18 November 2008

Pencuri BBM

Pada tanggal 1 Desember 2008 mendatang, Pemerintah Indonesia akan menurunkan harga bensin premium dari Rp.6.000 menjadi Rp.5.500. Hal ini dilakukan sehubungan dengan harga minyak dunia yang sudah jauh turun menjadi sekitar 60 dollar US per barel, dari yang sebelumnya mencapai 128 dollar US per barel.

Berbagai pertanyaan muncul, harga minyak dunia turun lebih dari 50%, tetapi mengapa harga minyak di Indonesia (terutama bensin premium) cuma turun 16.66%???

Lalu para pakar bicara melakukan berbagai analisa, dan lalu ngomong di teve-teve.
Aku pun mencoba mencari tahu kenapa bisa begitu. Ku telusuri sungai Siak yang sering menjadi ajang penyelundupan Minyak Tanah, bensin, dan solar ke Selat Melaka dan Laut Cina Selatan.

Umumnya, kalo barang yang dijual sulit dicari, maka harganya akan naik atau gamau turun-turun. Aku mencurigai supply tidak mencukupi/berkurang karena adanya penyelundupan di sekitar Sungai Siak, tetapi tidak kutemukan.

Akhirnya, kutemukan penyebabnya bahwa harga minyak Indonesia cuma turun sedikit karena supply minyak berkurang di wilayah Indonesia dan berkurangnya supply minyak tersebut ternyata dicuri. Akhirnya kutemukan siapa pencuri minyak tersebut.


photo from Irene email


Copyright © 2013 attayaya: Pencuri BBM | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah