14 Maret 2009

Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4

SELAMATKAN PLANET INI DARI BALIK MEJA KERJA ANDA

Ini salah satu judul artikel pada Majalah Reader Digest Indonesia Edisi Khusus. Mungkin kelihatan terlalu berlebihan. Mungkin juga masuk akal. Masa iya seeeh..???

Pada majalah tersebut menyebutkan :
"Padahal, untuk mencetak 15 rim kertas A4 dibutuhkan 1 pohon berumur 10 tahun. Dan untuk penebangan 1 pohon berarti menghilangkan sumber oksigen untuk 2 orang. Nah berapa batang pohon yang 'ditebang' kantor anda setiap bulan?"

Nah lho... gile bener. Berarti kantorku setiap bulan menebang 2 pohon, karena rata-rata kantorku menghabiskan 30 rim kertas setiap bulannya. Terus siapa yang mengganti pohon yang telah 'ditebang' kantorku dan menunggunya selama 10 tahun? Wooooow..... Bagaimana dengan kantor yang lain?

Lha ini baru tentang kertas, belum lagi tentang Stapler (kami menyebutnya : jenggrekan, hehehe aneh ya? karena bunyinya jengrek...jengrek... gitu). Dalam wikipedia, alat ini disebut pengokot (ini lebih aneh lagi namanya).
Pengokot (bahasa Inggris: stapler) adalah alat untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan kokot (staples) berbentuk huruf "U" yang terlipat di bagian bawah kertas bila panjang kedua ujung kokot melebihi tebal kertas.
Jadi, stapler adalah alatnya, sedangkan staples adalah 'anaknya'. Menurut Friend of Earth, jika setiap orang hanya menggunakan 1 staples saja setiap hari, maka langkah ini dapat mengurangi penggunaan 120 ton baja selama setahun. Maksudnya, janganlah menggunakan staples berlebihan, atau malah dijadikan alat permainan, karena sangat banyak baja yang dibutuhkan untuk pembuatan staples, sangat banyak energi untuk menghasilkan staples.

Apa lagi yang kita bisa lakukan di kantor untuk menyelamatkan bumi?

Cek dokumen sebelum cetak
Periksalah dokumen yang akan dicetak, dapat dengan menggunakan fasilitas "page preview". Ini untuk menghindari kertas terbuang karena kesalahan ketik, lupa nomor halaman, dll.

Pakai laptop dan ganti layar ke LCD
Laptop mengonsumsi daya listrik lebih kecil daripada desktop, dengan catatan jika kantornya mampu beli laptop lho.... Jika memungkinkan, gantilah layar desktop anda yang pake CRT dengan layar LCD. Tahun 2009 ini, aku akan mengganti 6 unit layar CRT di
kantor yang telah rusak parah dengan layar LCD (sesuai anggaran). Cukup lumayan untuk penghematan listrik.

Pakai proyektor
Untuk presentasi di ruang rapat dan menghindari penggunaan kertas yang harus dibagi-bagikan ke peserta rapat.

Manfaatkan kertas bekas
Simpanlah kertas bekas yang tidak rahasia yang masih bersih bagian belakangnya untuk digunakan ulang baik untuk mencetak atau menulis draft.

Gunakan amplop atau map bekas
Sekarang aku jarang memakai amplop untuk menyebarkan surat-surat kantor. Cukup di staples saja. Karena tohhh amplop itu bakal dibuang ama penerima. Map sering kugunakan berulang-ulang. Surat yang harus ditandatangi atasan kugunakan map bekas yang bersih. Jika ada coretan kututup dengan kertas yang kuberi label.

Gunakan kertas daur ulang
Yang satu ini aku belum menemukannya. Maaf bro, sis, mba, mas, dll.

Cetak 1 lembar
Cetak dokumen bolak balik dalam 1 lembar saja. Wahhh... hal ini belum ngetop di kantor pemerintah. Aku sendiri aja masih kesusahan.

Cahaya ruangan
Matikan lampu ruangan jika cahaya yang masuk lewat jendela mencukupi untuk bekerja.

Matikan monitor
Terutama untuk layar CRT, jika dalam keadaan tidak terpakai.

Bertemu lewat video conference
Akan menghemat biaya transportasi, BBM, dll, dengan catatan bahwa terdapat jaringan internet di kantor anda.

Pilih produk hemat energi
Pilih alat elektronik yang berlogo 'Energy Star'.

Atur suhu AC
Nah kalo hal ini, aku sering berantem ma Tomy. Aku sering matiin AC yang ga perlu. Tomy ngidupin AC terus ngeloyor pergi. Kaco neh anak. Atur suhu sekitar 24 derjat Celcius yang merupakan perbandingan terbaik antara tingkat kesejukan dengan penghematan listrik.

