Beralih ke VPS Sekarang, Untuk website Dengan Kapasitas Extra

Attayaya.netVPS (Virtual Private Server) adalah inovasi baru dibidang IT, jika dulu kita lebih banyak menggunakan hosting yang menyediakan space atau aplikasi berbasis website kini pelan namun pasti VPS akan mengambil alih mengingat kelebihannya yang memang tengah dilirik penggiat IT. Sebelum kita bahas mengenai VPS boleh dong kita flash back ke hosting dulu sebab menurut saya sih, VPS ini semacam penyempurnaan dari hosting apalagi sekarang kan zamannya virtual ya. 

Secara sederhana VPS adalah server virtual yang dapat digunakan seperti computer biasa yang pasti di dalamnya kita bisa menambah Operating System sendiri, software atau hanya untuk sekedar menyimpan data. Sama seperti hosting, jika kamu ingin menggunakan layanan VPS maka wajib membayar biaya langganan kepada penyedia jasa VPS. Saya belum tau pasti nih soal jangka waktu, apakah bisa dibayar pertahun atau perbulan. Jika kamu tertarik untuk mengetahui VPS dan ingin memilikinya kamu bisa beli VPS Indonesia disini 

Gerd Altmann

Apa kelebihan VPS dibanding hosting?
Hosting memiliki kapasitas unlimited, semakin besar hosting yang dimiliki oleh suatu website maka akan semakin banyak data yang bisa di upload atau download ke dan dari website tersebut. sebab satu server hosting mampu menampung beberapa web dengan user yang berbeda. Tanpa hosting sebuah web tidak akan bisa terisi oleh video, gambar, aplikasi atau hanya sekedar artikel. Nah, sekarang udah tau kan kalau setiap video, aplikasi dll yang kalian upload/download itu punya muaranya. 

VPS pula seperti yang saya bahas sedikit di awal tadi adalah Virtual Private Server yang secara keseluruhan digunakan sebagai cloud computing, software bot untuk menjalankan trade Forex. Sekilas mungkin VPS hampir sama dengan hosting tapi melalui VPS kalian dapat menambahkan Operating System (OS) sendiri, menambahkan beberapa platform.

Keunggulan VPS tidak terbatas hanya pada itu saja, ia juga dapat beroperasi dengan baik meskipun computer kamu tidak memiliki spek yang tinggi. Selagi masih terkoneksi dengan internet maka kamu masih bisa bekerja dengan baik sebab VPS menyediakan layanan spesifikasi Memory, processor, atau SSD yang kamu butuhkan.

Yang menjadikan VPS ini jauh lebih baik daripada shared hosting adalah kamu akan mendapatkan RAM dan kapasitas disk sendiri. Jika kamu ingin mendapatkan traffic yang tinggi tentu bergantung pada kecepatan performa RAM dan disk dari server kan. Nah inilah yang menjadikan VPS paling tepat digunakan untuk perusahaan besar yang belum siap menggunakan Dedicated Server tapi ingin meninggalkan shared hosting. 

Distribusi kapasitas CPU untuk website ini pun akan bergantung pada provider masing-masing. Dimana akan ada provider dengan kapasitas yang lebih besar, dan ada pula provider yang tidak memberikan kapasitas yang besar. Dengan kapasitas ini, pengguna VPS tentu bisa menginstal berbagai software yang diperlukan.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh VPS rasanya kamu akan tertarik untuk beralih ke VPS kah? Atau masih setia dengan hosting, menurut saya semua tergantung kebutuhan ya. Hanya saja jika ditelusuri VPS memang memiliki banyak kemudahan terutama untuk saya sendiri yang masih menggunakan computer dengan spek rendah. Anyway ada satu lagi nih yang mau saya jelaskan yaitu tentang CDN yang akan membuat performa VPS bisa bekerja secara maksimal.

Pete Linforth

CDN untuk meningkatkan performa VPS
CDN (Content Delivery Network) merupakan teknologi terbaru yang dapat mengirimkan konten dari server ke suatu website. Jaringan ini terletak pada beberapa data center yang tersebar di berbagai Negara. Keunggulan CDN yaitu dapat meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada visitor dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. 

Mungkin kalian akan berpikir apa pentingnya menggunakan teknologi CDN padahal sudah ada VPS. Jadi gini loh, sepower apapun hosting kamu seperti misalnya VPS atau dedicated server tadi tetap saja kehadiran CDN memiliki efek yang cukup berarti. Tidak perduli seberapa besar recource yang kamu miliki tetap saja jarak atau lokasi dari sebuah server adalah factor krusial untuk meningkatkan kecepatan sebuah website.

Masih bingung ya? Penjelasannya begini, misalnya dari hasil penelusuran ternyata website kamu banyak dikunjungi oleh visitor dari India. Tentu ini menjadi keuntungan untukmu terus memberi informasi melalui website mu untuk para visitor yang berada di sana kan. Nah ternyata karena lokasinya jauh dari Indonesia tentu jarak menjadi kendala. Kehadiran CDN akan mempermudah mengirimkan informasi tersebut karena ia akan menjadi lokasi terdekat yang paling memungkinkan misalnya Indonesia – Singapura – India. Dengan adanya CDN maka pengiriman file akan lebih cepat sampai. Tidak hanya itu CDN juga memiliki manfaat lainnya seperti:

CDN dapat memastikan sebuath website dapat diakses secara global
Penyedia CDN memiliki beberapa server yang tersebar di seluruh dunia ini tentunya akan memungkinkan visitor dari seluruh dunia dapat mengakes website kamu.  Ketika ada visitor yang ingin jalan-jalan ke situs kamu makan CDN akan mengarahkannya dengan mencari server yang paling dekat dengan negara dimana websitemu lounching. Ini tentunya akan mengurangi beban server saat website mu kebanjiran visitor. 

Karena sifatnya global kamu tidak perlu risau dengan adanya kebijakan beberapa Negara yang kadang menerapkan kebijakan memblokir akses pada jaringan tertentu yang membuat pengguna Negara tersebut tidak bisa mengakses situsmu. Disinilah CDN akan bekerja, ia mencari server terdekat yang mengijinkan akses jaringan dari seluruh dunia.

Sumanley xulx

CDN juga cukup efektif mengurangi penggunaan resource
CDN melakukan cache dan mengirimkannya kepada visitor dengan meminimalisir permintaan ke server hosting.  Ini sangat bermanfaat bagi kamu yang mempunyai hosting dengan sumber daya yang terbatas. Misalnya adanya pembatasan bandwidth yang terkadang bisa melebihi kapasitas yang ada. Selain itu di beberapa penyedia hosting juga menerapkan batasan disk space maupun RAM untuk sebuah hosting. 

Kecepatan loading dan peningkatan peringkat yang lebih baik dari mesin pencari
Kecepatan loading adalah hal yang paling dicari visitor untuk membuka sebuah website. Menurut analisa sebagian besar visitor menghabiskan 1-3 detik untuk membuka sebuah web. Lebih dari itu mereka akan enggan untuk membuka kembali web kamu. So, CDN dapat meningkatkan kecepatan loading situs web sebab visitor tidak perlu melewati beberapa routing server di seluruh dunia. Cukup mengarahkannya ke server yang paling dekat dengan visitor. Beberapa penyedia CDN juga memiliki fitur SSL yang dapat digunakan secara gratis. Hal ini berguna sebab mesin pencari akan mengingat situs web yang aman dan cepat jadi CDN akan meningkatkan kualitas situs web yang sekaligus meningkatkan kepercayaan mesin pencari.

Dengan segala kelebihan CDN saya rasa teknologi ini benar-benar membantu para penggiat social media khususnya website. Sebab akses kemudahan penyampaian informasi adalah hal yang paling utama dicari oleh visitor. Tidak heran banyak perusahaan yang kini melirik teknologi ini untuk mempercepat kinerja mereka menyampaikan informasi kepada masyarakat luas di seluruh negara.