07 January 2011

Cara Memulai Bahasa Isyarat Bayi

Cara Memulai Bahasa Isyarat Bayi - Berbicara dengan bayi tidak sesulit yang dibayangkan, dengan metode bahasa isyarat bayi dan kesabaran akan memudahkan Anda berbicara dengan bayi Anda. Berbicara dengan bayi sudah dapat dilakukan pada bayi usia 6 bulan. Pada usia ini, bayi masih belum bisa berbicara. Namun bukan berarti Anda tidak bisa berkomunikasi dengan bayi anda. Gunakan jari tangan, mimik muka dan gerak tubuh sebagai bahasa isyarat bayi. Atau, Anda juga bisa mengikuti program bahasa isyarat bayi agar lebih memudahkan Anda dan bayi.

Metode bahasa isyarat bayi dapat dimulai caranya secara bertahap. Mulailah dengan kata yang sederhana seperti susu, minum, tidur dan sebagainya. Ulangi kata secara berulang-ulang, gunakan gerak tubuh yang menunjukkan kata yang dimaksudkan. Ketika berbicara dengan bayi lakukan kontak mata dengan bayi Anda. Tunjukkan mimik muka yang dapat membantu bayi mengerti apa yang Anda maksudkan.

Bayi tidak menyukai suara yang keras, oleh karena itu bicaralah dengan suara lembut. Gunakan musik klasik atau musik yang bernada lembut agar bayi lebih tenang dan tidak merasa terganggu. Anda juga bisa menggunakan suara Anda dan juga suara yang ditimbulkan dari mulut serta tangan. Bertepuk tangan sambil bernyanyi, akan membuat bayi senang kemudian meniru gerakan yang Anda lakukan. Nyanyikan lagu dengan menggunakan artikulasi kata yang benar, namun jika bayi sudah mulai mengalihkan perhatian pada hal-hal yang lain, Anda dapat berhenti bernyanyi. Jangan paksa bayi mengikuti gerak yang Anda lakukan, hal ini akan menyebabkan bayi stress dan akhirnya menangis.

Umumnya bayi yang berusia 6 bulan sudah bisa menunjukkan minat untuk membaca. Gunakan buku cerita bergambar dan berwarna. Kemudian jelaskan pada bayi tentang gambar tersebut. Lalu tanyakanlah pada bayi Anda tentang benda yang ada didalam buku gambar tersebut, dengan latihan yang sabar dan berterusan bayi akan dapat menunjukkan benda yang Anda maksudkan.

Tidak hanya Anda yang dapat mengajari bayi berbicara dengan bahasa isyarat. Seluruh anggota keluarga dapat membantu bayi berbicara dengan bahasa isyarat. Kenalkan bayi pada anggota keluarga agar bayi merasa dekat dengan mereka. Hal ini akan membuat bayi tidak merasa takut jika Anda tidak berada di sampingnya. Bayi akan terbiasa dengan orang lain yang ada didekatnya.

Thanks to Resep Masakan

20 comments:

  1. ga ga gigu gugigagagagaga
    aaaahhhhhhhh

    ReplyDelete
  2. dooooohhh yang mau punya bayiii...^^

    ReplyDelete
  3. Wah wah.. sudah isi to bang... Bisa jadi refrensi nieh...

    Btw kapan nieh lahirannya??? Insya Allah sehat semua ya...

    ReplyDelete
  4. Wah, udah mulai belajar tentang bahasa isyarat bayi to...? hehehe
    Salam buat "resep masakan"nya Bang... ^_^

    ReplyDelete
  5. Horeee... ada yg mau punya bayi. Ayo ayo... semangat balajar bahasa isyaratnya bayi ya?

    ReplyDelete
  6. wah baru tahu neh...thx sob sharingnyaa

    ReplyDelete
  7. Dija sekarang sudah suka ngoceh lho Om...

    ReplyDelete
  8. Bang Atta mau punya baby yaaa...
    siap siap bikinin blog buat si baby ya Bang

    ReplyDelete
  9. jangan ampe kelewatan isyarat (tubuh)bayi, entar bayinya lebih suka isyarat daripada ngomong. haha

    ReplyDelete
  10. bang ini kodenya

    < a href="http://link.aprillins.com/">< img src="http://link.aprillins.com/button.php?u=attayaya" alt="Free Link Exchange" border="0" />

    itu ada spasi ditag htmlya, didempetin aja bang :) ehehe

    ReplyDelete
  11. saya ikutan komentnya mbak reni aja bang he..he...

    ReplyDelete
  12. Whew, Mantabs infonya. Cocok banget bwt pasangan suami isteri yang baru.

    Salam jumpa lagi Bang....

    ReplyDelete
  13. wah udah jadi pakar bayi nih sia abang ganti sekarang :D
    bener sekali bang... kali2 ajarin juga bayi apa itu modem, apa itu keyboard bisa bisa ngeblog juga :)

    ReplyDelete
  14. secara alamiah,setiap orang tua pasti bisa mengenal bahasa isyarat bayinya

    ReplyDelete
  15. makasioh gan buat infonyanih semoga bermanfaat gan, salam kenal aja gan

    ReplyDelete
  16. Di usia 7-8 bulan, sangat baik untuk mulai meningkatkan minat komunikasi anak dengan menggunakan bahasa isyarat bayi yang khusus diciptakan untuk bayi mendengar. Dengan metode ini anak diberikan dua pilihan untuk berkomunikasi: dengan kata-kata atau gerakan (isyarat). Karena anak belum menguasai otot, syaraf dan 'ilmu' yang dibutuhkan untuk berbicara tapi sudah menguasai kemampuan motorik sederhana, maka isyarat menjadi pilihan utama. Dengan berisyarat, anak dapat menyampaikan apa yang dipikirkan dan dibutuhkan mereka tanpa harus menangis. Hal ini membuat mereka merasakan keuntungan dalam berkomunikasi sehingga mereka bersemangat untuk lebih cepat berbicara. Bahkan anak yang menggunakan bahasa isyarat lebih cepat berbicara daripada yang tidak! Dan sekarang sudah ada programnya yang menyediakan kelas-kelas untuk para ibu belajar bahasa isyarat bayi, dengan materi orisinil dari Baby SIgns INstitute Amerika yang menciptakan bahasa isyarat bayi pertama kali. Search Baby Signs Indonesia di facebook.

    ReplyDelete
  17. Waw... Artikel dan blog yang menarik..
    Saya juga punya kumpulan lagu yang bisa digunakan sebagai metode pembelajaran anak
    dan pengajaran sambil bernyanyi.
    Lagu2nya bisa ditemukan di http://www.lagu2anak.blogspot.com

    Salam kenal... Kak Zepe

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Cara Memulai Bahasa Isyarat Bayi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah