Panduan Keselamatan Berkendara Bersama Anak

Attayaya.net - Panduan keselamatan berkendara bersama anak sangat penting mengingat Kita tidak sedang sendirian tapi ada orang tersayang yang ikut bersama kita. Auranya tentu beda antara berkendara sendiri dan membawa anak. Apalagi jika anak masih tergolong batita atau balita. Menjaga keselamatan mereka tentu menjadi prioritas. Tak kiralah kita sedang berkendara dengan mobil atau motor. Keduanya memiliki peluang yang sama saat berada di jalanan.

Namun banyak orang tua yang masih sering abai dengan keselamatan anak selama di jalan. Tidak jarang kita lihat seorang ibu atau ayah yang hanya memangku anaknya sambil membawa motor, atau anak yang diberidikan di boncengan belakang dengan alasan supaya kena angin. Pak Bu, di dudukkan ataupun di bedirikan, yang namanya di jalan pasti kena angin. Atau anak yang pakai baju seadanya terus dibawa naik motor padahal udara sedang dingin-dinginnya. Miris bukan? tapi itulah fakta yang setidaknya sering saya lihat di jalan.

martin holy

Jika para orang tua memang benar-benar sayang kepada anak tentu keselamatan mereka baik dari segi keamanan berkendara sampai penjagaan kondisi tubuhnya menjadi prioritas. Baik itu naik mobil atau motor. Sebab sering juga anak yang berada dalam mobil dibiarkan bergerak kesana sini tampa sabuk pengaman, akibatnya saat ngerem mendadak akan tersungkur di jok. Benarkan? Lalu bagaimana agar anak selamat di jalan. Berikut panduan keselamatan berkendara bersama anak.

Pastikan anak kenyang
Ini penting apalagi jika sedang dalam perjalanan jauh. Pastikan anak sudah makan setidaknya 30 menit sebelum berangkat. Kenapa? untuk menghindarinya masuk angin. Beri makanan yang tidak amis seperti sayur, nasi, buah atau protein padat seperti daging. Jangan masukkan menu telur atau ikan ke dalam nasinya, ini untuk menghindari kalau ia muntah di mobil.

Jangan terlalu banyak ngemil selama di jalan
Seringkali supaya anak ngga kelaparan di mobil maka diberi segala jenis jajanan. Sah-sah saja sih memberi anak cemilan selama di perjalanan cuma jangan terlalu berlebihan. Hindari memberinya cemilan terlalu banyak terutama yang mengandung pengawet, pemanis dan asam. Berikan roti gandum atau roti keju supaya kenyangnya awet. Sebaiknya anak tidak diberikan coklat atau es krim karena memicu mual.

Gunakan sabuk keselamatan
Khusus yang berkendara dengan mobil sabuk keselamatan sering kali tidak dipakai. Syukurlah kini teknologi terbaru dalam mobil dipasang sensor sabut pengamana. Ini bukan berarti tidak berguna tapi justru mengingatkan sopir agar memberitahu penumpang disamping untuk memakai safety belt.

rhonda jenkins

Sediakan kursi khusus anak
Memang membutuhkan kos yang agak tinggi mengingat chair kid ini memang terbilang mahal tapi jika ibu hanya berdua saja bersama anak, maka kursi khusus anak ini penting loh, supaya anak ngga lompat sana sini.

Jauhkan anak dari peralatan eltronik yang berbahaya.
Kadang sering dijumpai berbagai peralatan elektrik dalam mobil yang berserakan. Dengan alasan supanya gampang ngecas Hp, jadi alat-alat berbahaya ini dekat dengan jangkauan.

Sediakan tong sampah
Penting supaya tidak buang sampah sembarangan dari dalam mobil. Jangan banyak alasan. Beli saja tong sampah kecil khusus mobil supaya tertib selama berkendara. Anak-anak juga di didik untuk tidak mengeluarkan sampah dari dalam mobil.

Keselamatan berkendara sepeda motor bersama anak

sharon ank
Pakai masker
Udara di luar tentu kotor jadi pakaikan anak masker agar tidak terhisap udara kotor. Bukan hanya anak, orang tuapun sebenarnya penting memakai masker. Masker sudah sama pentingnya dengan helm jadi seharusnya tidak diabaikan.

Kursi khusus motor 

Untuk orang tua yang membawa anaknya naik motor belilah kursi khusus motor matic yang bisa di dudukkan di depan. Ini membuat anak nyaman daripada memaksanya berdiri selama di perjalanan. Kita tidak pernah tau situasi di perjalanan, macet, ada kecelakaan atau apalah yang memakan waktu lama. Kasihan anak kalau dibiarkan berdiri di depan. 

Pakaikan jaket
Berkendara dengan motor berarti angin-anginan, tak kiralah panas atau dingin pakaikan jaket pada anak agar tidak terlalu kena angin.

Sediakan selalu mantel atau jas hujan
Ini sering kali diabaikan padahal fisik kita tidaklah sekuat mana, apalagi anak. Sediakan jas hujan di dalam jok motor sebagai antisipasi kalau hujan di perjalanan.

Dudukkan anak dengan baik
Jangan berdirikan anak. Dudukkan dia dengan baik di belakang boncengan baik sendiri maupun bersama orang lain. Jangan biarkan berdiri dan menantang angin. Ingat, masa depannya lebih menantang daripada angin. Jadi jangan latah menantang angin ke wajah anak.

Motor hanya untuk 2 orang dewasa
Sejatinya motor hanya untuk dua orang dewasa tidak lebih. So, jangan desak sampai 3 apalagi 4 orang. Kalau membawa anak bayi atau anak balita pastikan ada orang dewasa di belakangnya.

nydegger rene

Demikian panduan keselamatan berkendara bersama anak. Yang perlu diingat selalu adalah anak adalah orang terpenting yang perlu kita jaga. Jadi menjaga keselamatannya adalah tanggung jawab kita.