Mengenal Ciri Ball Bearing Berkualitas Tinggi

Attayaya.net - Pada setiap kendaraan bermotor ada bagian-bagian yang tidak terlihat namun memiliki peran yang sangat penting. Seperti misalnya bagian bearing atau laher yang berfungsi untuk menjaga bagian poros pada roda agar tidak bergesekan secara langsung dengan rumah as yang letaknya berada di velg motor. Dengan adanya bearing ini akan membuat perputaran roda jadi lebih aman dari adanya gesekan serta membuat pergerakannya jadi lebih stabil. Bearing sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah ball bearing. Apa itu bola bearing dan bagaimana ciri-cirinya yang masuk dalam kategori bearing yang berkualitas, berikut penjelasannya lengkap untuk Anda.

Perhatikan Ciri Bearing Ball Berkualitas Berikut Ini Sebelum Membeli


Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bearing atau laher pada motor adalah bagian dari kendaraan bermotor yang menghubungkan antara komponen as roda dengan komponen tromol. Karena adanya laher atau bearing inilah yang memungkinkan roda motor dapat berputar dengan lebih bebas. Dinamakan bearing juga karena komponen ini memiliki peran untuk meredam terjadinya kejutan pada roda yang biasanya dialami ketika kendaraan melewati jalan yang tidak rata atau jalan yang rusak. Untuk memilih  ball bearing dengan kualitas baik, Anda harus tahu ciri-cirinya terlebih dahulu, yaitu:

1.    Bahan / Materialnya Mulus
Ciri-ciri yang menandakan apakah ball bearing  memiliki kualitas yang baik atau tidak bisa dilihat dari material atau bahannya. Laher atau bearing yang berkualitas terbuat dari material yang mulus tanpa ada cacat atau goresan. Selain itu juga bahan yang digunakan cenderung lebih terang dibandingkan bearing dengan kualitas yang kurang bagus.

2.    Presisi (Tidak Oleng)
Ciri-ciri ball bearing berkualitas selanjutnya adalah presisi. Artinya, bearing tidak oleng ketika dipasang. Presisi dari bearing ini akan menentukan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Selain itu saat dipasang juga akan membuat kendaraan jadi lebih stabil. Itulah kenapa saat komponen ini sudah goyang harus segera diganti.

3.    Merek, Jenis dan Ukuran Tidak Samar
Untuk membedakan apakah bearing yang akan Anda beli termasuk dalam bearing yang berkualitas atau tidak, cara membedakannya yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan tulisan merek, jenis dan ukurannya. Karena terbuat dari bahan yang mulus, maka seharusnya tulisan merek, jenis dan ukurannya terlihat jelas dan tidak samar. Jika Anda membeli dan mendapati kondisi bearing tidak seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda sebaiknya berhati-hati karena bisa saja itu bukanlah bearing berkualitas.

4.    Putarannya Halus dan Tidak Tersendat
Ciri-ciri terakhir untuk membedakan apakah bearing memiliki kualitas yang baik adalah dengan cara memutarnya. Caranya, putar bearing secara lambat, jika putarannya halus dan tidak tersendat maka bisa dijamin bearing atau laher tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Begitupun sebaliknya, jika diputar secara lambat tapi putarannya terasa tidak halus bahkan tersendat-sendat maka bearing tersebut bukanlah bearing berkualitas.


Memperhatikan setiap komponen pada kendaraan tidak hanya untuk melengkapi kendaraan saja. Lebih dari itu, kelengkapan kendaraan bermotor yang diperhatikan dengan baik juga akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Untuk itulah, ketika membeli komponen kendaraan bermotor Anda harus memperhatikannya dengan cermat agar bisa mendapatkan komponen berkualitas terbaik. Seperti misalnya saat membeli bearing atau laher. Agar Anda bisa mendapatkan bearing berkualitas, ciri-ciri bearing ball di atas harus diperhatikan sehingga nantinya Anda tidak rugi karena membeli bearing berkualitas aspal. Jika Anda ingin mendapatkan bearing berkualitas, cobalah cari di logam-makmur.com. Semua produk bisa Anda dapatkan dengan kualitas terbaik disini.