Sejarah Buku / Book History .... Pencinta Buku / Penikmat Buku ...... buk ge de buk

Disebutkan bahwa buku pertama lahir/dibuat di Mesir pada tahun 2400-an SM setelah orang Mesir menciptakan kertas papirus yang berisi tulisan lalu digulung dan gulungan tersebut merupakan bentuk buku yang pertama. Ada pula yang mengatakan buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di Kamboja karena pada saat itu Sang Budha menuliskan wahyunya di atas daun (mungkin daun lontar) dan kemudian membacanya berulang-ulang. Berabad-abad kemudian di Cina, para cendekiawan menuliskan ilmu-ilmunya di atas semacam lidi yang diikatkan menjadi satu dan pipih. Hal tersebut mempengaruhi sistem penulisan di Cina di mana huruf-huruf Cina dituliskan secara vertikal yaitu dari atas ke bawah.

Buku yang terbuat dari kertas baru ada setelah Cina berhasil menciptakan kertas pada tahun 200-an SM. Kertas membawa banyak perubahan pada dunia. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari Cina ke Eropa pada awal abad 11 Masehi. Disinilah industri kertas bertambah maju. Apalagi dengan diciptakannya mesin cetak oleh Gutenberg perkambangan dan penyebaran buku mengalami revolusi. Kertas yang ringan dan dapat bertahan lama dikumpulkan menjadi satu dan terciptalah buku.

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan komputer dan Internet (jika aksesnya online).

Pecinta buku biasanya dijuluki sebagai seorang bibliofil atau kutu buku.
Penikmat buku dijuluki apa ya???

Sinta Sang Penikmat Buku membuat dan memberikan award ini. Award html ini diberikannya karena lagi bersenang hati.
Award ini tidak ada tugas khusus untuk melanjutkannya. Tetapi untuk membagi kebahagiaan maka kulanjutkan aja award ini kepada :
Dinoe Dasbos
Anazkia