10 February 2010

Sejarah Melayu Palembang dan Riau Lingga serta Temasik (Singapura)

Sejarah Melayu Palembang dan Riau Lingga merupakan sejarah saling terhubungnya dua kerajaan Melayu di bumi Nusantara, khususnya di pesisir timur pulau Sumatera. Walaupun terhubungnya kerajaan-kerajaan Melayu di jaman dahulu juga terjadi pada kerajaan-kerajaan lain. Semisal penaklukan Kerajaan Deli Medan oleh Kerajaan Siak, walalupun masih agak diragukan antara penaklukan dengan kerjasama antara dua kerajaan ini. Demikian juga antara kerajaan Siak Riau dengan kerajaan Pagaruyung Batusangkar Sumatera Barat. Kerjasama antar dua atau lebih kerajaan-kerajaan Melayu dan juga kerajaan-kerajaan lain merupakan suatu upaya untuk mempersatukan wilayah-wilayah yang terpecah belah.

Di sekitar tahun 1158 Masehi, tersebutlah bahwa Raja Sriwijaya bernama RAJA TRIBUANA bergelar SANG NILA UTAMA, bersama punggawa Demang Lebar Daun turun dari Bukit Siguntang Palembang menuju Kepulauan Riau, tepatnya di sebuah pulau bernama Pulau Bintan (Bentan). Bertemulah ia dengan dengan penguasa kerajaan Bintan yaitu Ibunda WAN SERI BENI. Demi melihat itikad baik Raja Tribuana, maka Ibunda Wan Seri Beni mengawinkan anaknya bernama PUTRI BINTAN dengan Raja Tribuana tersebut. Untuk memperluas kerajaan Bintan dan Sriwijaya, maka Raja Tribuana dan Putri Bintan membangun kerajaan baru di TEMASIK (sekarang Singapura).
(Butang Emas)

Sejarah Melayu Palembang dan Riau Lingga yang tersebut di atas merupakan sekelumit kalimat untuk menghantarkan sebuah award dalam postingan ini. Award cantik yang diberikan oleh Yolizz seorang blogger asal Palembang. Award ini diberikan ke temen-temen blogger dalam rangka merayakan ulang tahun pertama blog Yolizz.

Selamat menikmati
(halahhhh kok kayak pementasan drama aja)







37 comments:

  1. Pagi........gimana kabarnya kawan??? :D

    ReplyDelete
  2. Selamat unuk awardnya ya bang...

    ReplyDelete
  3. lha ini... sedang menikmati nasi pecel.. sedaap....

    ReplyDelete
  4. eh aku baru lihat header barunya nih om... imut hahahha

    ReplyDelete
  5. INilah sebenarnya tulisan yang saya tunggu-tunggu tapi tidak dalam, nggak jadi deh mau copas.. :D

    semangat OM! kahirnya kustom domain juga!

    ReplyDelete
  6. info yang mantap bang ...dengan mengenal sejarah berarti kita mencintai budaya...btw..selamat ya bang atas awardnya..........

    ReplyDelete
  7. aku malah baru tau tentang sejarah itu bang, hihihihi... *paraaahh daahh* :p

    makasih dah dipajang yah bang ^^

    ReplyDelete
  8. tuh kan infonya selalu mantap nih dari bang atta!?!?!?!?

    esklopedia berjalan nih wkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  9. aku pernah dengar batu sangkar, kalo ga salah di padang yah. dulu tetanggaku di pekanbaru katane orang batu sangkar

    ReplyDelete
  10. Sejarahnya begitu to?
    nanti aku mau ke Pekan Baru ahhh

    ReplyDelete
  11. dapet pelajaran sejarah, dulu kalo sejarah mesti rame pada ngomong sendiri2....

    ReplyDelete
  12. sip nih jadi nambah pengetahuan sejarah nih, maklumlah dulu waktu sekolah jurusan q bahasa jadi g ada pelajaran IPS

    ReplyDelete
  13. Google.. makin seru aja persainnganya dgn social web media lainnya.. :D

    ReplyDelete
  14. Great info, nice award .. selamat mas xD

    ReplyDelete
  15. ok kita insya allah meluncur ke TKP bang xixixix

    ReplyDelete
  16. emang gak jauh2 dari pernikahan dua kerajaan ya...cerita zaman dulu...hehehe

    btw maaf ya baru berkunjung bang...maklum istri baru sembuh nih..hehe..

    ReplyDelete
  17. Award yang ke berapa ratus tuh, hehehe
    Bangsa yang maju adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah... terima kasih lho, saya jadi tau sekelumit ttf. sejarah melayu Palembang dan Riau...

    ReplyDelete
  18. kayaknya ada nih di butang emas tentang ini ya Om....

    ReplyDelete
  19. Sejarah ini pernah saya dengan waktu jamanSandiwara Radio Saur Sepuh dulu...
    Makasih Bang udah mengingatkan saya kembali.

    Selamat atas Awardnya

    ReplyDelete
  20. dapat ilmu sejarah disini, terutama sejarah kerajaan melayu riau dan palembang sangat kurang informasinya, thanks bang atta

    ReplyDelete
  21. duh singapura tempat mu kecil tapi kaya, indonesia kau dimana! negara ku kok lenyap nyap nyap!

    ReplyDelete
  22. Cuplikan sejarah ini apa ada di buku sejarah ya, Kang? Trims buat informasinya Kang. Maen ya ke tempa saya... ^_^

    ReplyDelete
  23. Dapat ilmu sejarah nih sob :)
    btw, selamat yaa atas awardnya.

    ReplyDelete
  24. ho..ho.. selamat atas awardnya bang.. ^^ moga makin sukses ngeblognya.. ^^

    ReplyDelete
  25. si demang itu badannya cuma selebar daun koq bisa jadi demang ya...ampuh beneeeeer

    ReplyDelete
  26. seLamat yaa atas award'y...
    sowry ya om baRu bZa mampir nich..,

    ReplyDelete
  27. wah,dapat ilmu sejarah dari mas attayaya nich.

    jadi inget jaman skul dulu :)

    ReplyDelete
  28. maksih ya, bang. tapi blm ada kabar dari blogvertise. he he he...cepetan pesta deh, ntar ditransfer angpaonya. ha haha...

    ReplyDelete
  29. kalo sejarahnya raja singa gmn ya om? hehehehehe

    ReplyDelete
  30. wes.....semua pada ngomongin gw ya...

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Sejarah Melayu Palembang dan Riau Lingga serta Temasik (Singapura) | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah