Minum Susu yang Sesuai Dengan Anjuran Rasulullah

Attayaya.net - Minum susu yang sesuai dengan anjuran Rasulullah

Btw, siapa sih yang tidak suka susu? rasa susu yang manis dan segar tidak membuat kita bosan meminumnya setiap hari. Apalagi manfaat susu tidak diragukan lagi kebaikannya untuk tubuh. Susu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Membiasakan diri minum susu setiap hari sejak dini akan terasa manfaatnya hingga hari tua nanti. 

Myriam Zilles

Susu yang paling sering dikomsumsi masyarakat kita adalah susu sapi dan kambing tapi di negara-negara lain banyak juga yang mengkonsumsi susu kacang misalnya almond, kedelai, pistachio dll. Manfaat susu kacang hampir sama dengan susu hewani hanya saja karena sifatnya dari tumbuhan tentu saja kandungan serat dalam susu kacang lebih banyak.

Susu banyak mengandung vitamin D untuk membangun kekuatan tulang. BAgi anak-anak minum susu setiap hari dapat meningkatkan nutrisi untuk beraktivitas sepanjang hari. Susu juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, sumber energi, sumber protein, sumber lemak, pertumbuhan gigi, mencegah obesitas dan lain sebagainya. 

Anjuran minum susu sebetulnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Jauh sebelum para ahli menemukan manfaat susu, Rasulullah sudah menganjurkan umatnya utnuk meminum susu. Beliau bersabda:

"Hendaklah kalian minum susu sapi karena ia makan dari setiap pohon" (HR Ahmad, Hakim dan Ibnu Hibban)

"Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya" (QS an-Nahl : 66)

Nabi Muhammad saw, pernah meminum susu sapi, susu kambing atau susu unta karena memang manfaatnya baik untuk kesehatan. Jadi jika Rasulullah saja suka minum susu kenapa kita umatnya ngga? eits tapi susu yang murni ya. Soalnya sekarang banyak kan susu olahan yang ngga jelas bahannya. So, be aware ya.

Manfaat ASI untuk bayi

sathyatripodi
Belakangan ini marak sekali istilah ASIP atau Air Susu Ibu Perahan. ASIP adalah air susu ibu yang diperah lalu dimasukkan ke dalam freezer. Jika hendak diminumkan kepada bayi, ASIP dihangatkan terlebih dahulu. Umumnya ibu-ibu yang bekerja memerah ASI-nya agar tetap bisa memberi ASI kepada putra-puterinya. Begitulah salah satu cara para ibu menyiasati kebutuhan ASI yang memiliki manfaat begitu besar untuk bayi.

Ngga ada yang salah dengan ASIP ya teman. Yang salah tu yang suka nyinyir. Tiap orang beda aktifitasnya. Bagi ibu bekerja ASIP tentu saja efektif agar bayi tetap bisa minum susu asli dari ibunya. Dan ASIP ngga harus untuk ibu bekerja aja kok, ada juga ibu rumah tangga yang memerah ASI dan di simpan di freezer supaya kalau pas ada kegiatan di luar si bayi tetap bisa nyusu. Apalagi ASI itu semakin sering di perah semakin banyak keluarnya.

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu" (QS Al-Luqman: 14)

Air susu ibu adalah suatu campuran ciptaan Allah SWT yang luar biasa tak tertandingi sebagai sumber makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir dan sebagai zat yang meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap penyakit. Susu formula dan makanan bayi yang dibuat dengan teknologi masa kini tidak mampu menggantikan sumber makanan yang menakjubkan. Dalam ASI terdapat kelostrum. Kolostrum adalah ASI yang keluar pada periode akhri kehamilan hingga 3-4 hari setelah bayi lahir. Jumlah kolostrum hanya sedikit tetapi manfaatnya sangat besar.

Bagi bayi yang baru lahir, kolostrum berfungsi untuk menjaga melindungi bayi, da memenuhi zat-zat yang dibutuhkan bagyi. selain itu, kolostrum juga mudah dicerna, sangat kaya protein, rendah lemak dan karbohidrat, serta mengandung sel-sel hidup yang dapat mellindungi bayi dari berbagai virus dan bakteri. Unik ya manfaat ASI. Begitulah bukti kasih sayang Allah terdahat kita, hambanya. dia memberikan yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya.





Referensi: 101 fakta unik islam