07 Juli 2009

Surat Kepada Calon Presiden Republik Indonesia

Setelah menonton, beberapa kali debat dan kampanye, ternyata aku TIDAK melihat semua capres SECARA SPESIFIK mengedepankan masalah hutan dan lingkungan (kecuali ada yang terlewat). Hanya menyebutkan rencana dengan lebih spesifik saja mereka tidak bisa (atau mungkin tidak mau dan tidak mempunyai daya jual kampanye), apalagi melaksanakan sesuatu tanpa rencana. Mungkin dalam pikiran mereka :
hutan merupakan aset negara yang berharga untuk dijadikan uang. Maka tebang sajalah semua hutan, jual sajalah semua pohon, jadikan hutan homogen sawit atau akasia. Kita perlu UANG untuk membiayai negara. Kita perlu uang untuk membiayai jalan-jalan pejabat tinggi negara. Kita perlu uang untuk membuat dapur para pejabat agar tetap ngebul. Maka hancurkanlah hutan. Eksploitasi habis-habisan. Untuk anak cucu, kita pikirkan nanti sajalah. Yang penting sekarang kita dapat uang.


Sulit bagiku untuk membuat keputusan dalam memilih capres yang layak.

Dan kurasa email kepada capres yg kukirim melalui fasilitas Greenpeace pun menjadi PERCUMA. Walau begitu, terima kasih untuk Greenpeace yang telah memfasilitasi email ini dan beberapa email lain dari simpatisan Greenpeace.

Di bawah ini isi emailku melalui fasilitas Greenpeace kepada 3 calon presiden Indonesia pada hari rabu 1 Juli 2009 kemaren. Isinya sama (karena telah dibuat oleh Greenpeace) untuk ketiga calon tersebut. Maka saya ringkas/gabung tujuannya dan menambah penyebutan "ibu/bapak".

Jejak rekam masing-masing capres dapat dibaca di :
http://www.greenpeace.org/seasia/id/Pemilu/Megapro
http://www.greenpeace.org/seasia/id/Pemilu/sby-boediono
http://www.greenpeace.org/seasia/id/Pemilu/jk-wiranto

Dan, Jangan baca tulisan selanjutnya di bawah ini, karena percuma saja.



Kepada : Ibu Megawati Soekarno Putri
Kepada : Bapak Susilo Bambang Yudhoyono
Kepada : Bapak Jusuf Kalla

Dengan Hormat,

Presiden indonesia yang akan datang mempunyai kesempatan dan bertanggung jawab untuk menghentikan kehancuran hutan hujan Indonesia.

Hutan Indonesia adalah kunci dari ketahanan ekonomi Indonesia dan upaya global untuk memerangi perubahan iklim.

Hutan kita adalah warisan yang harus kita lindungi untuk anak-anak dan generasi penerus bangsa.

Saya meminta ibu/bapak mengutarakan kepada rakyat secara terbuka rencana kerja dan visi untuk hutan kita sebelum kami memilih ibu/bapak pada 8 Juli 2009

Pertanyaan saya sangat mudah : Bagaimana anda akan melindungi hutan kita?

Jawaban ibu/bapak sangat penting untuk saya menentukan pilihan siapa Presiden Indonesia yang akan datang.


Terima Kasih







19 komentar:

  1. Kunjungan siang....blogwalking siang...":thumbsup::thumbsup::thumbsup::thumbsup::thumbsup::thumbsup:"

    BalasHapus
  2. Om kata ketiga calon besok jangan lupa contreng mereka, biar adil dicontreng semua..

    BalasHapus
  3. bingung mau pilih siapa??? siapa ya diantara calon2 tsb yang masih peduli dengan pelestarian hutan Indonesia???

    BalasHapus
  4. bang, napa gak bilang2 waktu mo ngirim imelnya? khan, saya juga bisa kirim tuh imel untuk para calon presiden dari TKW.

    Bang, saya juga bingung, pengen golput aja rasanya :( oh ya, ada award di rumah saya, tolong di ambil yah... ada peernya juga, ngaco tapi :D

    BalasHapus
  5. Dukung bang ATTA..
    Salam Sayang

    BalasHapus
  6. Walah,bsk aku dah siap bt nyontreng na. Yupiee !

    BalasHapus
  7. di balesin ngga,,xixixiix,, percuma ,mendingan Golput kyk akuh,,lebih tenang,:P (bukan warga negara yang baik,Layoutnya baru,aku jarang kemari,duh ngrasa berdosa banget!!

    BalasHapus
  8. setidaknya usaha
    daripada diem
    mungkin capres lupa
    masalah negara kan cuma bukan hutan aja

    BalasHapus
  9. semoga hutan emang diperhatikan , ... sayang banget nih babat hutang demi sebuah pembangunan ....

    BalasHapus
  10. hidup atta! eh..hidup yg nulis surat gitu.

    BalasHapus
  11. Bang Atayaya, menyedihkan memang kondisinya, jika ada komitmen sekalipun dari para pememimpin kita, pelaksana pada tingkat bawahnya masih ambur adul.
    Tapi setelah ini mungkin ada perubahan yang lebih signifikan. Semoga.

    BalasHapus
  12. dah nyontreng bang?

    aku dah nyontreng dari tgl 27/06 kemaren

    mudah2an presiden yg terpilih bisa
    menjadikan indonesia lebih baik,
    meyedihkan kalau tidak

    BalasHapus
  13. Semoga suara hati kita semua didengar para pemimpin yg akan bertahta dipemilu ini..amin..

    BalasHapus
  14. mulai dari diri sendiri neh

    BalasHapus
  15. sayang ya, pemerintah lebih mikirin posisi jabatannya drpd hijaunya indonesia. pdhal qta satu2nya negara yg masih didominasi sm hutan tropis lho.

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Surat Kepada Calon Presiden Republik Indonesia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah