26 Februari 2010

Renewable Energy : Sumber Daya Energi Terbarukan

Renewable Energy (Sumber Daya Energi Terbarukan) seperti yan telah diposting di Sumber Daya Energi Terbarukan dalam Kebijakan Energi Nasional menjadi kebutuhan mendesak saat sekarang dan masa selanjutnya. Mulai terbatasnya sumber daya energi tidak terbarukan (minyak bumi, gas, batubara) sebagai sumber daya energi utama saat ini, menyebabkan banyak pihak-pihak terkait mulai mengupayakan adanya pemanfaatan atas sumber daya energi terbarukan. Beberapa perusahaan telah mencoba memasarkan panel surya (Sanyo), dan turbin angin skala kecil dengan motor dinamo dari China.
Renewable energy is energy generated from natural resources such as sunlight, wind, rain, tides, and geothermal heat, which are renewable (naturally replenished).
(Wikipedia)

Renewable energy effectively uses natural resources such as sunlight, wind, rain, tides and geothermal heat, which are naturally replenished. Renewable energy technologies range from solar power, wind energy, hydroelectricity/micro hydro, biomass and biofuels for transportation.
(Green Wikia)

Definisi/maksud Energi Terbarukan (Renewable Energy) : merupakan energi yang dihasilkan dari sumber alami seperti cahaya matahari, angin, hujan, pasang/gelombang laut, dan panas bumi yang dapat terbarukan (tergantikan oleh alam).
(terjemahan terjun bebas hehehehe...)

Ketika masih tinggal di Jogja dan beberapa kali jalan ke Pantai Parang Tritis, Parang Kusumo, serta pantai di daerah Gunung Kidul (Pantai Krakal, Kukup, Baron), teringat aku akan daya hembus angin di sekitar daerah tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan energi terutama listrik. Hembusan anginnya cukup stabil. Di daerah ini bisa dibuatkan turbin angin, baik skala kecil maupun sedang. Terutama digunakan bagi rumah per rumah. Jika pemerintahnya lebih jeli, turbin angin skala sedang dapat dibangun di daerah tersebut dengan melakukan analisa dampak lingkungan terlebih dahulu serta analisa biaya/manfaat. Untuk daerah pantai selatan Jawa, terdapat 2 sumber energi terbarukan yang cukup besar yaitu arus laut dan angin.

Dan ketika jalan-jalan ke Lombok khususnya ke pulau Gili Trawangan, kulihat di waktu sore, pergerakan air laut dari selatan ke utara antara pulau Gili Trawangan dengan Gili Meno. Arus laut tersebut cukup deras. Walaupun aku tidak mengetahui secara pasti penyebabnya. Mungkin karena pergerakan air pasang. Pergerakan air laut ini pun bisa dijadikan sumber energi, walaupun biaya untuk memanfaatkan energi pergerakan air laut lebih mahal dibanding dengan biaya pemanfaatan energi arus sungai dan hembusan angin.

Untuk di daerah-daerah dengan sinar matahari yang cukup seperti Nusa Tenggara Timur, sangat cocok adanya pembangkit listrik tenaga surya/matahari.

Yang anehnya....
Kenapa pemerintah mau menyibukkan diri dengan pembangkit listrik tenaga nuklir yang jelas-jelas berbahaya??? Biaya pembuatan dan pemeliharaan pembangkit listrik tenaga nuklir sangatlah besar dibanding pembangkit listrik tenaga angin ataupun surya, serta dampak keburukannya yang lebih besar daripada pembangkit-pembangkit listrik tenaga lainnya.

JANGAN PERNAH MEMBICARAKAN LAGI UNTUK MEMBANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR DI INDONESIA!!!

JANGAN MEMBUNUH MASYARAKAT JAWA TIMUR DAN SEKITARNYA DENGAN NUKLIR!!!


Kepada anggota DPR yang masih membicarakan penggunaan nuklir di Indonesia, agar anda membaca tentang Peristiwa Three Mile Island dan Chernobyl. Anda bisa cari di internet karena anda sudah dibelikan laptop baru. Manfaatin laptop itu dengan sebaik-baiknya. Carilah data yang bermanfaat. Laptop yang diberikan bukan untuk menyimpan video porno.

