Siapakah Sebenarnya Penemu Telepon? Temukan Jawabannya Beserta Fakta Unik Keju

Attayaya.net - Siapakah Sebenarnya Penemu Telepon? Temukan Jawabannya Beserta Fakta Unik Keju.

Gerd Altmann

Judulnya panjang banget ya, hahahhaa biarin abis aku lagi seneng ngebahas beberapa topik dalam satu publishan. Kalo di bahas satu-satu aku takutnya kalian bosan. Kalo borongan ginikan jadi bisa tau beberapa pengetahuan dalam satu artikel. Ya, meskipun aku ngupasnya dikit-dikit dan singkat aja. Kalian kalau mau tau cerita panjangnya bisa search dari website terpercaya.

Jadi kekepoan ku kali ini akan membahas siapa sebenarnya penemu telepon -- ini yang pertama. Sebab ada seuprit tulisan yang aku baca kalau sebenarnya penemu telepon bukan Alexander Graham Bell melainkan orang lain. Nah loh? gimana nih? secara selama ini aku taunya ya si babang Bell itu penemu telepon. Ya kalo penemu smart phone sih mungkin hasil dari inovasi telepon yang terus berkembang ya. 

Ada yang mengklaim bahwa Simon adalah smartphone pertama yang terbit. Bentuknya masih kayak telepon genggam biasa gede gitu tapi sudah lebih baik dari telepon kabel. Sebab Simon sudah boleh dibawa kemana-mana. Ngga nempel di dinding atau letak di meja lagi. Penjelasan selanjutnya tentang telepon akan kita bahas lebih lanjut ya. 

Siapakah sebenarnya penemu telepon? Temukan Jawabannya beserta fakta unik keju

Thanapat Pirmphol


Antonio Meucci (1808 - 1889) dari Italia menemukan telepon pada 1849. Alexander Graham Bell sebenarnya bekerja pada Meucci tapi ia mematengkan salinananya pada 1876 dan mengakui alat komunikasi tersebut sebagai temuannya.

Kalo aku bilang Antonio Meucci ini apes banget dah. Punya asisten yang menusuknya dari belakang. Jadi ternyata temen makan temen tu bukan hanya terjadi hari gini gaes. Dari dulu juga udah ada. Noh buktinya Alexander Graham Bell. Kalo kalian buka buku sejarah penemu telepon pasti akan tercatat dengan terang disitu bahwa ia adalah Alexander Graham Bell. Hal ini semakin memperkuat karena belakang namanya adalah Bell yang bunyinya emang kayak bel kan.

Terus kemana si babang Antonio Meucci? Nama beliau hilang dari daftar penemu, ngga di akui lebih tepatnya sebab si Graham Bell mematenkan penemuan telepon pada tahun 1876. Dengan berbekal salinan kerja dari sang majikan Graham Bell hingga kini dikenal sebagai penemu telepon.

Benarkah penemu bola lampu Thomas Alva Edison?

Alexas_Fotos
Bola lampu pertama kali dipatenkan pada 1878 oleh Sir Joseph Wilson Swan di Inggris. Thomas Alva Edison hanya membuat sedikit tiruan yang lebih baik dan berusaha mematenkannya kembali di Amerika setahun kemudian. Namun pada 1892 kedua perusahaan tersebut bergabung dan menjadi General Electric. Setelah itu, barulah mereka menggunakan metoda asli dari hasil temuan Swans untuk membuat bola lampu.

Dan hingga hari ini kita mengenal Thomas Alva Edison lah sang penemu bola lampu sebab dia yang mematenkan produk yang sebenarnya telah dirancang duluan oleh Swan. Perusahaan GE pula paling terkenal hingga kini sebagai cikal bakal kooperation bola lampu. See, betapa siapa yang mematenkan dialah yang memiliki nama dan dikenal sejarah.

Paul Anderson sang atlet angkat besi

Paul Anderson, atlet angkat berat dari AS memenangkan medali emas pada 1956. Ia berhasil mengangkat barbel seberat 3.000 kg hanya dengan punggungnya pada 1957. Sedangkan, William Pagel mengangkat barbel lebih berat 500 kg dari Paulus Anderson sambil menaiki 2 - 4 m anak tangga.

Manusia terkaya yang menyumbangkan uangnya untuk riset penyakit kanker

Manusia terkaya di dunia selama 20 tahun adalah tokoh terkemuka dari sebuah usaha jasa pengiriman, yaitu Daniel K. Ludwig (1897 - 1992). Ia memiliki sejumlah kekayaan sedikitnya 3.000 juga dolar pada 1977. Ia pun menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk riset penyakit kanker.

Jika orang beranggapan jasa pengiriman bukanlah bisnis yang menggiurkan, Anda salah. Nyatanya om Daniel di daulat sebagai orang terkaya. Dan kekayaannya ngga hanya dinikmati sendiri, beliau menyumbangkan uangnya untuk riset penyakit kanker. Kita harus berterima kasih kepada beliau sebab dengan kebaikan hatinya penyakit kanker kini bisa di atasi dengan serentetan penelitian yang dibiayai oleh Daniel ini.

Penemu keju adalah pengembara Arab

Jill Wellington

Seperti yang kita tahu bahwa keju merupakan bahan makanan yang disukai orang barat. Padahal, keju pertama kalinya ditemukan di Timur Tengah oleh seorang pengembara dari Arab. Pengembara tersebut membawa susu yang dimasukkan ke dalam kantung pelana kuda sebagai bekal di perjalanan melewati padang gurun. 

Setelah beberapa lama, susu tersebut berubah menjadi air yang bergumpal dan berwarna putih. Hal itu karena pelana terbuat dari bekas kulit perut binatang yang mengandung enzim rennin. Ternyata, hasil kombinasi dari enzim rennin, cuaca panas, dan guncangan kuda telah mengubah susu menjadi keju. Tidak disebutkan siapa pengembara Arab tersebut namun temuannya yang tidak disengaja sangat bermanfaat hingga kini. Alhamdulillah.

Hamburger diambil dari nama sebuah kapal

Robert-Owen-Wahl

Hamburg adalah nama sebuah kapal yang mengangkat penumpang dari Eropa menuju Amerika utara. Dalam perjalanan karena sang pemilik kapal ingin mendapatkan keuntungan maka ia menjual dan mengolah sisa-sisa roti dan bawang yang dicampur daging giling menjadi lempengan daging. Kemudian, diselipkan ke dalam roti lapis. Ternyata,  roti buatannya laku keras sehingga mereka menyebut makanan tersebut sesuai dengan nama kapal. 

Setelah para penumpang tiba di Benua Amerika, karena kesibukan dan untuk menghemat biaya serta waktu, mereka menirukan makanan yang pernah mereka nikmati sebagai makanan sehari-hari. Hingga kini hamburger menjadi fast food yang paling digemari di seluruh dunia.

Ngga cuma siapakah sebenarnya penemu telepon dan fakta unik keju ya. Akhirnya saya membahas sampai kepada hamburger juga. Semoga bermanfaat ya.