13 Juli 2010

LPG elpiji | Program Konversi | Bom Rumah

Tabung Gas LPG elpiji sekarang dianggap menjadi BOM RUMAH. Menghadirkan teror yang semakin menakutkan daripada teror-teror dari para teroris. Teror tabung gas mungkin tidak akan bisa ditangani oleh DENSUS 88, densus 89, 90, 91 dst. Mungkin Den Susastra (nama pak lek Den SUS) yang bisa menanganinya. Silahkan membaca kopian tulisan di bawah ini. Aku lagi males nulis.



PUISI BOM RUMAH
ada tabung gas tak bagus
ada selang tak bagus
ada regulator tak bagus
ada senyawa mengawang
ada percikan api
ada ledakan
ada letupan
ada korban
harta
nyawa
tubuh
penguasa saling tuding
ini yang bertanggung jawab
itu yang bertanggung jawab
lempar batu sembunyi tangan

penguasa berubah menjadi teroris
lebih kejam dari teroris asli

dulu berucap
rakyatku rakyatku rakyatku
sekarang berucap
uangku uangku uangku
duitku duitku duitku
hartaku hartaku hartaku


Program Konversi Minyak Tanah ke LPG

Setiap tahunnya pemerintah menganggarkan dana +Rp 50 Trilyun untuk mensubsidi BBM: minyak tanah, premium dan solar. Dari ketiga jenis bahan bakar ini, minyak tanah adalah jenis bahan bakar yang mendapat subsidi terbesar (lebih dari 50% anggaran subsidi BBM digunakan untuk subsidi minyak tanah). Dari tahun ke tahun anggaran ini semakin tinggi, karena trend harga minyak dunia yang cenderung meningkat.

Secara teori, pemakaian 1 liter minyak tanah setara dengan pemakaian 0.57 kg LPG. Dengan menghitung berdasarkan harga keekonomian minyak tanah dan LPG, subsidi yang diberikan untuk pemakaian 0.57 kg LPG akan lebih kecil daripada subsidi untuk 1 liter minyak tanah.

Secara nasional, jika program Konversi Minyak Tanah ke LPG berhasil, maka pemerintah akan dapat menghemat 15-20 Trilyun subsidi BBM per tahun. Manfaat lain yang dapat diperoleh dari Konversi Minyak Tanah ke LPG adalah:Mengurangi kerawanan penyalahgunaan minyak tanah
  • Mengurangi polusi udara di rumah/dapur
  • Menghemat waktu memasak dan perawatan alat memasak
  • Dapat mengalokasikan minyak tanah untuk bahan bakar yang lebih komersil (misalnya bahan bakar pesawat/avtur)
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat

Definisi LPG

LPG adalah kependekan dari Liquefied Petroleum Gas, merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak atau kilang gas, yang komponen utamanya adalah gas propane (C3H8) dan butane (C4H10) yang dicairkan. Pertamina memasarkan LPG sejak tahun 1969 dengan merk dagang ELPIJI.

Jenis LPG berdasarkan komposisi propane dan butane

Berdasarkan komposisi propane dan butane, LPG dapat dibedakan menjadi tiga macam:

  1. LPG propane, yang sebagian besar terdiri dari C3
  2. LPG butane, yang sebagian besar terdiri dari C4
  3. Mix LPG, yang merupakan campuran dari propane dan butane.

Kegunaan LPG

LPG butane dan LPG mix biasanya dipergunakan oleh masyarakat umum untuk bahan bakar memasak, sedangkan LPG propane biasanya dipergunakan di industri-industri sebagai pendingin, bahan bakar pemotong, untuk menyemprot cat dan lainnya.

LPG Pressurized dan Refrigerated

Pada suhu kamar, LPG akan berbentuk gas. Pengubahan bentuk LPG menjadi cair adalah untuk mempermudah pendistribusiannya. Berdasarkan cara pencairannya, LPG dibedakan menjadi dua, yaitu LPG Refrigerated dan LPG Pressurized.

LPG Pressurized adalah LPG yang dicairkan dengan cara ditekan (4-5 kg/cm2). LPG jenis ini disimpan dalam tabung atau tanki khusus bertekanan. LPG jenis inilah yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi di rumah tangga dan industri, karena penyimpanan dan penggunaannya tidak memerlukan handling khusus seperti LPG Refrigerated.

LPG Refrigerated adalah LPG yang dicairkan dengan cara didinginkan (titik cair Propane + -42°C, dan titik cair Butane + -0.5°C). LPG jenis ini umum digunakan untuk mengapalkan LPG dalam jumlah besar (misalnya, mengirim LPG dari negara Arab ke Indonesia). Dibutuhkan tanki penyimpanan khusus yang harus didinginkan agar LPG tetap dapat berbentuk cair serta dibutuhkan proses khusus untuk mengubah LPG Refrigerated menjadi LPG Pressurized.

ELPIJI yang dipasarkan PERTAMINA dalam kemasan tabung dan curah adalah LPG Pressurized.

Nilai Kalori + 21.000 BTU/lb

Jenis-jenis ELPIJI PERTAMINA

ELPIJI PERTAMINA yang dipasarkan dalam kemasan tabung (3 kg, 6 kg, 12 kg, 50 kg) dan curah merupakan LPG mix, dengan komposisi + 30% propane dan 70% butane. Varian lain adalah LPG odourless (tidak berbau).

Zat mercaptan biasanya ditambahkan kepada LPG untuk memberikan bau yang khas, sehingga kebocoran gas dapat dideteksi dengan cepat.


Sumber Gambar :
http://www.swaberita.com

Sumber Tulisan :
http://www.pertamina.com

Copyright © 2013 attayaya: LPG elpiji | Program Konversi | Bom Rumah | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah