05 Februari 2010

Ear, Foot and Hand Reflexology
Pijat Refleksi Telinga, Kaki dan Tangan

Foot and Hand Reflexology atau Pijat Refleksi Kaki Tangan banyak dilakukan orang. Seperti yang telah kuceritakan dalam postingan "Migrain : Sakit Kepala sebelah yang menjengkelkan dan Cara mengatasi migrain", kujelaskan bahwa salah satu cara yang kupakai untuk mengatasi migrain adalah dengan melakukan pijat refleksi baik tangan ataupun kaki. Pijat refleksi ini kulakukan sendiri dengan belajar otodidak melalui buku-buku. Hasilnya sangat bermanfaat sekali, terutama bagi diriku sendiri. Ya iyaaalahhh, lha wong aku mijitin diri sendiri kok. Pijat Refleksi juga berguna bagi wanita yang mau haid sehinga perlu mengetahui "Cara Mengatasi PMS (pre menstruation syndrome)". Untuk mengatasi PMS sememang tidak kupelajari, lha ntar aku berubah pula, terus ga pake celana panjang, jadinya pake rok. Baaaah... ga jantan lah jadinya. Jiahahaha...

Reflexology (zone therapy) atau Pijat Refleksi adalah metode pengobatan alternatif dengan melakukan urut (massaging) dan pijatan (pressure) pada titik-titik tertentu pada kaki, tangan dan telinga. Hal ini akan meningkatkan kesehatan secara umum maupun khusus (jika dilaksanakan perlakuan khusus). Pijat Refleksi dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dalam di dunia Islam khususnya metode pengobatan herbal, kita mengenal sebuah obat dari segala obat atau obat dari segala penyakit yang telah disebutkan di dalam Hadist Rasulullah Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim : "Habbatussauda obat segala macam penyakit kecuali kematian" (HR: Bukhari - Muslim). Kedua teknik/metode pengobatan ini dapat digabungkan.

Pijat Refleksi dikenal berasal dari ajaran Tao di China sejak 5000 tahun yang lalu. Pijat ini juga banyak dikenal di benua Eropa, Afrika, dan bagian Utara Amerika (suku Cherokee). Di Jepang disebut Zoku Shin Do yang juga berasal dari China. China sememang banyak dikenal dengan ilmu kesehatan tradisional yang sangat mendunia seperti : Acupuncture, Moxibustion, Auriculotherapy (gabungan Acupuncture dengan Moxibustion), chinese food therapy, herbal medicine, cupping (bekam), Die-da atau Tieh Ta (untuk patah tulang), Gua Sha, Physical Qigong (Tai chi chuan (Taijiquan 太极拳/太極拳), Standing Meditation (站樁功), Yoga, Brocade BaDuanJin exercises (八段锦/八段錦) and other Chinese martial arts), Qigong (ilmu pernapasan dan meditasi), Tui na (推拿) pengurutan di kulit dengan pijatan yang berkembang menjadi shiatsu, dan kebanyakan menghubungkannya dengan Fengshui (风水/風水) atau Bazi (八字).
(tulisan bahasa China-nya gue kagak ngarti).

Learn to read your hand and foot
More about reflexology


Gambar dari Darren Whittington, 2006.



www.gsbalut.com/new_page_13.htm


Dengan memakai fasilitas iframe dari dorlingkindersley, kita bisa menentukan titik-titik refleksi. Dekatkan mouse anda ke areal gambar kaki atau tangan untuk melihat nama organ tubuh yang berefleksi atas pijatan di daerah tersebut. Atau pun anda bisa mengarahkan mouse ke nama organ tubuh untuk melihat daerah pijatannya pada gambar.

Reflexology Hand Map/Chart
Gambar Peta Pijat Refleksi Tangan
Tunggu sampai gambar tangan muncul semua
Dekatkan mouse anda ke gambar tangan atau nama organ tubuh di bawahnya.
Mohon maaf kalo lama, karena harus download gambarnya dari
http://www.dorlingkindersley-uk.co.uk

Reflexology Foot Map/Chart
Gambar Peta Pijat Refleksi Kaki
Tunggu sampai gambar kaki muncul semua
Dekatkan mouse anda ke gambar kaki atau nama organ tubuh di bawahnya.
Mohon maaf kalo lama, karena harus download gambarnya dari
http://www.dorlingkindersley-uk.co.uk

Ear Reflexology atau Pijat Refleksi Telinga walau tidak seterkenal Pijat Refleksi Kaki dan Tangan, juga merupakan bagian dari Pijat Refleksi. Sekarang, untuk Pijat Refleksi Telinga telah menggunakan alat bantu berupa dua magnet yang ditempelkan di telinga (bagian depan dan belakang) sehingga akan menekan titik-titik tertentu sesuai titik yang kita inginkan. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan melalui Pijat Refleksi Telinga dengan melakukan penekanan pada titik tertentu (Acupuncture points for) :
Lose Weight
Stop Smoking
Sleep & Energy
Pain & Arthritis
Stress & Anxiety
Vision & Hearing
Hair Loss & Baldness
Menopause & Prostate
Ear Ringing & Tinnitus

www.planetaryenergetics.com


SEMOGA BERMANFAAT


Menerjemahkan secara terjun bebas dari sumber :
http://www.dorlingkindersley-uk.co.uk
http://www.earreflexology.com/
http://www.gsbalut.com/new_page_13.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Reflexology (halaman-halaman Wiki lain yang terkait)
http://www.planetaryenergetics.com/refleximages/ear_chart_lg.gif
Darren Whittington, 2006



Copyright © 2013 attayaya: Ear, Foot and Hand ReflexologyPijat Refleksi Telinga, Kaki dan Tangan | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah