The Lions | Sang Singa

The Lions (Singa) didapat dari http://animal.discovery.com/ dan sebagian didapat dari Wikipedia dan sebagian karena telah memosting 2 film dokumenter tentang singa yaitu THE LAST LIONS diproduksi oleh National Geographic Entertainment dan THE LAST LIONS of INDIA diproduksi oleh BBC London dan Animal Planet.

Singa/Lion (Panthera leo) merupakan salah satu dari 4 besar kucing (lion, tiger, jaguar, leopard) dari genus Panthera keluarga Felidae. Memiliki berat sekitar 250 kg (550 lbs) merupakan hewan terberat kedua dari jenis kucing setelah harimau (tiger). Daerah persebarannya (perkembang-biakan) adalah di daerah Sub-Sahara Afrika dan Asia. Singa telah punah didaerah North Afrika (Afrika Utara) dan Southwest Asia (Asia Barat Daya). 10.000 tahun yang lalu, Singa memiliki daerah perkembang-biakan yang luas bahkan sampai ke EurAsia (Eropa-Asia) dari Eropa Barat sampai Asia serta seluruh dataran Afrika dan juga di Amerika dari daerah Yukon sampai ke Peru.

Singa umumnya hidup 10-14 tahun, tetapi ada juga beberapa yang bisa bertahan hidup sampai dengan 20 tahun. Hidup di dataran Savannah dan padang rumput kering serta semak-semak belukar di sekitar hutan. Singa jantan memiliki rambut atau surai di kepalanya mulai dari leher, sedangkan singa betina tidak memiliki rambut tersebut.

Male Lion (Singa Jantan)

The Last Lions Distribution
Persebaran Singa
Warna Merah : Daerah Persebaran Lama
Warna Biru : Daerah Persebaran Sekarang
(wikipedia)


Kata LION berasal dari kata Romawi yiatu LEO dan Yunani Kuno (Ancient Greek) yaitu LEON λέων, sedangkan dalam bahasa Hebrew disebut לָבִיא (lavi) dengan arti yang sama. Mulai diperkenalkan oleh Linnaeus dengan memberi nama Felis Leo dalam bukunya Systema Naturae di abad ke-18. Penamaan Panthera Leo berasal dari bahasa Yunani yaitu "Pan" berarti semua, "ther" berarti buas dalam pengertian semua yang paling buas.

Scientific classification :
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Mammalia
Order : Carnivora
Family : Felidae
Genus : Panthera
Species : P. leo

8 Jenis-jenis sub-spesies singa yang diketahui sekarang :
(gambar anak singa Ma Di Tau dari film The Last Lion)
  1. Panthera leo persica (Asiatic Lion, South Asian Lion, Persian Lion, or Indian Lion hanya terdapat 300 ekor di Gir Forest National Park India
  2. Panthera leo leo atau Barbary Lion yang mendekati sub-spesies Asia, tersebar di Morocco sampai ke Egypt. Merupakan singa terbesar yang pernah ada dan diketahui, yaitu seberat 200 kg (440 lbs) dengan panjang 3,3 m (10,8 ft). Singa liar jenis ini terakhir telah mati dibunuh pada tahun 1922 di Maroko. Sekarang hanya ada di kebun binatang The Moroccan Royal Collection di Rabat Zoo (kebun binatang Rabat Maroko).
  3. Panthera leo senegalensis dikenal sebagai Tthe West African Lion, tersebar di western Africa, dari Senegal sampai ke Nigeria.
  4. Panthera leo azandica dikenal sebagai The Northeast Congo Lion, tersebar di the northeastern parts of the Congo.
  5. Panthera leo nubica dikenal sebagai The East African, Massai Lion atau Tsavo Lion, tersebar di timur (east) Africa, dari Ethiopia dan Kenya sampai ke Tanzania dan Mozambique.
  6. Panthera leo bleyenberghi dikenal sebagai The Southwest African atau Katanga Lion, tersebar di southwestern Africa, Namibia, Botswana, Angola, Katanga (Zaire), Zambia, dan Zimbabwe.
  7. Panthera leo krugeri dikenal sebagai The Southeast African Lion atau Transvaal Lion, tersebar di The Transvaal Region of southeastern Africa, termasuk juga di Kruger National Park.
  8. Panthera leo melanochaita dikenal sebagai The Cape Lion, diketahui mulai berkurang (mungkin punah) disekitar tahun 1860. Hasil penelitian menduga bahwa jenis ini merupakan perkembangan dari jenis P. l. krugeri.

Jenis singa lain yang pernah hidup :
  1. Panthera leo atrox dikenal sebagai The American Lion atau American cave lion tersebar di Canada sampai ke Peru.
  2. Panthera leo fossilis dikenal sebagai The Early Middle Pleistocene European cave lion, tersebar di Jerman dan Itali.
  3. Panthera leo spelaea dikenal sebagai The European cave lion, Eurasian cave lion, atau Upper Pleistocene European cave lion, kemungkinan hidup di jaman Paleolithic cave paintings.

Jenis singa yang masih diragukan peneliti :
  1. Panthera leo sinhaleyus
  2. Panthera leo europaea
  3. Panthera leo youngi
  4. Panthera leo maculatus


Sumber dan referensi :
http://animal.discovery.com/fansites/wildkingdom/last-lions-india/asiatic-vs-african/asiatic-vs-african.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Lion
http://en.wikipedia.org/wiki/Leopard
http://en.wikipedia.org/wiki/Tiger
http://en.wikipedia.org/wiki/Jaguar
http://id.wikipedia.org/wiki/Sifilis