Yuk Rebut Besarnya Pahala Berqurban

Attayaya.net - Yuk Rebut Besarnya Pahala Berqurban

Lebaran Idul Adha sebentar lagi nih teman, udah siapin duit untuk beli hewan qurban belum? kalo belum, ayo siapin dari sekarang. Jangan nunggu tahun depan karena belum tentu tahun depan masih diijinkan Alloh lihat matahari, belum tentu tahun depan rejeki masih melimpah seperti sekarang. Dan tahukah teman, qurban memang sunnah tapi menurut ulama qurban naik ke wajib jika dalam satu tahun ini rejeki mu sudah cukup untuk menghidupi dirimu, keluarga dan anak-anak. 


Coba denger aja ceramah ustad Khalid soal qurban. Aku ngga nyantumin disini karena ngga ngerti caranya. hahahha dan sekalian biar teman-teman bisa nambah info dari sumber yang terpercaya. Langsung dari orangnya. 

Teman, qurban itu kayak puasa, kalau ngga diniatin sungguh-sunggu rasanya berat banget. Tapi coba deh fikirkan. Dalam setahun apa aja yang udah kita dapatkan, benda apa yang udah bisa kita beli, makanan enak apa yang udah kita makan. Banyak ngga? banyak ngga? hayooo jujur....

So, dengan begitu banyaknya uang yang sudah kita keluarkan untuk beli ini itu, jalan-jalan kesini kesitu, makan enak ini itu. Sekarang waktunya kita keluarkan sedikit aja dari begitu banyak rejeki yang sudah Alloh beri untuk kita. Mungkin beda kota beda jumlahnya tapi ngga akan memberatkan kok. Di tempatku misalnya, satu ekor sapi di bagi tujuh orang, jadi masing-masing mengeluarkan 2.300.000 ada juga yang 2.500.000. Wah mahal ya. eits tunggu dulu.

Jadi kawan, berkurban itu ngga dibebankan untuk setiap satu orang dalam keluarga loh. Kalau misalnya di dalam satu keluarga ada yang sudah berpenghasilan kayak ayah bekerja, ibu bekerja, anak sudah ada yang bekerja. Nah udah bisa patungan itu. Ayah nyumbang misalnya 1.000.000, ibu 800.000 anak yang sudah bekerja tadi 500.000. Kalau di total jadi 2.300.000 kan. Ini masih hitungan kalau yang sudah berpenghasilan 3 orang. Nah kalau lebih, berarti bisa patungan lebih banyak kan. Terus kurbannya pake nama ayah dengan diniatin untuk seluruh keluarga, insyaAlloh satu keluarga dapat pahalanya. Tapi beda kasus kalo udah menikah ya, kalau anak udah menikah maka kurbannya ngga boleh gabung ke ayah, kudu keluarin kurban sendiri.

Cara efektif agar bisa berqurban

Sepengalamanku ini ya, cara efektif untuk bisa berqurban itu dengan menabung. Jadi aku niatin hati kalau ada duit 20.000 sisa belanja. Aku masukkan dalam tabung khusus qurban. Anak-anak juga aku ajak begitu. Kan ada uang saku mereka tuh. Nah, aku terangkan tentang qurban secara sederhana sama anak-anak. Ajarkan mereka menyisihkan uang jajannya, sedikit juga ngga papa. Misalnya 1.000 rupiah gitu. 

Nah setelah setahun di bongkar lah itu tabungan. Di hitung-hitung alhamdulillah dapat hampir 2.000.000 nah kan tinggal nambah dikit aja. Kalian boleh niru cara ini, tapi kalau ada yang lebih efektif boleh share di sini.

Jadi aku bukannya mau menggurui tapi kemonlah kawan kalau bukan sekarang, kapan lagi.

Alloh berfirman " Dan bagi tiap-tiap uamt telah kami perintahkan penyembelihan qurban. supaya mereka menyebut na,a Alloh terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Alloh kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Alloh yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berqurban/patuh kepada perintah Alloh (QS. Al Hajj : 34)


Diriwayatkan bahwa Nabi Daud as, pernah betanya kepada Alloh tentang pahala berqurban yang akan diperoleh umat Nabi Muhammad SAW, lalu Alloh SWT  berfirman " Bagi siapa yang berqurban aku akan memberikan 10 pahala kebaikan dari setiap satu helai rambut qurbannya itu, aku akan melebur 10 dosa kesalahannya dan akan mengangkar derajat mereka sebanyak 10 derajat. Tahukah engkau wahai Daud bahwa qurbannya itu adalah kendaraan bagi mereka dihari kiamat nanti, dan qurbanya itu pula yang akan menjadi penebus dosa kesalahan mereka.

Mari jadikan amalan qurban sebagai jalan untuk meraih keridhoan Alloh. Semoga Alloh menjadikan qurban kita sebagai pemberat timbangan amal ibadah kita di akhirat. Amin.