22 January 2011

Data Statistik Indonesia Dalam Angka | Jumlah Penduduk Indonesia

Jumlah Penduduk Indonesia 2010

Menurut publikasi BPS pada bulan Agustus 2010, jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus ini adalah sebanyak 237.556.363 orang, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan.


Data Statistik Indonesia Dalam Angka (IDA) merupakan kelanjutan usahaku mencari data statistik tentang Indonesia. Sebelumnya aku mencari data statistik Riau Dalam Angka dan Pekanbaru Dalam Angka. Data-data ini dikeluarkan oleh masing-masing daerah melalui Badan Pusat Statistik (BPS).

Walaupun ada website resmi yang menyajikan data statistik Indonesia yaitu yang dikelola oleh BPS, cuma aku kebingungan mencari datanya. Sepertinya data sudah dikelompokkan ke dalam beberapa subyek statistik seperti ekspor, impor, energi, harga produsen, indeks Harga Perdagangan Besar, Indeks Pembangunan Manusia, Industri, Inflasi, ITB-ITK, Kehutanan, Kemiskinan, Kependudukan, Kesehatan, Ketahanan Sosial, Keuangan, Komunikasi, Konstruksi, Konsumsi dan Pengeluaran, Neraca Arus Dana, Nilai Tukar Petani, Pariwisata, Pendidikan, Perikanan, Perkebunan, Pertambangan, Perumahan, Peternakan, Produk Domestik Bruto, Produk Domestik Regional Bruto, Sosial Budaya, Tanaman Pangan, Tenaga Kerja, Transportasi, Upah Buruh, Usaha Mikro Kecil.

Data Statistik Indonesia Dalam Angka

merupakan seri publikasi tahunan BPS yang menyajikan beragam jenis data yang bersumber dari BPS dan institusi lain. Publikasi ini memuat gambaran umum tentang keadaan geografi dan iklim, pemerintahan, serta perkembangan kondisi sosial-demografi dan perekonomian di Indonesia. Beberapa tabel tertentu menyajikan data pada tingkat provinsi dan internasional untuk melihat keterbandingan antar wilayah dan antar negara. Untuk memudahkan pemahaman dan pemanfaatan data, disertakan pula penjelasan teknis dari setiap jenis statistik yang ditampilkan. Publikasi ini disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk memenuhi kebutuhan data terkini, publikasi Statistik Indonesia 2009 menyajikan beberapa data tahun 2009 yang meliputi ketenagakerjaan, kemiskinan, tanaman pangan, industri pengolahan, pariwisata, inflasi, ekspor,impor, dan pendapatan nasional. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumen dan dinamika lingkungan, mulai edisi ini publikasi Statistik Indonesia mengalami penyempurnaan baik struktur maupun muatan diantaranya dengan menambahkan beberapa data strategis seperti data Pemilu, kriminalitas,pembangunan manusia, dan potensi desa.

Kalau mau cari datanya, coba kunjungi alamat website ini :
http://www.bps.go.id/aboutus.php?pub=1&pubs=40
http://sirusa.bps.go.id/

Semoga mendapatkan data statistik yang diinginkan.

Setelah akhirnya muter sana muter sini, aku menemukan 1 website lain yang juga dikelola oleh BPS namanya DATA STATISTIK INDONESIA (http://www.datastatistik-indonesia.com). Website ini cukup memenuhi keinginanku akan data statistik Indonesia. Silahkan kunjungi alamat itu saja deh.

DATA STATISTIK INDONESIA
http://www.datastatistik-indonesia.com



16 comments:

  1. makasih informasinya bang..sangat lengkap sekali

    ReplyDelete
  2. Ini informasi yang diperlukan.
    Saya juga per kebingungan mencari
    informasi di website BPS.

    ReplyDelete
  3. langsung ke TKP.. Terimakasih infonya bang Atta..

    ReplyDelete
  4. masih terngiang lagu bang haji 135 juta jiwa penduduk Indonesia, sekarang sudah hampir dua kali lipat ya bang, terimakasih untuk Statistiknya

    ReplyDelete
  5. Nyasar kesini, nyari jumlah penduduk indoneisa..he....he....

    ReplyDelete
  6. gile 2 lebih...wahhhh

    Oya mas, beberapa hari yang lalu mas posting tentang cerita dewasa...jangan sampe ndak ikutan gerakan ini lho....he he he
    kudu ikut berpartisipasi dalam Gerakan SEO Positif Season 2..." Judul postingan yang negatif tapi isi postingan mengandung hal positif"....ditunggu pastisipasinya.

    ReplyDelete
  7. makasih deh sob... jd bisa tau sekarang, biasanya cuma liat di tv

    ReplyDelete
  8. Saya hanya merasa aneh, kenapa BPS mengelola beberapa website?

    ReplyDelete
  9. indonesia memang sukanya buat anak mas :D

    ReplyDelete
  10. wah ternyata selisih laki2 dengan perempuan 1juta lebih ya bang, berarti wajar kalo mal ming ane malah nongkrong disini, hehe.. O iya, auto mobile templatenya udah ane publish -kabuur-

    ReplyDelete
  11. hehehehe lebih sering buka idx

    ReplyDelete
  12. Terimakasih share infonya
    Sukses selalu

    ReplyDelete
  13. kalau melihat perbandingannya, berarti ada satu juta laki-laki jomblo :D

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Data Statistik Indonesia Dalam Angka | Jumlah Penduduk Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah