5 Tips Merawat Mobil Dengan Sederhana

Attayaya.net - 5 tips merawat mobil dengan sederhana dan ngga pakai ribet. Udah lama ngidam pingin punya mobil kan. Udah nabung buat DP atau beli cash sekalian biar ngga pusing mikirin tagihan bulanan. Udah hemat banget biar tabungannya cepet penuh. Akhirnya mobil yang diinginkan terbeli. Seneng donk pastinya.

oskaline

Nah, ketika seseorang sudah membeli mobil tentu ada perawatan yang harus dilakukan supaya mobil tetap dalam kondisi prima. Memiliki mobil berarti seperti menambah aset, tak ubahnya punya anak baru. Kudu di rawat di bersihin dan di service secara berkala.

Merawat mobil merupakan keharusan sebab mobil yang tidak terawat terutama mesin akan cepat mengalami down machine. Kalau sudah terjadi tentu akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi lagi daripada cicilannya. Sebenarnya bukan hanya mesin mobil yang harus diperhatikan, body mobil sampai perintilannya pun kudu di perhatiin supaya ngga iri mereka. hahhaha. Berikut 5 tips merawat mobil dengan sederhana.

5 tips merawat mobil dengan sederhana


Panasin mesin mobil
Ada sebagian orang yang membeli mobil bukan karena kebutuhan tapi iseng atau hanya untuk koleksi aja. Ngga usah jauh-jauh Bang Hotman salah satu dari sekian banyak miliarder yang membeli mobil kayak beli kacang goreng. Lihat aja di tv bagaimana deretan lamboghini nya berjejer di garasi. Ngga cukup di garasinya bang Hotman pinjam garasi istana negara. (ngga ini fitnah gaes) wkwkwkkw. 

But, sederet-deret mobil itu sekali mesinnya udah hidup kudu terus dihidupin minimal 5 menit setiap hari. Kalau ngga mesinnya ngambek. Jadi bayangin aja repotnya bang Hotman manasin mobilnya kan. Eh ngga lah, dia ada pegawai yang khusus buat manasin mobil aja loh. Jadi ngga repot. Well, akan lebih baik jika koleksi mobil itu di bawa jalan. Yah.. lebih kurang 5 menitan lah. Cukup itu untuk keliling komplek. 

Sediakan peralatan bengkel sederhana
Peralatan bengkel mobil yang bisa di bawa kemana-mana itu kayak dongkrak mobil. Yah, sapa tau kan pas lagi dijalan tau-tau mobil bocor dan bengkel jaraknya jauh. So, kamu perle mengganti ban mobil segera supaya ngga kemalaman sampai dirumah. Donkrak mobil penting biar ngga ngos-ngosan pas ganti ban.

Sediakan kemoceng
Kemoceng ngga hanya perlu untuk menghilangkan kotoran di hati tapi juga di mobil. Ecieee. Maksudnya kemoceng ini banyak gunanya gaes. Pas lagi macet kamu bisa bebersihan kaca mobil atau body mobil supaya ngga ketutup debu. Pilih kemoceng khusus mobil yang bisa sekali lap langsung bersih.


Service mobil secara berkala
Ini paling penting ya. Jangan abai. Turuti kata pak montir bahwa setiap sekian kilometer kamu perlu menservice mobilmu supaya tetap prima dan jantan terus. Service mobil tidak hanya meliputi mesin tapi juga aki, AC mobil, oli dll yang termasuk bagian dalam mobil. 

Cuci mobil secara teratur
Beda orang beda kebutuhan mobilnya. Ada yang mobilnya memang dipakai setiap hari. Lah, mobil cuma satu. Buat ke kantor, jemput anak, belanja di supermarket, jenguk orang tua, mertua, mantan, *Eh. 

Mobil yang dipake ya itu-itu aja. So, perlu selalu dibersihin donk. Sediakan budget khusus untuk cuci mobil. Tapi kalo sanggup baiknya di cuci sendiri. Hemat kos sekalian olah raga juga. 

Tapi kalau sudah abis dari perjalanan jauh apalagi yang medannya ekstrim kamu perlu membawa mobilmu ke car wash untuk dimandiin bener-bener. Ada banyak service yang ditawarkan car wash mulai cuci biasa sampai cuci salju. Pilih aja mana yang sesuai kebutuhan.

 Selain tips diatas jangan lupa bawa perintilan kebersihan mobil seperti scraper, tong sampah, tempat tissu, air minum dll. Supaya mobil tetap bersih. Untuk menghindari mobil dari bau akibat jamur perlu juga diperhatikan kebersihan jok mobil. Pastiin sisa makanan anak yang menempel di jok yang bikin jamur. Terus beli deh pengharum mobil yang banyak di jual. Pilih aroma yang kamu sukai supaya betah berlama-lama di mobil. 

Demikian 5 tips merawat mobil dengan sederhana. Selamat mencoba...