Mengisi baterai ponsel
Jangan biarkan berlama-lama ponsel terhubung ke listrik ketika mengisi ponsel. Kadang ponsel terhubung terus ke listrik seharian karena kita lupa atau asyik bekerja.

Tambahkan pesan penyelamatan bumi
Cantumkan pesan pada imel anda "Selamatkan bumi, jangan cetak imel ini kecuali anda benar-benar membutuhkan".

JANGAN CETAK ARTIKEL INI, CUKUP DICOPY-PASTE SAJA!!!

Wahhhh ternyata kita bisa menyelamatkan bumi, dan gak perlu jadi Superman, Batman, Wondermomen, SinChan, Avatar, Doraemon, Teletubbies (lho kok jadi kartun-kartun).

Jika 1 juta orang menghemat 1 lembar kertas,
maka ada 1 juta lembar kertas yang bisa dihemat.
Dalam 1 rim kertas terdapat 500 lembar,
maka dapat dihemat 2.000 rim kertas.
Jika 15 rim kertas dibuat dari 1 pohon berumur 10 tahun,
maka terdapat sekitar 130 pohon yang batal ditebang.

Usaha kecil kita bersama sangat berharga untuk menyelamatkan bumi.
Mulailah dari diri kita sendiri.


Baca ini juga :
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 1
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 2
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 3
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4
Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 5

Mengapa terjadi pemanasan global (global warming)
Dampak Kebakaran Hutan
Deforestasi Hutan



36 komentar:

  1. Weksssss.......betul Atta.....
    "Selamatkan bumi"...ini hasil copaste jadi ga perlu kirim email....Idem ama idenya Atta....ganti screen kompi pake LCD...kalo ga ada LCD pake mesin ketik...
    Yang jelas mulailah selamatkan bumi dengan "PENGIRITAN".....semakin irit, semakin kecil jumlah pengeluaran......pengeluaran kantor, pengeluaran uang belanja, dll......wes lah Go green intinya!!!

    BalasHapus
  2. kenapa ya,makin lama dipikir, manusia itu yg paling merusak alam. kekekek, iya ya lah, jalan aj butuh alam maksudnya makannya. kan jalan butuh kalori.

    jaid bagaimana kalau kita hilangkan manusia dari muka bumi ini, kita bawa ke pantatnya bumi jadi muka bumi tetep cantik dan ga bopeng. wkwkkw

    BalasHapus
  3. he he he...stapler itu jegrekan nama kerennya.
    dasar menteri lingkungan hidup.

    BalasHapus
  4. mmm...
    ternyata kaitannya sangat erat sekali ya mas...dari kertas kemudian asal dari kertas itu, aksesoris teman-teman kertas itu...

    jika setiap orang dapat melakukan hal tersebut diatas, maka tentulah masalah ini paling tidak dapat terkurangi...

    BalasHapus
  5. hmm.. keyen.. keyen infonya
    tiap bulan daku juga menebang poon ne kayaknya.. kwakakakka^^

    BalasHapus
  6. mbae, jangan panjang-panjang nyambungnya, bisa mboseni lho... cuma ngingetin aja,hehe

    BalasHapus
  7. Hiks..jadi malu coz selama ini kalo make segala sesuatunya gak pernah mikir akibatnya buat bumi sih.

    BalasHapus
  8. Manusia memang doyan segalanya. Gunung aja bisa habis dimakanya
    tukeran link yuk...
    Ini blogku http://fayantori31.wordpress.com

    BalasHapus
  9. ternyata tampa di sadari kita adalah penyebab global warming, gimana donk, soalnya saya suka menghabiskan 1 rim kertas tiap hari. sebagian buat nyetak sesuatu, sisanya buat saya makan hehehe

    tapi sekarang gak sering ngeprint kok, soalnya laporan tinggal di kirim dari pc ke pc.

    BalasHapus
  10. Perbanyak penggunaan digital. Gak perlu dicetak kalau memang proofing bisa melalui file di email.
    Buang-buang kertas. Gak perlu cetak foto hanya utk menjadi sampah di jalanan. Mending digunakan untuk TV screen besar2 pasang di MALL fotonya. Hehehe... Atau buat acara atau forum diskusi yang membangun..
    Hah kemana arah commentnya nih... hehehe.... good post.

    BalasHapus
  11. aku paling suka ngebuang² kertas print.. habis suka salah sih! ternyata aku salah satu penyebab besar global warming yah! hihihihi..

    BalasHapus
  12. brapa banyakkah duit kertas itu, apalagi pake tinta yang seperti itu...

