25 Juli 2009

Somay | siomai | siomay | shaomai | siu maai | dim sum

Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam. Sekarang diIndonesia terdapat berbagai jenis variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Siomai juga tidak lagi dibungkus dengan kulit dari tepung terigu. Telur ayam dan sayuran seperti kentang, peria, dan kubis dengan isi atau tanpa isi juga dihidangkan di dalam satu piring bersama-sama siomai. Tahu bakso (tahu isi) juga termasuk ke dalam jenis siomai. Siomai bandung dihidangkan setelah disiram saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang antara lain cabai, gula pasir, bawang putih, garam dapur, dan cuka atau jeruk limau. Sewaktu disajikan, siomai bisa diberi tambahan kecap manis, sambal botol, atau saus tomat.
kang somay yang lagi berbaik hati memberikan siomai kepadaku.



Aku pun maukasi siomai award ini untuk fanny, anazkia dan seluruh geng KBO (Klub Buku Online)


source from : http://id.wikipedia.org/wiki/Siomai


60 komentar:

  1. Siomay ehm..memang enak bang..apalagi dimakan lagi panas2 ...btw selamat ya bang atas awardnya....

    BalasHapus
  2. ya ampuun.kirain apa toh? gak tahunya genialbutuhsiomay. ada2 aja nih si bang atta.

    wah, makasih ya bang....aku suka awardnya. bunganya cantik banget. terengkyu....danke..

    btw, beli sepiring siomay dan segelas jus stroberi. jangan pake lama ya, bang..
    sambalnya yg bnyk. bumbu kacangnya juga. kecap dikit aja. jeruk limonya 2 ya?

    terus..boleh ngutang gak, bang? bayarnya nanti kalo udah dikirimin duit sama bang Atta yang baru aja dapat dollar dari repiu. haha ha....

    BalasHapus
  3. eh...aku pertama ya? kayaknya enggak deh. siomaaay....siomayy..siapa mo beli...mumpung dibayarin bang atta...

    BalasHapus
  4. pertamaxxxxxxxxx!!!!!!!

    BalasHapus
  5. minta siomay na dung ...

    BalasHapus
  6. aiihh,, jadi pengen siomay nih bang.. :D

    selamet yah buat awardnya ^^

    BalasHapus
  7. wkwkwkwk,dari somay ke bunga mawar, tenang somay nya sewangi bunga mawar

    jadi lapar ....

    BalasHapus
  8. Pilih somay atau award neh bang...?

    BalasHapus
  9. Award dari Kang Somay ... eh dari Kang Genial ya?
    Keren... Jadi pengen makan somay..
    Malam-2 gini ada yg jual gak ya ?

    BalasHapus
  10. heheheheh... ada ada ajja nii sourcenya bang atta... ampe ke sono-sono iia.. ada nama saiia di atas jd gag enag nii... hehehehehe.. cengar cengir terus nii jd na.. heheheheh... makasih bang iia ... heheheheh.. napa sii nii gw ?!?!?!?
    wkwkwkwkkwwkkwk...

    BalasHapus
  11. malem2 baca postingan somay jadi laperrrr...

    BalasHapus
  12. wah jadi lapar nih si om sih cerita siimai lho ko si imai sih...? siomai maksudnya...
    wah bgus bngt tuh award...selamat bagi yang dapat yahhhh moga tambah semangat ngeblognya

    BalasHapus
  13. wah aku suka banget bang kalai siomai itu...eh iya salam kenal aja nih dari blogger baru....selamat juga atas awardnya

    BalasHapus
  14. Awardnya keren Bang,..... kayaknya aku juga dapet tuh.... Emang Bang Genial pemurah bagi Award.

    BalasHapus
  15. Makasih buanyak Bang atas sarannya.

    BalasHapus
  16. Wah, krain dpt resep nya. Gk tau ya?

    BalasHapus
  17. siomaynya keren nih
    ada ewotnya pula
    hehehehehe
    semangat untuk attayya

    BalasHapus
  18. bagi dong...aku juga suka sama somay loh.

    BalasHapus
  19. waduh...kok jadi pengen makan siomay yah...
    Aku biasanya ga mau tambahan lainnya (tahu, telor, kubis, kentang). Maunya siomay tok!
    Btw, ada award siomay, eh..mawar buat geng KBO ya? Berarti aku boleh ambil nih? asyiik..
    Mas Atta, aku ada award buatmu, ga secantik mawar sih..tp lumayan hasil karya pertamaku. Semoga berkenan mengambil ya. Thanks awardnya, ditunggu traktiran siomaynya!

    BalasHapus
  20. waaah... jadi pengin siomay nih.... sapa yah yang mau beliin.... lagi malas keluar nih... panaaaaaaas.......

    BalasHapus
  21. bang maw dunk 1 somay na hehehe

    makasih wat award na untuk KBO biar anaz aja yang pasang hihih

    BalasHapus
  22. wew award lagih.. whowhohwow.. siomay siomay.. bang atta nampaknya sudah melakukan tindakan preventif supaya tidak terjadi masalah seperti yang telah dialami pak iwan yaitu ada yang comment dengan kata2 yang kasar dan tidak masuk akalll!! kok ada si orang seperti itu.. menyeballkan sekali..

    tapi kalo saya digituin, dijamin dia sakit hati heheuheuheueheu.. hayoo seneeeee suluuuttttt kemarahaannn!!

    Sioomaayy siomaayyy... bang atta nitip laptop plisss di batammmmm.. kan lebih murah 600rb an tuh lumayannnn

    BalasHapus
  23. wah aku suka sekali siomay..enak enak enak

    BalasHapus
  24. Waaadddduuuuhhh siomay bandung paling enaaak.. jadi lapaaaaaarrrrrrrrr

    BalasHapus
  25. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang

    BalasHapus
  26. bang siomay satu ya, pake kol,telur, kentang jangan. kolnya banyakin,sambelnya sedikit, telur cukup dua butir. dan eh... ga isi siomay ya....

    jah ewordnya keren, nyampe ke temppatku liwat mbak fany :P

    BalasHapus
  27. Heh..ternyata sebuah award ya? kirain mau promosi siomay hehe..selamat ya awardnya.

    BalasHapus
  28. Shiomay, shiaomay, enak !, wow berhubungan dengan award ya bang..., mawar merah...indah dan berduri, hati-hati loh, banyak yang patah hati karena mawar merah....( hoiii...comentnya ndak nyambung....)

    BalasHapus
  29. walah... kok ngomongin makanan mulu

    BalasHapus
  30. wah ...
    jadi laper nih ...
    slamat yah awardnya ...

    BalasHapus
  31. Sudah setahun ga makan siomai, ngeces nich bang liat foto siomainya...

    BalasHapus
  32. siomay itu makanan apa sih, tu kok yang bawah gambar mawar?

    BalasHapus
  33. Ohhh awat ya rupanya?

    BalasHapus
  34. siomay nya bungkus 1 donk bang.. :D

    selamat buat ewotnya...

    BalasHapus
  35. attaaaaaaa....
    makasih traktirannya di kopdar kmren ya!!
    maaf tlat ngucapin, hehe.. (baru tau klo bandarnya om ata)

    surprise loh..
    jiwanya muda bgt om! hehe..
    saluut.. ^_^

    BalasHapus
  36. siomay bonbin sastra ugm paling oke tuh. spa mau coba lgsung terbang aja ya!

    BalasHapus
  37. maaf, cuma absen nih....:) sukses ya sobat

    BalasHapus
  38. Weh...si Oom neh komennya harus pake acc....ajuin proposal dulu ah.....:D

    BalasHapus
  39. ikutan kang iwan yg persis di atas saiia bang atta... absen... abis liad photo nya nii ygt kopdaran 'bertuah' ngebayarin es buat si gokil andi keblenger (pis ndi... wkwkwkw) sama yg lain2nya :)

    keren ternyata abangnya.. :)

    BalasHapus
  40. ada award untukmu ya. buatan aku lho.
    cek di artikel AWARD ALA FANNY

    BalasHapus
  41. mantab bang.
    mau kerja sama bikin makanan of the week ga?
    hehehehe...
    :D

    eh, sekalian
    ada yang baru di blogku.
    koment yak.
    salam keyboard!!!

    BalasHapus
  42. Absen juga kayak bang Iwan....

    BalasHapus
  43. Malam bang atta...apakbrnya?..

    BalasHapus
  44. uda mampir beberapa kali tetep aj lapar liat siomai ny.. *slurrpp..

    BalasHapus
  45. suweeer ni makanan favoriteku.. ya jeruk nipis wajib hukumnya..

    BalasHapus
  46. siomay di dekat rmh aku di rumbai paling enak.... ajib deeeeh...
    ngiler gw... hihiihi...

    apa kabar, pak?

    BalasHapus
  47. jadi ngiler............mana belum sarapan lagi oom..hihiihihihiihi..mw..mw..mw

    BalasHapus
  48. maaf mas baru mampir nih.. bagi dunk siomay ya...hehehe

    BalasHapus
  49. mau donk somayNyaaa...... enak banget ntuh. btw slamet yahh dpt ewottt...

    BalasHapus
  50. Woooowww award siomay ini memang indah dan enak ya...heheheheh

    BalasHapus
  51. somai...somai.... siapa mau beli????@#$%^&*

    BalasHapus
  52. Mauuuuu donk siomaynya :p

    BalasHapus
  53. Bang siomay-nya satu yah...
    Gak pake kentang...
    Gak pake bakso...
    Gak pake..mangkok..
    waaakaakaa

    BalasHapus
  54. duh ngiler pengen siomay :((

    bang Atta... mohon maaf sebanyak2nya baru mampir. Saya lagi nyari2 nih awrad dar bang Atta, soalnya ngelihat temen2 ada yang di kasih mosok saya enggak hehehe..

    Makasih yah bang, akan ku pajang edisi spesial para peria eh salah, para pria pemberi award :D mo ngalahin female inspiring bloger eh salah nyaingin maksudnya :)

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Somay | siomai | siomay | shaomai | siu maai | dim sum | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah