29 November 2009

Migrain : Sakit Kepala sebelah yang menjengkelkan
Cara mengatasi migrain

Migrain atau migren adalah sakit kepala yang hanya dirasakan pada sebagian kepala saja, atau pada bagian tertentu saja. Nyeri dirasakan berdenyut-denyut disertai dengan mual, muntah, dan juga takut pada cahaya dan suara. Biasanya ada tanda-tanda akan kemunculan sakit ini, semisal mata berkunang-kunang, atau mata mengabur secara tiba-tiba. Wanita yang berperawakan langsing, aktif dan perfeksionis sering terserang migrain. Migrain biasanya dipicu oleh cuaca panas atau dingin, kelelahan fisik dan mental, terlambat makan, minum es. Ada juga dokter yang menyebutkan bahwa migrain disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di otak, sehingga asupan oksigen setempat ke otak berkurang. Kemudian menimbulkan fase nyeri kepala yang berdenyut-denyut. Penyempitan di bagian lain akan menghambat aliran darah sehingga terjadi pembengkakan aliran darah, biasanya di luar tengkorak disekitar kening/pelipis. Penelitian terbaru menyebutkan mereka yang mengalami migraine beresiko menderita kerusakan otak karena sel-sel otak menggembung dan kurang oksigen.

Untuk menghindarinya, ketahuilah lebih dulu pencetus/pemicu terjadinya migrain pada diri sendiri. Jika kita setelah minum es, kepala langsung berdenyut, maka hidarilah minum es. Atau juga karena sinar yang terlalu terang. Obat-obatan hanya untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi tidak menghilangkan penyebab migrain. Obat-obatan penghilang rasa sakit seperti parasetamol, asam mefenamat atau aspirin atau obat-obatan dari kelompok beladonna (lupa nama pastinya).

Migrain sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan untuk mengetahui pencetus terjadinya migrain lalu menghindarinya.

Pengalaman pribadi bercinta dengan Mimi :
Cara mengatasi/mengurangi migrain di bawah ini merupakan pengalaman pribadiku.
(sub judul ini mengikut kepada postingan Ijopunkjutee (bercinta dengan Tante Nia)..... Mimi alias mba migrain telah membuatku gundah gulana.
  • Aku di tahun 1995 telah mencoba berobat ke seorang dokter di Padang. Tindakan pengambilan EEG dan rontgen kepala dan batang leher telah dilakukan. Analisa dokter adalah tidak terjadi kerusakan fisik. Aku diberi obat penenang Vanadium (atau valadium).

  • Tidak puas dengan dokter, Pijat Refleksi atau acupressure atau Reflexology pernah kulakukan dengan belajar otodidak. Lalu ditambah pembelajaran terapi pernapasan secara otodidak juga. Aku melaksanakannya kedua terapi itu sendiri. Hasilnya ternyata lebih memuaskan daripada pengobatan dokter. Karena buku Pijat Refleksi atau acupressure atau Reflexology sudah kusumbangkan ke orang lain, maka aku kesulitan menjelaskannya lebih detil. Ntar deh aku cari lagi.

  • Seorang temen yang menderita sinusitus, biasanya juga akan mengalami serangan migrain. Dianjurkan untuk melakukan operasi sedot lendir sinusitus (atau apalaaah istilahnya). Tetapi juga dapat melakukan pengobatan tradisional melaui gurah. Gurah akan mengeluarkan lendir yang berada dalam rongga sinusitus. Dengan meneteskan cairan khusus ke dalam rongga hidung dan diiringi dengan shalawat Nabi Muhammad SAW oleh pengobat gurah, maka lendir akan keluar dalam jumlah dan waktu serta warna yang sesuai dengan sakit yang diderita.

  • Olahraga secara teratur merupakan hal yang lebih baik daripada pengobatan medis. Lakukan saja olahraga ringan dulu, seperti jalan kaki, dan senam (terutama senam pernapasan), yang dapat ditingkatkan ke olahraga joging, berenang, dll. Pernapasan Tao ataupun senam Yoga dapat membantu keadaan lebih baik. Posisi yoga yang dianjurkan (sebaiknya dengan arahan dari guru agar tidak salah posisi) : Paschimottanasana, Supta Baddha Konasana, Salamba Sarvangasana, Setu Bandhasana Sarvangasana, Sirsasana, maupun posisi pernapasan Pranayama.

  • Penguapan dengan air panas ke arah kepala juga bisa dilaksanakan. Ambil 1 baskom air panas mendidih dengan uap airnya yang masih mengebul ke udara. Dekatkan kepala (arahkan muka) dengan menunduk ke arah uap tersebut. Hirup udaranya dan rasakan hangat yang menyertainya di kepala. Jika terlalu panas, jauhkan dari uap dan lakukan dalam waktu singkat serta ulangi lagi, sampai kita terbiasa dengan panas yang ada. Lakukan sampai uap tidak ada lagi. Gunakan handuk atau kain (diletakkan di kepala atau bahu) untuk mengepung uap panas tersebut sehingga uap benar-benar mengarah ke kepala. Bisa dilakukan pagi atau sore.

Hal-hal yang telah kulakukan di atas cukup membantuku menjauh dari migrain. Walau beberapa kali dalam setahun, migrain itu datang kembali. Yaaaaahh... sekedar melepas rindu lah kaleeee.....

Migraine is a neurological syndrome characterized by altered bodily perceptions, severe headaches, and nausea. Physiologically, the migraine headache is a neurological condition more common to women than to men. The word migraine was borrowed from Old French migraigne (originally as "megrim", but respelled in 1777 on a contemporary French model). The French term derived from a vulgar pronunciation of the Late Latin word hemicrania, itself based on Greek hemikrania, from Greek roots for "half" and "skull".

Jenis-jenis migrain :
Migrain umum
Migrain klasik
Migrain abdominal
Migrain hormonal
Migrain acephalgic (acephalalgic)
Migrain retinal
Migrain lain yang jarang dijumpai

Faktor Pencetus :
Tekanan emosional
Tekanan fisik
Diet Makanan
Lingkungan
Hormon
dll

Tindakan pengobatan :
Immediate relief
- obat penahan sakit
- obat khusus migrain
(obat-obat ini hanya untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi tidak menghilangkan penyakit migrain)

Complementary
- akupuntur
- refleksi
- homeopati
- terapi fisik
- relaksasi / pernapasan
- penambahan vitamin dan mineral
- herbal
- pemeriksaan gigi (gigi yang rusak secara umum akan menyebabkan sakit kepala)

Preventif
- serothinin antagonists
- calcium
- anti deppresants
- perbaikan jaringan saraf dan peredaran darah

Sumber bacaan :
http://www.gaulislam.com/mengobati-migrain
http://www.sith.itb.ac.id
http://en.wikipedia.org/wiki/Migraine
http://www.kapanlagi.com/a/migrain-tanda-awal-kerusakan-otak.html



selengkapnya...

28 November 2009

Cinta dan Sayang

Apa seeehh... perbedaan dan persamaan antara Cinta dan Sayang???





ayoooo coba jawab dehhh..........

selengkapnya...

27 November 2009

Menjadikan BlackBerry sebagai modem

BlackBerry as a Modem, atau memodemisasi BlackBery atau Menjadikan BlackBerry sebagai modem ternyata bisa dilakukan. Mungkin sama seperti menjadikan handphone Nokia menjadi modem, handphone Sony Erickson menjadi modem, handphone LG/Samsung/Motorolla menjadi modem, ataupun handphone-handphone lain. Setting BlackBerry menjadi modem tidaklah terlalu sulit. Petunjuk ini kudapat dari sebuah buku, yang mana isinya ternyata kurang lengkap, sehingga aku sempet pening lalat beberapa saat. Setelah kutambahkan, maka cara menjadikan Blakcberry sebagai modem (setting modem) adalah sebagai berikut :

OS = Windows XP
Device = BlackBerry Bold 9000
(mungkin bisa untuk spesifikasi yang lain, aku belom coba)
  1. Anda harus menjalankan BlackBery Desktop Manager, lalu hubungkan komputer/laptop anda dengan BlackBerry melalui kabel data yang tersedia (hal yang paling malessssssssss kukerjakan, padahal gampang). BlackBery Desktop Manager bisa didapat dari CD yang menyertai pembelian BlackBerry Asli, atau dapat didownload di website BlackBerry.
  2. Buka Control Panel pada windows, pilih Phone and Modem Options.
  3. Pada kotak Phone and Modem Options, klik tab Modem
  4. Klik pada Standart Modem - COMxx. Jika anda pernah menginstal modem lain, maka pada The following modems are installed, bisa jadi tidak hanya berisi 1 modem Standart Modem. Kode COMxx adalah menerangkan nomor port COM USB yang menjadi target hubungan antara komputer/laptop dengan BlackBerry anda. Jika anda telah mencolokkan kabel data hubungan tersebut pada salah satu colokan USB pada komputer/laptop anda, maka selanjutnya penggunaan modem Blackberry hanya bisa dilakukan pada colokan USB saat anda menginstal.
  5. Klik tombol Properties.
  6. Pada kotak dialog Standart Modem Properties yang baru muncul, klik tab Diagnostics.
  7. Klik Query Modem
  8. Perhatikan informasi yang muncul, jika BlackBerry anda terhubung dengan baik, maka akan muncul informasi ATxx - Research In Motion BlackBerry IP Modem. Jika anda telah menginstal banyak modem, maka informasi yang muncul pun akan banyak sesuai modem yang telah terinstal. Pastikan bahwa Research In Motion BlackBerry IP Modem ada dalam informasi tersebut.
  9. Masih pada kotak dialog yang sama, klik tab Advanced. Lalu pada Extra initialization commands, tuliskan kode berikut sesuai dengan kartu provider :

    untuk Telkomsel :
    at+cgdcont=1,"IP","telkomsel"

    untuk XL :
    at+cgdcont=1,"IP","www.xlgprs.net"

    untuk Indosat :
    at+cgdcont=1,"IP","indosatgprs"

    untuk AXIS/IM3/Smart/Esia/dll :
    ..... belom kuketahui

  10. Klik OK

Koneksi ke Internet via BlackBerry di komputer/laptop :
  1. Buka Control Panel, pilih Network Connection
  2. Klik Create a new connection
  3. Pada kotak dialog New Connection Wizard, pilih Connect to Internet
  4. Klik Next
  5. Pilih Set up my connection manually
  6. Klik Next
  7. Pilih Connect using a dial up modem
  8. Klik Next
  9. Pilih modem sesuai dengan settingan awal (diatas) tadi yaitu Standart Modem
  10. Klik Next
  11. Tulis untuk nama ISP (ISP Name), misalnya : My BlackBerry Modem
  12. Klik Next
  13. Isikan Phone Number dengan nomor *99# atau *99***1#
  14. Klik Next
  15. Untuk Username dan Passwoord tidak perlu diisikan.
  16. Klik Next
  17. Klik Finish
  18. Pada Control Panel - Network Connection, icon My BlackBerry Modem (sesuai nama yang anda berikan) bisa dipindahkan atau di-send ke desktop, agar gampang ketika menggunakannya.

Menjalankan BlackBerry sebagai modem
  1. Jalankan BlackBerry Desktop Manager
  2. Hubungkan BlackBerry ke komputer/laptop
  3. Klik icon My Blackberry Modem yang anda buat tadi
  4. Klik Dial

Hasil :
Untuk lokasi di rumahku, ketika modem ini dijalankan dengan kekuatan 3 batang sinyal EDGE dari ProXl, kecepatannya lambat. Update Avira hanya mencapai kecepatan 4 kBps. Sedangkan jika aku menggunakan ESIA dengan modem lain, kecepatan maksimal 15 kBps. Namanya juga ESIA Wimode (esia waimot yang lemot).

Tetapi, untuk keadaan darurat, lumayanlah.....


Sumber Tulisan :
Panduan Praktis Mengoptimalkan BlackBerry
Taufik Hidayat
MediaKita
2009



selengkapnya...

26 November 2009

Bambu Jadi Benteng Pemecah Angin

Seperti yang telah dipaparkan dalam postingan Rumah Sejuk, Rumah Nyaman, Rumah Ramah Lingkungan kemaren yang memberikan sedikit banyak gambaran tentang bagaimana hendaknya membangun/merenovasi (jika ada dana) rumah yang ramah lingkungan, maka salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah vegetasi atau tumbuh-tumbuhan yang ada di pekarangan rumah. Yup.... tumbuh-tumbuhan menjadi salah satu ciri khas rumah ramah lingkungan.

Dijelaskan dalam buku Rumah Sejuk dan Hemat Energi terbitan IDEA Books, menyarankan beberapa vegetasi yang ditanam di pekarangan rumah. Salah satunya adalah bambu. Walaupun aku pernah memosting 2 kali tentang bambu, yaitu Bambu Tangguh, dan Bambu : The Fact yang bersumber dari Reader Digest Indonesia dan bambucentral.org, rasanya perlu ditambahkan lagi artikel dari Idea Books ini.

Dalam buku ini dijelaskan kegunaan pohon bambu (bambuseae), mulai dari umbi hingga batangnya. Umbi mudanya (rebung) yang bisa dikonsumsi menjadi bahan makanan (sayur). Batangnya digunakan untuk aneka keperluan termasuk konstruksi bangunan. Di pekarangan, bambu bisa menjadi benteng penahan/pemecah angin kencang yang menerpa. Selain melalui sela-sela batang, arus angin dipecahkan oleh daun-daunnya yang berukuran kecil dan jarang. Saat diterpa angin, batang dan daun akan bergoyang dan bergesekan yang menimbulkan suara yang memanjakan telinga. Kekuatan batang bambu tak perlu diragukan. Gerombolan pohon bambu masih dapat menahan terjangan angin kencang secara bersama-sama.

Bambu cepat tumbuh, bahkan sisa umbi yang ada di tanah pun masih bisa tumbuh, sehingga pertumbuhannya harus dijaga agar tidak memakan lahan yang luas. Cabutlah umbi yang masih kecil agar pertumbuhan kelompok pohon bambu dapat serasi dengan luas pekarangan.





selengkapnya...

24 November 2009

Perusak Lingkungan Hidup di Semenanjung Kampar

Membaca Tribun Pekanbaru 21 November 2009 lalu, termuat daftar perusahaan yang telah melakukan penanaman kelapa sawit dan hutan tanaman industri di Kawasan Semenanjung Kampar. Salah satunya adalah PT. RAPP dari grup perusahaan APRIL. Yang anehnya, pada tanggal 15 Oktober 2009 lalu, PT. RAPP malah mendapat PERINGKAT BIRU karena dinilai telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. PERINGKAT BIRU ini diberikan sesuai program Penilai Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) periode 2009 dari Departemen Kehutanan. Peringkat predikat ini terbagi atas :
Peringkat Hitam
Peringkat Merah
Peringkat Biru
Peringkat Hijau
Peringkat Emas


Semenanjung Kampar adalah merupakan kawasan penyimpan karbon terbesar di Indonesia di dalam gambutnya yang setebal lebih dari 4 meter dengan kapasitas mencapai 1,1 juta metrik ton karbon. Karbon ini jangan sampai lepas ke udara bebas, karena akan meningkatkan suhu bumi dan tentu saja menambah parah pemanasan global (global warming). Gambut yang baik selain bisa menyimpan karbon, juga bisa menyerap karbon yang terdapat di udara bebas.

Semenanjung Kampar merupakan hamparan hutan dataran rendah terbesar yang masih tersisa di Sumatera yang bisa menjadi Cagar Alam dan Kawasan Konservasi berbagai satwa langka termasuk harimau Sumatera (panthera sumatrae tigris).


Gambar Main Kapling di Semenanjung Kampar
Tribun Pekanbaru
Sabtu, 21 November 2009


Dalam kurun waktu 10 tahun, Kawasan Semenanjung Kampar dikapling oleh puluhan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri. Tercatat ada 12 perusahaan sawit dan 16 perusahaan HTI mengeksploitasi kawasan Semenanjung Kampar yang diklaim memiliki lahan gambut terdalam di dunia.

Perkebunan Kelapa sawit di Semenanjung Kampar :
  1. PT. Trisetya Usaha Mandiri (23.791,1 ha)
  2. PT. Uni Seraya (11.363,2 ha)
  3. PT. Dutaswakarsa Indah (10.279,7 ha)
  4. PT. Triomas FDI (10.232,7 ha)
  5. PT. Baskarasatriatama Riau (9.517,4 ha)
  6. PT. Sidomarga Perkasa (9.389,6 ha)
  7. PT. Langgam Inti Hibrindo (5.827,4 ha)
  8. Pusat Koperasi Polda (Puskopolda) Riau (4.989,4 ha)
  9. PT. Sabira Negeriutama (4.707,1 ha)
  10. PT. Sakti Sawit Jaya (2.672,9 ha)
  11. PT. Indo Inti Sawit Subur (2.365,8 ha)
  12. PT. Perkebunan V (PIR Buatan) (489 ha)
Coba perhatikan yang nomor 8 dan nomor 12. Keduanya merupakan badan hukum milik pemerintah yang seharusnya mengetahui tentang aturan tentang lahan gambut melebihi 3 meter.

Pengelola Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kawasan Semenanjung Kampar :
GRUP APRIL (RAPP) :
  1. PT. RAPP (93.161,9 ha)
  2. PT. Madukoro (14.676,4 ha)
  3. PT. Selarasa Abadi Utama (12.498,9 ha)
  4. PT. Ekawana Lestari Dharma (10.032,3 ha)
  5. PT. Triomas FDI (9.693,8 ha)
  6. CV. Bhakti Praja Mulia (6.269,1 ha)
  7. CV. Alam Lestari (4.730,6 ha)
  8. CV. Tuah Negeri (1.648,7 ha)
  9. CV. Harapan Jaya (499,1 ha)

GRUP APP (Asian Pulp and Paper) :
  1. PT. Arara Abadi - Siak (46.334,6 ha)
  2. PT. Putra Riau Perkasa (16.441,0 ha)
  3. PT. Satria Perkasa Agung - Serapung (12.955,7 ha)
  4. PT. Mitra Hutani Jaya (8.294,1 ha)
  5. PT. Balai Kayang Mandiri (6.161,1 ha)

Perusahaan Lain :
  1. PT. Uni Seraya (34.906,4 ha)
  2. PT. National Timber and Forest Product (9.224,7 ha)


Apa yang telah dilakukan Gubernur ataupun Bupati yang bersangkutan???
hmmmmm.... kurasa setali tiga uang dengan Menteri Kehutanan
TIDAK MAU TAHU...

Mereka TIDAK TAHU atau lebih tepatnya TIDAK MAU TAHU bahwa di kawasan tersebut mempunyai kedalaman gambut lebih dari 4 meter, yang merupakan daerah terlarang untuk pengembangan perkebunan dan Hutan Tanaman Industri.

Bahhhhh........
Kemudian, anggota DPR/DPRD Propinsi/DPRD Kabupaten kok melempem tidak bersuara???

Aku mendukung Djemari Ijal (Kelompok Peduli Alam Djemari Pekanbaru - Riau) yang merupakan salah satu anggota Blogger Bertuah Pekanbaru menuju ke lokasi Semenanjung Kampar untuk bergabung dengan Greenpeace, warga Teluk Meranti dan Teluk Binjai



selengkapnya...

23 November 2009

Semenanjung Kampar di ujung kehancuran

Semenanjung Kampar adalah kawasan hutan rimba di Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Warga setempat menyebutnya Hutan Seberang. Penyebutan Hutan Seberang terjadi karena hutan itu berada di seberang Sungai Kampar dari tempat pemukiman warga Teluk Meranti. Teluk Meranti merupakan pemukiman terdekat dengan Semenanjung Kampar.

Semenanjung Kampar ini semakin dibicarakan khalayak ramai karena keberadaan Greenpeace yang membuat Kamp Pembela Iklim (Climate Defender Camp). Masuknya Greenpeace ke Riau mengingat banyaknya terjadi kerusakan hutan Riau akibat pembalakan liar (penebangan liar / illegal loging) baik oleh warga yang dicukongi oleh pengusaha, maupun oleh oknum. Camp Greenpeace mulai dibuat sekitar akhir Oktober ini di Semenanjung Kampar yang diklaim APRIL induk perusahaan PT. RAPP Riau sebagai perusahaan bubur kertas terbesar. (aku tidak tahu pasti hubungan antara APRIL, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT.RAPP), serta Asia Pulp and Paper).

Semenanjung Kampar terkenal dari tahun 1980-an sebagai tempat pembalakan liar yang paling produktif. Pembalakan liar di kawasan ini sempat mereda di pertengahan 1990-an sampai dengan awal era reformasi, dan kemudian kembali semakin menggila setelah awal roformasi sampai tahun 2007. Redanya pembalakan liar akhir-akhir ini karena makin banyaknya tuntutan masyarakat, lembaga peduli lingkungan, dan desakan politik terhadap pemerintah untuk memerangi pembalakan liar.

Hampir seluruh warga, terutama laki-laki, di desa Teluk Meranti dan sekitarnya itu pernah terlibat langsung dalam kejahatan lingkungan itu. Umumnya mereka menjadi pekerja upahan para cukong kayu dari Pekanbaru hingga negeri jiran, Malaysia. Warga terpengaruh akan penghasilan yang cukup besar, tetapi belum mengerti tentang akibat kerusakan lingkungan.

Namun, ironisnya, hingga kini lebih banyak kenyataan pahit yang melekat di benak warga perihal pembalakan liar. Bagi Pak Thalib (55), yang juga warga setempat, pembalakan liar merupakan lembaran kelam bagi kehidupan Teluk Meranti.
"Uang dari kayu hanya menguntungkan cukong dan segelintir warga yang dekat dengan cukong," katanya.

Menurut dia, pembalakan liar hanya memperkaya cukong kayu karena harga jual kayu sangat rendah. Untuk kayu jenis meranti dan punak, misalnya, cukong hanya mau membeli dari pekerja dengan harga berkisar Rp50 ribu hingga Rp75 ribu per meter kubik. Sedangkan kayu tersebut dijual cukong ke pembeli lain mencapai Rp150 ribu per meter kubik.

Warga melupakan pesan nenek moyang mereka untuk mempergunakan hasil hutan secukupnya sebagai bahan rumah dan perahu. Pembalakan liar juga membuat warga meninggalkan mata pencaharian mereka sebagai petani dan nelayan yang sudah bertahan turun-temurun.

www.antaranews.com


Setelah masa pembalakan liar, warga sekitar kembali hidup miskin. Hasil penangkapan ikan tidak seperti ketika hutan masih lebat. Kesuburan tanah jauh berkurang. Warga mulai menyadari akan akibat pembalakan liar yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Selain itu, ancaman baru dari kerusakan lingkungan datang dari perusahaan kayu dan perusahaan bubur kertas. Dari 700.000 hektar kawasan Semenanjung Kampar, 300.000 hektar telah berubah fungsi menjadi hutan akasia sebagai akibat program Hutan Tanaman Industri (HTI) milik PT. RAPP. Hutan homogen akasia dipanen untuk menghasilkan bubur kertas dan kertas lembaran salah satunya merek Paper One.

Kerusakan lahan gambut memperparah pertanian di kawasan tersebut. Apalagi program cetak sawah oleh Pemerintah Propinsi Riau ternyata tumpang tindih dengan kawasan konsesi PT. RAPP. Pemerintah Propinsi Riau merasa tidak memberikan hak konsesi, yang ternyata diberikan langsung dari Departemen Kehutanan. Beberapa narasumber menyebut "adanya calo yang bermain untuk meluluskan hak konsesi hutan tersebut".

Greenpeace mencoba untuk menyadarkan semua pihak bahwa kehancuran hutan Kawasan Semenanjung Kampar menjadi tanggung jawab penuh pemerintah terutama Pemerintah Pusat melalui Departemen Kehutanan. Walaupun relawan Greenpeace sempat ditahan oleh pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia Resort Pelalawan dan petugas imigrasi Pelalawan, tetapi warga mendukung kegiatan Greenpeace. Sekitar 300 warga dengan menggunakan kapal besar dari Teluk Meranti mendatangi Polres Pelalawan dan meminta agar relawan Greenpeace dibebaskan.

Penolakan atas pembukaan hutan akasia baru oleh perusahaan bubur kertas itu dilakukan oleh 167 warga Teluk Binjai tanpa aparat desa pada tanggal 7 Oktober 2009 lalu. Surat Penyataan Penolakan itu dikirimkan ke perusahaan induk yang berkedudukan di Singapura. Warga juga menolak Surat Dukungan dari aparat desa dan tokoh masyarakat Teluk Binjai berkaitan tentang beroperasinya perusahaan di wilayah Semenanjung Kampar karena dinilai tidak mewakili seluruh masyarakat. Aparat Desa ternyata tidak sinkron dengan warganya dalam memandang pembukaan hutan untuk penanaman akasia tersebut. Warga lebih melihat kepada kerusakan yang bakal terjadi nantinya atas lingkungan hidup sekitar.

APRIL dan Asia Pulp and Paper akhirnya diperintahkan oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia untuk menghentikan segala kegiatan di Semenanjung Kampar (18 Nov 09). Kedua perusahaan inilah yang menjadi penyumbang kerusakan terbesar bagi hutan kawasan Semenanjung Kampar yang mempunyai ketebalan gambut lebih dari 3 meter.

Di bagian lain, Presiden Direktur RAPP Kusnan Rahmin menolak menanggapi permintaan Menteri Kehutanan tersebut. “Saya baru dengar, nanti saya bahas dulu,” ujarnya seperti dirilis Tempo kemarin (www.riaupos.com).

Baaaahhhhhhhhhhh...........

Jangan hancurkan hutan
Jangan buat hutan rimba menjadi hutan homogen akasia

Selamatkan hutan
Selamatkan anak cucu kita
.

Tulisan ini muncul dari pembicaraanku dengan seorang intel yang tidak turut serta memata-matai gerakan Greenpeace di Riau, beberapa sumber lain yang tidak mau disebutkan jati dirinya, serta tulisan di www.antaranews.com dan greenpeace.org/seasia/id.
Gambar dari greenpeace.org/seasia/id



selengkapnya...

22 November 2009

Makassar Ujung Pandang : i am home

Seorang temen ngajak aku ke Sulawesi tepatnya ke Makassar (dahulu disebut Ujung Pandang). Hmmm...kesempatan emas untuk mengunjungi tanah atok nenek moyangku dari sebelah bapak. Walaupun atok nenek moyangku itu dari BONE, sekitar 5 jam dari Makassar, nyampe Makassar aja dah bagus (eh... ada yang bingung.. attayaya tuh orang Melayu ato orang Bugis seeeh????). Lagian ini berarti perjalanan terjauh ke arah timur Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebelumnya cuma mpe Lombok, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air. (seperti yang kutulis dalam paragraf pertama postingan Hibah Sejuta Buku ala Blogger).

Wah postingan ini jadi panjaaaaaaaaangggg......
Jadi.... siapkan kopi, cemilan, bantal, plus Dji Sam Soe untuk membaca postingan ini
Jiahahahhahha.........

Dari Pekanbaru pake pesawat Garuda Indonesia Airways jam 9 pagi menuju Jakarta. Transit mpe jam 3 sore, lanjut lagi naik Garuda nyampe jam 6 sore. Perjalanan Jakarta-Makassar sih sebenarnya cuma 2 jam seehhh, tapi karena perbedaan waktu 1 jam antara WIB dengan WIT, maka nyampe di Makassar tuh jam 6 sore.

Baru nyampe hotel, langsung diajak makan malam di :
Rumah Makan SULAWESI BARU
Sea Food
Jl. Pattimura no. 2 Makassar

Ada ikan bakar. Waaah...keliatan enak neh. Cuma.....sambalnya ga ada yang cocok dilidahku dan temen-temen yang dah terbiasa makan makanan/masakan Melayu Riau pake sambal belacan. Sambal rica-ricanya pun ga cocok, seperti sambal goreng tomat gitu deh. Akhirnya kuminta cabe yg dipotong kecil-kecil, lalu kukasi kecap manis dan kugerus/ulek pake sendok. Jadi deh sambal kecap darurat ala attayaya. Makan ikan bakar pake sambal kecap darurat ala attayaya ini enak lhooo....

Abis makan ke Tanjung Bunga, terusan dari Pantai Losari. Di Tanjung Bunga terdapat Trans Studio yang menyediakan wahana permainan indoor terbesar di dunia (kata penduduk setempat). Kawasan Tanjung Bunga sampai Pantai Akkarena merupakan kawasan yang baru dikembangkan untuk kawasan bisnis. Sekarang sudah terdapat GTC Makassar Mall, ruko-ruko mewah, dll, serta Celebes Convention Center. Kawasan ini dibentuk dari reklamasi pantai rawa bekas pertambakan udang, mirip Muara Angke yang dahulunya Hutan Bakau. Kawasan Tanjung Bunga yang melalui Jalan Metro Tanjung Bunga yang lebar, dikelola oleh PT. Gowa Makassar Tourism Development Tbk.

Hotel Pantai Gapura Makassar Jalan Pasar Ikan Makassar merupakan tempat kami menginap. Rencana mo ambil villa yang di laut, kerennnnn.... Tapi dah penuh. Terpaksa ambil kamar biasa. Hotel bintang 4 ini tampak luar tidak meyakinkan, tetapi ternyata.... Bintang 4 nya baru terasa jika telah masuk ke arah bagian pantai. Hmmmmm...... Mantaplaaa.
Cuma...dikamar kami ini, sinyal ProXl tidak dapat sama sekali. Gaswaaaat neh, macaa ceehh ditengah kota gini gada cinyal ProXl.
Padahal hotel ini cuma 200 meter dari Pantai Losari ujung utara. Ternyata hanya kamarku di nomor 111 saja yang tak bisa terima sinyal ProXl, karena agak terpojok.

Jaaaahh....de nasiv deeehh...

Pantai Losari - Makassar
Dilihat dari Hotel Pantai Gapura - Makassar




Trans Studio - Makassar
Dilihat dari Hotel Pantai Gapura - Makassar



Pada saat kami datang, kebetulan hotel-hotel di Makassar lagi penuh. Hampir saja kami tidur di emperan toko jiahahahaha... Hal ini salah satu disebabkan karena kedatangan Perdana Menteri Malaysia yang ternyata merupakan anak keturunan dari Kerajaan Bugis Gowa Makassar. Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak masih memiliki darah keturunan Raja Gowa ke-19, dengan gelar I Mappadulung Daeng Mattimung Karaeng Sanrobone Sultan Abdul Djalil Tumenanga ri Lakiung. Kedatangan beliau adalah untuk menghadiri Hari Jadi Gowa ke 689 yang jatuh tanggal 17 November 2009.

Malam pertama itu juga langsung duduk di restoran tepi pantainya, melewati restoran Kapal yang sebenar-benar kapal tua yang udah diganjal sehingga tidak bergerak-gerak lagi. Di restoran tepi pantai, di dekat villa tepi pantai, kami minum SARABA minuman khas Makassar yang mirip bandrek. Terbuat dari campuran jahe dan susu. Dipadu dengan makan Pisang EPE yaitu pisang bakar yang dijepit. Di tempat lain mungkin disebut Pisang Jepit, Pisang Keprek, atau sebutan lain.

Salah satu sudut villa di atas laut
Hotel Pantai Gapura - Makassar



Besok paginya kami ke Bantimurung. Keluar dari hotel mengarah ke Pelabuhan Makassar terus masuk jalan tol menuju Kabupaten Maros. Suatu yang bagus adalah kerapian jalan di sekitar pelabuhan. Biasanya, kawasan pelabuhan memiliki jalan yang semrawut, parkir tidak teratur, preman, dll.

Tebing Batu Kapur
di Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Maros - Makassar



Gerbang Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung
Maros - Makassar



Bantimurung adalah sebuah Taman Nasional lengkapnya Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Masuk ke lokasi kita dihadapkan dengan gerbang kupu-kupu raksasa dan tebing batu kapur terjal. Tebing batu kapur terjal ini mirip dengan tebing batu terjal di Payakumbuh Kabupaten 50 Kota Propinsi Sumatera Barat. Luas kawasan Bantimurung sekitar 43.750 ha ditunjuk berdasarkan SK Menteri Kehutanan no. 398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Bantimurung juga merupakan Kerajaan Kupu-kupu (butterfly kingdom) dibawah pengawasan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan. Berbagai jenis kupu-kupu, yang cantik maupun biasa, mengerubuti satu jenis pohon (lupa namanya) yang buahnya mirip rambutan. Tapi tak kulihat 1 jenis kupu-kupu yang terkenal yaitu kupu-kupu malam. Jika terdapat kerajaan kupu-kupu, berarti ada kerajaan kepompong, dan juga berarti ada kerajaan ulat bulu.

Species/genus/Jenis kupu-kupu yang terdapat di TN Bantimurung :
Silla sp.
Guglea sp.
Danaus sp.
Nibomia sp.
G. Mageri sp.
Hercules sp.
Sazaspes sp.
Idhea sp.
Mosth sp.
P. Adamantius sp.
Papilio Blumei sp.
Polipontes sp.
Z. Helenc sp.
Z. Helipron sp.
V. Eraza sp.
Pamonca sp.
Besces sp.
(Maaf jika aku salah tulis)

Pohon tempat Kupu-kupu sering berkumpul
buahnya mirip dengan buah rambutan




Di lokasi Bantimurung juga terdapat air terjun yang sangat bagus, agak landai, sehingga bisa dijadikan arena seluncuran dengan menggunakan ban karet, mirip arena di WaterBoom Lippo Cikarang, Arena Ancol di Jakarta, maupun WaterBoom Labersa di Pekanbaru.

Air terjun
di Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Maros - Makassar






Makan siang pakai ikan bakar lagi lebih pas sambalnya daripada yang tadi malam. Kali ini di Rumah Makan Paotere jl. Sabutung di daerah Kawasan Pelabuhan Paotere Makassar. Abis tuh langsung lihat-lihat Kapal Phinisi, kapal asli Bugis dengan ujung lancip dan bertiang tinggi. Kapal ini bisa berlayar jauh bahkan sampai ke Madagaskar. Di Pelabuhan Sunda Kelapa banyak Kapal Phinisi yang bersandar membawa berbagai barang dagangan.

Siang ini aku sempet nelpon sahabat blogger keren dari Soppeng. Para blogger pasti mengenalnya. Bang Setiawan Dirg@nt@ra yang berkumis tebal dan ganteng. Guru yang yang bijaksana. Sebelum berangkat kemaren dah kirim imel ke bang Iwan. Siang tadi aku baca balasan. Langsung kutelpon. Senengnya dapat mendengar suara bang Iwan. Sayangnya bang Iwan baru saja kemaren ke Makassar, dan ga mungkin ke Makassar dalam waktu cepat, karena butuh perjalanan sekitar 6 jam lebih. Tak apa-apa bang Iwan. Mendengar suara bang Iwan dah membuatku senang. Hal ini berarti sama seperti Bang Munir Ardi yang sama tempatnya dengan Bang Iwan. Dan lebih payah lagi kalo mo kopdaran dengan Ranny yang ada diujung utara pulau Sulawesi alias Manado. Ntar kalo ada rejeki, aku akan datangi Bang Iwan, Bang Munir Ardi, dan Ranny, etc, dll.

Kapal Phinisi Makassar
Kapal Khas Bugis Makassar
Beberapa gambar ini mirip dengan keadaan di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta









Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar
yang baru
Sultan Hasanuddin International Airport (SHIA)
Kode IATA : UPG
Kode ICAO : WAAA
Koordinat : 5° 3′ 42,67″ LS, 119° 33′ 14,39″ BT
Panjang Landasan : 2500 m diperpanjang menjadi 3100 m
Diresmikan tanggal 26 September 2008
Pengoperasian terminal baru dimulai pada 4 Agustus 2008










Makassar Ujung Pandang : i am home


selengkapnya...

21 November 2009

Rock Star

ROCK Star atau Rockstar merupakan sebutan bagi band atau anggota band yang sukses, khususnya untuk jenis musik rock. Umumnya, anggota band tersebut menjadi selebritis terkenal. Diajak main film, mengisi acara talkshow, ataupun acara lain. Selain itu, Rock Star juga telah menjadi film itu sendiri terinspirasi dari kisah nyata Tim "Ripper" Owens, vokalis band Judas Priest. Ripper menggantikan Rob Halford yang hengkang dari grup band tersebut. Diperankan oleh Mark Walhberg yang bermain bersama Jennifer Aniston, disutradarai oleh Stephen Herek bersama produser George Cloney. Film ini mulanya mau diberi judul Metal Gods sesuai dengan salah satu judul lagu Judas Priest.

Film Rock Star menceritakan grup band Steel Dragon dengan anggota band yang masih terpengaruh kehidupan rock jaman tahun 80-an yang suka ngedrug. Perpecahan grup band ini menyebabkan dipecatnya vokalis utama. Steel Dragon kemudian mencari vokalis baru, dan terus melanjutkan konser. Dan seterusnya... dan seterusnya... dan seterusnya...

Rock Star bukan saja menjadi sebuah judul film, tetapi juga banyak digunakan untuk memberi julukan ataupun judul sesuatu, misalnya :
Rock Star : INXS (acara televisi bersama grup band INXS (ai en exist)
Rock Star : supernova (lanjutan acara televisi di atas)
Rock Star supernova (grup band yang terlahir dari acara televisi di atas)


Rock Star juga menjadi judul lagu dengan penyanyi :
Nickelback dalam album All the Right Reasons
Poison dalam album Hollyweird
Bizarre dalam album Hannicap Circus
R. Kelly dalam album Double Up bersama Kid Rock dan Lucadris


Rock Star pun juga menjadi judul novel Jackie Collins di tahun 1988.

Tak beda jauh dengan Upex Rock, seorang pria yang menjadi Rock Star di bidang per-blogger-an dunia maya. Blognya berisi lirik lagi rock dan download gratis lagu rock mp3. Upex Rock tidak hanya mengkhususkan blognya pada lagu rock saja, tetapi juga ada download gratis lagu pop, download gratis lagu klasik (mozart, dkk), bahkan download mp3 gratis lagu mbah surip pun ada.

Salah satu koleksi download gratis dari Upex Rock yang terbaru adalah "award".
jiahahahahahahaha........
Upex ROCK memberikan aku award gratis...tis...tis...

Monggo....
Silahken bagi yang mau mendownload gratis mp3 lagu rock, pop, klasik, dll, langsung tancap ke TKP....

1. TUTORIAL DESAIN GRAFIS
2. Blog napi Belog
3. Not Yet Titlelized
4. Pras Free
5. Taekwondo Indonesia
6. masterGOmaster
7. Blogger Kuningan
8. rizkyaditya
9. ROCK Star Upex
10. Attayaya


Salam hangat dari neilhoja, "Sebesar keinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu."




KOLEKSI UPEX

* - ROCK AWARD -
* 3 Doors Down
* 7 Kurcaci
* AC/DC
* Adi Metal Rock
* Alkaline Trio
* Andra and The Backbone
* Andromedha
* Anggun
* Angra
* Anthrax
* Audio Slave
* Avenged Sevenfold
* Avril Lavigne
* Axe Gang
* Betrayer
* BIP
* Blink 182
* Blue Band
* Bon Jovi
* Bondan Prakoso ft. Fade 2 Black
* Boomerang
* Cokelat
* Dark Moor
* Deddy Stanzah
* Deep Purple
* Dewa 19
* Dido
* Dimmu Borgir
* Dragon Force
* Dream Theater
* Edane
* Elpamas
* Eminem
* Enya
* Erwin Gutawa Rockestra
* Europe
* Evanescence
* Evo
* Festival Rock Indonesia
* Finch
* Fire House
* Foo Fighters
* Fort Minor
* Funeral For A Friend
* Funky Kopral
* Gary Moore
* Gigi
* God Bless
* Gorilaz
* Grass Rock
* Greenday
* Guns N Roses
* Helloween
* Hoobastank
* Indo Campur
* Inka Christie
* Iron Maiden
* Jamrud
* Jet
* Jet Liar
* Joe Satriani
* Judas Priest
* Kaisar
* Kalingga
* Kapten
* Kobe
* Koil
* Kotak
* KoЯn
* Kuburan
* Kunci
* Legend Bee
* Limp Bizkit
* Linkin Park
* Lochness
* Marilyn Manson
* Maroon 5
* Mbah Surip
* Mel Shandy
* Metallica
* Mozart
* Mr. Big
* Mudvayne
* Muse
* Mxpx
* My Chemical Romance
* Naif
* Netral
* Nickelback
* Nicky Astria
* Nirvana
* Nugie
* Ozzy Osbourne
* P.O.D
* Padi
* Papa Roach
* Pas Band
* Potret
* Power Metal
* Powerslaves
* Puppen
* Purgatory
* Purpose
* Queen
* R n' B
* Radiohead
* Rammstein
* Rebek
* Red Hot Chili Paper
* Red Spider
* Rendy Jerk
* Rhapsody of Fire
* Rif
* Roxx
* Rudal
* Rush
* Saint Loco
* Santana
* Scope
* Scorpions
* Sepultura
* Seurieus
* Simple Plan
* Skid Row
* Slank
* Slipknot
* SoulFly
* Static X
* Steelheart
* Steven and Coconut Treez
* Stone Temple Pilots
* Stryper
* Sucker Head
* Switchfoot
* Syaharani
* System Of A Down
* Tatu
* Teaser
* The Cranberries
* The Darkness
* The Offspring
* The Rasmus
* The Strokes
* Trivium
* U'Camp
* U9
* Underground Indonesia
* Utopia
* Van Hallen
* Voodoo
* White Lion
* Whizzkid





selengkapnya...

18 November 2009

Hibah Sejuta Buku Ala Blogger

Sebelumnya, aku mohon maaf belom bisa BW mbalas komen dan menambah tukeran link, yang mana :
1. Aku kesusahan BW pake BB
2. aku sedang dalam perjalanan pulang kampung ke tanah atok nenek moyangku di pulau Sulawesi tepatnya di BONE. Walaupun perjalanan aku ini ntar cuma sampai Makassar / Ujung Pandang saja, tetapi ini merupakan perjalanan pertamaku ke Sulawesi, sekaligus perjalanan terjauh ke arah Timur wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (sebelumnya cuma mpe Lombok, lanjut ke Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air).
(Paragraf ini kutulis di bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta ketika transit dari Pekanbaru ke Makassar, Rabu 18/11/09 11.35 wib).

*****

Emo atau Nanlimo ataupun Sang Sungai Kuantan adalah seorang anggota Blogger Bertuah Pekanbaru dan Blogger Kuansing, yang akan menggerakkan sebuah bola salju. You know... bola salju (sebagaimana di negara yang bersalju tentunya), dibentuk dari salju yang mulanya hanya sebesar sekepalan tangan atau 2 kepalan tangan. Digelindingkan menuruni dataran miring, untuk mencapai suatu tempat. Sama halnya demikian, Emo juga bermaksud menggelindingkan idenya untuk melaksanakan suatu hajatan (upaya) yang sangat baik.

Bermula dari tempat kos-kosannya yang berantakan karena baru pindah, sehingga lemari, meja, buku, tas, baju, kecoa, tikus, lipas, tokek, cicak, buaya, dan saudara-saudaranya pun tidak tersusun rapi. Eh....kok ada kecoa dan kawan-kawan ya???

Khusus untuk buku Emo yang lumayan banyak (menurutnya), ada yang masih dan sangat masih layak untuk dibaca dan diambil pengetahuannya. Kata pepatah-petitih : Jika membuka selembar halaman buku, bagai membuka sepetak ilmu pengetahuan. Kira-kira begitulah.

Buku sebagai "jendela dunia" sangat banyak manfaatnya. Tetapi, masih banyak sodara-sodara kita, baik di kota maupun di pelosok negeri yang kekurangan dengan "jendela dunia" tersebut. Yaa... sodara-sodara kita yang lain sangat membutuhkan buku. Mereka kekurangan buku bisa karena ekonomi mereka yang tidak cukup mampu membeli sebuah buku, atau juga karena lokasi mereka yang sangat jauh dari sumber buku. Kesulitan-kesulitan semacam ini memang menjadikan suatu hambatan besar bagi saudara-saudara kita. Tak jarang mereka hanya membaca 1 buah buku untuk 10 ataupun 20 orang anak.

Emo pun berniat untuk menghibahkan buku-buku yang merupakan harta yang sangat berharga kepada orang-orang maupun anak-anak lain yang sangat membutuhkan. Emo pun mengajak temen-temen untuk ikut serta melakukan :

Gerakan Hibah Sejuta Buku
Ala
Blogger Indonesia
.


Ide Emo ini, aku dukung sepenuhnya. Aku telah menyiapkan sejumlah kotak berisi bukuku yang sangat layak dibaca. Aku juga ingin menambahkan bahwa buku-buku yang akan diberikan nanti hendaknya tidak mengandung unsur kekerasan, seks, SARA, dan hal-hal lain yang bersifat negatif. Dengan Kerja Keras untuk mengembalikan jati diri bangsa melalui pengembangan ilmu pengetahuan dengan membaca buku. Dengan demikian kita juga ikut serta menggalakkan minat baca buku ataupun gerakan membaca buku.

SEKARANG SAYA MENGHIBAHKAN BUKU,
ANDA KAPAN???


Untuk temen-temen yang mau berbagi rasa dengan sesama melalui pemberian buku (bekas ataupun baru), dapat mengirimkannya ke Emo.

alamat :
JL. Swakarya. Perum Mutiara Permai. Blok C12.
Panam, Pekanbaru Riau. 28293

Email :
nanlimo@gmail.com

Contact hp :
+6281365422233


Kunjungi Emo :
http://www.sungaikuantan.com/2009/11/hibah-sejuta-buku-ala-blogger.html

Target utama Emo atas buku-buku yang telah terkumpul adalah desa/kampung di Kabupaten Meranti, Propinsi Riau, tempat dahulunya Emo melakukan KKN.

Gerakan Hibah Sejuta Buku Ala Blogger pun sebenarnya dapat temen-temen lakukan bersama komunitasnya.

Jangan ada halangan untuk melakukan kebaikan.





selengkapnya...

15 November 2009

Listrik Tenaga Surya

Sinar surya/matahari menyirami bumi dengan energi melimpah
andai kita dapat menyerapnya
untuk dimanfaatkan


Sinar Surya/Matahari, Turbin Angin dan bahan bakar hayati bakal menjadi kontributor penting. Hanya saja, tak ada bentuk energi yang seberlimpah Surya/Matahari. Ada dua cara menyerap/memanfaatkan energi tersebut :

Cara pertama adalah mengubah sinar surya langsung menjadi listrik dengan panel fotovoltaik yang terbuat dari semikonduktor seperti silikon. Terlihat pada Gambar 1 dibawah.
Jenis panel surya adalah :
Monokristal (Mono-crystalline)
Polikristal (Poly-crystalline)
Thin Film Photovoltaic

Cara kedua adalah dengan memeroduksi uap, baik dengan palung parabola seperti yang di Nevada atau melalui ladang cermin datar berpandu-komputer, disebut heliostat, yang memfokuskan sinar matahari ke penerima di atas “menara daya” raksasa. Cara ini juga disebut pemusatan sinar surya. Terlihat pada Gambar 2 dan 3 di bawah.

Setiap pendekatan punya kelebihan. Saat ini penguapan fluida yang juga dikenal sebagai pemusatan sinar surya atau termal surya lebih efisien daripada fotovoltaik—persentase sinar surya yang diubah menjadi listrik lebih besar. Namun, cara ini perlu lahan luas dan jalur transmisi yang panjang agar tenaga listrik bisa dibawa ke pengguna. Sementara itu, panel fotovoltaik dapat diletakkan di atas atap di tempat yang memerlukan tenaga listrik. Kedua sumber energi itu jelas punya kekurangan yang sama: Tenaga berkurang saat mendung dan hilang pada malam hari. Namun, para insinyur sedang mengembangkan sistem penyimpanan energi tersebut untuk digunakan saat gelap.

Kedua cara di atas sama-sama menghasilkan listrik dan disebut Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Dan sama-sama mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa bekerja jika mendung alias tidak ada matahari, apalagi malam. Teknologi pun berkembang, dimana tahun lalu, PLTS komersil pertama dengan fasilitas penyimpanan panas dibuka di dekat Guadix - Timur Grenada - Spanyol. Pada siang hari, sinar surya menyinari ladang cermin untuk memanaskan "garam leleh". Malam hari, saat garam leleh mendingin, panas yang dikandungnya lepas untuk menghasilkan uap. Uap tersebut akan menggerakkan turbin generator listrik. Jadi, PLTS Gadix ini bisa bekerja siang dan malam untuk menghasilkan listrik.

Seberapa besar energi surya ini telah digunakan?
Menurut World Energy Statistics and Balances 2008, sumber listrik secara global di tahun 2006 yang menghasilkan listrik sebesar 19.015 terawatt-jam, terdiri atas :
Sumber tak terbarukan (minyak dan gas bumi) = 81,51%
Sumber tenaga air = 16,41%
Sumber terbarukan lainnya (biofuel, dll) = 1,37%
Sumber tenaga angin = 0,68%
Sumber sinar surya = 0,02%

Ternyata, energi matahari yang melimpah hanya digunakan paling kecil diantara sumber-sumber energi lainnya. Manusia masih tergantung pada sumber tak terbarukan seperti minyak dan gas bumi.

Potensi sumber energi terbarukan untuk menghasilkan listrik, tercatat dapat menghasilkan listrik berdaya 975.010 terawatt-jam (TW), terdiri atas :
tenaga surya (panel fotovoltaik) = 470.278 TW
tenaga surya (pemusatan sinar surya) = 275.556 TW
tenaga angin darat = 105.278 TW
tenaga air laut (gelombang pasang) = 91.396 TW
tenaga hidro = 13.889 TW
tenaga angin lepas pantai = 6.111 TW

Sememang bahwa biaya tenaga surya adalah sangat tinggi dibanding pembangkit listrik tenaga lainnya, tetapi biaya tersebut sekarang semakin turun. Negara-negara berkembang di daerah subtropis dapat memetik manfaat dari hal tersebut, sinar surya yang stabil berarti investasi prasarana energi itu akan cepat memberikan kembalian modal.

Gambar 1
Para kontraktor Southern California Edison melapisi 5,6 hektare atap gudang di dekat Los Angeles dengan sekitar 33.000 panel fotovoltaik ringan. Itu mengubah ruang tak terpakai menjadi sumber tenaga bagi 1.300 rumah. Hukum California mewajibkan perusahaan listrik menghasilkan 20 persen daya mereka dari sumber terbarukan pada 2010.


Gambar 2
Di atas dataran nan terik di luar Sevilla, Spanyol, sinar surya yang dipantulkan ini kembali dipantulkan awan rendah. Biasanya cermin di stasiun PS10 milik Abengoa Solar mengirimkan cahaya terfokus yang sangat panas ke puncak “menara daya,” memanaskan ketel yang menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin. Jika hari mendung, operator mengarahkan cermin ke langit karena sinar surya yang tiba-tiba menembus awan dapat merusak menara karena pemanasan yang terlalu cepat.


Gambar 3
Di Nevada Solar One di dekat Las Vegas, minyak yang dialirkan dengan pipa sepanjang jajaran pemantul menyerap sinar surya yang difokuskan, sehingga cukup panas untuk menghasilkan uap dan menggerakkan pembangkit listrik 64-megawatt. Perusahaan penyedia listrik lebih suka sistem seperti ini, disebut juga termal surya, dibanding fotovoltaik yang lebih mahal.



Sumber :
National Geographic Indonesia
Edisi September 2009




selengkapnya...

14 November 2009

Masuk Angin

Jangan Sepelekan Masuk Angin


Rasa kembung di perut, tubuh yang meriang, kepala pusing, serta keluarnya keringat dingin, kerap dianggap enteng oleh banyak orang. Padahal, kita perlu segera mengatasinya sejak awal, agar tidak berkepanjangan. Sebab, kumpulan gejala di atas, yang sering kita sebut "masuk angin" ini, bisa menjadi "pintu" masuknya beragam jenis gangguan kesehatan lainnya, seperti :


- Kelelahan Tubuh
Stamina yang turun karena waktu tidur yang minim dan kurang istirahat bisa membuat tubuh jadi terasa tidak enak. Kelelahan berlebihan yang tidak diantisipasi bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius. Karenanya, lebih baik kita segera pulihkan stamina dengan beristirahat atau dengan bantuan bahan-bahan herbal alami.

- Flu
Perubahan musim yang tidak menentu bisa membuat kita mudah terserang berbagai penyakit, termasuk flu. Selain masuk angin, gejala flu lainnya adalah demam tinggi, nyeri di bagian otot, dan bersin atau batuk.

- Gangguan Pencernaan
Terlambat makan akibat sibuk bekerja tak pelak membuat perut menjadi kembung. Bila gejala masuk angin masih ditambah dengan rasa tidak nyaman di lambung, ada kemungkinan kita mengalami gangguan "dispepsia fungsional". Menurut penelitian, saat tubuh kita terasa dingin, terjadi gerakan dari fungsi pencernaan, sehingga udara yang ditimbulkan oleh gas makanan tidak dapat dibuang. Akibatnya, perut kita terasa kembung.

maka ....

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Sumber :
Prevention Magazine
Smart ways to live well
Edisi November 2009





selengkapnya...

13 November 2009

Memendekkan alamat url untuk ditampilkan dalam twitter/facebook

URL atau Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - di Internet.

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee[rujukan?] pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.
(wikipedia)

URL biasanya disebut dengan alamat, baik alamat web/blog, alamat artikel/postingan, maupun alamat file yang ada di internet.

Contoh 1 :
http://attayaya.blogspot.com

Contoh 2 :
http://attayaya.blogspot.com/2009/11/analisis-kesempatan-kerja-sektoral.html

contoh 1 adalah sebuah alamat url blog attayaya, sedangkan contoh 2 (yang sangat panjaaaaaaaannnnngggg tersebut) adalah salah satu alamat url postinganku.

Nah... untuk alamat url yang panjang tersebut susah untuk disebut apalagi dihapal, apalagi dimasukkan ke dalam twitter. Untuk facebook siiih ga ada masalah untuk alamat url yang panjang. Ingat, bahwa komen di facebook bisa memuat 5400 karakter, beda dengan twitter yang hanya memuat 140 karakter, hal ini telah aku sampaikan dalam postingan Menaikkan Traffic melalui Twitter.com dan Facebook.com serta postingan lain Twitter : suit...suit... Cara Mendaftar dan Kode Perintah Dasar

Thus....
Bagaimana cara memendekkan alamat url sehingga bisa muat di twitter, ataupun untuk kegunaan lain.

Gampang....
Pakai aja fasilitas memendekkan alamat url secara online dari bit.ly yang beralamat di
http://bit.ly

Cara memendekkan alamat url :
Masuklah ke http://bit.ly
Ketikkan/pastekan di kotak "Enter your long link or file here:" alamat url weblog atau alamat url postingan atau alamat internet apapun .... asal bukan alamat rumah, rt, rw, kelurahan, kecamatan bla..bla..
Klik "shorten"
Maka akan muncul kotak "Your bit.ly link :"
Alamat url akan menjadi http://bit.ly/xxxxxxxxx
xxxxxxxx = merupakan karakter yang telah ditentukan oleh bit.ly
Lalu kopikan alamat yang telah dipendekkan tersebut
Pastekan ke komen di twitter, atau facebook, atau terserah
Tapi... jangan pastekan alamat url dari bit.ly ini ke KTP anda jiahahahahaa....


dah gitu ajaaaah.........




selengkapnya...

12 November 2009

Analisis Kesempatan Kerja Sektoral Dengan Pendekatan Pertumbuhan Berbasis Ekspor

Aku terkejut ketika seorang temen mengirim sms ke handphone tanggal 11 november jam 14.15 kemaren :
Bang, tulisan thesis abang disadur oleh dosen Unud"

Whaaaaaaaaattttt????

Ah.... masa iya seeehhh?
Akupun lalu dikirimi ma temenku tulisan tersebut. Dan ternyata bener.....

Bukan disadur tuh bro, tapi namanya dikutip...
Tulisan berbentuk jurnal itu dibuat oleh seorang Dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Denpasar. Sememang dalam salah satu kalimat jurnal itu menyadur thesisku tahun 2003 lalu. Wah... ternyata tulisanku bisa dipakai juga ya hehehehehehehe..........

Jurnal dosen tersebut (dengan judul seperti di atas) terbit dalam PIRAMIDA Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terbitan Pusat Penelitian Kependudukan dan Pengengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Udayana Denpasar, merupakan pengembangan lebih fokus dari tulisan thesisku. Dalam thesisku mengetengahkan masalah Penentuan Sektor dan Sub Sektor Unggulan Daerah : Studi Kasus Kota Pekanbaru. Sedangkan tulisan dosen itu lebih fokus lagi pada sub sektor khususnya tenaga kerja. Alat analisis dosen tersebut ditambah dengan Pengganda Basis Lapangan Kerja (employment base multiplier). Dengan begitu, analisis yang dihasilkan menjadi lebih lengkap lagi dan bisa menjadi lebih berguna serta bisa menjadi referensi bagi yang lainnya.

Terima kasih kepada dosen tersebut yang telah memperkenalkan nama dan thesisku sehingga dibaca oleh dosen-dosen, mahasiswa-mahasiswi, civitas akademika Universitas Udayana dan lainnya.

Jiahahahahaha....
Namaku (yang aseli lho) ternyata nyampe juga ke Unud dan bersanding dengan pakar ekonomi, ekonomi pembangunan dan ekonomi regional lainnya dalam Daftar Pustaka-nya seperti :
Lincolin Arsyad
Edward J. Blakely
Edgar M. Hoover
Frank Giarratani
Payaman J. Simanjuntak
Prasetyo Soepono
Sadono Sukirno
Ryaas Rasyid
Michael P. Todaro





selengkapnya...

09 November 2009

Temuan Baru attayaya

Singkatnya begini :

ternyata nama attayaya tuh banyak kemiripan
setelah sebelumnya indohijau menemukan "atayaya" dengan 1 huruf t,
juga telah ditemukan attaya (dengan 1 "ya"),
lalu attayayaya (dengan 3 "ya"),
kemudian juga fanny yang suka bikin cerpen rasa stroberi telah dikunjungi oleh blogger yang bernama ataa eh... atau atta (lupa)...
.... maka ....
malam minggu kemaren, aprillins from gunung merapi alias penjaga rektorat Kampus Biru UGM berkomentar :
attayaya ternyata punya warung makan di jogja loh.. http://aprillins.com/attayaya-buka-warung-makan-di-jogja

jiahahahahaha

Tepatnya hal yang telah ditemukan oleh aprillins adalah :
Warung Makan ATHAAYA
Nasi Uduk dan Nasi Putih
Jalan Magelang Km 5 Jogjakarta

Menu Seafood :
Cumi
Udang
Kepiting
Kerang
Ikan

ada-ada aja.....

sementara karena yang mana sebelumnya (jaaaaaaahhh blibet amat kalimatnya) daku telah memosting tentang jajanan makan di solo, jajanan makan di semarang, jajanan makan di bogor sambil berwisata, yang mana lalu tidaklah memungkinkan untuk membuat sebuah tempat jajan makan dikarenakan sebab ketidak-cukupan modal usaha, sehingga harus belajar forex di marketiva.com untuk mencukupi hal tersebut.
hmmmm....... kalimatku jadi ancur berantakan neh
sumringah karena ada yang mirip namanya dengan attayaya.

thanks to aprillins yang telah menemukan hal baru tersebut, mungkin bisa menambah popularitas blog dengan menaikkan trafik blog serta meningkatkan pagerank.
hiahahahahaha......


selengkapnya...

07 November 2009

Rumah Sejuk, Rumah Nyaman, Rumah Ramah Lingkungan

Saat membangun rumah, sebagian dari kita terkadang lebih asyik memperhatikan desain tampak bangunan. Ingin rumah terlihat cantik dengan gaya tertentu, tetapi lupa bahwa rumah juga harus fungsional dan nyaman bagi penghuni. Begitu rumah rampung, berada di dalamnya ternyata terasa panas. Terpaksalah mengandalkan kipas angin ataupun Air Conditioner (AC). Di siang hari sekalipun, lampu harus senantiasa dinyalakan, karena cahaya matahari tak cukup menerangi ruang.

Nyaman Indriawi
Kunci mencegah hal itu adalah penanganan fisika bangunan yang tepat, yaitu strategi desain untuk menyesuaikan bangunan dengan iklim setempat. Rumah dengan fisika bangunan yang sesuai mampu mengatasi iklim tanpa memboroskan energi untuk membuat penghuninya tetap nyaman beraktivitas di dalamnya.

Kenyamanan tersebut idealnya meliputi hampir seluruh aspek indriawi. Bukan hanya kenyamanan thermal yang kita butuhkan, tetapi juga kenyamanan visual, pendengaran, dan sebagainya. Pendek kata, home sweet home lah...

Lantas, bagaimana cara mendapatkan semua kenyamanan itu? Mungkin kita harus kembali mengingat bahwa negeri ini beriklim tropis, dengan sengatan matahari sepanjang tahun dan curah hujan yang tinggi. Bayangkan betapa nikmat tinggal di rumah yang sejuk, dengan hembusan angin yang menyelusup melalui jendela, namun masih bisa merasakan hangatnya sinar matahari, mendengarkan senandung hujan yang turun dari teritisan, atau bahkan kicau burung di pepohonan.

Banyak Solusi
Untuk mendapatkan rumah yang sejuk, misalnya anda bisa membuat plafon dan loteng yang tinggi, memberi lubang angin di atas pintu dan jendela, dan sebagainya. Jangan lupa menyegarkan rumah dengan tanaman. Demi hemat listrik di siang hari, perbanyak jendela kaca.

Aneka produk dan pilihan material bangunan terkini yang ramah lingkungan bisa kita manfaatkan. Diskusikan dengan arsitek (tukang) perihal fisika bangunan sebelum menyetujui desain. Jika terlanjur, maka perhatikan betul fisika bangunan sejak awal desain. Bila rumah kadung selesai, maka rencanakan renovasi perlahan atau bertahap yang bisa memperbaiki kondisinya. Yakinlah, bila fisika bangunan beres, maka rumah pun bakal hemat energi. Yang lebih penting lagi, anda jadi lebih nyaman hidup dan tinggal di rumah.

Hal-hal yang patut diperhatikan :
  1. Desain
    - Rumah udara dan cahaya
    - Rongga bawah atap mengusir panas
    - Lebih adem dengan lubag di gunungan
    - Tepi plafon jadi lubang udara
    - Beri ketinggian yang cukup untuk atap
    - Ruang sejuk berkat plafon tinggi
    - Mendinginkan dak beton
    - Solusi atap buka tutup
    - Skylight bikin terang dan hemat energi
    - Menghijaukan atap rumah
    - Letakkan jendela dengan tepat
    - Semilir udara dari banyak jendela
    - Kanopi, topi untuk pintu dan jendela
    - Siasati rumah menghadap barat
    - Atur angin dengan Nako
    - Secondary Skin menyaring cahaya
    - Dinding tanaman, hijau dan segar
    - Semi terbuka, banyak cahaya
    - Udara lancar berkat jalusi
    - Semi basement tidak pengap
    - Kisi-kisi di lantai dua bikin sejuk
    - Lantai panggung mengurangi kelembaban
    - Lebih adem dengan innercourt
    - Kesegaran reflecting pound
    - Hembusan angin dari pagar berlubang kecil
    - Pagar tanaman penyaring udara
    - Letak pohon teduhkan bangunan
    - Lorong penangkap angin
    - Balkon berhias tanaman
    - Teras dengan kolam
    - Lobang biopori menyimpan air hujan

  2. Produk
    - Beralih ke AC hemat energi
    - Water heater bertenaga panas AC
    - Simpan air dalam tandon
    - Lebih terang, lampu hemat energi
    - Pilih kloset hemat air
    - Praktis dengan keran otomatis
    - Turbin ventilator penghisap panas
    - Water heater hemat energi

  3. Material
    - Rooster semen untuk pengisi dinding
    - Lubang angin berbahan papan kayu
    - Sejuk dengan genteng tanah liat
    - Cahaya lewat genteng kaca
    - Panel alumunium komposit menghalau panas
    - Lembaran insulasi untuk atap
    - Kerai bambu ekonomis dan indah
    - Lebih terang dengan glass block
    - Plafon gedhek nan sejuk

  4. Vegetasi
    - Kamboja, si cantik yang mudah dipelihara
    - Bambu jadi benteng pemecah angin
    - Pesona kembang sepatu di halaman
    - Palem penanda rumah
    - Nona Makan Sirih senang merambat
    - Mandevilla dan Alamanda penghias pagar
    - Sanseviera penyaring polusi dan bau (bunga lidah mertua)
    - Kenanga harum dan menolak nyamuk plus Lavender
    - Philodendron cocok di dalam ruang

  5. Aksesori
    - Terapi mata dan telingan dengan akuarium
    - Bermain dengan hewan peliharaan
    - Taman mungil di atas meja
    - Hiasan air terjun dalam rumah
    - Rekreasi di kolam air terjun
    - Menikmati gemerincing genta angin
    - Sehat dengan batu refleksi
    - Lebih rileks dengan terapi aroma

plus :
Pengelolaan Rumah Dalam Masa Pemakaian
Terutama mengenai pengelolaan sampah rumah baik sampah dapur, sampah pekarangan, maupun sampah lain yang dihasilkan oleh penghuni rumah.



Diketik ulang dari sumber :
Solusi Praktis
Rumah Sejuk dan Hemat Energi
Desain, Produk, Material, Vegetasi dan Aksesori
Penerbit PT. Samindra Utama
IDEA Books




selengkapnya...

06 November 2009

Belajar Forex Learning : cara mendaftar dan menggunakan marketiva.com

Mencoba sesuatu yang baru itu bukanlah gampang (walaupun ntar kita juga akan ketemu hal-hal yang gampang). Hmmmmm.... kemaren aku mencoba mendaftar menjadi salah satu user di marketiva.com sebagai salah satu broker forex (foreign exchange). Mencoba menjajal kemampuan analisa keuangan dengan "bermain" valas (valuta asing). Hmmmm... atas unjuk ajar plus referensi dari ijopunkjutee alias prof from gunung kidul, aku menjelajah dunia baru. Istilah kerennya Pedagang Valuta Asing gitu dehhh... Tetapi sebelum menjelajahnya, aku harus Belajar Forex atau Forex Learnig ataupun Learning to trade the Forex market effectively terlebih dahulu dengan cara Belajar Tutorial Forex.

Marketiva sebagai salah satu Broker-Dealer (AD) merupakan broker di bawah payung hukum The Securities Commission of the Republic of Montenegro (SCMN) yang terdaftar pada Montenegro Stock Exchange (MNSE) dengan kode/simbol BABR serta kode internasional MEBABRRA1PG7 yang terdaftar pada International Securities Identifying Number (ISIN).

Marketiva menyediakan jasa sebagai broker-dealar bagi user (pedagang valuta asing) di seluruh dunia dan menolak setiap kegiatan "pencucian uang" (money laundering) dan pembiayaan teroris. Karena itulah marketiva mensyaratkan bahwa 1 komputer dengan 1 jaringan hanya bisa dipakai oleh 1 user. Jika ingin menambah user baik pada jaringan yang sama atau komputer yang sama, maka syarat administrasi harus dipenuhi semuanya.

Untuk "bermain" forex, waktu yang tersedia adalah dari hari Senin jam 5.00 wib (subuh) mpe hari sabtu jam 5.00 wib (subuh). Selain dari hari itu, maka tidak akan ada pasar forex yang buka sehingga tidak akan ada pergerakan harga. Walaupun pada hari tutup tersebut kita masih bisa "menjual" dan "membeli". Tetapi akan efektif berlaku pada jam buka pertama di hari seninnya.

Berdagang valuta asing alias forex tuh prinsipnya gampang. Namanya juga orang berdagang maka tentu saja prinsip dasar ekonomi akan sangat berlaku sekali pada kegiatan ini.
Prinsip Dasar Ekonomi
membeli dengan harga termurah
menjual dengan harga tertinggi

raihlah untung sebesar-besarnya

oooppppssssssssss.... jangan lupa bayar zakat

Cara Mendaftar Forex Marketiva
masuk ke website marketiva.com
klik Open Account
isilah semua data (sebaiknya data asli kecuali nama user yang bisa sesuka hati kita)
klik continue

Setelah itu marketiva akan mengirim imel untuk konfirmasi akun kita, dan menyarankan untuk mendownload client-application pada alamat yang telah ditunjuknya.

Client Application
adalah aplikasi yang akan dijalankan di komputer kita untuk menampilkan keadaan pasar yang dikelola oleh marketiva. Aplikasi ini terhubung ke server marketiva dan datanya didownload ke komputer kita setiap saat.

Saat aku mendaftar kemaren, client apllication yang ada adalah Streamster ver 1.2535 sebesar 524 KB. Servernya beralamat di nss.marketiva.com yang akan mengupload data ke komputer kita.

Marketiva memberikan 2 pilihan dalam "bermain" :
Desk Virtual Forex
yang digunakan untuk latihan bermain forex senilai US$100.000

Desk Live Forex
yang digunakan untuk bermain secara real dengan dana real. Marketiva memberikan dana real sebagai bonus pertama kali sebesar US$5.

Beda antara keduanya hanyalah terletak pada uang yang digunakan, Virtual Forex menggunakan nilai uang tidak nyata dan tidak bisa ditarik/dicaikan, sedangkan Live Forex atau Real Forex menggunakan nilai uang nyata dan bisa ditarik/dicairkan.

ok...
setelah aplikasi Streamster didownload dan diinstal, maka kita harus sign in sesuai dengan user yang telah kita daftarkan di marketiva tadi. Streamster akan mendownload data secara otomatis dan menampilkan di layar.

Kolom sebelah kiri berisi angka-angka yang sesuai dengan valuta yang sedang diperdagangkan di pasar. Sebelah kanan berisi grafik/charting atas valuta yang kita pilih. Charting/grafik valuta ini bisa ditambah dan didelete. Secara umum, kolom/atau bagian-bagian layar tersebut bisa digeser, diperbesar, diperkecil, dan dipindahkan sesuka hati dengan cara click-n-drag. Sehingga nanti setiap user bisa menampilkan data di layar sesuai keinginannya.

Keistimewaan/keunggunlan Streamster
Tersedia falitas chatting yang terdiri atas :
support (untuk dukungan bagi pemula)
advanced support (dukungan bagi pertanyaan lebih lanjut)
international support (dukungan dari pendukung internasional)
market chat (chatting sesama pedagang, semacam gosip-gosip di pasaran)

Chatting ini berbahasa Indonesia (karena aku mendaftar dari Indonesia kaleeee ya), walaupun ada yang nyelip dengan bahasa inggris. User moderator seperti :
controller : leong
manager : songnan
supervisor : zsolt, reagen
specialist : jundong, yanis
consultant : nurhamidah, zhang, iskandar
assistant : igor, roberto
comentator : dexmaker, doblece, pips-earner

Dukungan penuh diberikan oleh mereka dan yang menakjubkan adalah kecepatan mereka dalam membalas setiap pertanyaan user seperti chattingku dibawah ini :

attayaya
forex ini buka kapan saja?

yanis
attayaya : pasar forex dibuka dari hari senin jam 5.00 wib atau jam 6.00 waktu malaysia dan ditutup pada hari sabtu jam 5.00 wib atau jam 6.00 waktu malaysia.

Kecepatan yanis (maupun moderator lain) dalam membalas pertanyaan sangatlah cepat. Aku gatau apakah mereka membalas dengan mengetik menggunakan 20 jari. karena yang bertanya itu bukanlah 1 user saja, tetapi banyaaaaaaaaaaaakkk......... ataukah mereka memakai program khusus untuk menjawabnya. Gatau deh...


selengkapnya...

05 November 2009

Wisata Kuliner : Daftar Tempat Jajan Makanan di Bogor

SARAPAN
Laksa Mang Ocim
Dengan pikulan kecil
Di Jalan Ranggagading
Hari biasa di sebelah wartel
Hari minggu di sebelah gerobak kue basah

Toge Goreng Bu Evon
Jl. Suryakencana
Belakang Bank Lippo, Bogor

Laksa Mang Inin
Gerobak bercat merah di pojokan tanah kosong
Kanan jalan dari Stasiun Batutulis
Pamoyanan, Bogor

Kedai Soto Santan Bang Ali
Kios Pasar Hewan 10-11
Jl. Pemuda, Bogor

Mie Ayam Baso Apollo
Pasar Anyar CD H-1
Bogor

Carnation Coffee Shop
Jl. Siliwangi 66
Bogor

MAKAN SIANG
Sate Pa Rebing (Utsman Thohir)
Jl. R. Ariawinata (d/h Jl. Mesjid) no. 17
Empang - Bogor Selatan

Kantin Dewi Sri
Jl. Raya Padjajaran no. 3
Bogor

Lily's Catering
Jl. Batutulis no. 38
Bogor

RM Nusa Sari
Jl. Raya Sukabumi Km 14
Caringin - Bogor

Pondok Ikan Bakar Kalimantan
Jl. Raya Tapos no. 1
Cimanggis - Bogor

Penggemar Sate Kiloan (PSK)
Jl. Raya Babakan Madang no. 2
Bukit Sentul - Bogor
Depan sekolah Pelita Harapan)

Restoran Ny. Yenny
Jl. Bina Marga no. 1
Bogor

Rumah Makan Parahyangan
Jl. Bina Marga no. 70
Bogor

Sop Buntut Mang Endang
Jl. Jend. Sudirman no. 60A
Air Mancur - Bogor

RM Hadji Abbas
Jl. Raya Ciawi no. 360
Bogor

MAKAN MALAM
Nasi Uduk Bansus
Jl. Pahlawan no. 23
Bogor

Kupat Sayur Simpang 3 Pa Asep
Jl. Batutulis (simpang 3)
Bogor

Soto Bogor Pa Salam
Jl. Surya Kencana
Trotoar sebelah Dunkin Donuts
Bogor

RM Kita
Jl. Batutulis gg. Amil no. 32
Bogor

OLEH-OLEH
Ayam Asap Ko Cuan
Pojok simpang Jl. Kesatuan
Depan Toserba Ngesti Baru
Ranggagading - Bogor

Combro Ranggagading
Pojok Jalan Ranggagading, samping Toserba Ngesti
Bogor

Combro gg. Aut
Jl. Suryakencana
dekat ATM BCA
gg. Aut
Bogor

Asinan Ahauw gg. Roda
Jl. Roda Ujung no. 5
Bogor

Asinan Gedung Dalam
Jl. Siliwangi 27C
Bogor

Roti Unyil Venus Bakkery
Jl. Padjajaran Komp. V Point no. 1
Bogor

Es Cincau Hijau Mang Obing
Jl. Suryakencana
Depan Soto Mie Agih
Bogor

Es Mangga/Pala/Sirsak A Ming
Jl. Suryakencana
Setelah Toko Roti de Paris
Gerobaknya biru dengan tulisan "Tanpa Biang Gula"
Bogor

Bir Kocok Mang Acep - Sejak 1953
Gang Roda depan asinan Ahauw
Bogor


Sumber :
Kuliner
Tim Jalansutra
Ke Bogor Yuk!
Rumah Pustaka
http://www.jalansutra.com

Review tempat makan terbaik, dari sarapan, makan siang, makan malam, sampai oleh-oleh



selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: November 2009 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah