/jaring nelayan menangkap ikan Cod yang berada di dasar selat/lautan. Batu-batu granite itu menyelamatkan ikan Cod yang berada di dasar laut.

Greenpeace has begun sinking boulders in EU-protected cod fishing grounds to prevent what it says are destructive forms of fishing in the area.

The environmental group says it will drop 180 boulders off the Swedish and Danish coasts to prevent fishing boats from dragging nets along the sea bed. (BBC News)

Dengan demikian diharapkan terjadi pertumbuhan jumlah ikan Cod di daerah tersebut yang akhirnya pendapatan nelayan tidak akan hilang dalam waktu lama. Karena jika ikan Cod habis, maka pendapatan nelayan pun akan hilang.

*****


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Kattegat
http://en.wikipedia.org/wiki/Cod
http://weblog.greenpeace.org/makingwaves/archives/2009/10/victory_in_the_kattegat.html
http://news.bbc.co.uk/2/hi/europe/8194105.stm




36 komentar:

  1. ikan cod yang enak itu kan bang???

    BalasHapus
  2. over fishing memang menjadi masalah tersendiri dari dulu sampai sekarang, manusia ga pernah puas...

    kalo ikan abis nanti anak sendiri di dandani pake baju ikan trus di suruh nyemplung ke kolam renang abis itu di pancingin buat di bakar >,<

    BalasHapus
  3. interupsi, jadi pingin bakar ikan nih...
    kayaknya enak. dimakan sama nasi putih hangat plus sambal

    BalasHapus
  4. selamatkan habitat ikan Cod..!! semangat semuanya

    BalasHapus
  5. "Kattegat"... baru dengar Bang.

    kalau ikan kod biasa liat, malah mungkin sudah nyaris punah soalnya banyak ditangkap untuk diambil jeroannya sebagai makanan utama di acara 'FEAR FACTOR'

    BalasHapus
  6. wah, mantab dah bang info Kattegatnya, moga2 nggak salah ketik...hehehe

    BalasHapus
  7. salam sobat
    dengan meletakkan batu-batu granite dapat menyelamatkan ikan cod.
    saluut banget..

    BalasHapus
  8. wah... baru tahu Kattegat...oke... ikut dukung greenpeace..

    BalasHapus
  9. heuheuhe.. greenpeace ternyata buang2 batu ke laut juga ya hehehehe.. peace.. itu buat kelangsungan ikan cod jadi ga papa :)

    BalasHapus
  10. ikan cod manteb gak rasanya yaa bang?

    BalasHapus
  11. oh...begitu ya bang...jadi batu-batu itu untuk mencegah penagkapan ikan itu ya bang...nice post bang....

    BalasHapus
  12. ikan cod sama gak sama ican koi? #halah

    BalasHapus
  13. itu utk ikan yg dibuat minyak ikan scout emulsion bukan ya?

    BalasHapus
  14. weh pwngwtahuan baru nih makasih ya bos

    BalasHapus
  15. oohh.. baru tau juga ama Kattegat itu,, baru denger malah... 'lubang kucing' yaahh..

    BalasHapus
  16. nama yang aneh ya bang :D tetap konsisten dengan alam di 2010...

    BalasHapus
  17. ikan cod itu enak ga' ya.
    Soalnya blum pernah coba.

    BalasHapus
  18. bahasa yang aneh terdengar, dan baru tauk malah...
    xxixiixiii

    BalasHapus
  19. 579 posting.. gile.. bang atta ternyata punya 579 postingan yah.. sadiss........................ baru ngitung aku..

    BalasHapus
  20. Baru tahu ada istilah "kattegat" disini...
    Aku sudah sering baca kalau penangkapan ikan seringkali menyalahi aturan...

    BalasHapus
  21. kattegat gitu ya.........hehehehehehe........baru denger tuh!!!

    untuk Google adsense-nya kayaknya gak suport untk blog bahasa indonesia deh.....tapi ada situs lokal yg model adsense seperti itu juga kok!!!!

    BalasHapus
  22. Mlam Om..

    Om kalau kita hidden kan title berpengaruh ga sama index kita di google.?

    BalasHapus
  23. wah ci om selalau dapat temuan yang banyak orang ga tau...saluuuuuuutt

    BalasHapus
  24. wah..keren....mantab infonya
    -thx ya

    BalasHapus
  25. oohh gitu tohh, aku baru tau hari ini di blogmu bang..

    BalasHapus
  26. baru denger kalimat itu Bang :)

    btw, makasih koreksinya. sebetulnya, sebelum posting dah jalan2 dulu ke wikipedia. Lupa e' Bang, kalau hendak menyebutkan bagian dari kota Riau. Abis, Pekanbaru aja ingetnya *jiahahaha...* Padahal, kata Wiki juga, Dumai adalah kota terbesar kedua setelah Manokwari. Duh, menyesatkan saja nih saya... :(

    BalasHapus
  27. waow.... klu Oom da p-osting referensinya ok banget deh... keren Om..jadi tambah wawasan nih.. :D, btw... foto2 keris ga di upload om??

    BalasHapus
  28. kalau soal masakmemasak ikan sich sy tW tp kLo jnis'y sy ga' tW..

    BalasHapus
  29. ikan yang langka harus dilestarikan tuh biar gak punah.

    BalasHapus
  30. wah mantab nih sob....... trima kasih infonya

    BalasHapus
  31. Indonesia punya cara ampuh untuk menghentikan pemboman ikan? belum...
    pemboman ikan yang merusak terumbu karang, dan biota laut lainnya

    BalasHapus
  32. cara efektif untuk menjegal jala agar tidak turun ke dasar laut
    maka selamatlah ikan yang berlindung di batu itu
    sehingga masih bisa membiakkan anak-anaknya dan memperlambat kepunahan

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Kattegat | Cod | Greenpeace Granite Blocks | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah