Tujuh Fakta Unik tubuh Manusia yang Jarang Kamu Tahu!

Attayaya.net -  Tujuh fakta unik tubuh manusia yang jarang kamu tahu!

Manusia ini diciptakan dengan sebaik-baik bentuk oleh Alloh. Sebagai salah satu ciptaannya tentu saja tubuh kita memiliki keunikan tersendiri. Misalnya rambut kita ternyata sebaik apapun kita merawatnya ia tetap akan rontok pada waktu-waktu tertentu. Bahkan sebuah penelitian mengatakan wajar jika dalam sehari kita kehilangan 50 - 100 helai rambut. Wow banyak kan. Apakah kita botak setelah kehilangan rambut-rambut itu. Tidak. Kebotakan akan terjadi jika kerontokannya melebihi jumlah tersebut.

Henning Westerkamp



Ada lagi fakta tubuh manusia yang unik misalnya bola mata yang jika kita berkedip akan kembali basah. Maka itu kedipan mata sifatnya refleks dan tidak terkendari. Ia akan berkedip sendiri tanpa diperintah, sudah otomatis begitu. 


Dibawah ini akan dirangkum beberapa fakta unik lainnya tentang tubuh manusia dalam tujuh fakta unik tubuh manusia yang jarang kamu tahu!. cekidot ya.

1. Jika ingin menyembunyikan identitas diri, sebaiknya kamu tidak menjulurkan lidah secara sembarangan. Karena sama seperti jari, setiap orang memiliki cetakan lidah yang berbeda-beda. 

Sekilas mungkin lidah kita terlihat sama namun nyatanya tidak. Coba deh perhatiin bintil-bintil kecil yang ada di permukaan lidah, pasti beda dengan orang lain, meskipun itu anak kita sendiri.

2. Ternyata, tidak hanya binatang yang dapat mengalami pergantian kulit. Karena manusia merontokkan 600.000 partikel kulit setiap jam-nya sehingga diperkirakan rata-rata orang kehilangan 10 pon kulit pada usia 70 tahun.

Jadi pelepasan sel kulit mati itu akan terus terjadi ya kawan. Terus apa gunakanya skin care yang berfungsi untuk meregenerasi kulit kalau nyatanya Alloh sudah ciptakan sel kulit baru untuk mengganti sel kulit mati yang otomatis lepas tadi? Nah lo...

3. Orang dewasa memiliki jumlah tulang lebih sedikit dibandingkan saat masih bayi, Pada waktu memulai kehidupan, seseorang memiliki 350 tulang. Tetapi seiring pertumbuhannya, beberapa tulang ada yang menyatu sehingga saat dewasa hanya memiliki 206 tulang.

PublicDomainPictures

Cuma 206 tulang lo kawan, terus kenapa semakin tua kita semakin ndut? tidak lain karena semakin bertambahnya usia metabolisme tubuh juga melambat. Hal ini akan menunjukkan efek besar jika kita ngga nahan makan. Dan jangan lupa kebanyakan makan bikin kita lalai beribadah loh.

4. tanpa disadari setiap 3 -4 hari seseroang akan mendapatkan lapisan perut yang baru. Sebab, jika tidak ada pergantian lapisan, asam di perut yang harusnya menghancurkan makanan justru akan menghancurkan dinding perut.

Serius, ini pengetahuan baru buat saya karena selama ini yang kita pikirkan kan cuma lambung ya. Ternyata asam itu ngga cuma dilambung loh, di perut juga ada dan fungsinya juga Masya Alloh banget. Ngga kebayang kan kalo perut di hancurkan dari dalam karena  hanya dengan tidak adanya pergantian lapisan perut baru? Masya Alloh....

5. Hidung manusia memang tidak memiliki sensitifitas yang tinggi seperti anjing. Tetapi, hidung manusia mampu mengingat 50.000 bau yang berbeda.

Bau ini macam-macam kawan, dari yang harum sampai yang bau. Makanya kita bisa ingat bau badan suami, istri, anak, tetangga #eh.

6. Usus kecil manusia sekitar 4 kali rata-rata tinggi orang dewasa. Karenanya, jika tidak melingkar bolak-balik maka usus yang panjanganya 548,64 - 701,04 cm tersebut tidak akan dapat masuk ke dalam rongga pertu dan bentukanya akan berantakan.

Elionas2

Ini juga salah satu bukti kemaha kuasanya Alloh dalam menciptakan manusia ya teman. Saya ngga ngebayangin panjang usus itu kalau ngga tersusun rapi udah kayak benang aja saling melilit. 

7. Setiap inci dari kulit tubuh manusia memiliki sekitar 32 juta bakteri di atasnya. Namun, beruntungnya sebagian besar dari bakteri tersebut tidak berbahaya. 

Salah satu cara memperbanyak bakteri baik dalam tubuh adalah dengan terus menumbuhkan mereka loh bisa dengan cara makan makanan sehat, olah raga, tidur teratur dll. Hindari yang membuat mereka mati di makan bakteri jahat karena meskipun jumlah mereka banyak tapi kalau pola hidup kita ngga sehat maka mereka akan habis di babat bakteri jahat.

Well, kawan seriusly membaca fakta unik tubuh manusia di buku 2000 fakta pengetahuan ter  di Dunia ini dan saya rangkum dalam tujuh fakta unik tubuh manusia yang jarang kamu tahu bikin saya ngga berhenti mengucap syukur bahwa betapa baiknya Alloh pada kita ya. Dari sejak penciptaan sampai penjagaan kita. Maka nikmat Tuhan mu yang mana lagi yang kamu dustakan?