28 Juli 2010

Pasukan Kuning Penjaga Kebersihan Kota Pekanbaru

Pasukan Kuning merupakan sebutan bagi petugas kebersihan Kota Pekanbaru. Sebutan "kuning" karena mereka menggunakan seragam berwarna "kuning" walau ada sebagian yang kebagian warna orange. Mereka ini pun disebut juga sebagai "Pahlawan Kebersihan Kota Pekanbaru". Mereka menjadi ujung tombak untuk menjaga kebersihan jalan-jalan dan taman kota. Bekerja dengan bagian waktu subuh-pagi, siang dan sore/malam, serta pada kegiatan-kegiatan tertentu di berbagai lokasi.

Berbagai kendala mereka hadapi :
  • Mereka kadang menghadapi masyarakat yang tidak menghargai atau peduli dengan kebersihan lingkungan.
  • Ada saja pengunjung yang kembali mengotori taman kota padahal baru saja dibersihkan.
  • Pengendara dijalanan yang membuang sampah di jalan.
  • Buang sampah sembarangan padahal tempat sampah tersedia. Jika ditegur, pengunjung malah balik marah pada petugas.
  • Begitu juga dengan perilaku dan etika yang tidak menghargai norma. Kadang ada muda mudi yang berpacaran melewati batas di taman kota. Jika ditegur, mereka juga balik marah pada petugas.
  • Petugas kebersihan dan taman kota menghadapi orang gila yang kadang mengobrak abrik tong sampah untuk mencari makanan.

Kota Pekanbaru memproduksi sampah setiap harinya sebanyak 150 ton. Dengan jumlah penduduk sebanyak 779.899 jiwa, maka setiap satu orang warga kota memproduksi 0,8 kubik sampah setiap harinya. Sampah yang diproduksi masyarakat tersebut, sebagian dibeli masyarakat untuk pengolahan kembali dan sebagian lagi dimasukkan ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) di Muara Fajar, Rumbai - Pekanbaru yang mempunyai luas 9 (sembilan) hektare dan menampung sampah yang berasal dari 12 kecamatan di Kota Pekanbaru.

Sampah Kota Pekanbaru terutama ditangai oleh Dinas Kebersihan yang memiliki 62 armada kendaraan kebersihan. Dengan rincian 15 armada milik Dinas Kebersihan, 5 armada milik Dinas Pasar, 1 armada dari Dinas Perhubungan dan 41 armada di 12 kecamatan.

Jumlah petugas kebersihan Kota Pekanbaru yang berada di bawah Dinas Kebersihan Kota Pekanbaru berjumlah 650. Dari jumlah itu, 202 adalah perempuan dan 448 laki-laki. Namun, jika digabungkan dengan petugas kebersihan yang berada di bawah naungan instansi lainnya seperti Dinas Pasar dan Dinas Kimpraswil, jumlahnya mencapai sekitar 1500an orang.


MEREKALAH UJUNG TOMBAK
KEBERSIHAN KOTA PEKANBARU
SEHINGGA
MENDAPATKAN PIALA ADIPURA


Bahkan.... pasir dan tanah di jalan pun harus disapu


Median Jalur Hijau Jalan tak luput dari sapuan petugas kebersihan


Jangan sampai ada sampah dedaunan di pinggir jalan


Pemeriksaan ulang atas kebersihan bagian/wilayah tugasnya



Bulan Puasa udah menjelang, Lebaran makin mendekat, maka Pasukan Kuning "Sang Pahlawan Kebersihan" akan mendapat perlakuan khusus dari Walikota Pekanbaru seperti biasanya untuk membalas jasa mereka dengan memberikan sandang dan pangan serta THR (atau tunjangan khusus lainnya) yang lebih didahulukan daripada pegawai lainnya.

Pegawai lainnya harus minggir, beri perlakuan khusus atas jasa-jasa Pasukan Kuning.


WE RESPECT THEM
WHO ALWAYS KEEP CLEAN
PEKANBARU



*****

Postingan ini sehubungan dengan Award Friendly Blogger dengan nuansa KUNING dari Aby Umy Blog. Karena awardnya dominan kuning, aku jadi teringat ma petugas kebersihan yang menggunakan baju warna kuning juga. So... jadilah postingan ini.


Sumber gambar :
http://www.attayaya.com
http://djemariijal.blogspot.com/2009/05/produksi-sampah-pekanbaru-capai-150-ton.html

44 komentar:

  1. kalo ditempatku warnanya apa ya?

    tapi bener, mereka yang menurutku paling ulet dan rajin serta sabar menghadapi kerjaannya..:)

    BalasHapus
  2. Si kuning yang selalu bersemangat, sayang keberadaan dirinya sering tak dianggap

    BalasHapus
  3. Benar bang..mereka sangat berjasa menjaga kebersihan..

    Selamat ya bang atas awardnya

    BalasHapus
  4. pekerjaan mereka dihitung sebagai ibadah gan,,, selamat atas awardnya...

    BalasHapus
  5. Semoga mereka lebih dihargai lagi karena mereka sudah sangat berjasa dalam menjaga kebersihan...

    BalasHapus
  6. salut buat pasukan kebersihan...

    BalasHapus
  7. Sampah akan menjadi masalah yang pelik di masa datang jika tdk ditanggulangi mulai sekarang.
    Perilaku masyarakat sendiri malah menambah beratnya masalah sampah yg kini ada.
    Dibutuhkan lebih banyak orang yg peduli thd sampah dan bisa memanfaatkan sampah menjadi barang2 yg bernilai ekonomis tinggi.
    Ayooooo, siapa yang siap memulai terjun menangani sampah..?

    BalasHapus
  8. Data tentang sampah di Pekanbaru mantap tuh, Bang..! Semoga saja Pekanbaru selalu bisa menjaga kebersihan dan keindahan kota, tidak hanya karena Pasukan Kuningnya yang kerja keras tapi juga karena warganya sudah sadar.

    BTW, selamat ya utk awardnya..

    BalasHapus
  9. dua jempol untuk pahlawan kebersihan ^____^V

    BalasHapus
  10. memang butuh kesabaran tinggi nih jadi pasukan kuning

    BalasHapus
  11. Koq semua pake baju kuning yah Bang?
    disini juga seperti itu.
    Merekalah yang pantas untuk mendapat adipura khusus.

    BalasHapus
  12. mari kita bantu pasukan kuning kita...:)

    bang..ada award bwt abang...kl abang berkenan, tolong diambil yaa...^_^

    BalasHapus
  13. wah.. baru tahu lho, tiap kota warna seragam mereka beda..

    disini warnanya orange...

    btw, semoga mereka lebih diperhatikan.. coz, jasanya gede banget, tapi saya yakin gajinya terbilang kecil......

    BalasHapus
  14. emang yang kuning-kuning tuh pahalanya banyak yaa
    semoga Yellowlife juga begitu
    hehee

    BalasHapus
  15. kayaknya beliau-beliaulah yang pantes dapet piala adipura yo mas....bukan pak walikota he he he he coba pak walikota suruh nyapu jalan...waah masuh top ten lintas berita n google ha ha ha ha ha ha tapi mereka...gak ada yang anggep....buat tulisan ah tentang beliu-beliau yang berjasa TAPI TAK TERPANTAU....

    BalasHapus
  16. bener banget tuuhh!! merekalah pahalawan kota yang membuat kota bersih, tapi sayangnya terkadang malah jadi terlupakan :(

    BalasHapus
  17. Selamat atas awardnya, selamat berkarya dan sukses!

    BalasHapus
  18. Kita memang harus berterima kasih kepada pasukan kuning yang tugasnya mulia bersih-bersih!
    Yang diatas mestinya juga bersih-bersih hatinya, biar yang dibawah dapat perhatian kesejahteraannya!

    BalasHapus
  19. yah, mau gimana lagi ya. itu memang sudah tuas mereka. sebenarnya alangkah baiknya jika kita buang sampah pada tempatnya.

    Tapi sebagian beralasan jika mereka membuang sampah pada tempatnya maka jumlah petuas kebersihan akan berkurang, dan itu menyebabkan penanguran. Itu SAH saja, tapi jangan salahkan bos anda jika ia mulai mengurangi karyawan di perusahaannya karna ada alat baru yg sangup menggantikan tugas anda.

    BalasHapus
  20. Hiiii pak lek nuansanya kowk kuning, kayak kuning2 hanyut di kali ckckckckck

    Luar biasa memang, petugas kebersihan patut menyandang gelar pahlawan secara tidak langsung, kalau lagi puasa nyapu jalan di siang hari pasti terasa melelahkan.

    BalasHapus
  21. Selamat ya buat para pasukan kuning telah berhasil membuat Pekanbaru mendapatkan Piala Adipura.

    BalasHapus
  22. Pasukan kuning jadi pahlawan kota

    BalasHapus
  23. senang banget dengarnya
    selamat y
    salam hangat dari blue
    semoga tak ada yg melecehkan pasukan kuning...heheh
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  24. ditempatku warna oranye bang, eh iya maaf nggak berkunjung kemarin soalnya lagi terapi anti rokok tapi bawaannya jadi ngantuk terus jadi nggak pernah ngeblog kemarin

    BalasHapus
  25. iya saya sangat salut dengan pasukan kuning itu, tapi apakah mereka mengerjakannnya dengan ikhlas? semoga saja begitu :D hehe..
    mau tukeran link gak boss? balas komen di blog saya ya..terima kasih..

    BalasHapus
  26. kalau di tulungagung pasukan biru bang

    BalasHapus
  27. pasukan maju jalan..sip deh....ayo bersihkan sampan bersama2

    BalasHapus
  28. Pekan baru kota yang bersih..

    BalasHapus
  29. Tanpa mereka ntah seperti apa kotaku, terima kasih Pasukan Kuning, jasamu sangat besar kepada Kotaku....

    BalasHapus
  30. God post sob, dapat membangun kesadaran akan besarnya Jasa-jasa mereka di kota Kita, salam kenal...

    BalasHapus
  31. lah ada 1 tu om yang orange
    hihi
    wew, awardnya dipajang
    makasih om atya (attayaya)

    BalasHapus
  32. salam kenal pak,
    memang petugas kebersihan apapun warna bajunya....sangat berjasa bagi kita semua

    BalasHapus
  33. salut buat pahlawan kebersihan..

    BalasHapus
  34. Pekanbaru makin bersih dgn hadirnya Pasukan Kuning
    sekiranya mirip2lah di hampir tiap kota di Indonesia

    d'tempat Q pun dinamai Pasukan Kuning
    uda jd ciri khas dr rekan2 QT neh

    selamat ats Piala ADIPURA tuk Pekanbaru

    salam Adipura from BONTHAIN
    yg turut pula mendapatkanx taon ini

    BalasHapus
  35. mantap informasinya Kang

    Pasukan Kuning layak diberi penghargaan atas upayanya mewujudkan Adipura

    BalasHapus
  36. Wah wah mantab banget, merekalah paling berjasa Bang. Salut utk mereka : sabar menghadapi masyarakat yang anggapannya kadang miring.

    eh.. tapi kalo ngomongin Nuansa Kuning, ane jadi teringat ama Filmnya si Tukul Arwana :Biarkan Si Kuning Mengambang, ada hubungannya ga ya? Kalo ane sich ada hubungannya Bang, perlu dibersihkan tuh...

    BalasHapus
  37. @bang ancis : jiahahahahahahahaha

    BalasHapus
  38. link anda sudah terpasang dan siap meluncur ! terima kasih banyak kawan !

    BalasHapus
  39. salut dengan kebijakan kota pekan baru buat pasukan kuningnya....

    BalasHapus
  40. Hai Mbak.. Salam kenaall..
    Blognya 'berisi' sekali. ^_^

    BalasHapus
  41. hai juga
    ga berisi kok mba

    BalasHapus
  42. kerja keras orang orang seperti ini nih yang patut di hargai, semangat bu..

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Pasukan Kuning Penjaga Kebersihan Kota Pekanbaru | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah