05 May 2011

Tren WARNA 2011

Paduan Berani dan Alami

TREN MENGARAH KE PERPADUAN WARNA YANG MENYOLOK DAN MENYEGARKAN DENGAN WARNA-WARNA ALAMI HANGAT

Tren warna bisa dilihat dari tren desain, interior, dan mode. Desainer interior Farida Alaydroes melihat kecendrungan warna sekarang dan tahun depan lebih berani dan kontras. Ia mencontohkan bertemunya warna ungu dengan kuning terang. "Perpaduannya bukan warna yang bertabrakan melainkan komplementer”, kata prinsipal In Desain Interspace Aestetika itu. Warna komplementer adalah kombinasi dua warna yang saling bersebrangan dalam lingkaran warna. Biasanya, perpaduan hue serta terang dan gelapnya warna terlihat menarik mata (eyecatching). Contoh lain adalah kombinasi merah dan hijau.

Farida menilai tren warna akan menuju kearah permainan warna menyolok (striking) sebagai bentuk kebutuhan penyegaran (refreshing) dari kondisi alami yang nyaman. “Ada perpaduan antara warna striking dipengaruhi bright colour dengan unsur alami yang masih terasa kuat“, kata mantan Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) itu. Dalam penataan interior misalnya, kursi kayu dengan serat-seratnya yang natural berwarna coklat dapat dipadukan dengan bantalan berlapis kain warna kuning lemon dan ungu olive.

“Ini bukan soal antara warna gelap dan cerah sebagai tren karena warna gelap bukan berarti hitam, warna cerah bukan berarti putih”, jelas jebolan University of Kansas, Laurence-Kansas, dan Academy of Art College San Fransisco, California (keduanya di AS) itu.

Tren WARNA 2011

Kombinasi Abu-abu
Dari sisi industri Ruslan Tanoko, marketing direktur PT. Avia Avian, produsen cat lokal Avian, Avitek, No-Odor, dan Platinu, memprediksi warna abu-abu akan tetap menjadi salah satu warna yang digemari dan menjadi tren warna tahun ini. Pasalnya, masyarakat Indonesia masih menggemari tren bangunan menjurus ke arah modren dan minimalis. Hampir senada dengan Farida, menurutnya penggunaan warna abu-abu akan banyak dikombinasikan dengan aksen warna yang bright untuk mengurangi kesan monoton. Selain itu warna abu-abu pada dinding bisa juga dipadukan dengan sofa atau furniture yang bernuansa warna cerah. Avian paints mengeluarkan panduan warna setiap 2 atau 3 tahun sekali, ”ada tambahan warna pada setiap katalog yang kami prediksi akan menjadi tren warna di tahun-tahun berikutnya," ungkap Ruslan.

Citrus yellow
Produsen cat AkzoNobel (di mana ICI Paints sekarang menjadi bagian di dalamnya) mempersembahkan Citrus Yellow sebagai Colours of the Years 2011. Warna kuning citrus yang ringan dan segar dianggap merefleksikan jiwa yang bebas, rasa menyenangkan dan energi positif. Warna ini memiliki karakter yang bersih dan lebih optimis serta penuh harapan dalam menciptakan suasana.

Pilihan warna tersebut dihasilkan Aesthetic Centre untuk AkzoNobel yang setiap tahun mempertamukan sekelompok pakar kreatif dibidang warna, desain, arsitektur, dan fashion dalam lingkup Internasional, untuk membahas ide2 tentang tren warna terbaru. Semuanya ditampilkan di ColourFuturesTM dan diinformasikan kepada publik setahun lebih awal.

Sedangkan produsen cat Jotun baru akan melansir Seri Warna terbarunya Februari 2011. Jotun memiliki ahli warna Norwegia yang setiap tahun menganalisa tren warna sesuai kawasan. Koleksi warna untuk Asia Tenggara akan berbeda dengan kawasan Eropa sesuai hasil riset yang dilakukan. ”Warna sangat tergantung selera pasar, kita tidak bisa memaksa satu warna untuk menjadi satu tren karena taste orang berbeda-beda,” kata Victor Taslim, Area Sales Manager PT. Jotun Indonesia.

trend-color-scheme-designer trend warna

Majestic Signature

Koleksi warna terkini yang dilansir Jotun pada Agustus 2010 adalah Majestic Signature Series. Koleksi warna ini dikemas dalam empat tema untuk melengkapi warna pada seri produk cat interior Jotun Majestic Optima, Majestik Pearl Silk dan Majestic Matt. Empat tema tersebut di antaranya:
  1. Cool lightness
    Paduan warna-warna lembut abu-abu muda, kuning kehijauan, dan coklat pastel. Mampu menghadirkan perasaan seperti sedang duduk santai disebuah suasana yang tenang dan damai. Menonjolkan atmosfer ruang yang sederhana seperti membiarkan matahari sore memantulkan bayangan panjang di dinding.
  2. Warm elegance
    Memperlihatkan permainan warna yang lebih berani dan kontras. Paduan dari warna broken white, coklat tua yang dramatis, juga warna marun yang mewah. Pemakaian warna-warna yang lebih dalam memberikan rasa kehidupan kota yang kental dan mencerminkan selera kontemporer kontinental.
  3. Verdant passiaon
    Memadukan bias warna kehijauan mulai dari warna yang paling lembut sampai yang kuat dengan warna putih keabuan. Diselingi sentuhan warna merah yang menawan hingga aksentuasi merah yang berani. Apalagi dinding dengan warna yang hijau lembut dipadukan dengan furnitur berwarna menyolok merah.
  4. Peaceful harmony
    Paduan warna merah muda keabuan, dipadankan dengan warna-warna abu-abu hangat dari yang lembut hingga yang kuat. Paduan warna-warna lembut, yang baur dengan ringan antara satu dengan yang lainnya memberikan getaran rasa nyaman dan menenangkan.

Appreciation

Colour futures mempersembahkan satu tren warna dominan, yaitu “appreciation” yang memakai hal terpenting dalam hidup ini adalah cinta dan menghargai apa yang kita miliki. Dihasilkan lima tren yang bersumber dari ide tersebut. Setiap tren diterjemahkan dalam palet warna kontemporer seperti berikut ini :
  1. The beauty of everyday life
    Tema ini berfokus pada ide-ide lokal dan nilai seperti kebanggaan, penghargaan, dan minat kolektif. Hal-hal simpel yang kita ketahui dekat dengan hati kita dan membuat kita senang, seperti inspirasi warna langit biru, warna-warni buah-buahan segar dan bunga-bungaan.
  2. Finding the way
    Palet ini terinspirasi warna-warna penanda jalan, peta, dan arsitektur urban. Murni mengkontraskan warna netral hangat dan dingin. Seperti abu-abu dan biru lembut. Ada juga penekanan warna pink pastel dari peta lama, juga signage yang lebih terang seperti kuning lembut.
  3. Pop-up pleasure
    Tema ini mengangkat kualitas yang bersifat sementara dan mengejutkan. Sesuatu seperti humor dan kreatifitas unik yang dapat selalu membuat kita senyum. Aplikasi warna-warna terang menyolok sebagai aksentuasi. Kesegaran warna vitamin kuning dipadukan dengan karya seni temporer. Bisa juga memberikan sentuhan satu garis berwarna biru terang atau hijau pupus pada dinding.
  4. Made with love
    Berbicara tentang ketenangan dalam proses menciptakan sesuatu dengan orientasi pada hasil akhir yang baik. Melihat sesuatu yang baru yang dibuat dengan integritas dan kebanggaan. Membuat dan membeli benda yang memiliki kualitas yang lebih baik, cara baru untuk menjadi lebih green. Palet warna mendekati kesan kayu, tanah liat denim dan alami. Gradasi warna coklat, terakota, biru denim hingga ungu lembut.
  5. Molecular magic
    Inspirasi untuk masa depan telah ditemukan, tidak dengan melihat jarak yang jauh, namun melihat lebih dekat apa yang sudah ada. Palet di era komputerisasi, mikroskopik dengan warna yang berpijar serta berdenyut. Warna hijau menakjubkan, turquoise, dan ungu tua.


Tren warna cocok digunakan untuk warna rumah minimalis modern

Sumber gubahan :
Majalah House Estate
Vol Vii no 77
Januari 2011
Hal 78-80

25 comments:

  1. cari abu2 gelap kehitaman ada tak ya?

    ReplyDelete
  2. tren sesuai dengan green earth ya :)

    ReplyDelete
  3. warna kombinasi abu-abu dengan putih salju lagi trend setelah warna pink dan orange.

    kalau disertai gambar rumah sesuai cat tambah keren Mas.

    ReplyDelete
  4. Edward & Bella nya gakbanget bang hehehe gambarnya jadi ga keren

    ReplyDelete
  5. Hmmmm ... saya jadi ingat waktu merencanakan membangun rumah 4 tahun lalu, mondar mandir keberbagai toko cat untuk mencari warna yang paling cocok.

    ReplyDelete
  6. Dimana-mana harus penuh warna yang cerah

    ReplyDelete
  7. Dengan trend warna yang dipadu padankan maka hasilnya mungkin bisa terlihat lebih baik dan menjadi trend setter di tahun 2011 ini

    ReplyDelete
  8. hmm.. kalau saya masih tetap suka warna gold atau biru pokoknya , titik. hahahahah

    ReplyDelete
  9. warna kesukaanku gak berubah kayaknya dari dulu, biru. walau kadang coba menyukai warna lain tapi biru yang mentok di hati selalu.

    ReplyDelete
  10. wah makasih neh bang, jadi berwarna neh hari ini... hehehe

    ReplyDelete
  11. dengan warna hidup lebih bermakna... hehe

    ReplyDelete
  12. Trend warna waktu saya SMA om Hijomejiku

    ReplyDelete
  13. i like citrus yellow colour ..

    ReplyDelete
  14. kunjungan perdana gan :)
    salam dari semarang :)

    ReplyDelete
  15. gambar sponsornya hot banget. mrusak konsentrasi nih. hahahaha :q

    ReplyDelete
  16. akhirnya aku bisa menghadang gambar iklan sponsor yg ngaco itu

    ReplyDelete
  17. Hihihi untung gw mah bukan orang yang selalu ngikutin trend. Yang penting sekarang susu & diapers Zahia. Ooohhh nasib emak2 :-)

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Tren WARNA 2011 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah