4 Mobil Offroad yang Digilai Petualang Indonesia

Attayaya.net - 4 Mobil Offroad yang Digilai Petualang Indonesia

Indonesia kaya akan pemandangan alamnya yang menakjubkan dan sangat menantang untuk diteroka. Medannya yang terjal menjadi tantangan tersendiri untuk ditaklukan. Para petualang Indonesia suka dengan jalur terjal itu. Semakin menantang maka semakin memicu adrenalin Mereka sampai rela meluangkan waktu dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa meneroka alam Indonesia.

Modal untuk meneroka alam Indonesia tidak hanya sebatas fisik yang kuat. Tunggangannya juga harus kuat. Itu sebabnya para petualang tidak sembarangan memilih mobil offroad. Mobil-mobil ini didesain khusus untuk medan yang sulit, track yang berliku serta bebatuan terjal. Harga mobil offroad memang relatif lebih mahal dari city car tapi jangan salah. Biaya pembelian mobil itu bukan menjadi penghalang bagi para pecinta offroad.

Ada beberapa jenis mobil offroad yang sampai saat ini masih menjadi pilihan favorite para pencita alam. Mobil jenis jeep, land rover adalah yang paling dicari. Namun ada juga jenis mobil lain yang juga diminati. Udah ngga sabar nih nunggu repiuan mobil apa aja yang cocok untuk offroad? Berikut 4 mobil offroad yang digilai petualang Indonesia.


Suzuki Vitara, Escudo, Sidekick

Sergive Detusnev

Mobil offroad keluaran suzuki ini ngga sembarangan ya gaes. Body yang gagah, simple dan ngga banyak cing cong ini menjadi andalan suzuki untuk jenis mobil offroad. Mobil yang masuk dalam kelas SUV (sport Utility Vehicle ini mundul dengan satu seri platform seri SE416 dari suzuki. Ianya memiliki fitur penggerak 4 x 4 sama dengan 16. *Eh

Tambahan yang lebih keren lagi adanya suspensi independen dengan coil spring dan mesin yang bertenaga. Cocok untuk melibas berbagai tantangan di medan perang. Rangka mobil yang terkesan simple ini juga ngga sembarangan. Desain ini sengaja di buat agar lebih mudah melintasi medan tersulit sekalipun mulai dari batu, jalan curam sampai sungai berbatu.

Kelemahan dari seri mobil offroad ini adalah ianya sudah mengurangi salah satu fitur penting dalam dunia mobil offroad, yaitu penggerak 4x4. Mobil yang rilis di tahun 1992 – 1996 ini kerap di restorasi oleh produsennya dengan tujuan untuk terus eksis di dunia offroad dan tetap menjadi pilihan para petualang. 

Land Rover Series, Defender

Public Domain Picture

Land Rover pertama kali dikenalkan sekitar tahun 1950-an dan langsung berhasil menarik perhatan para pecinta offroad. Mobil buatan Inggris ini sukses menjadi primadona tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Kalau dilihat sekilas aja ya, tentu mobil ini memang bukan sembarangan. Kekuatan Land rover termasuk yang perfect. 

Tidak hanya cowok, kaum cewek juga seneng dan ngerasa cakep gitu kalo di duduk disamping si cowok yang mengendarai mobil ini. Akurasi perbandingan gigi rasio rendah dan mampu membuat mobil ini merayap manjah di tanjakan dan tebing terjal tanpa menginjak pedal gas menjadi kelebihan pamungkas si Land Rover ini.

Namun, inovasi Land Rover tidak berhenti sampai disitu seri Defender ini juga dinilai masih memiliki kemampuan yang sama bahkan lebih oke dibanding suksesornya. Beberapa peremajaan juga dilakukan di sektor keamanan dan kenyamanannya. Sekarang mobil offroad ini sudah teraplikasi dengan lebih baik.

Suzuki Jimmy

andy ballard
 
Jip mungil lebih dikenal dengan nama Jimy Jangkrik. Jepang pertama kali merilis mobil ini bersamaan dengan tipe LJ80 dan langsung sukses menarik perhatian pecinta offroad di Indonesia. Terbukti dengan langsung diluncurkannya seri SJ410 yang sampai sekarang masih digunakan untuk kompetisi adventure offroad Indonesia dan dunia.

Badan mobil yang kecil dibanding mobil offroad lainnya tidak bisa dipandang enteng. Sebab dengan body mungilnya itu Jimmy malah lebih gesit di kelasnya saat melintasi lintasan yang sempit. Meskipun kapasitas penumpangnya terbatas seperti juga mesinnya, namun tidak sedikit para pecinta offroad yang mengganti sumber tenaga mesinnya dengan yang lebih besar supaya lebih gahar di medan terjal.

Meskipun mobil offroad kini semakin banyak bermuculan namun jimmy mungil ini masih diminati oleh penggila offroad dari generasi ke generasi sehingga masih tetap di produksi hingga saat ini.

Marcedes – Benz G Class
 
thomas B
 Sebagai mobil keluaran Jerman yang selalu mengutamakan kualitas, Marcedes Benz G Class selalu mempertahankan identitasnya sejak pertama kali rilis. Memiliki daya tempur yang mampu melibas segala medan mobil hasil racikan pabrik Magna Steyr dari Austria ini memiliki banyak peminat. Walaupun awalnya dulu mobil ini dirancang untuk kendaraan militer, namun nyatanya pecinta offroad pun banyak meminatinya.

Hal ini karena kemampuannya yang bisa menerobos segala medan membuat mobil ini akhirnya di produksi secara massal untuk memenuhi keinginan pecinta offroad.