17 Februari 2010

Cara men-disable right-click (klik kanan) dan block (select) isi postingan blogspot

Cara men-disable right-click (klik kanan) dan block (select) isi postingan yang ditanya Emo kemaren baru bisa diposting sekarang. Blog Butang Emas dulu dipakaikan fungsi ini, tetapi ketika mengganti timplet, fungsi tersebut tidak berjalan. Maka harus disetting ulang. Cara/setting untuk mematikan/menon-aktifkan klik kanan dan block/select isi blog dan penekanan select Ctrl-A bisa pake script yang belibet, maupun memanfaatkan fungsi-fungsi html itu sendiri yang sangat simpel.

Fungsi-fungsi ini berguna jika si empunya blog tidak menginginkan blognya dikopi paste secara gampangan tanpa minta ijin, alias tulisan postingan kita tidak mudah dikopi paste. Walaupun dengan usaha/cara trik-trik lain bisa membuka/memblok/mengkopi-paste isi blog juga. Tapi cara dibawah, lumayanlah bisa mengurangi tindakan korupsi eeeh... kopi-paste. Penjelasan Fungsi html yang dipakai :

oncontextmenu='return false;'
adalah untuk mematikan menu klik kanan
onkeydown='return false;'
adalah untuk mematikan tombol/keyboard Ctrl-A, Ctrl-U (page source) dan tombol keybord lainnya eeeh... kalo ngelihat page source dari menu masih kok. Cara melihat page source pada web/blog yang mematikan fungsi klik kanan mouse, klik kiri mouse dan penekanan keyboard (Ctrl+A, Ctrl+U) adalah : jika pakai firefox, buka menu View, lalu pilih Page Source (Ctrl+U). Hasilnya adalah tulisan postingan dalam 1 baris panjaaaaaaaaaaaaang. Cari aja postingannya ndiri...
onmousedown='return false;'
adalah untuk mematikan klik select mouse
'return false'
adalah untuk mematikan fungsi yang diinginkan

Cara men-disable right-click (klik kanan) dan block (select) isi postingan

Masuk ke edit html
Cari <body>
Gantikan kode <body> tersebut dengan kode dibawah ini
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>
Anda bisa memilih 1 fungsi aja atau 2 fungsi atau ketiga-tiganya, terserah deh... anda yang punya blog kok (bukan blekok si barok kok kok).

Untuk melihat hasilnya dari penggunaan 3 fungsi di atas :
kunjungi butang emas


Sumber :
Mengambil lalu merubah kode html dari script javascript unselect/unblock, disable right-click, disable keyboard

Merubah kode hmtl agar muncul ke dalam postingan menggunakan fasilitas dari
http://centricle.com/tools/html-entities/



Copyright © 2013 attayaya: Cara men-disable right-click (klik kanan) dan block (select) isi postingan blogspot | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah