14 Maret 2009

Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4

SELAMATKAN PLANET INI DARI BALIK MEJA KERJA ANDA

Ini salah satu judul artikel pada Majalah Reader Digest Indonesia Edisi Khusus. Mungkin kelihatan terlalu berlebihan. Mungkin juga masuk akal. Masa iya seeeh..???

Pada majalah tersebut menyebutkan :
"Padahal, untuk mencetak 15 rim kertas A4 dibutuhkan 1 pohon berumur 10 tahun. Dan untuk penebangan 1 pohon berarti menghilangkan sumber oksigen untuk 2 orang. Nah berapa batang pohon yang 'ditebang' kantor anda setiap bulan?"

Nah lho... gile bener. Berarti kantorku setiap bulan menebang 2 pohon, karena rata-rata kantorku menghabiskan 30 rim kertas setiap bulannya. Terus siapa yang mengganti pohon yang telah 'ditebang' kantorku dan menunggunya selama 10 tahun? Wooooow..... Bagaimana dengan kantor yang lain?

Lha ini baru tentang kertas, belum lagi tentang Stapler (kami menyebutnya : jenggrekan, hehehe aneh ya? karena bunyinya jengrek...jengrek... gitu). Dalam wikipedia, alat ini disebut pengokot (ini lebih aneh lagi namanya).
Pengokot (bahasa Inggris: stapler) adalah alat untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan kokot (staples) berbentuk huruf "U" yang terlipat di bagian bawah kertas bila panjang kedua ujung kokot melebihi tebal kertas.
Jadi, stapler adalah alatnya, sedangkan staples adalah 'anaknya'. Menurut Friend of Earth, jika setiap orang hanya menggunakan 1 staples saja setiap hari, maka langkah ini dapat mengurangi penggunaan 120 ton baja selama setahun. Maksudnya, janganlah menggunakan staples berlebihan, atau malah dijadikan alat permainan, karena sangat banyak baja yang dibutuhkan untuk pembuatan staples, sangat banyak energi untuk menghasilkan staples.

Apa lagi yang kita bisa lakukan di kantor untuk menyelamatkan bumi?

Cek dokumen sebelum cetak
Periksalah dokumen yang akan dicetak, dapat dengan menggunakan fasilitas "page preview". Ini untuk menghindari kertas terbuang karena kesalahan ketik, lupa nomor halaman, dll.

Pakai laptop dan ganti layar ke LCD
Laptop mengonsumsi daya listrik lebih kecil daripada desktop, dengan catatan jika kantornya mampu beli laptop lho.... Jika memungkinkan, gantilah layar desktop anda yang pake CRT dengan layar LCD. Tahun 2009 ini, aku akan mengganti 6 unit layar CRT di
kantor yang telah rusak parah dengan layar LCD (sesuai anggaran). Cukup lumayan untuk penghematan listrik.

Pakai proyektor
Untuk presentasi di ruang rapat dan menghindari penggunaan kertas yang harus dibagi-bagikan ke peserta rapat.

Manfaatkan kertas bekas
Simpanlah kertas bekas yang tidak rahasia yang masih bersih bagian belakangnya untuk digunakan ulang baik untuk mencetak atau menulis draft.

Gunakan amplop atau map bekas
Sekarang aku jarang memakai amplop untuk menyebarkan surat-surat kantor. Cukup di staples saja. Karena tohhh amplop itu bakal dibuang ama penerima. Map sering kugunakan berulang-ulang. Surat yang harus ditandatangi atasan kugunakan map bekas yang bersih. Jika ada coretan kututup dengan kertas yang kuberi label.

Gunakan kertas daur ulang
Yang satu ini aku belum menemukannya. Maaf bro, sis, mba, mas, dll.

Cetak 1 lembar
Cetak dokumen bolak balik dalam 1 lembar saja. Wahhh... hal ini belum ngetop di kantor pemerintah. Aku sendiri aja masih kesusahan.

Cahaya ruangan
Matikan lampu ruangan jika cahaya yang masuk lewat jendela mencukupi untuk bekerja.

Matikan monitor
Terutama untuk layar CRT, jika dalam keadaan tidak terpakai.

Bertemu lewat video conference
Akan menghemat biaya transportasi, BBM, dll, dengan catatan bahwa terdapat jaringan internet di kantor anda.

Pilih produk hemat energi
Pilih alat elektronik yang berlogo 'Energy Star'.

Atur suhu AC
Nah kalo hal ini, aku sering berantem ma Tomy. Aku sering matiin AC yang ga perlu. Tomy ngidupin AC terus ngeloyor pergi. Kaco neh anak. Atur suhu sekitar 24 derjat Celcius yang merupakan perbandingan terbaik antara tingkat kesejukan dengan penghematan listrik.

Mengisi baterai ponsel
Jangan biarkan berlama-lama ponsel terhubung ke listrik ketika mengisi ponsel. Kadang ponsel terhubung terus ke listrik seharian karena kita lupa atau asyik bekerja.

Tambahkan pesan penyelamatan bumi
Cantumkan pesan pada imel anda "Selamatkan bumi, jangan cetak imel ini kecuali anda benar-benar membutuhkan".

JANGAN CETAK ARTIKEL INI, CUKUP DICOPY-PASTE SAJA!!!

Wahhhh ternyata kita bisa menyelamatkan bumi, dan gak perlu jadi Superman, Batman, Wondermomen, SinChan, Avatar, Doraemon, Teletubbies (lho kok jadi kartun-kartun).

Jika 1 juta orang menghemat 1 lembar kertas,
maka ada 1 juta lembar kertas yang bisa dihemat.
Dalam 1 rim kertas terdapat 500 lembar,
maka dapat dihemat 2.000 rim kertas.
Jika 15 rim kertas dibuat dari 1 pohon berumur 10 tahun,
maka terdapat sekitar 130 pohon yang batal ditebang.

Usaha kecil kita bersama sangat berharga untuk menyelamatkan bumi.
Mulailah dari diri kita sendiri.


Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan



Copyright © 2013 attayaya: Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah