01 Mei 2011

TehPokil Blontea From Solo Indonesia

"Tak usah jauh-jauh ke Slawi atau Tegal untuk menikmati seduhan teh yang mantap. Di Negeri Poci itu, lidah tak terdidik pun bisa memaksa siapapun mengucap enak, walau masuk di sembarang warung."
Kalimat iklan @blontankpoer

TehPokil Blontea From Solo beberapa waktu ini menjadi menu minuman khusus di Sekretariat Blogger Bertuah Pekanbaru. Kebetulan Bertuah mendapat oleh-oleh TehPokil Blontea dari Solo selepas melaksanakan acara Seminar Mading Online dan penajaan film linimas(s)a. Oleh-oleh ini sangat khusus karena TehPokil Blontea ini diberi langsung oleh si pembuat alias peramu-nya yaitu @blontankpoer Sang Founder Komunitas Blogger Bengawan Solo yang datang berkunjung ke Pekanbaru untuk memeriahkan acara tersebut di atas. Menurut pak Mursid (http://desain.mursid.web.id/blontea.html) disebutkan bahwa :
Blontea adalah Sebuah teh dengan tendangan dahsyat di lidah ini namanya Blontea atau lebih dikenal dengan sebutan tehpokil. Aktor intelektual di balik kemunculan blontea ini tidak lain adalah Blontankpoer. Selain berprofesi sebagai jurnalis, fotografer handal, blogger, pengikut jamaah twitteriyah, ternyata beliau juga handal meracik sebuah teh yang dahsyat.

blontea pocil pokil solo jogja javaRamuan teh ini ditemukan pertama kali di bulan Januari 2010 oleh @blontankpoer dari perpaduan antara teh yang berasal dari daerah Slawi khususnya yang dipadu-padan dengan teh dari daerah Pekalongan dan Wonosobo (teh Tambi dari pegunungan Dieng). Teh Blontea a.k.a TehPokil a.k.a #tehpokil (sebutan di Twitter) memiliki warna yang lebih gelap dengan rasa sepet dan bau wangi yang khas. Jika disajikan sebagai Teh Tubruk, begitu anda "menubruk" ranting dan daun teh yang diseduh tersebut, anda akan merasakan suatu kenikmatan meminum teh yang tiada duanya.

Teh Pokil Blontea ini muncul karena @blontakpoer, seperti masyarakat Solo lainnya yang terkenal dengan kebiasaan "mengoplos" teh menjadi teh pokil-pokilan dimana pokil berarti urik atau "akal-akalan". Akal-akalan ini untuk mendapatkan rasa teh yang sebenar nikmat. Sehingga angkringan atau warung teh (kedai teh / kedai kopi untuk penamaan di Pekanbaru) berusaha mendapatkan formula tersendiri dengan mencampur berbagai teh yang benar-benar nikmat bagi pencandu atau penikmat teh. Ramuan teh oplosan ini terutama menggunakan teh cap Tjatoet, Gopek dan Tong Tji yang semuanya merupakan produksi teh dari daerah Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Sepet yang terasa kuat diperoleh dari unsur teh Tjatoet, sementara wanginya didapatkan dari teh Tong Tji. Keduanya sejenis, yaitu sama-sama jasmine tea. Aroma Lawu pun dimasukkan, dengan menambahkan teh Kemuning.

Kegiatan mengoplos teh ini merupakan tradisi lama masyarakat Solo yang jika di kampung-kampung atau desa-desa atau dusun-dusun menyebutnya "jayengan" yakni kru (crew) atau tenaga pembuat minuman dalam sebuah hajatan (kenduri/slametan/mantenan/sunatan/dll). Rasa yang dihasilkan dari oplosan para Jayeng tersebut membuat mereka terkenal sehingga kadang-kadang mereka harus di-bon atau dipesan terlebih dahulu untuk menjadi tenaga "jayengan" alias "tukang masak wedang" pada sebuah hajatan. Demikian cerita dari blontankpoer.

Cara menyajikan :
TehPokil Blontea dapat disajikan dengan 2 cara yaitu
  1. Langsung diseduh di gelas dengan air masak mendidih sehingga menjadi "teh tubruk". Cukup 2 sendok teh diseduh dalam segelas air panas mendidih.
  2. Diseduh digelas lalu disaring sehingga menjadi "teh saring".
  3. Rasa manis diberikan dengan menambah gula sesuai selera.
  4. Lebih baik disajikan dalam keadaan panas sehingga menjadi "Teh NASGITEL (paNAS, leGI, kenTEL)"


Pemesanan dan Pembelian
ORDER N BUY

Teh Blontea
a.k.a
TehPokil
a.k.a
#tehpokil

dapat menghubungi :
twitter mention or Direct Massage to
@blontankpoer
(http://twitter.com/blontankpoer)

or
give comments on
http://blontankpoer.com




Sumber :
http://twitter.com/blontankpoer
http://desain.mursid.web.id/blontea.html
http://blontankpoer.com/2010/05/15/teh-pokil-berkah-twitter/
http://blontankpoer.com/2010/01/25/nikmat-teh-kombinasi/

Copyright © 2013 attayaya: TehPokil Blontea From Solo Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah