30 Juli 2010

Randall Hart Sang Penemu Pemadam Api Cepat Ramah Lingkungan

Randall Hart Sang Penemu Pemadam Api Cepat Ramah Lingkungan yang pernah diseminarkan "Randall Hart Chemical Inovation" bulan Juni 2010 di Surabaya. Randall juga menemukan 34 produk formula anti api sejak 1979. Salah satunya diproduksi dengan merek Hartindo AF11E yang dapat mematikan api dengan cepat, sedangkan Hartindo AF-31 banyak digunakan di perusahaan pertambangan, serta juga produk AF21 dan Titan 21. Produk Randall Hart dapat mematikan Api dari kelas A, B, dan C (padat, cair dan campuran).

Randal Hartolaksono atau Randal Hart, BSc. MSc., adalah kelahiran Surabaya, Jawa Timur - Indonesia menjabat sebagai Managing Director PT. Hart Industries Limited (UK), London, Inggris, sejak tahun 1990; PT. Hartindo Chemicatama Industri (mulai tahun 1992); Newstar Holdings Singapore (dari tahun 1995); dan Newstar Chemicals Malaysia (sejak tahun 2000). Randall Hart, BSc MSc lahir di Surabaya, tanggal 16 Maret 1956. Latar belakang pendidikan formal yang dimilikinya, yaitu dan SMA Pangudi Luhur-Jakarta, Advance Level in Science (Hounslow Borough College-London UK), BSc. serta MSc. di Mechanical Engineering (Queen Mary College-London University, UK).

Randall banyak belajar di perpustakaan, untuk mempelajari dan memperdalam mengenai masalah api secara langsung. Hasilnya, dari situ ia dapat mengetahui bahwa bahan lubrikan yang dibuanya waktu itu jika terkena panas akan mengeluarkan uap, yang akan menyerang dan dapat memadamkan api yang sedang menyala. Sayangnya, 2 tahun setelah penemuannya itu, Profesor Evans, dosen yang mengajarnya tersebut meninggal dunia. Karena itu, ia merasa memiliki hutang jasa kepada dosennya itu, yang pertama kali melihat dan memperhatikan penemuannya itu, serta menyarankannya untuk fokus kepada hal tersebut. Sebab jika tidak, maka ia tidak akan terpikir ke arah itu.

Lewat olahan dari kulit ketela pohon yang diproses menggunakan teknologi kimia, Randall berhasil menghasilkan cairan untuk memadamkan api dari ledakan gas elpiji. Cairan ini dihasilkan melalui riset selama sepuluh tahun dengan total biaya Rp 10 miliar. Selain itu cairan ini ramah lingkungan dan tidak memiliki efek samping. Bermula pada tahun 1979, Randall Hart menemukan teknologi anti api yang kemudian diproduksi dan dipasarkan secara global. Penemuan ini dinilai revolusioner karena merupakan satu-satunya alat pemadam di dunia yang dapat memadamkan api secara efektif tanpa efek negatif pada lingkungan maupun manusia.

Contact Information "
Kawasan Industri Benteng tungal
Jl. Muncul Blok E2 - F2, Gedangan-Sidoarjo 61254
Telp : (031) 8538830 - 2, Fax : (031) 8540190
Web : soshartindo.com
Email : info@soshartindo.com

Cabang perusahaan Hartindo telah tersebar di beberapa negara, antara lain:
* Hart Industries (London - Inggris)
* Hartindo Megola (Toronto - Kanada)
* Hartindo France (Lyon - Perancis)
* Hartindo - Saudi Arabia (Damam - Arab)
* New Chemicals (M) SDN BHD (Subang Java - Malaysia)
* Indonesia

Sudah sangat banyak konsumen Hartindo seperti :
# A. SCHULMAN PLASTICS
# ABADI NYLON
# ADHI KARYA (PERSERO) TERBATAS
# ADHI WANA NUSANTARA
# ALSTOM POWER
# ANGKASA PURA
# BANK CENTRAL ASIA TBK
# BVLGARI Hotel
# ENERGIZER INDONESIA
# GAJAH TUNGGAL TBK
dan masih banyak lagi


Sumber :
http://www.soshartindo.com
http://www.hartindo.biz/
selengkapnya...

29 Juli 2010

Burung Serindit Melayu (Loriculus galgulus) | Fauna Identitas Provinsi Riau

Serindit Melayu atau dalam nama ilmiahnya Loriculus galgulus atau dalam bahasa Inggris disebut Blue-crowned Hanging-parrot (burung bergantung dengan mahkota biru) adalah sejenis burung yang terdapat di dalam genus burung serindit Loriculus. Burung ini berukuran kecil, dengan panjang mencapai 12cm, berekor pendek dan berparuh-bengkok. Bulunya didominasi oleh warna hijau dengan sebagian bulu ekor dan leher berwarna merah.

Walaupun ada perbedaan, burung jantan dan betina hampir serupa. burung serindit jantan memiliki bercak kepala bagai mahkota berwarna biru dan bercak tenggorokan berwarna merah, warna secara keseluruhan lebih cerah dan bersih. Burung betina berwarna lebih kusam dibanding jantan.

Habitat dan populasi Serindit Melayu tersebar di hutan dataran rendah, dari permukaan laut sampai ketinggian 1,300m di Asia Tenggara terutama negara Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Memiliki area habitat untuk hidup dan mencari makan hingga radius 1.410.000 km2.

Serindit Melayu hidup dalam kelompok. Burung ini memiliki kebiasaan aktif memanjat dan berjalan daripada terbang. Saat istirahat, burung serindit menggantungkan badan ke bawah dengan menjepit/menggantungkan paruhnya di dahan (hanging parrot). Pakannya terdiri dari sayuran hijau, buah-buahan, padi-padian dan aneka serangga kecil. Perkembangbiakan burung ini melalui telur yang ditetaskan oleh burung betina biasanya menetaskan antara tiga sampai empat butir telur yang dierami sekitar 18 sampai 20 hari.

Burung Serindit termasuk keluarga famili Psittacidae dengan Burung Bayan, Burung Nuri, dan famili Cacatuidae Burung Kakatua, tetapi tidak masuk ke dalam famili Bayan Sejati yang lebih memiliki sebaran lebih luas.



STATUS BURUNG SERINDIT MELAYU

Serindit Melayu (Loriculus galgulus) walau tidak masuk dalam Daftar Hewan (Burung) Berstatus Terancam (Endangered; EN) atau Terancam Punah yang berada di bawah status “Kritis” (CR) yang dikategorikan oleh Redlist IUCN, tetapi Serindit Melayu sudah sangat jarang ditemui bahkan sangat sulit menemuinya di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil - Bukit Batu Riau. Serindit yang masuk kategori terancam adalah Serindit Flores (Loriculus flosculus) dan Serindit Sangihe (Loriculus catamene) bersama dengan 30 jenis burung yang berada dalam kategori ini seperti : Angsa Batu, Bangau Storm, Berkik Gunung Maluku, Celepuk, Elang Jawa, dll.

Berdasarkan Red List Category & Criteria IUCN per tanggal 28 Juli 2010, Burung Serindit Melayu (Loriculus galgulus atau Blue-crowned Hanging-parrot) berada dalam
Status (Status konservasi) : Least Concern (Risiko Rendah)

History IUCN Red List Category & Criteria :
2010 – Least Concern
2008 – Least Concern
2004 – Least Concern
2000 – Lower Risk/least concern
1994 – Lower Risk/least concern
1988 – Lower Risk/least concern

Klasifikasi ilmiah
Serindit Melayu
(Loriculus galgulus atau Blue-crowned Hanging-parrot)

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Psittaciformes
Famili : Psittacidae
Genus : Loriculus
Spesies : L. galgulus
Nama binomial : Loriculus galgulus (Linnaeus, 1758)

Habitat berada di Hutan rendah, Forest, Forest - Subtropical/Tropical Moist Lowland, Forest - Subtropical/Tropical Mangrove Vegetation Above High Tide Level, Shrubland, Shrubland - Subtropical/Tropical Dry, Shrubland - Subtropical/Tropical Moist, Artificial/Terrestrial, Artificial/Terrestrial - Plantations, Artificial/Terrestrial - Rural Gardens, Artificial/Terrestrial - Subtropical/Tropical Heavily Degraded Former Forest.


Spesies Loriculus
* Loriculus vernalis
* Loriculus beryllinus
* Loriculus philippensis
* Loriculus galgulus, Serindit Melayu
* Loriculus stigmatus, Serindit Sulawesi
* Loriculus amabilis, Serindit Maluku
* Loriculus sclateri
* Loriculus catamene, Serindit Sangihe
* Loriculus aurantiifrons, Serindit Papua
* Loriculus tener
* Loriculus exilis, Serindit Paruh-merah
* Loriculus pusillus, Serindit Jawa
* Loriculus flosculus, Serindit Flores




Burung Serindit Melayu ini dahulunya banyak hidup di hutan-hutan Riau termasuk juga di lahan perkebunan atau pertanian masyarakat, sehingga menjadi Fauna Identitas Provinsi Riau dan Maskot PON XVIII 2012 PROVINSI RIAU





Sumber Tulisan dan Gambar :
http://alamendah.wordpress.com/
http://www.unep-wcmc.org
http://www.ornithea.de/
http://id.wikipedia.org/wiki/Serindit
http://wapedia.mobi/id/Serindit_Melayu
http://www.eol.org/pages/1177936
http://www.avianweb.com/bluecrownedhangingparrots.html
http://www.iucnredlist.org/apps/redlist/details/142552/0
http://besgroup.talfrynature.com/2008/11/16/blue-crowned-hanging-parrot-and-guava/
http://www.birdlife.org/datazone/species/index.html?action=SpcHTMDetails.asp&sid=1518&m=0
selengkapnya...

28 Juli 2010

Pasukan Kuning Penjaga Kebersihan Kota Pekanbaru

Pasukan Kuning merupakan sebutan bagi petugas kebersihan Kota Pekanbaru. Sebutan "kuning" karena mereka menggunakan seragam berwarna "kuning" walau ada sebagian yang kebagian warna orange. Mereka ini pun disebut juga sebagai "Pahlawan Kebersihan Kota Pekanbaru". Mereka menjadi ujung tombak untuk menjaga kebersihan jalan-jalan dan taman kota. Bekerja dengan bagian waktu subuh-pagi, siang dan sore/malam, serta pada kegiatan-kegiatan tertentu di berbagai lokasi.

Berbagai kendala mereka hadapi :
  • Mereka kadang menghadapi masyarakat yang tidak menghargai atau peduli dengan kebersihan lingkungan.
  • Ada saja pengunjung yang kembali mengotori taman kota padahal baru saja dibersihkan.
  • Pengendara dijalanan yang membuang sampah di jalan.
  • Buang sampah sembarangan padahal tempat sampah tersedia. Jika ditegur, pengunjung malah balik marah pada petugas.
  • Begitu juga dengan perilaku dan etika yang tidak menghargai norma. Kadang ada muda mudi yang berpacaran melewati batas di taman kota. Jika ditegur, mereka juga balik marah pada petugas.
  • Petugas kebersihan dan taman kota menghadapi orang gila yang kadang mengobrak abrik tong sampah untuk mencari makanan.

Kota Pekanbaru memproduksi sampah setiap harinya sebanyak 150 ton. Dengan jumlah penduduk sebanyak 779.899 jiwa, maka setiap satu orang warga kota memproduksi 0,8 kubik sampah setiap harinya. Sampah yang diproduksi masyarakat tersebut, sebagian dibeli masyarakat untuk pengolahan kembali dan sebagian lagi dimasukkan ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) di Muara Fajar, Rumbai - Pekanbaru yang mempunyai luas 9 (sembilan) hektare dan menampung sampah yang berasal dari 12 kecamatan di Kota Pekanbaru.

Sampah Kota Pekanbaru terutama ditangai oleh Dinas Kebersihan yang memiliki 62 armada kendaraan kebersihan. Dengan rincian 15 armada milik Dinas Kebersihan, 5 armada milik Dinas Pasar, 1 armada dari Dinas Perhubungan dan 41 armada di 12 kecamatan.

Jumlah petugas kebersihan Kota Pekanbaru yang berada di bawah Dinas Kebersihan Kota Pekanbaru berjumlah 650. Dari jumlah itu, 202 adalah perempuan dan 448 laki-laki. Namun, jika digabungkan dengan petugas kebersihan yang berada di bawah naungan instansi lainnya seperti Dinas Pasar dan Dinas Kimpraswil, jumlahnya mencapai sekitar 1500an orang.


MEREKALAH UJUNG TOMBAK
KEBERSIHAN KOTA PEKANBARU
SEHINGGA
MENDAPATKAN PIALA ADIPURA


Bahkan.... pasir dan tanah di jalan pun harus disapu


Median Jalur Hijau Jalan tak luput dari sapuan petugas kebersihan


Jangan sampai ada sampah dedaunan di pinggir jalan


Pemeriksaan ulang atas kebersihan bagian/wilayah tugasnya



Bulan Puasa udah menjelang, Lebaran makin mendekat, maka Pasukan Kuning "Sang Pahlawan Kebersihan" akan mendapat perlakuan khusus dari Walikota Pekanbaru seperti biasanya untuk membalas jasa mereka dengan memberikan sandang dan pangan serta THR (atau tunjangan khusus lainnya) yang lebih didahulukan daripada pegawai lainnya.

Pegawai lainnya harus minggir, beri perlakuan khusus atas jasa-jasa Pasukan Kuning.


WE RESPECT THEM
WHO ALWAYS KEEP CLEAN
PEKANBARU



*****

Postingan ini sehubungan dengan Award Friendly Blogger dengan nuansa KUNING dari Aby Umy Blog. Karena awardnya dominan kuning, aku jadi teringat ma petugas kebersihan yang menggunakan baju warna kuning juga. So... jadilah postingan ini.


Sumber gambar :
http://www.attayaya.com
http://djemariijal.blogspot.com/2009/05/produksi-sampah-pekanbaru-capai-150-ton.html
selengkapnya...

27 Juli 2010

Best Article Directory To Submit Your Article For Traffic And Links

Best Article Directory To Submit Your Article For Traffic And Links, classified with Pagerank :

No. : PageRank : Alexa : Article Directory

1. : 6 : 129 : www.EzineArticles.com

2. : 6 : 379 : www.ArticlesBase.com

3. : 5 : 1.551 : www.ArticleSnatch.com

4. : 5 : 2.419 : www.ArticleAlley.com

5. : 5 : 2.715 : www.ArticleDashBoard.com

6. : 5 : 3.231 : www.IdeaMarketers.com

7. : 5 : 5.826 : www.ArticleCity.com

8. : 5 : 5.963 : www.SearchWarp.com

9. : 5 : 6.113 : www.SooperArticles.com

10. : 5 : 7.468 : www.ArticleTrader.com

11. : 5 : 8.992 : www.ArticleBiz.com

12. : 4 : 1.775 : www.GoArticles.com

13. : 4 : 8.971 : www.InfoBarrel.com

14. : 4 : 9.834 : www.ArticleCompilation.com

15. : 4 : 11.103 : ABCArticleDirectory.com

16. : 4 : 13.045 : www.EasyArticles.com

17. : 4 : 13.820 : www.CarolinaArticles.com

18. : 4 : 14.134 : www.uPublish.info

19. : 4 : 20.112 : www.ArtiPot.com

20. : 4 : 20.913 : www.Dime-Co.com


INDONESIA ARTICLE DIRECTORY
www.lintasberita.com
www.infogue.com
dll

selengkapnya...

26 Juli 2010

Produk Turunan Kelapa Sawit

Produk Turunan Kelapa Sawit merupakan manfaat yang didapat dari pengolahan lebih lanjut dari kelapa sawit yaitu minyak dasar yang dihasilkannya dari kelapa sawit (Crude Palm Oil). Olahan lebih lanjutnya bisa berbentuk Refined Palm Oil maupun produk turunan lainya. Produk-produk ini dibuat berdasarkan spesifikasi kelapa sawit yang di panen yaitu berdasarkan standar mutu internasional meliputi ALB, air, kotoran, logam besi, logam tembaga, peroksida, dan ukuran pemucatan. Produk minyak kelapa sawit sebagai bahan makanan mempunyai dua aspek kualitas. Aspek pertama berhubungan dengan kadar dan kualitas asam lemak, kelembaban dan kadar kotoran. Aspek kedua berhubungan dengan rasa, aroma dan kejernihan serta kemurnian produk.

Berdasarkan faktor-faktor mutu tersebut, maka didapat hasil pengolahan Kelapa Sawit seperti :
· Crude Palm Oil
· Crude Palm Stearin
· RBD Palm Oil
· RBD Olein
· RBD Stearin
· Palm Kernel
· Palm Kernel Oil
· Palm Kernel Fatty Acid
· Palm Kernel Expeller (PKE)
· Palm Kernel Pellet
· Palm Kernel Shell Charcoal
· Palm Cooking Oil
· Refined Palm Oil (RPO)
· Refined Bleached Deodorised Olein (ROL)
· Refined Bleached Deodorised Stearin (RPS)

Pangsa Produksi dan Konsumsi serta Pemanfaatan Minyak Sawit
Industri makanan :
Mentega, shortening, coklat, additive, es cream, pakan ternak, minyak goreng.

Produk obat – obatan dan kosmetik :
Krim, shampoo, lotion, pomade, vitamin and beta carotene.

Industri berat dan ringan :
Industri kulit (untuk membuat kulit halus dan lentur dan tahan terhadap tekanan tinggi atau temperatur tinggi), cold rolling and fluxing agent pada industri perak, dan juga sebagai bahan pemisah dari material cobalt dan tembaga di industri logam.

Industri kimia :
Bahan kimia yang digunakan untuk detergen, sabun, dan minyak. Sisa - sisa dari industri minyak sawit, dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler, bahan semir furniture, bahan anggur.

Selain itu, pemanfaatan Kelapa Sawit berupa ampas tandan kelapa sawit merupakan sumber pupuk kalium dan berpotensi untuk diproses menjadi pupuk organik melalui fermentasi (pengomposan) aerob dengan penambahan mikroba alami yang akan memperkaya pupuk yang dihasilkan. Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) mencapai 23 % dari jumlah pemanfaatan limbah kelapa sawit tersebut sebagai alternatif pupuk organik sehingga memberikan manfaat lain dari sisi ekonomi. Bagi perkebunan kelapa sawit, dapat menghemat penggunaan pupuk sintetis sampai dengan 50 %.

Pemanfaatan ini sesuai spesifikasi kebutuhan produk, maka dapat diturunkan lagi menjadi :
1. Produk turunan CPO.
Produk turunan CPO selain minyak goreng kelapa sawit, dapat dihasilkan margarine, shortening, Vanaspati (Vegetable ghee), Ice creams, Bakery Fats, Instans Noodle, Sabun dan Detergent, Cocoa Butter Extender, Chocolate dan Coatings, Specialty Fats, Dry Soap Mixes, Sugar Confectionary, Biskuit Cream Fats, Filled Milk, Lubrication, Textiles Oils dan Bio Diesel. Khusus untuk biodiesel, permintaan akan produk ini pada beberapa tahun mendatang akan semakin meningkat, terutama dengan diterapkannya kebijaksanaan di beberapa negara Eropa dan Jepang
untuk menggunakan renewable energy.

2. Produk Turunan Minyak Inti Sawit.
Dari produk turunan minyak inti sawit dapat dihasilkan Shortening, Cocoa Butter Substitute, Specialty Fats, Ice Cream, Coffee Whitener/Cream, Sugar Confectionary, Biscuit Cream Fats, Filled Mild, Imitation Cream, Sabun, Detergent, Shampoo dan Kosmetik.

3. Produk Turunan Oleochemicals kelapa sawit.
Dari produk turunan minyak kelapa sawit dalam bentuk oleochemical dapat dihasilkan Methyl Esters, Plastic, Textile Processing, Metal Processing, Lubricants, Emulsifiers, Detergent, Glicerine, Cosmetic, Explosives, Pharmaceutical Products dan Food Protective Coatings.

**********

Postingan ini sehubungan dengan :
Keberhasilan Kampanye Greenpeace kepada Nestle "Ada Break untuk Orang Utan"
pada postingan sebelumnya.
Doooh ini draft udah nangkring sebulan, baru dipublish sekarang.

Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/userfiles/komoditi/2/oilpalm_profilsingkat.pdf
Wikipedia (semua artikel yang berhubungan dengan Kelapa Sawit dalam berbagai bahasa)
selengkapnya...

24 Juli 2010

Jadwal Shalat dari PKPU

PKPU Menyediakan Jadwal Shalat yang memuat jadwal imsyak, subuh, syuruq, dzuhr, asr, maghrib, dan isha setiap hari per tanggal untuk berbagai kota. Dari database pkpu tersebut bisa digubah menjadi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1431 Hijriyah. Bersempena dengan postingan terdahulu tentang Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1431 Hijriyah, file yang disediakan oleh jadwal imsyakiyah dari blog berita terkini hanya berbentuk excel yang berisi 2 kota yaitu PEKANBARU dan JAKARTA saja.

Untuk kota lainnya, dapat melihat langsung ke www.pkpu.or.id. Database ini merupakan Jadwal Shalat yang juga memuat jadwal imsyak dengan memilih kota yang dikehendaki.

http://www.pkpu.or.id/adzanx.php
untuk melihat jadwal shalat pada bulan yang bersangkutan

http://www.pkpu.or.id/adzany.php
untuk melihat jadwal shalat dari bulan Januari s/d Desember pada tahun yang bersangkutan

Silahkan mencoba.......

selengkapnya...

23 Juli 2010

Sayang Anak

Sayang kepada anak
Ajarkan bahasa
Ajarkan adat
Ajarkan tabiat

Pantun di bawah ini hanya keresahan hati melihat anak jaman sekarang yang banyak tak beradat, tak berbudi bahasa, tak bertabiat baik. Hari Anak Nasional juga seharusnya membidik sasaran tentang budi bahasa, adat beradat dan tabiat dengan harapan kelak menjadi Anak Indonesia yang berbudi luhur, beriman dan bertaqwa. Hari Anak Nasional hendaknya tidak hanya mengandalkan UUD 45 PASAL 34 : Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara. Tetapi juga melaksanakan sebetul-betulnya makna "pelihara" yang mencakup aspek fisik dan non-fisik.
Apalah guna badan sehat
Jika tabiat laku bejat
Apalah guna otak cemerlang
Jika bahasa tak bisa dibilang
Apalah guna ilmu tinggi
Jika akal tidak berbudi
Apalah guna menjadi terkenal
Jika tingkah laku bengal

Pantun dibawah merupakan gubahan dari pantun :
TUANKU LUCKMAN SINAR BASARSHAH II, SH
Yayasan Kesultanan DELI SERDANG
MEDAN

Jambu batu bijinya padat
Tak bisa dimasak dalam kuali
Hidup di dunia biar beradat
Bahasa takkan dijual beli

Anak angsa mati lemas
Mati lemas dalam air asin
Hilang bahasa karena emas
Hilang budi karena miskin

Sedap sungguh buah nenas
Buat makan berbuka puasa
Jangan dipandang ringgit dan emas
Tapislah dahulu budi bahasa

Pertamanya orang berbangsa
Keduanya banyak ribu dan laksa
Ketiganya majlis tersenyum rupa
Keempatnya budi dan bahasa

Kalau kita bertanam padi
Senanglah makan adik beradik
Kalau kita bertanam budi
Orang jahat menjadi baik

Apalah tanda batang padi
Tumbuh di ladang lebat buahnya
Apalah tanda orang berbudi
Elok dipandang baik bahasanya

Jangan suka mencabut padi
kalau dicabut hilang buahnya
Jangan suka menyebut budi
Kalau disebut hilang tuahnya


Penyair Said Effendi pun menyajikannya dalam nyanyian Timang-timang, yang mana orang tua berharap anak yang disayangnya terlindungi dan menjadi manusia yang berguna, beriman dan bertaqwa.


Lirik Timang-timang
Said Effendi
Timang-timang anakku sayang
Buah hati ayahnda seorang
Jangan m'nangis dan jangan merajuk sayang
Tenanglah tenang dalam buaian

Betapakah hati tak kan riang
Bila kau bergurau dan tertawa
S’mogalah jauh dari marabahaya
Riang gembira sepanjang masa

Ref:
Setiap waktu ku berdoa
K’pada Tuhan yang Maha Kuasa
Jika kau sudah dewasa
Hidupmu bahagia selamanya

Timang-timang anakku sayang
Kasih hati permata ibunda
Tidurlah tidur pejamkan mata sayang
Esok hari bermain kembali


Video Timang-timang Said Effendi,
Dinyanyikan oleh Iis Dahlia



Video Timang-timang Said Effendi,
Dinyanyikan oleh Koes Hendratmo



*****

Sayang Anak merupakan judul dari postingan kolaborasi yang ditaja Bang Iwan Dirgantara bersempena dengan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 23 Juli.

Gerakan Nasional Indonesia Sayang Anak



selengkapnya...

22 Juli 2010

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1431 Hijriyah

Puasa dalam agama Islam (Ṣaum) artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183. dalam menjalankan Puasa tersebut terutama Puasa bulan Ramadhan diperlukan Jadwal Imsakiyah. Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1431 Hijriyah untuk berbagai kota telah mulai beredar di mesjid-mesjid dan beberapa tempat lainnya. Jadwal ini berguna sebagai patokan waktu imsak (mulai puasa) dan berbuka.

Jika belum kebagian jadwal imsakiyah, maka Downloadlah Jadwal Imsakiyah yang banyak tersedia seperti yang tersedia di :

Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1431 Hijriyah

File : Excel.
Sumber data Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1431 Hijriyah : www.pkpu.or.id

selengkapnya...

Butuh Kejujuran

Jujur merupakan sifat manusia. Nah karena dapat award dari kangmas Tukiran Manajemen Emosi yang ada nyangkut-nyangkut masalah jujur, maka kemudian daripada itu selanjutnya bla...bla...bla...

pokoke gitulah

1. Apa sih tujuan sobat ngeblog?
Dulunya cuma mo nulis kritikan dan saran
Keknya sekarang udah jadi macam-macam bagai hypermarket informasi (halaaah gaya hehehehehe)

2. Apakah pernah curhat diblog sobat ( misalnya unek-unek pernah patah hati misalnya he he he he )?
pernah semisal :
cube korang pikir
sang pejabat
undangan menteri, sedap tak sedap

3. Apakah sobat semua hafal rukun iman, rukun islam dan butir-butir pancasila ( yang 5 tu ) ? butuh kejujuran
rukun iman = ok
rukun islam = ok
pancasila = sila kelima apa ya?
oooh keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
aku lupa karena banyak ketidak adilan yang terpampang di depan mata

4. Berapa kali sobat tersenyum dalam sehari ? kudu tau lho…masak gak tau..ha ha ha
ga pernah dihitung
keknya ada minimal 1 kali sehari
ngakak jiahahahahaha minimal 1 kali sehari

5. Berapa kali sobat sedekah dalam 1 bulan?? Jujur lho….
duuuh ga ada hitungannya, ga ada buku catatannya, pembukuan akuntansinya juga ga pernah dilakukan.
menurutku, sedekah ga perlu dihitung. ntar jadi ria.


Nah karena award dari kangmas Tukiran Manajemen emosi ini mengandung unsur kejujuran, aku jadi gugling dan menemukan beberapa kutipan yang menyangkut kejujuran seperti di bawah.

Kejujuran ala Abdullah Gymnastiar
http://id.wikiquote.org/wiki/Abdullah_Gymnastiar

  • Jika orang lain takut tidak punya uang, maka orang yang dinaungi hidayah takut kalau ia tidak mempunyai rasa jujur, rasa syukur dan jiwa besar.
  • Para pembohong akan dipenjara oleh kebohongannya sendiri, orang yang jujur akan menikmati kemerdekaan dalam hidupnya.
  • Jujur kepada diri tak berharap orang lain menilai lebih dari kenyataan, adalah kunci ketenangan diri. Jangan gadaikan diri dengan menipu diri.
  • Dua ciri entrepreneur sejati: Saat mencarinya, sangat menjaga keadilan dan kejujuran. Lalu setelah mendapatkannya didistribusikan untuk kepentingan masyarakat banyak.
  • Setiap ketidakjujuran akan membuat diri ini selalu terancam. Hidup jujur, tulus, berani tampil apa adanya membuat hidup ringan dan bahagia.
  • Kejujuran akan membuat seseorang jauh lebih mulia dari segala asesoris duniawi yang dimilikinya.
  • Kejujuran membuat pesona tersendiri yang dapat menyentuh nurani dan menuai kekaguman serta memanen kewibawaan.
  • Setiap ketidakjujuran akan membuat diri ini selalu terancam. Hidup jujur, tulus, berani tampil apa adanya membuat hidup ringan dan bahagia.

Kejujuran ala Mario Teguh
http://marioteguh.blogspot.com/

  • HONESTY, Is Such A Lonely Word
  • Kejujuran hanya menyakitkan bagi dia yang telah mengabaikannya.
  • Kejujuran adalah citra terbaik.
  • Perasaan damai bersama diri sendiri datang dari kejujuran kepada diri sendiri.
  • Hati yang jujur menghasilkan tindakan-tindakan yang jujur.

IKHLAS adalah meminta yang terbaik,
bekerja untuk hasil terbaik,
sampai detik terakhir kita harus menerima,
yang kemudian kita terima dengan penuh syukur,
lalu segera bekerja lagi mencapai yang lebih baik.
...
Ikhlas adalah
SIKLUS TANPA AKHIR YANG MENGHEBATKAN REZEKI,
dari proses meminta, bekerja, bersyukur,
lalu meminta, bekerja, bersyukur, dan terus ...
sampai rumah kita di surga selesai dibangun.

Mario Teguh



selengkapnya...

21 Juli 2010

Best Blog Directories To Submit Your Blog For Traffic And Links

Best Blog Directories To Submit Your Blog For Traffic And Links. Submit your url blog, not the post-url.

Sign in and then get the amazing traffic!!!

1. Addurlblog :www.addurlblog.com

2. Addyourblog : www.addyourblog.com

3. Bestblogs : www.bestblogs.org

4. Blloggs : www.blloggs.com/submit/

5. Blog Catalog : www.blogcatalog.com

6. Blog Search : www.blog-search.com

7. Blogadr : www.blogadr.com

8. Blogannounce : www.blogannounce.info

9. Blogarama : www.blogarama.com

10. Blogbunch : www.blogbunch.com/suggest/

11. Blog-collector : www.blog-collector.com

12. Blogdigger : www.blogdigger.com

13. Blogdir : www.blogdir.co.uk

14. Blogdirectory : www.blog-directory.org

15. Blogtory : www.blogtory.com

16. Blogdirs : www.blogdirs.com

17. Blogdup : www.blogdup.com/submit

18. Blogdust : www.blogdust.com/blog-directory

19. Blogexplosion : www.blogexplosion.com/directory

20. Blogflux : www.blogflux.com


BEST BLOG DIRECTORY INDONESIA
http://blog-indonesia.com/
http://www.situs-indonesia.com/
http://www.topseratus.com/
http://www.alamatweb.com/
dll



Source :
email that linked to http://www.trafficsecretsx.com
selengkapnya...

20 Juli 2010

Cara menambah/menaikkan pengunjung web/blog

Cara menambah/menaikkan pengunjung web/blog :
  1. Posting hal yang sedang hangat dibicarakan
  2. BW Blog Walking
  3. BW Blog Walking
  4. BW Blog Walking

Postinglah topik yang hangat dibicarakan orang akhir-akhir ini lalu BW-lah. Postingan jangan di taruh di atas kompor untuk mendapatkan kehangatan. Cobalah lakukan cara diatas dahulu, setelah itu bisa dikembangkan dengan Cara menambah/menaikkan pengunjung web/blog yang lain semisal :
  • Untuk mendapatkan pengunjung dari situs portal maka Submitlah artikel/postingan ke situs portal berita semacam lintasberita, infogue, dll.
  • Untuk mendapatkan teman-teman sesama pengguna jejaring sosial maka Submitlah artikel/postingan ke jejaring sosial semacam facebook, twitter, plurk, mim yahoo, google buzz, dll.
  • Untuk mendapatkan pengunjung dari search engine maka lakukan Ping artikel/postingan ke berbagai search engine bisa melaui situs ping seperti pingomatic.com, atau melalui fasilitas search engine itu sendiri.
    Kenapa harus Ping?
    Ping ini dilakukan agar search engine cepat mengindex artikel/postingan tersebut sehingga ketika dicari melalui search engine artikel/postingan dapat muncul (ntah dihalaman berapa). Ping tidak membuat artikel/postingan menjadi terkenal dan berada di halaman-halaman awal secara langsung, masih diperlukan berbagai trik lain yang mendukung agar artikel/postingan dapat muncul di halaman-halaman awal search engine.
    Ping dilakukan cukup sekali secepatnya setelah postingan di publish. Jangan ping berkali-kali dalam 1 hari, ntar search engine-nya malah ngedumel. Orang lagi sibuk malah kena ping, bisa-bisa ga bakal diindexnya alias urutan antrian index diturunkannya jauh.

Cara artikel/postingan dapat muncul di halaman-halaman awal search engine hampir sama dengan cara memenangkan kontes seo untuk satu artikel/postingan, silahkan baca di artikel :
Postingan ini sehubungan dengan :


selengkapnya...

19 Juli 2010

Menaikkan Alexa | Menurunkan Alexa

Menaikkan Alexa dan Menurunkan Alexa menjadikan sebagian nara-blog menjadi pening 7777 keliling, walaupun sebagian nara-blog ga ambil pusing dengan nilai alexa, bahkan terhadap nilai PR (pagerank). Tulisan ini untuk para nara-blog yang membutuhkan nilai alexa untuk berbagai tujuan.
Alexa dihitung berdasarkan penggunaan Alexa Toolbar oleh para user yang berbeda-beda dalam periode per 3 bulan. Ranking nilai dihitung berdasarkan "Reach" dan dan "Pageviews". Reach ditentukan oleh kunjungan unik (IP address berbeda) dari pengguna Alexa dalam 1 hari. Pageviews ditentukan oleh jumlah halaman berikutnya yang dibuka oleh pengguna Alexa (user) tersebut dalam 1 hari.
(Alexa Help)


Jadi :
Nilai Alexa bukan dihitung dari jumlah total pengunjung pengguna Alexa harian saja, tetapi kombinasi dari jumlah kunjungan (reach) pengguna Alexa dan jumlah halaman yang dibuka (pageviews).

Kombinasi tertinggi dari kunjungan pengguna Alexa dan jumlah halaman yang dibuka akan menjadikan web/blog/situs itu menjadi ranking #1.

Sepertinya Alexa menggunakan rumus statistik trend pertambahan (minus ato plus) dalam periode 3 bulan.


Cara menaikkan menambah nilai Alexa :
  1. Usahakan pertambahan kunjungan pengguna Alexa setiap hari.
    Pertambahan kunjungan ini sebaiknya tidak secara drastis. Sebaiknya adalah pertambahan pengunjung naik perlahan dan semakin bertambah.
  2. Usahakan pengguna Alexa tersebut membuka halaman lain di web/blog yang sama.
    Umpan pengunjung untuk juga berkunjung ke halaman lain dalam web/blog yang sama dengan memberikan navigasi yang baik berupa link dalam postingan maupun link sidebar seperti Archive Blog, Label/Kategori, Daftar Isi, Daftar Postingan, Recent Post atau apapun caranya yang mengarah ke halaman lain.

Cara menambah pengunjung secara sederhana :
Posting hal yang sedang hangat dibicarakan
BW Blog Walking
BW Blog Walking
BW Blog Walking

Hal ini akan dibahas pada postingan selanjutnya.

MENGAPA ALEXA RANK www.attayaya.net TURUN?

Karena :
Jumlah pengunjung dan pageviews blog attayaya terlalu drastis kenaikannya yang lama-lama terjadi penurunan jumlah pengunjung.

Awal April : 900 pengunjung
Awal Mei : 1700 pengunjung
Awal Juni : 3300 pengunjung
Awal Juli : 1600 pengunjung

Nah, terjadi penurunan dari awal Juni sampai Juli (sekarang) yang menyebabkan nilai Alexa attayaya jatuh dari sekitar 78.000 ke 84.000. Walau tercatat Jumlah pengunjung tertinggi sebesar : 4.000 pengunjung di tanggal 4 Juni dan 22 Juni.

Tetapi Alexa juga melakukan rata-rata kunjungan dan pageviews dalam periode 3 bulan. Maka jadilah nilai alexa attayaya pun turun.

ya sutra lah.

Ga perlu dipusingkan kali.
Yang penting ngeblog happy aja


Jumlah kunjungan harian dan pageviews menurun (hitungan histats)
menyebabkan Nilai Alexa turun
sesuai trend yang digambarkan anak panah


So.......
Walau pengunjung cuma 80, tetapi setiap hari terjadi trend pertambahan, maka Nilai Alexa akan mengecil alias membaik.


BAGAIMANA MEMPERTAHANKAN JUMLAH 4000 PENGUNJUNG BLOG SETIAP HARI?

Tunggu postingan berikutnya.

selengkapnya...

17 Juli 2010

Ekonomi Rakyat dan Penyelamatan Hutan

Ekonomi Rakyat dan Penyelamatan Hutan menjadi topik pembicaraanu dengan seorang pegawai yang perusahaan tempat bekerjanya telah menjadi perusahaan perusak Hutan Rawa Gambut Semanjung Kampar - Riau. Sebenarnya cerita ini udah ngalor-ngidul-wetan-ngulon (utara-selatan-timur-barat) karena kebiasaan duduk di Kedai Tenda Teh Telur Ajo. Mulai dari yang ringan mpe yang berat. Dari jadwal pertandingan sepakbola piala dunia lalu meluncur ke pemenang Piala Dunia sampai ke koperasi bagi bagi rakyat miskin.

Ntah dari mana asal mula pembicaraan tentang Ekonomi Rakyat ini. Kalo ga salah dari pembicaraan cagar biosfer Giam Siak Kecil - Bukit Batu Riau yang berlanjut ke masalah lahan gambut lalu diteruskan ke Hutan Gambut Semenanjung Kampar - Riau yang hancur babak belur, salah satunya oleh perusahaan tempat temenku itu bekerja.

Kukatakan, "Bang, aku mendukung upaya Greenpeace, Walhi dan lembaga penyelamat lingkungan lainnya untuk menyelamatkan hutan Indonesia."

Temenku menanggapi dengan pertanyaan, "Tapi kehidupan ekonomi rakyat atau masyarakat sekitar Semenanjung Kampar tidak dipikirkan oleh lembaga-lembaga itu."


Aku menghela napas dan menjawab dengan pelan agar dipahami, "Kenapa harus dipikirkan bang? Bukan aku tidak pro rakyat. Rakyat yang mana yang harus dipikirkan. Rakyat atau masyarakat di Semenanjung Kampar sekarang adalah orang-orang pendatang dari propinsi tetangga lainnya. Hal itu berarti propinsi tetangga tersebut tidak bisa menyediakan lapangan kerja yang baik bagi rakyatnya sehingga harus hijrah ke Riau. Sedangkan masyarakat asli Semenanjung Kampar menjadi sangat tertekan. Memang sebagian masyarakatnya terjadi peningkatan ekonomi, tetapi tidak untuk semuanya. Masyarakat asli masih menginginkan hutan untuk mencari nafkah. Dengan hutan yang baik kehidupan mereka lebih nyaman. Mereka bisa menghasilkan ikan yang banyak untuk dijual. Mereka masih bisa menjual hasil hutan dengan kapasitas tidak berlebihan untuk dijual. Kearifan masyarakat asli adalah menggunakan alam secara tidak berlebihan. Itu kunci kemakmuran masyarakat asli dahulu."

Jika berlebihan hukumnya HARAM begitu menurut masyarakat asli.

Aku melanjutkan, "Begitu perusahaan itu datang karena mendapat surat sakti dari Jakarta untuk mengolah lahan dengan terlebih dahulu tidak mengindahkan ketentuan Pengolahan Lahan Gambut dengan kedalaman lebih dari 3 meter. Dan ketidaktahuan atau kebodohan atau aksi tutup mata oleh Departemen Kehutanan sehingga surat sakti untuk perusahaan itu keluar. Apa yang terjadi? Berbondong-bondong orang dari propinsi tetangga datang untuk menjadi pekerja di perusahaan yang menghancurkan hutan itu. Terutama bagi pekerja yang mencari lapangan kerja dengan skill rendah yaitu di areal penebangan."

Kutambahkan lagi, "Perusahaan-perusahaan selalu mengedepankan masalah perluasan lapangan kerja dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat. Tetapi tidak pernah mengedepankan masalah keseimbangan alam. Seharusnya mereka mengumandangkan perluasan lapangan kerja dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat dengan menyeimbangkan kelestarian alam. Tiga hal yang patut dilakukan. Tidak usahlah ngomong masalah Dana Reboisasi yang dibayar perusahaan, karena perusahaan-perusahaan itu tidak membayar penuh Dana Reboisasi itu dan tentunya berusaha untuk tidak membayar. Dan juga dana itu lebih banyak menguap ntah kemana."

Kujelaskan kemudian, "Ada benarnya bahwa lembaga-lembaga penyelamat lingkungan lebih fokus pada penyelamatan lingkungan karena untuk masalah peningkatan ekonomi masyarakat sudah ada lembaga lain yang menanganinya. Masyarakat asli Semenanjung Kampar masih menginginkan hutannya kembali seperti dahulu, tempat mereka mencari nafkah dengan menjaga keseimbangan alam. Hanya orang-orang tertentu yang telah diiming-imingi duit sajalah yang mau hutannya hancur."

Jika semua orang sudah memandang uang lebih penting dari segalanya, maka akan hancurlah alam ini.

Gajah saja marah atas kerusakan alam, kenapa manusia makin merusaknya?

Ayolah.... perusahaan-perusahaan itu bisa berpindah ke lahan lain kok.
Jangan pikirkan biaya laaaah. Sudah berapa banyak keuntungan yang perusahaan itu peroleh dari BUMI RIAU yang telah mereka hancurkan.

Turut berduka atas PEMBAKARAN Kamp Penyelamat Lingkungan Greenpeace, mushalla dan bangunan lain di areal kamp tersebut di Semenanjung Kampar Riau.



selengkapnya...

16 Juli 2010

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia (Kaoeman) merupakan sebuah perkampungan batik yang tentu saja menjadi suatu kawasan penghasil batik dimana masyarakatnya dominan memproduksi batik. Terdapat 3 bentuk/jenis motif batik yang dihasilkan di Kampung Batik Kauman yaitu :
  1. batik klasik motif pakem (batik tulis),
  2. batik murni cap,
  3. model kombinasi antara tulis dan cap.

Batik klasik motif pakem (batik tulis) merupakan motif unggulan Kampung Wisata Batik Kauman Solo karena merupakan motif yang selalu dipakai oleh para keluarga Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang mana keahlian membatik di kampung kauman merupakan keahlian diturunkan dari keluarga kasunanan sendiri kepada masyarakat Kauman.

Kampung Batik Kauman Solo sangat erat kaitannya dengan sejarah perpindahan Kraton Kartosuro ke Desa Solo yang kemudian berubah nama menjadi Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kampung yang semula berisi lapisan masyarakat alim-ulama, penghulu tafsir anom, ketip, modin, suronoto, dan kaum (abdi dalem). Para abdi dalem inilah yang mendapat keahlian dari ajaran membatik secara khusus dari Kraton Kasunanan terutama untuk keahlian membatik selendang/jarik yang berkembang ke jenis batik lainnya. Tradisi batik kauman mewarisi secara langsung inspirasi membatik dari Ndalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.


Photo-photo di bawah ini berasal dari :
Best Photofotoimages Indonesia
Hasil dari jalan-jalan ke SOLO awal Juni 2010
salah satunya adalah Batik Soga di Kampung Kauman
Lokasi :
Kampung Wisata Batik Kauman/Kaoeman
(dekat Kampung Keplekan)
masuk dari Jalan Slamet Riyadi, Solo, Surakarta - Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia

Batik Kauman Solo Indonesia



************

Lebih Jauh Tentang Kampung Kauman
Oleh Musyawaroh
(Penulis adalah Dosen Fakultas Teknik UNS Surakarta)
http://info.indotoplist.com


Kelurahan Kauman yang memiliki luas 20,10 hektare merupakan salah satu kampung lama di pusat kota yang mempunyai kaitan erat dengan Keraton Surakarta. Kampungnya menyatu dengan Mesjid Agung, mempunyai karakter spesifik dengan bangunan-bangunan kuno bercirikan arsitektur tradisional Jawa, serta kegiatan masyarakat bernuansa Islami yang ada di dalamnya.

Kauman mulai tumbuh saat Paku Buwono III membangun Mesjid Agung pada tahun 1757 M. Sang Raja mengangkat Tafsir Anom sebagai Penghulu Mesjid Agung. Dalam melaksanakan tugas sehari-harinya, penghulu Mesjid Agung dibantu oleh abdi dalem ulama lainnya (antara lain Ketib dan Merbot). Para abdi dalem ulama beserta santri-nya tinggal di sekitar Mesjid Agung yang kemudian berkembang dan dinamakan Kauman yang berarti kampung “Kaum”.

Pada mulanya para abdi dalem ulama hanya bekerja sebagai abdi dalem saja, istrinya bekerja sambilan membatik di rumahnya untuk konsumsi keraton. Seiring berjalannya waktu usaha rumah tangga tersebut kemudian berkembang menjadi usaha batik dan kerja rangkap ini berhasil menaikkan taraf ekonomi masyarakat. Usaha inilah yang antara lain menyebabkan masyarakat Kauman dapat membangun rumah yang megah/indah pada awal tahun 1800 sampai dengan pertengahan tahun 1900 (berdasarkan hasil penelitian tahun penulis lakukan tahun 1998).

Kampung tersebut menjadi makmur karena hidupnya usaha batik yang mendominasi kehidupan masyarakat pada masa itu. Bahkan menurut penelitian Wiwik Setyaningsih (tahun 2000), keberhasilan usaha ini menarik minat para pendatang (teteko) untuk tinggal di wilayah Kauman dan menjadi kawula dalem yang bekerja memenuhi segala kebutuhan keraton seperti menjahit (kampung Gerjen), membuat kue (kampung Baladan), membordir (kampung Blodiran) dan sebagainya.

Adanya kesamaan status sosial dan agama telah mendorong terjadinya perkawinan antarsaudara (yang oleh Adaby Darban disebut endogami), dengan demikian terbentuklah masyarakat Kauman menjadi masyarakat yang mempunyai ikatan pertalian darah/kekeluargaan yang pekat.

Kampung Batik Kauman Solo
Nilai Historis


Akan tetapi tahun 1939-1970an usaha batik tulis mengalami kebangkrutan. Oleh karena sebagian besar penghuni beralih profesi ke bidang lain, bekas tempat usaha batik menjadi terbengkelai dan tidak terawat. Jumlah pengusaha batik yang aktif produksi dan menjual hasil usahanya di wilayah tersebut jauh berkurang dari sekitar 65, sekarang hanya tinggal 22, selebihnya melakukan pemrosesan batik di luar Kauman.

Kelurahan Kauman bermula dari Kawedanan Yogiswara/Kapengulon. Mesjid Agung dan sekitarnya adalah tanah milik Keraton yang disebut Bumi Pamijen Keraton atau Domein Keraton Surakarta. Kauman disebut Bumi Mutihan atau Bumi Pamethakan yaitu wilayah yang hanya boleh dihuni oleh rakyat (kawula dalem) yang beragama Islam. Tanah-tanah swapraja/bekas swapraja ini menurut Kepmendagri 26 Mei 1988 Nomor 593.82/1957/SJ sesuai dengan Diktum ke 4 huruf A UUPA semenjak 24 September 1960 telah dihapus haknya dan beralih kepada negara, tanah tersebut kemudian menjadi tanah negara dan dapat dimohon oleh siapa pun yang memenuhi syarat untuk menjadi hak milik (demikian informasi dari Tondonegoro, Bagian Pasiten, tahun 1998).

Nama kampung di wilayah Kauman diberikan berdasarkan aktivitas penghuninya, kampung Pangulon yaitu tempat tinggal penghulu keraton, kampung Sememen sebagai tempat tinggal ketib Sememi, kampung Modinan merupakan tempat tinggal para modin. Selain itu terdapat kampung para teteko (Kampung Baladan, Brodiran, Gerjen, dan lain-lain). Sedangkan nama jalan diambil dari simbol-simbol kebesaran Keraton Surakarta yang dianggap mempunyai kekuatan sakral/magis, di antaranya nama jalan Wijayakusuma dan Kalimosodo, semuanya mempunyai nilai historis yang sakral, demikian menurut Biwadanata PB X yang diungkapkan oleh Wiwik Setyaningsih, 2000.

Saat ini terdapat perbedaan kehidupan sosial ekonomi yang cukup menyolok antara masyarakat Kauman yang tinggal di bagian dalam, dengan yang tinggal di bagian tepi jalan besar. Masyarakat yang tinggal di bagian dalam, sebagian besar penduduk asli dengan mata pencaharian sebagai pedagang atau meneruskan usaha batik orangtuanya. Sedangkan masyarakat yang tinggal di tepi jalan besar umumnya keturunan Tionghoa. Rumah mereka dimanfaatkan untuk toko/perkantoran.

Potensi bangunan kuno, batik dan budaya masyarakat yang khas tidak terlihat dari luar, tertutup pertokoan dan perkantoran. Hal inilah yang salah satu menjadi penyebab Kauman kurang dikenal oleh masyarakat luas, diperlukan upaya untuk memecahkannya sehingga orang dapat tertarik untuk masuk ke kawasan ini.

Kampung Batik Kauman Solo
Kauman adalah wilayah Kampung Lama yang layak untuk dilestarikan dan dikembangkan menjadi kampung wisata religius dan batik dengan alasan antara lain, pertama, merupakan kampung lama bersejarah lengkap dengan artefak bangunan kunonya, seperti Mesjid Agung, Langgar, Rumah Abdi Dalem Ulama dan Rumah Pengusaha Batik yang sebagian besar masih asli dan siap dibangkitkan kembali.

Kedua, masyarakat masih memegang teguh ajaran Islam. Wisata kampung abdi dalem ulama dan batik, menjadi potensi ciri khas Kauman yang tidak dijumpai ditempat lain. Ketiga, Sangat erat kaitannya dengan Keraton Surakarta. Upaya pengembangan kampung ini bisa memperkuat keberadaan Keraton dan kampung-kampung lama yang ada di sekitarnya.

Keempat, terletak di wilayah komersial perdagangan dan perkantoran sehingga mempunyai kemungkinan perkembangan ekonomi lebih mudah dan cepat. Kelima, fakta bahwa Kampung Kauman terletak di Koridor Budaya Surakarta (Keraton-Mangkunegaran-Pasar Gedhe), yang merupakan wilayah dengan prioritas penanganan konservasi. Alasan keenam yakni minat masyarakat setempat yang besar dalam memberdayakan wilayahnya. Hal ini dibuktikan dengan dibentuk/dilantiknya Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman pada 7 April 2006 lalu.

Adalah suatu usaha yang patut dihargai dan perlu didukung oleh semua pihak, minat dari masyarakat setempat untuk “menghidupkan kembali” kejayaan wilayahnya. Ide tersebut sudah mendapatkan tanggapan yang positif dari pihak Pemerintah Kota Surakarta. Penanganan wilayah ini harus segera dilaksanakan supaya tidak berakibat semakin hancur dan rusaknya wilayah yang sangat potensial ini.




Sumber :
Best Photofotoimages Indonesia
http://solobatik.athost.net
http://batikindonesia.com
http://www.surakarta.go.id
http://juragancanthing.blogdetik.com
http://info.indotoplist.com
http://wisatasolo.com
www.visit-solo.com
selengkapnya...

15 Juli 2010

Backkom Bernard Bear Wallpaper Film Cartoon Terbaru (The Naked Polar Bear )

Film Wallpaper Backkom Bernard Naked Polar Bear Cartoon Terbaru merupakan produksi "rG Studios Korea". Film animasi Backkom atau Bernard Bear atau The Naked Polar Bear Session 1 mulai diproduksi tahun 2005 untuk acara TV dan selesai di tahun 2006. Dilanjutkan pada tahun 2007 dengan Backkom Session 2 dan diteruskan pada tahun 2008. Di Indonesia, Serial TV Backkom ditayangkan di TPI.

Rg Animation Studio is an award-winning animation studio that develops and produces content for the film, TV, and commercials. With the industry's top talent, state of the art technology, and the broadest range of animation styles, RG ANIMATION STUDIOS is an inspiring creative environment. It is our goal to produce highly cultural animation that is both successful in art form and commercial form. Furthermore, it is our aim to receive recognition from various international film festivals and in the film market. And it is our ultimate goal to construct a firm base for future productions and establish our name value. In result, we will be able to negotiate with the major distributors for high price sales in superior position.

Film Animasi Backkom Bernard Bear (The Naked Polar)


Wallpaper Animasi Backkom Bernard Bear (The Naked Polar Bear)
Film Wallpaper Backkom Bernard Polar Bear Cartoon Terbaru

Wallpaper Backkom Bernard Wallpaper Film Cartoon Terbaru (Polar Bear )

Wallpaper Backkom Bernard Wallpaper Film Cartoon Terbaru (Polar Bear )

Wallpaper Backkom Bernard Wallpaper Film Cartoon Terbaru (Polar Bear )

Contact :
RG Animation Studios
8232-614-6266
http://www.rgstudios.com/
http://rg-studio.blogspot.com/
For Business and Marketing : kdkim@rgstudios.com
For Company Information : khkim@rgstudios.com

Synergy Media Inc.(Agency)
2F, 64-20, Nonhyun-dong, Kangnam-gu
Seoul 135-010 Korea
822-540-4124 , 822-540-4125(Fax)
http://www.synergymedia.co.kr/
cybersky72@synergymedia.co.kr
info@synergymedia.co.kr
selengkapnya...

14 Juli 2010

World Cup Logo Piala Dunia 2014

Logo_piala_dunia_worldcup_Brazil2014
Logo Piala Dunia 2014 (FIFA World Cup Logo)
Tournament details

Host country : Brazil
Dates : 13 June - 13 July
Teams : 32
Venue(s) : 12 (in 12 host cities)

The 2014 FIFA World Cup will be the 20th FIFA World Cup, an international football tournament that is expected to take place between June and July 2014 in Brazil.

This will be the second time the country has hosted the competition, the first being the 1950 FIFA World Cup. Brazil will become the fifth country to have hosted the FIFA World Cup twice, after Mexico, Italy, France and Germany. It will be the first World Cup to be held in South America since the 1978 FIFA World Cup in Argentina, and the first time two consecutive World Cups are staged in the Southern Hemisphere. 2010 World Cup champions Spain will be defending their title.

On 3 June 2003, CONMEBOL announced that Argentina, Brazil, and Colombia wanted to host the 2014 World Cup finals. By 17 March 2004, the CONMEBOL associations had voted unanimously to adopt Brazil as their sole candidate. Brazil formally declared its candidacy in December 2006 and Colombia did so as well a few days later. The Argentina bid never materialized. On 11 April 2007, Colombia officially withdrew its bid, Francisco Santos Calderón the vice president of Colombia announced that instead Colombia would be hosting the 2011 FIFA U-20 World Cup. With this Brazil was the only official candidate to host the event in 2014.

Brazil won the right to host the event on 30 October 2007 as the only country to enter a bid.

Venues of FIFA WorldCup 2014 in Brazil

Seventeen cities showed interest in being chosen as World Cup host cities: São Paulo, Rio de Janeiro, Belo Horizonte, Porto Alegre, Brasília, Belém, Campo Grande, Cuiabá, Curitiba, Florianópolis, Fortaleza, Goiânia, Manaus, Natal, Recife/Olinda (a stadium will be shared by both cities), Rio Branco and Salvador. Maceió withdrew in January 2009.

According to current FIFA practice, no more than one city may use two stadia, and the number of host cities is limited between eight and ten. The Brazilian Confederation requested permission to assign twelve cities hosting World Cup Finals. On 26 December 2008, FIFA gave the green light to the 12-city plan.

Even before the twelve host cities were selected, there are few doubts that the chosen venue for the final match will be the Maracanã stadium in Rio de Janeiro, which also hosted the final match for the 1950 FIFA World Cup. Originally the CBF's intentions were to have the opening match at Estádio do Morumbi in São Paulo, the largest city in Brazil. However, on the 14th June 2010 the stadium was excluded from hosting games in the tournament due to a failure to provide financial guarantees for the improvements needed to have it as an eligible venue. Despite the desire of the CBF to still have São Paulo as one of the 12 host cities, there are still no defined plans to have a proper venue in the city.

The twelve host cities for the 2014 World Cup were announced on 31 May 2009. Belém, Campo Grande, Florianópolis, Goiânia and Rio Branco were rejected.


selengkapnya...

13 Juli 2010

LPG elpiji | Program Konversi | Bom Rumah

Tabung Gas LPG elpiji sekarang dianggap menjadi BOM RUMAH. Menghadirkan teror yang semakin menakutkan daripada teror-teror dari para teroris. Teror tabung gas mungkin tidak akan bisa ditangani oleh DENSUS 88, densus 89, 90, 91 dst. Mungkin Den Susastra (nama pak lek Den SUS) yang bisa menanganinya. Silahkan membaca kopian tulisan di bawah ini. Aku lagi males nulis.



PUISI BOM RUMAH
ada tabung gas tak bagus
ada selang tak bagus
ada regulator tak bagus
ada senyawa mengawang
ada percikan api
ada ledakan
ada letupan
ada korban
harta
nyawa
tubuh
penguasa saling tuding
ini yang bertanggung jawab
itu yang bertanggung jawab
lempar batu sembunyi tangan

penguasa berubah menjadi teroris
lebih kejam dari teroris asli

dulu berucap
rakyatku rakyatku rakyatku
sekarang berucap
uangku uangku uangku
duitku duitku duitku
hartaku hartaku hartaku


Program Konversi Minyak Tanah ke LPG

Setiap tahunnya pemerintah menganggarkan dana +Rp 50 Trilyun untuk mensubsidi BBM: minyak tanah, premium dan solar. Dari ketiga jenis bahan bakar ini, minyak tanah adalah jenis bahan bakar yang mendapat subsidi terbesar (lebih dari 50% anggaran subsidi BBM digunakan untuk subsidi minyak tanah). Dari tahun ke tahun anggaran ini semakin tinggi, karena trend harga minyak dunia yang cenderung meningkat.

Secara teori, pemakaian 1 liter minyak tanah setara dengan pemakaian 0.57 kg LPG. Dengan menghitung berdasarkan harga keekonomian minyak tanah dan LPG, subsidi yang diberikan untuk pemakaian 0.57 kg LPG akan lebih kecil daripada subsidi untuk 1 liter minyak tanah.

Secara nasional, jika program Konversi Minyak Tanah ke LPG berhasil, maka pemerintah akan dapat menghemat 15-20 Trilyun subsidi BBM per tahun. Manfaat lain yang dapat diperoleh dari Konversi Minyak Tanah ke LPG adalah:Mengurangi kerawanan penyalahgunaan minyak tanah
  • Mengurangi polusi udara di rumah/dapur
  • Menghemat waktu memasak dan perawatan alat memasak
  • Dapat mengalokasikan minyak tanah untuk bahan bakar yang lebih komersil (misalnya bahan bakar pesawat/avtur)
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat

Definisi LPG

LPG adalah kependekan dari Liquefied Petroleum Gas, merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak atau kilang gas, yang komponen utamanya adalah gas propane (C3H8) dan butane (C4H10) yang dicairkan. Pertamina memasarkan LPG sejak tahun 1969 dengan merk dagang ELPIJI.

Jenis LPG berdasarkan komposisi propane dan butane

Berdasarkan komposisi propane dan butane, LPG dapat dibedakan menjadi tiga macam:

  1. LPG propane, yang sebagian besar terdiri dari C3
  2. LPG butane, yang sebagian besar terdiri dari C4
  3. Mix LPG, yang merupakan campuran dari propane dan butane.

Kegunaan LPG

LPG butane dan LPG mix biasanya dipergunakan oleh masyarakat umum untuk bahan bakar memasak, sedangkan LPG propane biasanya dipergunakan di industri-industri sebagai pendingin, bahan bakar pemotong, untuk menyemprot cat dan lainnya.

LPG Pressurized dan Refrigerated

Pada suhu kamar, LPG akan berbentuk gas. Pengubahan bentuk LPG menjadi cair adalah untuk mempermudah pendistribusiannya. Berdasarkan cara pencairannya, LPG dibedakan menjadi dua, yaitu LPG Refrigerated dan LPG Pressurized.

LPG Pressurized adalah LPG yang dicairkan dengan cara ditekan (4-5 kg/cm2). LPG jenis ini disimpan dalam tabung atau tanki khusus bertekanan. LPG jenis inilah yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi di rumah tangga dan industri, karena penyimpanan dan penggunaannya tidak memerlukan handling khusus seperti LPG Refrigerated.

LPG Refrigerated adalah LPG yang dicairkan dengan cara didinginkan (titik cair Propane + -42°C, dan titik cair Butane + -0.5°C). LPG jenis ini umum digunakan untuk mengapalkan LPG dalam jumlah besar (misalnya, mengirim LPG dari negara Arab ke Indonesia). Dibutuhkan tanki penyimpanan khusus yang harus didinginkan agar LPG tetap dapat berbentuk cair serta dibutuhkan proses khusus untuk mengubah LPG Refrigerated menjadi LPG Pressurized.

ELPIJI yang dipasarkan PERTAMINA dalam kemasan tabung dan curah adalah LPG Pressurized.

Nilai Kalori + 21.000 BTU/lb

Jenis-jenis ELPIJI PERTAMINA

ELPIJI PERTAMINA yang dipasarkan dalam kemasan tabung (3 kg, 6 kg, 12 kg, 50 kg) dan curah merupakan LPG mix, dengan komposisi + 30% propane dan 70% butane. Varian lain adalah LPG odourless (tidak berbau).

Zat mercaptan biasanya ditambahkan kepada LPG untuk memberikan bau yang khas, sehingga kebocoran gas dapat dideteksi dengan cepat.


Sumber Gambar :
http://www.swaberita.com

Sumber Tulisan :
http://www.pertamina.com
selengkapnya...

12 Juli 2010

Best Free Web Hosting Service | Jasa Web Hosting Gratis Terbaik

Best Free Web Hosting Service
Jasa Web Hosting Gratis Terbaik

Terbaik bukan berarti tidak ada macet atau kendala lain. Namanya juga gratisan, ga bisa komplen kalo terjadi kendala. hehehe...

000WebHost.com
50megs.com
AgilityHoster.com
AwardSpace.com
Bravenet.com
FortuneCity.com
FreeHostia.com
FreeServers.com
ProHosting.com
TopCities.com
Host-ed.net
batcave.net
AwardSpace.com
free.hostdepartment.com
beigetower.org
cp.sapphiresoft.net
phpnet.us
doteasy.com
hyperphp.com
ifastnet.com
ipowerhosts.com
justfreehost.com
getfreehosting.co.uk
freehosty.com
freehostpage.com
oxyhost.com
fusedtree.com
freehostingz.com
t35.com
freeweb7.com
bplaced.net
quotaless.com
yourfreehosting.net
doteasy.com
galeon.com
polarhome.com
web1000.com
kinghost.com
spaceports.com
totalfreehost.com
freewebspace.net
webspace4free.biz
cometstream.net
lifelesspeople.com
1pro.biz
freewebspace.net
greatnow.com
hostvoice.net
www2.mrfreehost.com

selengkapnya...

09 Juli 2010

Pemenang Juara Piala Dunia | World Cup Winner

Pemenang Piala Dunia dan Final Prediction serta Prediksi Akhir World Cup akan menentukan siapa yang menjadi Pemenang Piala Dunia (winner of World Cup). Untuk mendapatkan pemenangnya diprediksi pertandingan Spanyol vs Belanda. Sebagai kesebelasan yang belum pernah menjadi juara pemenang piala dunia (Winner of World Cup). Belanda pernah menjadi runner-up di tahun 1974 dan 1978, sedangkan Spanyol hanya sampai semifinalis di tahun 1950.

Mengukur kekuatan dan kelemahan lawan dalam menentukan pemenang juara piala dunia (WorldCup Winner) dapat dimulai dengan para pemain yang akan berlaga di lapangan baik back, wing, penyerang, maupun kiper itu sendiri. Belanda memiliki pemain sepakbola yang handal semacam Wesley Sneijder yang lahir di Uthrecht 8 Juni 1984. Sedangkan Spanyol juga memiliki pemain David Villa Sánchez (Guaje) yang lahir di Langreo 2 Desember 1981.

WESLEY SNEIJDER :
Memiliki kemampuan ball passing (passing bola) serta vision ke depan yang lebih bagus daripada David Villa. Lemah di diving memasuki area lawan dan lemah di tackling bola pada lawan.

worldcup_wesley_sneijder_netherlands

DAVID VILLA SANCHEZ :
David Villa secara umum lebih unggul dari Sneijder. Faktor umur yang menentukan lebih lanjut. Satu-satunya kelemahan David Villa adalah dalam heading (mengarahkan) bola. Selebihnya David Villa memiliki nilai unggul dalam Creativity, Diving, Dribling, Ball Control, Durability, Fear Factor, Killer Instinct, Shooting, Speed, dan Work Rate.

worldcup_david_villa_spain

WorldCup Team Rating :

NETHERLANDS (Belanda) lebih unggul secara tim dilihat dari faktor Attitude of Fans, Management, Support, Quality, dan Youth System. Sedangkan SPAIN (Spanyol) lebih unggul diberbagai bidang seperti "Can't Stand" Factor, Stability, Kit Design, dan Worldwide Reach.

Menurut Castrol Index Legends Greatest 11, nilai untuk Belanda/Netherlands banyak di angka 9 untuk masing-masing pemain. Sedangkan masing-masing Spain banyak memiliki angka 8.

Maka :
PREDIKSI PEMENANG PIALA DUNIA 2010 ADALAH

BELANDA


bisa juga


SPANYOL


aaaaaaaaaaaah....... TERSERAHLAH

ini khan itung-itungan alias prediksi ngawur dari attayaya yang TIDAK paham soal bola.

jiahahahahaha............

okelah....

SING PENTING NONTON BARENG, KALAH MENANG TERSERAHLAH.



selengkapnya...

08 Juli 2010

AirSoft-Gun Indonesia M16, FN FNC, SS

M16, FN FNC, SS AirSoft Gun merupakan senjata laras panjang. Replikanya dalam bentuk Airsoft Gun dijual online maupun di toko khusus.

Airsoft Gun yang kupunyai sebenarnya cuma sebuah PPK dan KJ Works KP-02 sebagai variant dari Sig Sauer P-229 buatan Korea yang menggunakan green-gas.

KJW-KP02-DT-2-p2229-korea
KJ Works KP-02 yang kumiliki


Kebetulan ada temen nitip 2 senjata laras panjangnya. So... kamarku jadi penuh. Senjata yang dititipkan berupa M16-A2 dan FN-FNC, kedua-duanya menggunakan tenaga battery dalam kelas "electrics gun". M16-A2 ini buatan Tokyo Marui sedangkan FN-FNC gatau buatan mana, mungkin buatan Korea. Kebetulan lagi doyan maen gem PointBlank yang memiliki senjata standar pemerintah M16. Untuk senjata lainnya harus beli dengan point atau voucher.

AirSoft-Gun Indonesia M16, FN FNC, SS
M16 dan FN-FNC yang dititipin ke aku
lengkap dengan magasin dan peluru serta tas panjang
ukuran 1 : 1 dengan real gun


AirSoft
Merupakan olahraga menembak
dengan mensimulasikan kegiatannya seperti militer atau kepolisian dengan menggunakan replika senjata api (1 : 1) yang disebut AirSoft Gun. Olahraga ini bermula dari Jepang di awal 1980-an yang mana izin kepemilikan senjata api asli menjadi suatu larangan keras bagi warga negara.

Senjata Airsoft (Airsoft Gun) merupakan replika dari senjata asli dengan perbandingan 1 banding 1 (1:1) baik dalam berat maupun bentuk.

Peluru nya disebut BB (Ball Bearing) berupa bola-bola plastik kecil dan padat berukuran 6 mm dengan berat 0,12 - 0,25 gram. BB dengan berat 0,80 gram merupakan peluru yang penggunaannya khusus dan diawasi oleh pihak terkait.

Senjata Airsoft yang dijual bebas di Indonesia harus mempunyai kecepatan peluru BB maksimal 500 fps (feet per second) atau sekitar 150 mps (meter per second) dengan menggunakan BB maksimal 0,25 gram. Dengan kecepatan seperti itu, jika terkena mata akan dapat sangat merusak. Untuk itu, dalam permainan ini, setiap pemain harus memiliki alat pelindung berupa pakaian, sarung tangan, google (penutup mata), topeng (penutup wajah), dll.


Jenis Airsoft Gun
M16-A2
Merupakan senjata laras panjang standar tentara Amerika (US-ARMY). Variant awalya dipakai sejak perang Vietnam yang merupakan senjata laras panjang semi dan full-automatics yang dapat dipilih sesuai penggunaannya. M16 merupakan pengembangan dari senjata AR-15 menggunakan peluru caliber 5,56 mm. Senjata ini juga digunakan oleh negara-negara NATO, termasuk juga Indonesia dalam jumlah terbatas seperti yang dipakai oleh Brimob pada gambar diatas. 4 senjata laras panjang di atas berturut-turut adalah M16-A1, M16-A2, M4, dan M16-A4.

FN-FNC
FN FNC (Fabrique Nationale - Fabrique Nationale Carabine) merupakan senjata laras panjang buatan Belgia yang dibuat pertama kali di tahun 1970-an. Desain FN-FNC merupakan gabungan dari desain FN FAL, AK-47, M16, dan Galil. Peluru yang digunakan adalah kaliber 5,56 mm dan dapat menggunakan magazine (rumah peluru STANAG) dari M16 alias bisa saling tukaran. Licensi FN-FNC telah juga dijual ke negara Swedia, Bofors AK-5, dan Indonesia (dirubah namanya menjadi SS-1 (Senapan Serbu 1) dengan berbagai varian.

Jenis senjata Airsoft Gun lainnya
Hampir semua senjata api laras pendek dan panjang yang terkenal dan sering dipakai oleh angkatan bersenjata negara-negara, telah dijadikan senjata Airsoft Gun.
M1 Garand
M14
M16 A1
M16 A2
M16 A4
M4
M4-CQBR
MP5A4
XM177E2
MP5K-PDW
M870 BV
P226
M92FS Elite IA
M10 (2 inch)
M1911
M10 (4 inch)
Colt Python (4 inch)
ArmaLite
Heckler & Koch G36
Heckler & Koch MP5
FN P90
Kar98

dll (eeeh dll itu termasuk jenis senjata juga ya?)

SENJATA SERBU LARAS PANJANG BUATAN INDONESIA
SS 1 (Senapan Serbu 1 / Assault Rifle 1) buatan Indonesia
Jenis ini belum ada replika untuk Airsoft Gun. SS1 merupakan buatan PT. Pindad - Bandung - Indonesia. Merupakan gubahan berdasarkan lisensi yang dibeli dari FN-FNC yang disesuaikan dengan iklim dan kondisi Indonesia. Akurasinya lebih tinggi daripada M16 maupun AK-47. Tetapi daya tahan panas rendah setelah peluru dilontarkan, lebih rendah dari AK-47, lebih tinggi dari M16. Senjata SS1 buatan Indonesia digunakan juga di negara Mali, Cambodja, Nigeria, United Emirates Arab dalam jumlah terbatas sesuai permintaan ekspor senjata.

Varian SS1 series
SS1-V1
SS1-V2
SS1-V3
SS1-V4 (sniper)
SS1-V5 (small)
SS1-R5 Raider (dipakai Batalyon Raiders)
SS1-M1 (Angkatan Laut
SS1-M5 Commando
Sabhara/Police V1-V2
SBC-1 (gabungan SS1-V5 & SS1-R5 Raider)

SS2 series
Diproduksi sejak 2002 dan dipublikasikan di tahun 2005 untuk menggantikan senjata standar TNI dan Kepolisian yang lama yaitu SS1. Desainnya merupakan pengembangan dari Colt M16-A2 dan seri AK.

Varian SS2 series
SS2-V1
SS2-V1
SS2-V2
SS2-V4 (lihat gambar)
SS2-V5


Sumber :
Airsoft Gun Indonesia
Wikipedia


selengkapnya...

07 Juli 2010

Mangan Ora Mangan Kumpul : Sketsa-sketsa Umar Kayam

Mangan Ora Mangan Kumpul : Sketsa-sketsa Umar Kayam (Kumpuloan kolom dalam harian Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta dari 12 Mei 1987 s/d 30 Januari 1990) merupakan buku terbitan PT. Pustaka Utama Grafiti - Jakarta. Telah dilakukan beberapa kali cetakan mulai dari Cetakan I Oktober 1990, Cetakan II Maret 1991, Cetakan III Juli 1992. Sedangkan aku memiliki buku Cetakan IV Maret 1993. Buku ini kubeli di toko buku Sari Anggrek di Padang tanggal 21 Februari 1995. Buku ini memiliki sekitar 472 lembar dengan soft-cover.
Dikemas dalam gaya seloroh, nakal dan santai, kumpulan kolom Umar Kayam ini mencuatkan sesuatu yang transendental. Teknik penulisannya pun, uniknya, mengingatkan kita pada Obrolan Pak Besut di RRI Yogyakarta dahulu yang menghadirkan sejumlah tokoh tetap, dan mengikat "alur cerita" dengan warna lokal yang kental.

Jika kemudian warna lokal Jawa yang dipilihnya, agaknya harus dilihat lebih sebagai alat menyampaikan kearifan dalam memandang kehidupan. Baginya, hidup adalah harmoni, dan tidak selalu hitam putih. Komentar Goenawan Muhammad, "Hidu, seperti tersirat dalam tulisan Umar Kayam ini, tidak bisa dilihat secara ekstrem; banyak problem, tapi kita masih bisa selalu betah karena hidup tak pernah jadi proses yang soliter."

Umar Kayam dilahirkan di Ngawi, Jawa Timur, 30 April 1932 dan meninggal di Jakarta 16 Maret 2002. Meraih gelar Ph.D. dari Universitas Cornell, Amerika Serikat tahun 1965, budayawan yang mantan Dirjen RTF, ketua Dewan Kesenian Jakarta, dan Rektor IKJ tershor juga sebagai bintang film spesialis Bung Karno, kolumnis, cerpenis, dan penulis skenario film.




Buku ini berisi sekitar 127 sketsa Umar Kayam. Latar belakang Jawa dengan lokasi Yogyakarta memang menunjuk dan tidak merujuk kepada primordialisme atau bersifat "uber alles" kesukuan. Umar Kayam mengambil latar itu sebagai simbol keberpihakannya pada kearifan dalam memandang hidup yang dalam tulisan itu diwakili oleh tokoh Mr. Rigen & Family sebagai tokoh pembantu rumah tangga atau wong cilik "from Pracimantoro" Gunung Kidul sebagai orang nomor 1 dalam "kitchen cabinet" rumah Pak Ageng yang menjadi tokoh mewakili orang "sugih/priyayi" (kaya) yang kadang dipanggil "ndara/ndoro" oleh Mr. Rigen & Family (mister Rigen dan Nansiyem serta anaknya "thole" Beni Prakosa).

Coba baca satu sketsa dari buku tersebut halaman 90-92 di bawah ini.

MEMBINA BUDAYA WONG CILIK


Kadang-kadang naluri priyayi feodal saya, harus saya akui, memang masih mengalir dengan derasnya di otot-otot saya. Terutama naluri sadis terhadap para kerabat wong cilik. Tentu bukan lagi sadisme pada zaman Amangkurat, tetapi sadisme kecil-kecilan yang cukup membuat Mr. Rigen & family frustrasi tidak keruan. Ah, tentu saja bukan macam sadisme kawan-kawan ndoromas zaman kecil saya yang suka memberi tahu goreng, yang diam-diam mereka penuhi dengan lombok rawit, kepada abdi mereka. Waktu para abdi itu pada blingsatan kepedasan, kawan-kawan ndoromas itu pada tertawa cekakakan dengan nikmatnya. Air mata mereka, para ndoromas itu, tidak kalah deras mengalir dari mata mereka dibanding yang keluar dari mata para batur mereka. Cuma yang satu air mata kegembiraan, yang satu air mata kepedihan. Weh, air mata kok ternyata bisa kontekstual, lho ....

Tidak. Sadisme saya terhadap para anggota kitchen cabinet saya tentu lebih canggih dan modern daripada para ndoromas yang dekaden itu. Misalnya pada Sabtu sore, daripada melihat ketoprak di teve, saya kumpulkan mereka di ruang tengah saya ajak main cerdas tangkas. Tentu saja targetnya mulia, bin ideal. Supaya mereka menjadi batur-batur yang kelak punya wawasan intelektual yang luas. Misalnya, saya akan bertanya: siapakah Sir Isaac Newton itu?

"Sinten, Pak?" tanya Mr. Rigen dengan pandangan bengong.

"Ser Aisaak Nyuten, bento."

"Wah, kita mboten kenal sama Sri Asiah saking Nyutran, itu Pak."

"We, gebleg tenan kowe. Saya cengklong gajimu Rp 100,00 satu minggu."

Muka keluarga itu mulai pucat. Mungkin batin mereka mulai ngunandika, "Majikan saya mulai kumat ini . . . ."

Adapun saya tertawa terkekeh-kekeh.

"Saestu, Iho, Pak. Saya sama Bune ini tidak punya sedulur dengan nama begitu di Nyutran. Atau jangan-jangan Bune?"

"Ora ki Pakne."

Dan Ms. Nansiyem pun menjawab suaminya dengan pandangan yang benar-benar desperate. Habis, Rp 100,00 seminggu. Kalau majikannya kumat dengan cerdas tangkas sadis begini tiap Sabtu sore, sambil mengorbankan ketoprak, harus bayar berapa lagi nanti. Ha, ha, ha, haaa. Saya pun tertawa bagaikan Dursasana, satria dari Banjarjungut itu.

"Ayo, satu pertanyaan lagi, Gen, Yem, Ben! Kalo kali ini tidak bisa lagi cengklong Rp 100,00 satu minggu lagi."

Mereka kelihatan tegang. Mata mereka sedikit mendelik. Saya pun mencari-cari pertanyaan yang muskil tetapi canggih. Mau saya tanyakan urutan Pancasila dan arti-artinya pasti mereka sudah akan mengetahui. Meskipun mereka belum lulus P4 paket satu jam pun, pastilah mereka sudah akan dapat dengan tangkas menjawabnya. Wong Pancasila 'kan asli berakar di bumi kita, termasuk bumi Pracimantara. Jadi, pasti mereka sudah mengenalnya. Saya tidak ikhlas kalau mereka dapat dengan enak menjawab pertanyaan saya. Dan juga itu tidak mendidik!

"Nah, sekarang, Gen, Yem, Ben. Perhatikan. Dengar baik-baik. Jangan ngowoh. Apakah kalian setuju dengan konsep konflik kelas dari Karl Marx?"

Mr. Rigen memang lantas ngowoh betul. Kemudian rambutnya dicabuti.

"Wualah, Paak. Gek siapa lagi orang ituu. Menyerah, Pak. Menyerah saja Bune. Nggak usah dijawab!"

"Heit, kalau menyerah cengklongannya Rp 200,00 seminggu. Saya lebih menghargai orang yang ngawur daripada yang menyerah. Kalau ngawur itu masih ada harapan jadi orang. Kalau belum-belum menyerah mau jadi apa kowe? Cengklong Rp 200,00"

"Mati kita Bune, Ben. Gek berapa saja jumlah denda itu nanti. Habis gaji kita, Pak. Padahal bulan depan kita mau nyadran ke desa."

"Hus, jangan cengeng. Bagaimana kamu bisa jadi batur yang modern dan canggih, kalo belum-belum sudah cengeng begitu?"

Mereka duduk diam. Kekes, kecut hati mereka. Mungkin mereka ngunandika dalam hati: gek tadi malam Pak Ageng mimpi apa kok jadi kumat begini?

"Nah, sekarang pertanyaan satu lagi. Dengar baik-baik. Siapakah President Reagen itu?"

Tiba-tiba dengan sigap Ms. Nansiyem mengacungkan tangannya.

"Lha, nek niku ya Bapake tole, to, Pak!"

"Dapurmu. Aku tanya Reagen. Bukan Rigen sontoloyo. Cengklong lagi!"

Ketiga makhluk batur itu sekarang hanya bisa menundukkan kepala mereka.

"Sekarang benar-benar pertanyaan terakhir. Kalau sampai salah satu dari kalian tidak bisa menjawab aja takon dosa kalian!"

Mereka makin sigap lagi mendengarkan. Penuh konsentrasi dahsyat. Mata mereka kelap-kelip seperti lampu gereja.

"Siapakah Dr. Huxtable itu? Hayo, cepat jawab!"

Mr. Rigen nglokro. Ms. Nansiyem tidak marnpu lagi melolo matanya. Tiba-tiba si setan cilik Beni Prakosa mengacungkan tangannya.

"Saya, tahu, Pak Ageng. Saya tahu." Saya kaget.

"Kamu bener tahu, Le?"

"Iya, itu wong ileng di tipi. Ha, ha, ha . . . ."

Aha, jenius cilik. Akhirnya ada harapan juga pada generasi muda kita. Cerdas tangkas saya bubarkan. Cengklongan, tentu saja, tidak diterapkan. Begitu besar hati saya melihat kecerdasan Beni Prakosa. Sejak itu, setiap hari, saya sediakan sedikitnya satu jam untuk mengedril dia untuk macam-macam. Menghafal sajak-sajak. Baris-berbaris. Upacara bendera. Sajak yang paling dia senangi:

Halo, matahari
Aku di sini
Namaku Beni

Sajak yang paling saya senangi kalau dia deklamasi:
Halo, Pak Ageng
Engkau matahari
Matahari. Matahari, ma-to-ha-riiii ....

17 November 1987


Dari buku inilah aku mengenal jargon :
Maknyuss
Makbeup
dan lain-lain
selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: Juli 2010 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah