Cara Menjebol ATM dan Cara Mencegah Penjebolan Kartu ATM

Taktik Cara Menjebol ATM ataupun taktik cara mendapatkan uang gratis dari ATM tanpa mengurangi saldo bukanlah menjadi tujuan bagi kita para blogger dan temen lainnya. Tulisan ini kubuat untuk sharing pengetahuan aja berdasarkan pengalaman pribadi
.

Pengetahuan ini kudapat ketika masih bekerja di salah satu bank di Pekanbaru. Kebetulan bank tempat aku bekerja dulu, salah satunya mengalami masalah penjebolan kartu ATM nasabah beberapa hari ini BCA, Mandiri, Permata dan BNI. Selama 2 tahun aku bekerja di di salah satu bank tersebut, aku lama ditempatkan di bagian EDP (Elektronic Data Processing) yang menangani masalah jaringan (jaringan model jadul yang mana bentuk hub/switch-nya aja sebesar kopor, kabel masih pake 4 kabel sebesar jempol jiahahahaha.... ooooopppsssss jadi inget ma cewekku dulu yang kutilang alias kurus tinggi langsing cantik bagaikan luna mayahahahahahaha...).

Back to topic, sekitar dalam 1 tahun lebih menangani EDP yang ngurusin jaringan komputer, program aplikasi teller, back office, marketing dll, dan juga termasuk jaringan komunikasi via satelit. Salah satu tugas EDP lainnya adalah menangani masalah ATM. Aku setiap pagi sekitar jam 9 harus keliling ke semua ATM bank tersebut di Pekanbaru. Memeriksa, memelihara, dan memastikan bahwa ATM tersebut berjalan lancar.

Banyak temen yang sudah tahu (dan jelas terlihat dari fisik luarnya) bahwa ATM itu terdiri dari 2 bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas terlihat adalah layar, keyboard, slot tempat masuk kartu, dan casing penutup serta pernak-pernik tampilan. Bagian bawah kelihatan seperti kotak biasa. Di dalam bagian atas adalah berisi sebuah motherboard komputer, printer, card reader (pembaca kartu) dan power supply. Di dalam bagian bawah adalah berisi cartridge (kotak) penyimpan uang, dan cartridge penyimpan uang hasil reject. Semua bagian ini memiliki sensor yang banyak dengan fungsi masing-masing.

Hak dan tanggung jawabku ketika bertugas adalah di bagian atas ATM yaitu komputer, printer, Card reader dan power supply. Aku harus memastikan semuanya berjalan lancar. Sedangkan bagian bawah ATM yang dalamnya berisi cartridge uang adalah hak dan tanggung jawab kasir/teller. Aku dan kasir harus saling bekerjasama. Uang tersangkut yang kutemukan harus dilaporkan ke Kasir, dan hal-hal lain semacam itulah.

Ketika ATM tidak berfungsi dan aku tidak bisa menyelesaikannya, maka aku akan memanggil petugas outsourcing pemeliharaan ATM dari kantor pusat yang harus tiba dalam waktu maksimal 24 jam. Sering kali ketemu dengan petugas tersebut dan saling ngobrol sekaligus curhat masalah cewek bank yang cantik-cantik sambil membetulkan mesin ATM yang rusak, dari sanalah pengetahuanku tentang ATM meluas, termasuk cara menjebol ATM. Jiahahahahaha... berbahaya neh.

Ketika tadi pagi (21-12-09) melihat acara di TVOne yang mengetengahkan "Penjebolan ATM" dengan nara sumber Roby Alamsah (ahli digital forensik) dan Utuh xxxxx (BH Binus Hacker) ... maaf kalo nama dan jabatannya salah ... Ternyata apa yang mereka disampaikan sama persis dengan apa yang disampaikan petugas outsourcing ATM tersebut kepadaku. Hanya bentuk alat dan teknik lebih canggih alias bagus. Tetapi prinsip kerjanya adalah sama yaitu MEMBACA KARTU ATM lalu MENGGANDAKANNYA (CLONING). Dulu aku bahkan memiliki 3 kartu untuk 1 nomor rekening pribadiku. Sama persis yang dilakukan oleh narasumber dari TVOne tersebut.

Teknik atau Cara Menjebol ATM :
Skimming dan Tapping

Dua teknik ini (menurut petugas outsourcing dan nara sumber TVOne tersebut) adalah untuk mengambil data Kartu ATM korban. Masing-masing hasil dari teknik ini digabungkan. Skimming adalah untuk membaca kartu yang berisi seluruh infomasi data nasabah semacam nomor kartu, nomor rekening, nama nasabah tetapi selain PIN (data PIN tidak disimpan di dalam kartu, tetapi berada di server bank). Alatnya disebut Skimmer yaitu semacam Card reader. Tapping digunakan untuk mengetahui secara pasti nomor PIN Kartu ATM. Sekarang digunakan mini camera untuk mengetahui nomor PIN Kartu ATM yang ditekan di papan keyboard.

Skimmer ditempatkan di mulut slot tempat masuknya kartu. Bentuk umumnya adalah pipih dan tidak transparan (berwarna hitam umumnya keknya tidak ada yang berwarna pink). Mini camera ditempatkan disekitar casing ATM yang mengarah ke keyboard. Untuk itu, sebelum memasukkan kartu perhatikan bentuk fisik ATM terutama slot kartu dan areal sekitar layar monitor. Biasanya di sebelah kiri dan atas areal keyboard karena umumnya manusia adalah pengguna tangan kanan jarang yang menggunakan tangan kiri (kidal) untuk mengetik nomor PIN.

Kedua alat ini dijual di pasar gelap (bahkan ada beberapa yang mulai terang-terangan) seharga sekitar US$1500 atau sekitar Rp.15.000.000,- saja. Sudah termasuk Skimmer, mini camera, blank-card (kartu kosong untuk hasil cloning), battere, kabel, dll. Mungkin-mungkin termasuk manualnya jiahahahaha....

Cara memasukkan skimmer/card-reader dan tapper :

  1. Cara seperti di atas, yaitu melekatkan dari luar mesin ATM.
  2. Memasukkannya ke dalam mesin ATM, dengan menjebol kunci bagian atas mesin ATM. Menjebol kuncinya harus rapi ya bro..., kalo ga rapi kupenthung-penthung kalian. Card reader yang asli di-cutting (bypass) dengan skimmer yang khusus bypass. Skimmer ini modelnya beda ma cara 1 di atas karena bentuk fisik dari mesin card reader yang ada dalam mesin ATM agak susah diakali. (Kebetulan TVOne menayangkan video 2 orang yang menjebol bagian atas mesin ATM).

INGAT :
Kejahatan seperti di atas merupakan tanggung jawab penuh pihak bank dalam penyelesaiannya, karena areal ATM secara fisik adalah tanggung jawab pihak bank. Maka ketika ada penjahat yang meletakkan skimmer dan tapper di ATM, berarti keamanan ATM tidak bisa dijaga dengan baik oleh pihak bank.

Cara mencegah penjebolan Kartu ATM
:
  1. Perhatikan fisik ATM sebelum memasukkan kartu ATM.
  2. Perhatikan alat-alat aneh yang tidak biasa ada di ATM. Skimmer di pasang di mulut slot tempat kartu masuk dan tidak transparan. Tetapi mohon dibedakan dengan pengaman mulut slot yang telah dipasang oleh pihak bank yang bentuknya hampir sama. Pengaman dari bank adalah cetakan khusus langsung dari penyedia mesin ATM yang menjadi satu kesatuan dengan mulut slot. Jika pengaman itu berupa tempelan, hati-hati... mungkin itu skimmer.
  3. Perhatikan areal keyboard dan areal 1 meter dari ATM. Apakah ada mini camera dalam berbagai bentuk. Mungkin saja dalam bentuk kotak kecil dengan lobang yang juga kecil. Tetapi mohon bedakan dengan kamera dari pihak bank yang umumnya gedhe segdhe gambreng. Yaaaah... biasanya kamera dari bank bentuknya besar dan mencolok.
  4. Setelah melakukan transaksi yang benar dengan PIN yang benar, dan kartu telah keluar dari slot, maka masukkan kembali kartu tersebut dan masukkan PIN yang salah. Hal ini untuk mengecoh saja. Oooopppssss ati-ati... PIN 3 kali salah dalam 1 hari maka kartu ATM langsung diblokir. Jika kita rasa dalam 1 hari ini hanya akan melakukan 1 transaksi ATM, bolehlah melakukan kesalahan PIN 1 kali. Pokoknya jangan mpe 3 kali salah deh... ntar ressspoooott sendiri.

Cara mencegah penjebolan Kartu ATM untuk kasus lain :
  1. Berhati-hatilah dengan kartu ATM dan nomor PIN.
  2. Simpanlah kartu ATM dengan baik.
  3. Ingatlah nomor PIN
  4. Sering rubahlah nomor PIN
  5. Gunakan ATM yang berada di lokasi sekitar halaman bank, atau tempat ramai tetapi tertutup.
  6. Tutup atau halangi tangan anda yang mengetik PIN di keyboard dengan tangan lain atau barang lain.
  7. Batasi transaksi pengambilan melalui ATM sesuai kebutuhan anda. Aku mensetting kartu ATM dengan maksimal transaksi sebesar Rp.5.000.000,- saja. Jangan tergiur oleh customer service bank yang cantik, semlohay bahenol bak gitar spanyol, dengan bibir merah merekah yang super aduhai. Customer service akan menyarankan kita berganti kartu dengan transaksi maksimal yang lebih tinggi lagi. Jika tidak perlu jangan ganti dan naikkan transaksi maksimal anda.
  8. Manfaatkan sms/phone banking yang mempunyai fasilitas mengirimkan sms jika ada transaksi uang masuk dan keluar. Setting minimal transaksi yang dilaporkan melalui sms sekitar Rp.50.000,- atau Rp.100.000,- saja. Maka jika ada penarikan (ataupun penyetoran) minimal sesuai settingan, maka sms dari bank akan dikirim ke handphone kita. Aku mensetting ke Rp.100.000,- saja.
  9. Jika terjadi hal-hal aneh, segeralah lapor ke pihak bank atau memanfaatkan fasilitas telepon 24 jam.
  10. Ini hal yang paling penting. Untuk cara nomor 7, 8 dan 9, kita harus ke customer service bank. Ketika anda nanti bertemu dengan customer service yang cantik, semlohay bahenol bak gitar spanyol dengan bibir yang merekah, jangan lupa... aku titip salam ya. Acara titip salam buat cewek costumer service ini adalah hal yang paling penting dari keseluruhan postingan ini. Jiaahahahahahaha....

Jangan lupa :
Pandang atau lihatlah kamera milik bank untuk memastikan dan memberitahu bank bahwa kita akan melakukan transaksi.

BERHATI-HATILAH!!!

Catatan :
Pengetahuan ini belum kupraktekkan untuk mencelakakan orang lain. Ini hanya sekedar pengetahuan ajaaaah...

Jika aku akan mempraktekkan pengetahuan ini, aku harus bisa menjebol dana nasabah minimal 15 triliun rupiah untuk mengalahkan record penjebolan dana nasabah oleh bank century.

Jiahahahahahahaha..........