Bumi Makin Panas, Ini Lima Cara Untuk Membantu Bumi

Attayaya.net - Bumi makin panas, ini lima cara untuk membantu bumi

Kawan, saya lumayan senang melihat salah satu situs web yang konsen terhadap lingkungan seperti national geographic. Info tentang bumi dan sekelilingnya dibahas gamblang disitu. Yang selalu bikin saya nyesek kalau membaca artikel soal hewan yang terjerat sampah, pohon yang ditebang sembarangan dan sampah dimana-mana. Semua kerusakan yang kita buat itu makin memicu bumi makin panas

Dan kayaknya saya sering membahas tentang pemanasan global ini. Karena mirisnya meskipun sudah banyak yang bersuara soal pemanasan global tetep aja urusan sampah kita ngga selesai-selesai. Kawan, tukang sampah itu tugasnya mengambil sampah yang sudah kita kumpulkan dengan rapi untuk kemudian di pindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir sampah. Jadi salah kalau kita menganggap mereka bertugas membersihkan sampah kita. Yang harus bersihin sampah kita yang kita sendiri. Kesadaran tiap individu dari mulai anak hingga orang dewasa.

Menurut Nat Geo, Sebuah penelitian memperingatkan bahwa peningkatan air laut secara global dapat terjadi lebih cepat dari yang semula diperkirakan. Dikarenakan meningkatnya akselerasi rata-rata pelelehan es di Greenland dan Antartika seperti dilansir dari bbc.com, Jumat (9/8/2019).

Profesor Michael Oppenheimer, mengatakan bahwa kenaikan air laut yang cepat akan berdampak pada sekitar 50 juta orang yang hidup dan tinggal di kawasan pantai yang rendah. Kita sudah melihat sendiri kan bagaimana dahsyatnya air laut beberapa waktu lalu yang meluluhlantakkan pantai di ancol. Lalu bencana-bencana seperti banjir, longsor dll yang berkaitan dengan air.

Menurut Profesor Oppenheimer  hal ini tidak terjadi secara serta merta menenggelamkan seluruh kota tersebut, tetapi akan dimulai dengan terbenamnya bagaian-bagian penting kota itu. Seperti yang dikutip dari bbc.com.oh.

Lalu tindakan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu bumi agar tidak semakin panas? Berikut lima cara untuk membantu bumi agar tidak semakin panas.
 
Jose Antonio Alba
1. Hemat energi
Ini wajib ya, peralatan elektrik yang kita gunakan akan memicu semakin tipisnya lapisan ozon sehingga menyebabkan bumi semakin panas. Cabut peralatan elektrik jika tidak digunakan sebab elektrik yang tetap nempel di saklar itu walaupun tidak dihidupkan tetap saja akan menarik watt listrik. Penghematan energy listrik ini juga memiliki efek positif yang lain loh. Pengeluaran pembayaran listrik juga bisa semakin rendah kalau kita bisa menghemat listrik.

2. Gunakan transportasi umum atau bersepeda jika jarak yang ditempuh memungkinkan.
Banyak kota yang kini berusaha memperbaiki moda transportasi umumnya demi kenyamanan penumpang. Juga jalur khusus sepeda disediakan. Jadi cobalah untuk mengubah mind set kita kalau kemana-mana itu kudu pake kendaraan pribadi atau bermesin. Tapi, cobalah untuk menggunakan transportasi umum atau sepeda jika jarak yang di tempuh memungkinkan. Dengan transportasi umum pengehematan bahan bakar bisa dilakukan. Atau keluarlah jika ada kepentingan, apalagi untuk wanita yang sudah menikah, bukankah lebih baik berada di rumah jika suami sedang tidak ada di rumah?

3. Kurangi mengkonsumsi protein hewani
Mungkin ini agak sedikit bertentangan ya terutama bagi mereka yang sedang diet keto dimana daging menjadi menunya. Tapi kawan, proses pengolahan daging hingga menjadi kornet atau makanan kaleng itu banyak menghabiskan gas emisi dibanding ikan dan sayur. Jika sulit untuk mengubah kebiasaan makan daging cobalah untuk menguranginya lebih dahulu setidaknya sebulan sekali saja.

4. Reuse, Recycle and Reduce
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Misalnya botol plastik dijadikan pot. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Misalnya membawa kantong belanja sendiri agar penggunaan plastik bisa dikurangi. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Misalnya yang sedang dilakukan orang-orang saat ini yaitu ecobrick.

5. Kampanye atau beritahu kepada yang lain 
Memberitahu kepada orang lain bukan maksud untuk pamer dengan apa yang sudah kita lakukan tapi menularkan semangat untuk sama-sama membantu bumi agar tidak semakin panas. Cara memberi tahu juga ngga perlu nyolot ya, cukup berikan contoh saja dan terangkan apa manfaatnya. Umat islam ini adalah umat dakwah jadi ngga perlu jadi ustad atau ustazah untuk memberitahu orang lain dan ngga melulu harus soal surga neraka. Lingkungan pun menjadi agenda wajib yang harus kita kampanyekan agar bumi mau lebih lama menampung kita.