01 Februari 2010

Coffee Bean - Kopi - Kahveh - Caffe - Chaoua - Qahwah - Qahiya - Kahwe - Kaffa - Civet - Luwak

Coffee (English) atau kopi (Indonesia) kahveh (Ottoman Tuskish) atau Caffe (Italia) atau Chaoua (Old English tercatat 1598) atau qahwah/qahiya (Arab) atau kahwe (Melayu Riau) atau Kaffa (Ethiopian/African) adalah merupakan minuman yang umumnya disajikan dalam keadaan panas. Diramu dari biji kopi yang telah dihaluskan menjadi bubuk kopi yang kemudian diseduh dengan air masak panas ataupun dimasak/direbus langsung. Bubuk kopi dihasilkan dari biji kopi (Coffee Beans) yang dipanen dari pohon kopi yang telah ditanam hampir di sekitar 70 negara di dunia dengan ciri khas masing-masing.

Tumbuhan yang berasal dari Ethiopia ini diketahui telah tumbuh sekitar tahun 850 M, kemudian menyebar pertumbuhannya ke Arab di tahun 900 M. Orang-orang Belanda (Dutch) membawanya ke Eropa dan menanamnya di Netherlands. Di tahun 1723, Amerika mulai menanam pohon kopi ini terutama di Amerika Selatan yang sekarang menghasilkan 50% total produksi kopi dunia. Indonesia di tahun 2007 telah memproduksi sekitar 420.000 ton kopi, dimana sebanyak 271.000 ton kopi diekspor dan sisanya 148.000 ton kopi dikonsumsi di dalam negeri. Kopi Indonesia umumnya dari jenis Coffee Arabica yang diseimbangkan dengan Coffee Cenophora. Kopi dari Indonesia terkenal dengan tingkat keasaman yang rendah tetapi tetap memiliki rasa kopi yang kuat. Para pengopi luar negeri sering mencampur kopi asal Indonesia dengan kopi yang berasal dari Amerika Tengah dan Afrika Timur. Campuran ini diyakini memiliki rasa yang sangat enak.

Bibit kopi pertama sampai ke Indonesia dilakukan oleh orang Belanda di sekitar tahun 1699 atau diawal tahun 1700. Ekspor pertama kopi Indonesia berasal dari Jawa melalui pelabuhan Batavia Jakarta yang diekspor ke Belanda di tahun 1711. Kopi Indonesia yang terkenal ditanam di Sumatra (Mandheling, Lintong and Gayo), Sulawesi (Toraja, Kalosi, Mamasa and Gowa), Jawa (pegunungan Ijen), Bali, Flores, Papua dan beberapa daerah lainnya. Salah satu yang terkenal adalah Kopi Luwak (Luak) atau Civet Coffee. Kopi Luwak ini dihasilkan dari kopi yang telah dimakan oleh binatang Luwak atau Asian Pal Civet (Paradoxurus hermaphroditus). Luwak sebenarnya memakan kulit biji kopi dan membuang biji kopinya melalui saluran pembuangan setelah dicerna dipencernaan (lambung) Luwak. Kopi ini banyak dihasilkan di Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi. Di Philipina kopi ini disebut Motit Coffee (khusus daerah Cordillera), sedangkan di daerah Tagalog Philipina disebut Kape Alamid, di Timour Timur (East Timor) disebut kafe-laku, sedangkan di Vietnam dan negara berbahasa Inggris lainnya disebut Weasel Coffee. Beberapa perkebunan telah membudidayakan Luwak untuk menghasilkan kopi yang memiliki rasa yang sangat enak ini.

Kopi mengandung zat-zat kimia yang mempengaruhi tubuh manusia, salah satunya dari jenis psychotropic (yang sebenarnya merupakan upaya pertahanan diri pohon kopi terhadap binatang). Zat ini dalam jumlah besar malah berubah menjadi racun. Kopi juga mengandung Caffeine yang bermanfaat sebagai stimulan/perangsang bagi tubuh manusia. Beberapa zat lain juga merangsang tubuh manusia untuk memproduksi cortisone dan adrenaline.

Keuntungan yang didapat dari Kopi (Coffee Benefits) :
1 Reduced risk of Alzheimer's disease and Dementia
2 Reduced risk of gallstone disease
3 Reduced risk of Parkinson's disease
4 Cognitive performance
5 Analgesic enhancement
6 Antidiabetic
7 Liver disease
8 Cancer
9 Cardioprotective
10 Laxative/diuretic
11 Antioxidant
12 Prevention of dental caries
13 Gout

Resiko yang diderita akibat mengonsumsi kopi (Coffee Risks) :
1 Cancer
2 Gastrointestinal problems
3 Anxiety and sleep changes
4 Cosmetic (staining of the teeth)
5 Cholesterol
6 Blood pressure
7 Effects on pregnancy (risk of stillbirths)
8 Iron deficiency anemia (mothers and infants)
9 Coronary artery disease


************

Nah.... kalo yang dibawah ini aku dapet secangkir kopi siap saji dari Dhe



Dhe...
http://matahari-siank.blogspot.com

Kang Sugeng
A-Chen
Fanda
Pandoraboks'a Anyin
Anna
Buwel
Gadis
Setiawan
Curahan Matahari



Sumber gambar dan tulisan :
http://en.wikipedia.org/wiki/Coffee
http://en.wikipedia.org/wiki/Coffee_bean
http://en.wikipedia.org/wiki/Arabica_coffee_production_in_Indonesia
http://en.wikipedia.org/wiki/Coffee_and_health
http://www.cosic.org/
http://www.lokeshdhakar.com/2007/08/20/an-illustrated-coffee-guide
http://www.coffeetasters.org/newsletter/en/



Copyright © 2013 attayaya: Coffee Bean - Kopi - Kahveh - Caffe - Chaoua - Qahwah - Qahiya - Kahwe - Kaffa - Civet - Luwak | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah