Fakta Unik Penemuan Negara Untuk Pertama Kalinya

Attayaya.net - Fakta unik penemuan negara untuk pertama kalinya

Pengetahuan tentang dunia saat ini semakin berkembang. Jika dulu kita hanya tahu tentang penemu bola lampu, radio, televisi, energi terbarukan, pesawat dll, sekarang dengan teknologi kita jadi lebih banyak mengetahui apa saja yang terjadi pada satu masa dulu. Untuk hal ini  kayaknya kita kudu terima kasih sama google. Eh, apa gitu?

Ya sebab banyak orang pintar di luar sana yang menuliskan tentang penemuan-penemuan yang belum diketahui. Mereka menulisnya di laman web masing-masing, baik berupa tulisan pribadi atau portal berita untuk berbagi informasi. Ini semacam keuntungan bagi kita pengguna internet. Dan bukankah teknologi internet ini juga ada penemunya?

Beberapa rangkuman fakta unik kali ini pingin share tentang penemuan negara, siapa sebenarnya penemun Amerika Utara? benarkah babang Colombus atau ada orang lain yang sudah lebih dulu kesana. Terus siapa yang peradapannya lebih maju pada suatu masa dulu benarkah Amerika? Berikut fakta unik penemuan negara untuk pertama kalinya.


Fakta Unik Penemuan Negara Untuk Pertama Kalinya

cocoparisienne

Bangsa Cina telah menyebrangi samudra dengan kapal besar dan menemukan Meksiko sekitar tahun 459 M. Begitupun dengan negara-negara lain.

Bicara tentang Meksiko berarti kita akan terseret dalam sejarah panjang peradaban Maya. Sebuah peradapan yang tergolong maju pada saat itu, mereka berkembang di wilayah Mesoamerika yang terbentang dari wilayah Meksiko Utara sampai Amerika Tengah. Suku Maya sudah mengenal tulisan dan peradaban pertinggi mereka adalah sistem kalender.

Pernah dengar beberapa waktu lalu dunia sempat geger dengan akhir dunia? atau kiamat dalam kepercayaan kita muslim atau end of the world kata orang Eropa. Nah, tercetusnya isu itu disebabkan karena menilik dari sistem kalender suku Maya. Padahal pada saat itu kalender mereka jika sudah sampai di penghujung tanggalan maka akan kembali ke angka 0. Dan memang penemuan suku Maya dalam ilmu matematik adalah penanggalan 0 dalam perhitungannya.

Pada tahun 459 M. Bangsa Cina sudah banyak melakukan pelayaran, salah satunya adalah mereka menemukan Meksiko yang kala itu masih dalam bentuk peninggalan suku Maya. Peradapan Maya yang berkembang selama ribuan tahun sebelum masehi menjadikan Meksiko kenal dengan tata cara hidup dari suku Maya.

Bangsa Viking dari Eropa Utara mempunyai daerah jajahan kecil di sekitar pantai timur Amerika sekitar 900 SM
Iván Tamás

Viking adalah suku bangsa dari Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan paling terkenal sebagai perompak. Karena seringkali setelah gagal berniaga mereka menjarah, menduduki wilayah dan berdagang sepanjang pesisir sungai dan pulau kecil di Eropa. Hal ini terjadi sekitar tahun 800 dan 1050. Mereka sering menyebut dirinya sebagai orang yang berasal dari Utara. Wilayah jajahan perdagangan mereka meliputi hingga pesisir timur laut Amerika Utara, serta bagian timur Eropa sampai ke Rusia dan Konstantinopel. Sebutan Viking pula digunakan untuk seluruh populasi Skandinavia atau disebut pula vikinger fra Estland (Viking Estonia).

Amerika Utara pertama kali ditemukan pada 1472 oleh Joao vas de Corte Real, asal Portugis. Sedangkan Colombus datang untuk pertama kalinya 20 tahun kemudian yaitu tahun 1492.

Membaca ini membuat saya terkaget loh gaes, Lah gimana ngga. Seingat saya ketika sekolah dulu dan ada pelajaran sejarah. Di buku sejarah tertulis bahwa penemu Amerika Utara adalah Colombus bukan Joao vas de Corte ini. Lalu manakah yang benar?

João Vaz Corte-Real pada tahun 1420 adalah seorang pelaut Portugis , yang diklaim oleh beberapa akun sebagai penjelajah sebuah tanah bernama Terra Nova do Bacalhau ( New Land) dari Codfish ). Dalam pelayarannya Joao menemukan New Land yang kemudian berspekulasi mungkin telah menjadi bagian dari Amerika Utara. Namun karena kurangnya bukti yang menguatkan penemuan tersebut sepenuhnya tetap spekulatif dan tersimpan.

Mills Darden asal Amerika (7 Oktober 1799 - 23 Januari 1857) diduga telah menjadi salah satu orang terbesar dalam sejarah.

Diketahui Mills memiliki tinggi sekitar 2,29 m dengan berat 463 kg. Artinya Darden memiliki ukuran 30 persen lebih tinggi dan sekitar 6 kali lebih berat dari rata-rata laki-laki Amerika. Sementara istrinya yang meninggal pada 1837 hanya memiliki berat 46 kg dengan tinggi 1,5 m. Imut banget kan gaes. Ngga kebayang deh wanita menikahi pria yang tingginya berlipat-lipat kali dari dirinya.

Negara Vatikan didirikan tahun 1929 dengan bantuan seorang diktator fasis Mussolini yang ingin mendapatkan dukungan dari gereja.

Kalo mau diceritain tentang Mussolini ini kayaknya saya harus bikin satu postingan baru ya, sebab Mussolini dengan fasisnya ini tokoh yang luar biasa kejam. Namun secara singkatnya Mussolini ini orang biasa yang akhirnya jadi tokoh legend yang dibenci Itali sebab kekejamannya. Gimana ngga kejam, dia ini temen baiknya Adolf Hitler. 

Patung Liberty berada di pulau kecil di Kota New York, Amerika Serikat. Patung tersebut merupakan monumen bersejarah yang dibanggakan oleh rakyat negeri Paman Sam.

Armelion

Patung tersebut dibuat oleh pemerintah Prancis sebagi dukungan untuk merayakan hari kemerdekaan Amerika Serikat yang ke 100 pada 4 Juli 1884. Tetapi karena fondasinya terlambat dibangun maka acara peremiannya tertunda hingga 28 Oktober 1886. Karenanya patung Dewi Liberty memiliki dua versi hari ulang tahun.