Keputusan Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur pada Juli 2009 lalu menyatakan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir adalah Haram. Keputusan ini adalah jawaban untuk Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) yang merencanakan pembangunan reaktor di Pulau Madura. Keputusan atau yang sering di sebut dengan fatwa ulama NU Jawa Timur ini seperti satu paku lagi untuk menutup rapat rencana pembangunan PLTN di Indonesia. Para ulama NU di Jepara pada 1 September 2007 telah menyatakan hal serupa. Para ulama saat ini telah menyimpulkan bahwa resiko kebocoran radioaktif dan limbah dari PLTN sangat membahayakan masyarakat bila di bandingkan manfaat yang terima. (www.greenpeace.org/seasia/id/news/pltn-haram)

Semoga PLN di bawah kepemimpinan Dahlan Iskan tidak terpengaruh dengan kekuatan politis. Contoh baru telah diberikan beliau dengan tidak terpengaruh pada kekuatan politis adalah ketika memutuskan lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga uap yang berada di Kota Pekanbaru yang merupakan lokasi paling efisien dari biaya transportasi bahan baku dan biaya distribusi listriknya serta biaya overhead lainnya. Dan semoga beliau tidak terpengaruh untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir. Semoga...



Organisasi Pendukung Penolakan Penggunaan Nuklir :
MANUSIA (Masyarakat Antinuklir Indonesia)
Greenpeace
Walhi
CSF (Civil Society Forum) on Climate Justice
PMB (Persatuan Masyarakat Balong)
Muria Institute
AM2PN (Aliansi Masyarakat Madura Pemerhati Nuklir)
SHI (Sarekat Hijau Indonesia)
MPTN (Majelis Pertimbangan Tenaga Nuklir)

Bahan bacaan untuk sumber daya energi terbarukan :
http://www1.eere.energy.gov
http://seawaterpower.com
http://hydrokineticunderwaterturbine.com
http://seawatermill.com
http://energystoragetechnology.com
http://greenbiodieselplant.com
http://www.solextra.net
http://www.b2b.bg




35 komentar:

  1. Selamat malam bang atta...

    BalasHapus
  2. Semoga pembangunan PLTN tidak beresiko seperti yang dikhawatirkan oleh para ulama ya.

    BalasHapus
  3. nice info sobb..........

    salam

    BalasHapus
  4. mingkin kalo bikin yg pake nuklir makin mantab kali sam...biar dipandang lebih maju kaleeee

    BalasHapus
  5. satu lagi sam...tau anunya rock gak ya...soalnya sianu keilangan anunya tuh...mohon dianu dunk sam

    BalasHapus
  6. he..he.. bang atta kembali lagi ke alam ya... kembali mengulas tentang alam...

    BalasHapus
  7. enegri terbaru, hemat energi aja deh

    BalasHapus
  8. Laptop yang diberikan bukan untuk menyimpan video porno.

    hahahahahhaa...
    kayaknya bukan untuk menyimpan video porno. tapi MEMBUAT!!!

    inget kan kasus foto porno wakil bupati salah satu kabupaten di jawa tengah

    BalasHapus
  9. bukan untuk menyimpan video porno
    tapi untuk MEMBUAT!!!

    inget kan kasus terkuaknya gambar porno bupati dan wakil bupati??

    BalasHapus
  10. Lama nggak ke sini, eh ternyata bang Atta udah ganti url ya? Nggak kabar2i euy hehehehe. Pa kabar Bang? Always go green yaks :D

    met long wiken...! :)

    BalasHapus
  11. siang....bang,mhhhh dukung penolakan bembangkit listrik tenaga nuklir...bahaya tuh.
    nanti klo udah nyampe pekan, baru ngasih tahu kapan mau kopdar,hehehehe klo bilang sekarang mana tahu umur pa pendek..jadi takut gak bisa membayar utang ketemuan

    BalasHapus
  12. nanti bisa2 malah d protes ama ameriki eh salah amerika saja.... apapun alasannya jangan deh bikin PLTN

    Renungkan Wahai Sahabat Ku

    BalasHapus
  13. Semoga sumber energi baru ini bermanfaat buat kita semua dan tidak membahayakan...nice artikel bang..

    BalasHapus
  14. negara ini memang butuh pembangkit listrik yg lebih baik lagi, biar musim mati lampu cpt berakhir..... di pku masih parah ga bang klo mati lampu berjam2 pas aku di sana, mana panas pula heheh

    * dulu aku tinggal di simpang delima bang dkte simpang ardath, tp bulan uni aku dah pulang kampung ke jawa. buka usaha di sana kurang beruntung,alias uite abis heheh

    BalasHapus
  15. energi yang renewable memang lebih ramah lingkungan seperti pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), memiliki tingkat polusi yang lebih rendah dibanding PLTG/PLTD/PLTU/PLTGU

    BalasHapus
  16. jadi inget tugas akhirku yang ubek2 minyak kelapa sawit... skrg lagi ngetrend buat menggantikan bahan bakar minyak

    BalasHapus
  17. pemanfaatan energi yang pake bom nuklir ada gk ya bang

    BalasHapus
  18. He..he. bener Bang, sebenarnya Bangsa kita tercinta ini bener2 aneh para pejabatnya. Ngapain yah sibuk mikirin tenaga nuklir yah? wong masih banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan. Walaupun makan banyak biaya, apa salahnya jika gaji para menteri tuh dikurangin dikit setiap orangnya buat biaya pembangunan? sebenarnya mereka tuh kebanyakan uang....

    PLTN Berbahaya,
    Jawa Timur???! Aku di Surabaya Lho, mati aku ntar.. wkkkkkk pokoke ga Setuju.........

    BalasHapus
  19. kita pasti akan berada pada suatu saat dimana semua sumber daya alam habis.. hiiiii.. btw kalo energi kan bersifat kekal yach ??

    BalasHapus
  20. Kenapa ya orang-orang itu antusias sekali membangun PLTN? Apakah mereka merasa PLTN lebih baik ketimbang PLTU?

    BalasHapus
  21. tidaaak. nuklir seraaaam.

    BalasHapus
  22. energi sangat penting untuk kehidupan.. jangan sia-siakan, pemanfaatannya harus efektif dan efisien.. klo bisa untuk saat ini ada energi alternatif..

    BalasHapus
  23. Gunakanlah energi terbarukan demi kebaikan di masa depan bagi generasi penerus kita...

    BalasHapus
  24. Antara setuju dan tdk setuju dg adanya PLTN. Setujunya biar kt ga tergantung ma minyak n batubara bwt pembgkt listrik. Ga stujunya,mengingat keamanan kita baik dr human error atau technology error yg tjd di negara kita,serem jg pake nuklir gt. Nuklir geto loh.kalo ngeledak,mati deh kita

    BalasHapus
  25. Antara setuju dan tdk setuju dg adanya PLTN. Setujunya biar kt ga tergantung ma minyak n batubara bwt pembgkt listrik. Ga stujunya,mengingat keamanan kita baik dr human error atau technology error yg tjd di negara kita,serem jg pake nuklir gt. Nuklir geto loh.kalo ngeledak,mati deh kita

    BalasHapus
  26. Pemanfaat sumber enegi...
    moga berjalan dengan lancar...

    BalasHapus
  27. bLackwAlkIg sObat, mw baca tApi udh nGantuk baNget nI sOb,,
    jadi cUman mAmpir za nI sObat,.,,.

    BalasHapus
  28. Amiin... semoga Pemerintah sadar akan bahaya nuklir mas...

    BalasHapus
  29. mari selamatkan lingkungan

    BalasHapus
  30. sebaiknya anda jangan berpikiran sempit dalam memandang teknologi nuklir,,
    teknologi nuklir sangat besar manfaatnya,,nyatanya banyak negara2 maju malah menggunakan nuklir sebagai sumber energi utamanya contohnya AS,perancis, jerman, juga Jepang...
    kini nuklir sudah dapan dikendalikan dengan baik dan keAMANannya dapat dijaga...
    jika kita mempunyai pengetahuan yang CUKUP tentang teknologi nuklir,,kita pasti akan mendukung nuklir sebagai sumber energi yang handal...
    mari kita cari tahu lebih banyak,,dan jika sudah tahu lebih banyak mari kita bagikan pengetahuan kita pada masyarakat yang belum tahu...
    terima kasih

    BalasHapus
  31. Info yang sangat bagus...
    mudah2an generasi muda bisa menjadi pioner utk menganggalakkan renewable energy ini...

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Renewable Energy : Sumber Daya Energi Terbarukan | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah