7 Obat Alami untuk Kram Menstruasi

Attayaya.net - Menstruasi adalah bagian alami dari kehidupan wanita, tetapi bagi mereka yang mengalami kram menstruasi, itu bisa menjadi waktu yang sulit. Meskipun kram biasanya bukan alasan untuk khawatir sebab kram biasanya terjadi selama 2 hari saat mentruasi

Seorang wanita yang menderita kram menstruasi akan merasakan sakit di perut bagian bawah dan dapat melebar ke punggung bagian bawah serta paha. Kram ini biasanya akan berkurang setelah dua sampai tiga hari pertama periode tersebut.


Beberapa wanita mengalami kram tepat sebelum siklus haid dimulai. Beberapa hal dapat membuat wanita lebih mungkin menderita kram menstruasi seperti pubertas pada usia dini, genetika, banyak aliran darah selama periode, dan melakukan hal-hal yang tidak sehat seperti merokok, tidak cukup berolahraga, minum banyak alkohol, dan menggunakan obat-obatan terlarang.

Setelah melahirkan, beberapa wanita akan menderita lebih sedikit dari kram menstruasi, atau tidak sama sekali. Bagaimana caranya agar dapat mengurangi rasa sakit akibat kram? Ada beberapa obat untuk meredakan nyeri kram menstruasi. Ada juga beberapa cara sederhana untuk mengurangi rasa sakit akibat kram yang mungkin bekerja lebih baik dan bahkan dapat menghentikan kram sejak awal. Berikut 7 obat alami untuk kram menstruasi

7 Obat Alami untuk Kram Menstruasi

Panaskan perut bagian bawah
 
thank to dismonimo.com

Cara termudah untuk membantu kram menstruasi adalah memanaskan perut bagian bawah. Panas membantu mengendurkan otot-otot yang mengencang di rahim. Letakkan bantal pemanas di bagian bawah perut dan punggung. Kamu juga dapat menggunakan botol plastik biasa yang diisi dengan air panas. Lakukan hingga terasa lebih baik. Kamu juga bisa merendam handuk dalam air panas, memerasnya, dan memanaskannya dalam microwave sebentar. Letakkan di perut bagian bawah sampai handuk mendingin. Gunakan setiap beberapa menit sampai tidak sakit lagi. Selain itu mandi air panas juga bisa membantu meringankan rasa sakit.

Jahe

Jahe membantu meringankan rasa sakit kram menstruasi. Jahe juga dapat melawan perasaan lelah yang datang dengan sindrom pramenstruasi dan dapat membuat menstruasi yang tidak teratur datang tepat waktu. Rebus sepotong parutan jahe dalam secangkir air selama lima menit tambahkan madu dan lemon. Minumlah teh ini tiga kali sehari selama siklus menstruasi. 

Kemangi atau Basil

Kemangi memiliki asam yang mengurangi rasa sakit dan dapat menenangkan kram menstruasi. Tambahkan satu sendok makan daun kemangi ke satu cangkir air mendidih. Tutup rapat lalu dinginkan. Minumlah ini setiap beberapa jam untuk meredakan kram. Kamu juga bisa membuat jus dari kemangi. Tambahkan dua sendok teh jus kemangi ini ke dalam satu cangkir air hangat. Minumlah teh ini tiga kali sehari saat terasa sakit. Atau coba tambahkan daun kemangi segar ke dalam makanan Anda.

Kayu Manis

pixabay

Kayu manis dapat menghentikan pengetatan otot, pembekuan darah, dan pembengkakan untuk membantu meringankan nyeri haid. Untuk membuat teh kayu manis, campur ¼ sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air panas. Diamkan teh selama lima menit, lalu tambahkan madu dan minumlah. Untuk menghentikan kram minumlah dua hingga tiga cangkir teh kayu manis satu atau dua hari sebelum menstruasi dimulai. Ambil secangkir air hangat dan campur dalam ½ sendok teh kayu manis dan satu sendok makan madu. Minumlah tiga kali pada hari pertama haid untuk menghentikan rasa sakit.

Adas

Khasiat adas antispasmodik, fitoestrogenik, dan antiinflamasi dapat membantu melonggarkan otot-otot dalam rahim yang akan menenangkan kram dan nyeri. Caranya
Tambahkan satu sendok teh biji adas ke dalam secangkir air panas.
Biarkan campuran mendidih di atas api rendah selama lima menit.
Tambahkan satu sendok teh madu, dan aduk rata.
Minumlah teh ini dua kali sehari selama tiga hari sebelum siklus haid dimulai. Teruslah meminumnya selama kamu membutuhkannya untuk mengurangi rasa sakit. Jadikan teh panas jadi itu harus bekerja lebih baik.

Molase Blackstrap

Karena banyak vitamin dan mineral dalam molase blackstrap ia dapat membantu menghentikan pembekuan darah dan menenangkan otot-otot dinding rahim. Ini mengurangi kram saat menstruasi.   Tambahkan satu hingga dua sendok teh molase blackstrap ke dalam secangkir susu hangat.   Minumlah segera setelah kamu mulai mengalami kram dan lanjutkan sampai rasa sakit berhenti.

Teh Chamomile

Teh kamomil merilekskan rahim dan memudahkan pengetatan otot yang menyebabkan rasa sakit saat menstruasi. Rebus satu cangkir air, dan tuangkan ke dalam cangkir dengan kantong teh chamomile. Tutup dan biarkan meresap selama 10-15 menit. Peras kantong teh dan tambahkan jus lemon atau madu untuk rasa. Minumlah setidaknya dua cangkir teh ini setiap hari selama seminggu sebelum menstruasi.

Itulah 7 Obat Alami untuk Kram Menstruasi, kamu juga bisa melakukan yoga dan latihan kardiovaskular untuk meredakan kram menstruasi. Minumlah banyak air. Jika  kram semakin parah segerah hubungi dokter untuk penyembuhan selanjutnya.