    BalasHapus
  13. Mantaff ide Usaha Mengurangi Dampak Global Warming.
    Halo sobat, apa kabar? Salam hormat dan sukses selalu untukmu yaa. Terima kasih atas persahabatannya...

    Cheers, frizzy.

    BalasHapus
  14. wah, kertas kan emang udah jadi kebutuhan yang penting banget. Solusinya kalo menurut saya sih dengan menstabilkan antara penebangan pohon dan reboisasi.

    BalasHapus
  15. kuncinya 4R
    Reduce
    Reuse
    Recycle and
    Refuse

    BalasHapus
  16. Oom Menteri Lingkungan Hidup emang TOP punya informasi.

    Jadi malu neh...biasanya klo printer di kantor lagi ngambek, kertas yang "tersangkut" jadi sasaran, diremes2, dicabik2 dan dibanting2...!!! Huh....ternyata efeknya sampai sebesar itu...
    Maafkan daku bumiku.....

    BalasHapus
  17. Sob sory neh.. Baru mampir snyal lg eror trus.. Mo koment ja gagal tyus,.
    Wah sob mang bener sih harus memanfaatkan barang bekas,tp aku lg berfikir neh ngirim surat ke cewek pake amplop bekas ama kertas bekas,. Tar pa ga dia berfikir "kere amat nieh cowok".. He2,. Tp sip bos infonya.. Aku juga baru tau 1 pohon menghilangkan sumber energi buat 2org.. Tmpt aku byk tukang kayu, parah berarti tuh nebang ama sepuluh btng kali perhari soalny termasuk gede.. Mungkin cara lain pengganti pohon pake bambu aja kali ya.. Biar pohon ga pada musnah.. Tar gw napas pake apa?

    BalasHapus
  18. Wah ternyata..
    Banyak yang bisa kita lakukan kalo kita mau nyelamatin bumi
    mulai dari hal yang kecil dulu
    dari lingkungan sekitar kita

    BalasHapus
  19. save the earth green!!!

    save the peace on earth or earth would be in pieces...

    BalasHapus
  20. waduh gawat, di bali orang buat canang untuk sesaji pake streples tuhh, biar cepat katanya, mestinya aslinya pake biting. tapi krn lambat dna tangan bisa luka, jaid byk orang kebiasaan pake streples, ckcckck..ckkckcck

    BalasHapus
  21. gk ko' gk ngawur... komen di bawah postingannya bagus... salam kenal yupp :)

    BalasHapus
  22. saya setuju sama sunardi. usahakan paperless untuk setiap informasi/dokumentasi. pilih handphone yang bisa baca pdf.

    BalasHapus
  23. kayaknya yang ini "Cetak 1 lembar
    Cetak dokumen bolak balik dalam 1 lembar saja." uda diterapin di kantor. juga kalo ada kertas kertas bekas nge print yang satu sisinya masi bisa dipake, dipake lagi buat ngeprint file file untuk internal kantor. hehehe. :D

    BalasHapus
  24. Setuju tuh untuk menyelamatkan bumi.
    Mulai sekarang aku cuma blogwalking satu jam aja setiap hari, biar hemat listrik

    BalasHapus
  25. Kalo gw jadi pesinden elo gw jadikan menteri lingkungan hidup :)... Doain saja gw supaya bisa jadi sinden.

    BalasHapus
  26. tips dalam artikel ini sdh diterapkan di beberapa perusahaan, dan terbukti. Selain menyelamatkan bumi, juga menyelamatkan ribuan karyawan terhindar dari PHK massal. Perusahaan dapat menghemat biaya yg cukup besar. Kuncinya : disiplin dlm menerapkannya.

    BalasHapus
  27. Banyak yg harus dilakukan utk selamatkan bumi ini, tapi kapan mulainya?

    BalasHapus
  28. @ semua : mungkin juga kita sendiri udah menyelamatkan bumi tanpa kita sadari.

    BalasHapus
  29. emang tuh si Tomy suka kurang ajar, nyalain AC, trus kabur lagi!!! (belagak kenal sama si Tomy).

    BalasHapus
  30. mulai dari hal terkecil,
    sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit
    good post

    BalasHapus
  31. ayo kita mulai dari sekarang, hemat energy, hemat air, hemat listrik, berhemat deh pokoknya...demi masa depan anak cucu kita....

    BalasHapus
  32. Bener banget mas... menghemat alat tulis kantor sangat membantu program global warming...

    BalasHapus
  33. Terima Kasih mas... tapi saya perlu cetak untuk buat mading saya.... makasih ya...

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Usaha Mengurangi Dampak Global Warming - 4 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah